Kunci Jawaban Buku Tema 1 Kelas 5 SD Halaman 51, 52, 53, 54, 55 - Maya Blog

Kunci Jawaban Buku Tema 1 Kelas 5 SD Halaman 51, 52, 53, 54, 55

File Pendidikan

Kunci Jawaban Buku Tema 1 Kelas 5 SD Halaman 51, 52, 53, 54, 55 – Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013 (K13) Tema 1 Kelas 5 Organ Gerak Hewan dan Manusia Subtema 1 Pembelajaran 6 membahas mengenai muatan pembelajaran Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Seni Budaya dan Prakarya (SBDP).


Pada pembelajaran 6 subtema 1 kelas 5 tema organ gerak hewan dan manusia terdapat beberapa soal, yaitu di halaman 51 mengenai menentukan ide utama paragraf, halaman 52 mengenai membangun cerita tertulis menurut gambar di halaman 51, halaman 53 mengenai menentukan ide utama paragraf dari bacaan yang berjudul “gerak kupu-kupu”, halaman 54 mengenai perbandingan hewan vertebrata dan avertebrata.


Tahukah kamu mengenai jawaban dari soal-soal tersebut? Silakan simak penjelasan berikut ini mengenai kunci jawaban buku tema 1 kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 Semester 1.




Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 51


Hari menjelang sore. Telah saatnya Edo kembali ke rumah. Namun, sebelum pulang Edo menolong Pak Rudi membersihkan kandang kelinci. Kandang kelinci dibersihkan bagi menjaga medis kelinci.


Ayo Berkreasi


Amatilah dengan cermat gambar di atas, kemudian buatlah cerita tertulis dari gambar tersebut. Buatlah cerita minimal tiga paragraf.


Sebelum menulis cerita, tentukan ide utama terlebih dulu yang akan kamu kembangkan pada cerita.


File Pendidikan


Jawaban Soal Tema 1 Kelas 5 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 54


Kolom Cerita


Pak Rudi mengajak Edo ke kandang kelinci miliknya. Kandangnya amat luas. Kelincinya banyak sekali.


Pak Rudi dan Edo memberi makan kelinci. Mereka memberikan wortel. Kelinci amat suka makan wortel. Seluruh kelinci berkumpul mendekat di Edo.


Edo senang sekali. Edo tertawa kegirangan melihat tingkah lucu kelinci-kelinci di kandang kelinci milik Pak Rudi.


Semakin lama diamati, tingkah lucu kelinci semakin menggemaskan. Edo pun ikut berlarian mengejar kelinci. Sesekali, Edo menirukan gerakan lucu kelinci, melompat, berlari, dan berdiri dengan dua kaki.


Ayo Membaca


Di pembelajaran sebelumnya kamu telah mengetahui contoh hewan yang termasuk avertebrata, yakni siput. Berikut contoh lain hewan yang pun termasuk avertebrata, yakni kupu-kupu.


Gerak Kupu-Kupu


Kupu-kupu yaitu hewan yang lucu. Warnanya indah dan menarik. Banyak orang menyukainya. Dia terbang dan hinggap di bunga-bunga. Badannya kecil, namun mempunyai sayap yang lebar. Sukakah kamu di kupu-kupu?


Kupu-kupu termasuk hewan serangga. Kupu-kupu mempunyai organ gerak yang sama seperti serangga-serangga lainnya. Diantara organ gerak yang istimewa dari kupu-kupu dan serangga lainnya yaitu sayap. Dengan sayap ini, karenanya menjadikan serangga selaku satu-satunya hewan avertebrata yang dapat terbang.



Tahukah kamu, sayap kupu kupu yang indah hakekatnya transparan? Lalu kenapa terlihat berwarna-warni? Sayap kupu-kupu terlihat warna-warni karena perbedaan kecerahan di setiap lapisan tipisnya.


Kupu-kupu mempunyai kemampuan terbang yang luar biasanya. Kupu-kupu dapat terbang sejauh ribuan kilometer bagi mencari daerah yang hangat ketika musim dingin tiba. Kupu-kupu akan kembali lagi menempuh jarak ribuan kilometer ketika musim semi tiba. Meskipun demikian, kupu-kupu tak dapat terbang apabila suhu tubuhnya di bawah 30 derajat celcius.


Jawaban Soal Buku Pelajar Tema 1 Kelas 5 SD Revisi 2017 Halaman 53


Tentukan ide utama dari masing-masing paragraf bacaan di atas.


File Pendidikan




Kunci Jawaban Buku Pelajar Tema 1 Kelas 5 SD K13 Halaman 54


Ayo Mengamati


Kamu telah mengetahui organ gerak hewan vertebrata dan avertebrata.


Di pembelajaran sebelumnya kamu telah mengetahui gerak kelinci, siput, kupu-kupu.


Bersama kelompokmu, lewat contoh gerak hewan-hewan tersebut, identifikasikan ke pada kelompok hewan vertebrata atau avertebrata. Kemudian buatlah perbandingan antara keduanya. Lakukan dengan diskusi secara berkelompok.


File Pendidikan

Ayo Berkreasi


Presentasikan hasil perbandinganmu di depan pendidik dan teman-temanmu. Agar lebih menarik dan gampang pada memahami, gunakan proefje sederhana dari binatang yang kamu presentasikan.


Namun sebelumnya, buatlah proefje sederhananya. Sama seperti kegiatan pembelajaran sebelumnya, kamu dapat membangun proefje sederhana dengan menggunakan bahan dari karton, kardus, plastisin, maupun kawat. Perhatikan contoh berikut.




Demikian Kunci Wetsartikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Tema 1 Kelas 5 SD Halaman 51, 52, 53, 54, 55


Terima kasih telah membaca wetsartikel ini, semoga informasi mengenai jawaban tematik tema 1 kelas 5 SD/MI kurikulum 2013 ini dapat memberikan manfaat untuk pembaca di manapun berada.


Wetsartikel yang sedang sahabat baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Tema 1 Kelas 5 SD Halaman 51, 52, 53, 54, 55 dengan tempat tinggal verbinding http://filependidikan.informatie/rmasi/jawaban-buku-tema-1-kelas-5.



Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top