Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 1 Halaman 63, 65, 68, 69, 71, 73, 74 - Maya Blog

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 1 Halaman 63, 65, 68, 69, 71, 73, 74

Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 5 Tema 1 Halaman 63, 65, 66, 67, 68, 69, 71, 73, 74 – Pembelajaran Kelas 5 Tema 1 Organ gerak Hewan dan Manusia Subtema 2 Manusia dan Lingkungan Pembelajaran 2 Terdiri dari Mata Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Seni Budaya dan Prakarya (SBDP) dan Bahasa Indonesia.


Buku Pelajar yang digunakan selaku sumber belajar di kelas 5 adalah sebuah Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2017.


Pada pembelajaran 2 subtema 2 terdapat beberapa latihan soal yang mesti dikerjakan pelajar secara mandiri. Bagi menolong menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami berbagi alternatif kunci jawaban soal yang terdapat di halaman 63, 65, 66, 67, 68, 69, 71, 73, 74.


Baca Pun :





Kunci Jawaban Halaman 63



Ayo Mengamati


File Pendidikan

Amatilah gambar di atas. Kemudian, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.


1. Kegiatan yang nampak di gambar di atas yakni ….


Anak-anak bermain sepak bola.

2. Kegiatan di atas termasuk permainan yang menggunakan ….


Kaki

3. Tempat yang aman bagi menjalankan kegiatan tersebut yakni ….


Lapangan Sepak Bola

4. Apa saja yang mesti dilakukan sebelum menjalankan kegiatan tersebut?


Pemanasan dan Stretching

Selesai menolong mengemas selada, Beni menolong Pak Anto memanen kol. Hasil panen kalium ini amat bagus, bentuknya bulat dan besar.


“Alhamdulillah, Beni. Hasil panen kalium ini amat bagus,” sahut pak Anto.


“Benar sekali, Pak. Bentuknya telah seperti bola saja. Saya seperti ingin menendangnya saja… he… he…. ” canda Beni.


“Ah, dapat saja kamu ini, Ben,” sahut Pak Anto. “Kamu senang bermain bola, ya?” tanya pak Anto.


“Ya, tentu senang, Pak. Saya jago menendang, menggiring, dan menerima umpan lho, Pak”, sahut Beni.


Permainan bola memerlukan banyak gerakan, seperti berjalan, berlari, menendang, dan melempar. Hampir seluruh bagian tubuh aktif. Pastinya vishal ini mengharuskan seluruh organ gerak pada tubuh, bagus itu otot ataupun tulang, bekerja dengan bagus.


Coba kamu amati aktivitasmu sehari-hari. Ketika kita berjalan, kenapa kaki kita dapat bergerak? Kenapa pun tangan kita dapat berayun, memegang, dan menggenggam? Ya, kaki dan tangan kita dapat bergerak karena di kaki dan tangan kita terdapat tulang dan otot. Tulang dan otot inilah yang dapat mengerakkan tangan dan kaki kita. Tangan dan otot adalah sebuah alat gerak.


Organ gerak di hewan dan manusia mempunyai kesamaan. Alat-alat gerak yang digunakan di manusia dan hewan ada dua macam yaitu alat gerak pasif berupa tulang dan alat gerak aktif berupa otot. Kedua alat gerak ini akan bekerja sama pada menjalankan pergerakan sehingga menyusun suatu program yang disebut program gerak.


Ayo Mengamati


File Pendidikan


Kunci Jawaban Halaman 65


Ayo Berlatih


Tubuh manusia, khususnya tangan dan kaki terdiri atas beberapa tulang. Nah, perhatikan gambar rangka tangan dan kaki berikut ini. Coba kenali dan tunjukkan nama tulang-tulang tersebut lewat gambar berikut.


Pasangkan antara gambar dengan keterangan menggunakan garis!


File Pendidikan


File Pendidikan

Ayo Mencoba


Bagi menambah pemahamanmu mengenai organ gerak manusia yang berupa tulang, buatlah monster sederhana rangka manusia dari bahan bubur kertas.


Strategi kerja


1. Siapkan alat dan bahan
a. Gunting
b. Ember
c. Kertas koran d. Kawat kasa
e. Pati kanji
f. Cat warna dan kuas


2. Buatlah kerangka patung dari kawat kasa


File Pendidikan

3. Potong-potonglah kertas koran menjadi serpihan-serpihan


File Pendidikan

4. Rendamlah serpihan koran-koran ke pada air.



File Pendidikan

5. Setelah rendaman serpihan koran lembek, angkat dan tumbuklah hingga halus dan campurkan dengan perekat dari pati kanji. Aduklah hingga berbentuk bubur, namun jangan terlalu encer.


