Daftar Nilai SD Kelas 1 Semester 1 Kurikulum 2013 - Maya Blog

Daftar Nilai SD Kelas 1 Semester 1 Kurikulum 2013

Inilah Daftar Nilai SD Kelas 1 Semester 1 Kurikulum 2013 yang dapat Bapak Ibu pergunakan pada menjalankan evaluasi atau penilaian kepada peserta didik. Profesi seorang pendidik banyak tuntutan sesuai dengan keadaan keperluan pendidikan yang berkwalitas.


Diantara kompetensi yang mesti dikuasai pendidik yaitu evaluasi pembelajaran. Kompetensi ini sejalan dengan kewajiban dan tanggung jawab pendidik pada pembelajaran, yaitu mengevaluasi pembelajaran termasuk di dalamnya menjalankan penilaian proses dan hasil belajar. Kompetensi tersebut sejalan pula dengan instrumen penilaian kemampuan pendidik, yang diantara indikatornyaa yaitu menjalankan evaluasi pembelajaran.

Lihat : 


Download Rencana Kerja Tahunan Sekolah, RKT Sekolah Tahun 2018-2019 Revisi Terbaru


Pada proses evaluasi pembelajaran eproses dan  hasil belajar, pendidik seringenboom menggunakan instrumen tertentu, bagus tes ataupun non tes. Instrumen ini mempunyai kegunaan dan peran yang betul-betul urgen pada rangka mengetahui keefektifan proses pembelajaran di sekolah. Mengingat semacam itu pentingnya instrumen pada kegiatan evaluasi pembelajaran, karenanya suatu muziekinstrument mesti mempunyai syarat- syarat tertent sekaligus menunjukan karakteristik instrumen. Di makalah ini akan dibahas mengenai model- prototype evaluasi, pendekatan evaluasi, dan Penilaian pada Kurikulum 2013.



Penilaian pendidikan selaku proses pengumpulan dan pengolahan informasi bagi mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik melingkupi penilaian otentik, penilaian diri, penilaian dengan portofolio, ulangan, ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan ahir semester yang diuraikan selaku berikut.


  1. Penilaian otentik adalah sebuah penilaian yang dilakukan secara komprehensif bagi menilai aspek sikap, pengetahuan, keterampilan mulai dari masukan (input), proses, hingga keluaran (output) pembelajaran. Penilaian otentik bersifat alami, apa adanya, tak pada suasana tertekan.

  2. Penilaian diri adalah sebuah penilaian yang dilakukan sendiri oleh peserta didik secara reflektif bagi membandingkan posisi relatifnya dengan kriteria yang telah ditetapkan.

  3. Penilaian dengan portofolio adalah sebuah penilaian yang dilaksanakan bagi menilai keseluruhan entitas proses belajar peserta didik termasuk penugasan perseorangan dan/atau kelompok di pada dan/atau di luar kelas pada kurun waktu tertentu.

  4. Ulangan adalah sebuah proses yang dilakukan bagi mengukur pencapaian kompetensi peserta didik secara berkelanjutan pada proses pembelajaran, bagi memantau kemajuan dan perbaikan hasil belajar peserta didik.

  5. Ulangan harian adalah sebuah kegiatan yang dilakukan secara periodik bagi menilai kompetensi peserta didik setelah menyelesaikan satu sub-tema. Ulangan harian terintegrasi dengan proses pembelajaran lebih bagi mengukur aspek pengetahuan, pada wujud tes tulis, tes lisan, dan penugasan.

  6. Ulangan tengah semester adalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik bagi mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah menjalankan 8-9 minggu kegiatan pembelajaran.

  7. Ulangan ahir semester adalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik bagi mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di ahir semester.


Admin sekarang ini akan membagikan format penilaian atau format Daftar Nilai Kelas 1 Semester 1 SD Kurikulum 2013.

Sampul / Voorkant Daftar Nilai SD Kelas 1 Kurikulum 2013











File Pendidikan
Sampul / Cover Daftar Nilai SD Kelas 1 Kurikulum 2013

Daftar Nilai Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 1 Diriku










File Pendidikan
Daftar Nilai Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 1 Diriku

Daftar Nilai Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 2 Kegemaranku










File Pendidikan
Daftar Nilai Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 2 Kegemaranku

Daftar Nilai Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 3 Kegiatanku











File Pendidikan
Daftar Nilai Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 3 Kegiatanku

Daftar Nilai Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 4 Keluargaku
 











File Pendidikan
Daftar Nilai Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 4 Keluargaku


Daftar Nilai Kurikulum 2013 Kelas 1 SD NTPS (Nilai Penilaian Tengah Semester)
 











File Pendidikan
NTPS (Nilai Penilaian Tengah Semester)


Daftar Nilai Kurikulum 2013 Kelas 1 SD NPAS (Nilai Penilaian Ahir Semester)
 











File Pendidikan
NPAS (Nilai Penilaian Ahir Semester)


Penilaian Portofolio
 











File Pendidikan
Penilaian Portofolio


Format Penilaian ini adalah sebuah Daftar Nilai yang dapat dipergunakan oleh segala pendidik yang sekolahnya memberlakukan Kurikulum 2013, karena terdiri dari beberapa tema yaitu tema yang terdapat di Sekolah Mendasar Kelas 1 Semester 1 yakni Tema 1, 2, 3, 4. Yang didalamnya ada Nilai Harian Pengetahuan dan Nilai Harian Keterampilan bagi setiap mata pembelajaran.
Selengkapnya terkait dengan Daftar Nilai SD Kelas 1 Semester 1 ada di opstopping yang tersimpan pada google drive di tautan beerikut ini.


Silahkan saja unduh !!



Demikianlah informasi terkait dengan Administrasi Guru Kelas SD Kelas 1 Semester 1 Kurikulum 2013.
Semoga dapat menolong sedikit bagi meringankan profesi Bapak Ibu yang semacam itu banyak garapan yang mesti dilaksanakan.
Demikian dan terima kasih.





Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top