File Pendidikan

6. Tempelkan bubur koran tersebut di rangka kawat.


File Pendidikan

7. Keringkan dengan cara diangin-anginkan. Jangan dijemur seketika di bawah terik matahari agar tak retak


8. Warnailah dengan menggunakan cat.


File Pendidikan


Kunci Jawaban Halaman 68


Ayo Berdiskusi


Kamu telah mengetahui organ gerak manusia, terutama tulang. Kini, diskusikan dengan temanmu manfaat dari masing-masing tulang tersebut.


Bagi mempermudah pekerjanmu, kamu dapat mencari buku referensi di perpustakaan sekolah.


File Pendidikan

Alternatif Jawaban


Tulang Hasta berfungsi menyusun lengan bawah selaku alat gerak dan menghubungkan lengan atas dengan pergelangan tangan.


Tulang Lengan Atas berfungsi yakni selaku tempat menempel otot utama yang menggerakkan bahu dan siku.


Tulang Pengumpil berfungsi selaku tempat menempelnya otot lengan yang akan menggerakkan tangan terutama tangan bagian bawah.


Tulang Pergelangan Tangan berfungsi selaku penghubungan antara telapak tangan dan tulang lengan bawah.


Tulang Telapak Tangan berfungsi selaku pemberi wujud tangan, pun menghubungkan tulang jari (phalanges) dgn tulang pangkal tangan (carpals).


Tulang Paha berfungsi bagi menggerakkan kaki dan letaknya di atas tulang omkering dan tulang betis serta dibawahnya tulang panggul.


Tulang Omkering berfungsi selaku berikut Menyambung lengan, Menghubungkan lutut dengan pergelangan kaki, Menyusun bagian kerangka di kaki bagian bawah.


Tulang Betis berfungsi bagi menopang berat tubuh dan pun bagi mengatur gerak tubuh ketika berjalan.


Tulang Pergelangan Kaki berfungsi selaku berikut Menolong bagi memungkinkan gerak naik turun kaki dengan adanya sendi engsel dan Menolong bagi melangkah serta berjalan dengan cara yang nyaman dan seefisien mungkin.


Tulang Telapak Kaki berfungsi yakni bagi menopang berat tubuh dan bagi menolong mengatur gerak tubuh ketika berjalan , berlari, melompat.


Tulang Jari Kaki berfungsi yakni menolong tubuh dikala berjalan , berlari atau berdiri , agar tubuh tetap seimbang dan tak terjatuh.


Kunci Jawaban Halaman 69


Guna organ gerak manusia amat banyak. Hampir seluruh aktivitas manusia tak dapat terlepas dari organ gerak, bukan hanya pada sepak bola saja. Coba kamu sebutkan aktivitas manusia yang memanfaatkan kerja organ gerak!


Contoh Aktivitas Manusia yang Memanfaatkan Kerja Organ Gerak yakni Berlari, Menaiki Tangga, Mengangkat Beban, Mengayuh sepeda, Main lompat tali.

Bermacam-macam aktivitas dapat kita lakukan pada kehidupan sehari-hari. Semuanya itu tak terlepas dari karunia Tuhan yang memberikan kelengkapan dan kesempurnaan manfaat bagian-bagian tubuh kita. Sudahkah kamu bersyukur atas itu seluruh? Bagaimana caramu bersyukur?


Ayo Membaca


Penyandang Cacat yang Sukses


Sidik lahir dengan kondisi yang memprihatinkan. Dia tak mempunyai kedua kaki mulai dari pangkal paha. Boleh dibilang, tubuhnya hanya separuh. Sebelum menggunakan kursi roda, dia mengayunkan dua tangan guna menyeret tubuhnya bagi berjalan.


Meski tubuhnya tak sempurna, sejak kecil Sidik tak pernah mau merepotkan orang lain. Ia selalu berusaha menjalankan seluruh aktivitasnya sendiri. Dia pun tak mau dipapah atau digendong.


“Saya tak mau dikasihani orang. Saya ingin sukses bukan karena orang kasihan kepada saya, tetapi karena kerja keras saya,” katanya lugas.


Setelah bertahun-tahun bekerja di Yayasan Swa Prasidya Purna tetapi tak menghasilkan bahan berarti, Sidik memilih keluar dan mencari kegiatan lain. Dengan bekal ijazah diplomanya, dia diterima di sebuah perusahaan kontraktor selaku staf personalia. akan tetapi belum lama dia bekerja, krisis moneter tahun 1998 menghantam dan perusahaannya terpaksa tutup. Karenanya, dimulailah tijdsperiode Sidik menjadi pengangguran. Tetapi, dia tak mau lama-lama menganggur, Sidik mulai mengikuti beragam kursus keterampilan yang diadakan oleh Pemda DKI untuk penyandang cacat. Diantara kursus yang memikat perhatian Sidik ialah kursus membangun kerupuk dari singkong.


Modalnya ketika itu sumbangan dari Pemda DKI sebesar satu juta rupiah. Bersama istrinya, Sidik kemudian memulai usaha membangun kerupuk dari singkong.


“Dulu belum ada merek, plastik pembungkusnya masih polos.” katanya. Di awal produksi dia memproduksi sekitar 100 bungkus kerupuk berukuran 2 onzerzijds dari bahan baku singkong sebanyak 10 kilogram.


“Namanya pun pertama-tama, kerupuk dagangan saya baru habis setelah sebulan lebih,” katanya mengenang.


Namun kini, dari hanya mengolah 10 kilogram singkong, Sidik mengolah sedikitnya 50 hingga 100 kilogram singkong setiap bulannya.


Dia pun telah mempunyai merek komplit dengan cap di pembungkus produknya.


“Saya beri nama merek Cap Gurame, ini sama sekali tak ada hubungannya dengan ikan gurame, tetapi gurame yakni singkatan dari Gurih, Renyah, Enak,” katanya tersenyum. “Kalau nanti ada uang lebih, merek ini saya mau patenkan.” tambahnya.


Beruntung, ada seorang pengusaha lokal yang melihat kegigihan Sidik dan akhirnya menyumbangkan sebuah sepeda motor bagi operasional usaha.


“Namanya pun tak punya kaki, saya sempat bingung pun, bagaimana mengendarainya?” Tetapi Sidik tak kehilangan akal, dia mendesain motornya agar tuas perseneling dapat dioperasikan dengan tangan. Dengan bantuan tukang tussenvoegsel, jadilah sebuah motor dengan tongkat besi tambahan yang ditempel di perseneling dan injakan rem. Tak lupa dia pun menempelkan gerobak di sampingnya bagi mengangkut muatan.


“Motor itu benar-benar menolong mobilitas dan produktivitas usaha saya.” ujar Sidik.


Ketika ini Sidik terus mengoptimalkan pemasaran produknya. Setiap hari dia masih berkeliling ke koperasi-koperasi atau warung di seluruh pelosok Ibukota. Pun dikala Kabari mewancarainya, dua kalium telepon selularnya berbunyi dari orang yang meminta agar pasokan kerupuk “Cap Gurame” segera dikirim.


Kini, dari hasil usahanya, Sidik mengantungi keuntungan berkisar 1 hingga 2 juta rupiah perbulan. Meski jumlahnya kecil, apa yang diperbuat Sidik termasuk luar lazimnya. Dengan keadaan yang terbatas, dia menjadi enterpreuner sejati. Meminjam rumusnya Pak Ciputra, pengusaha dan dosen mata kuliah enterpreunership, bahwa Indonesia membutuhkan sedikitnya 20 uitpersen penduduknya menjadi enterpreuner, barulah menjadi negara makmur, karenanya Sidik telah memulainya bertahun-tahun lalu. Jelaslah, Indonesia membutuhkan orang-orang gigih seperti Sidik.


Cerita yang kamu baca inspiratif, bukan? Orang yang berkebutuhan khusus pun mampu beraktivitas layaknya orang normal. Bagaimana dengan kamu?


Kunci Jawaban Halaman 71


Menurut bacaan di atas, dapatkan ide utama masing-masing paragrafnya.


File Pendidikan

Alternatif Jawaban


Paragraf 1 : Sidik lahir dengan kondisi yang memprihatinkan, ia tak mempunyai kedua kaki mulai dari pangkal paha.


Paragraf 2 : Meski tubuhnya tak sempurna, sejak kecil Sidik tak mau merepotkan orang lain.


Paragraf 3 : Setelah bertahun-tahun bekerja di Yayasan Swa Prasidya Purna tapi tak menghasilkan bahan berarti, Sidik memilih keluar dan mencari kegiatan lain.


Paragraf 4 : Modalnya ketika itu sumbangan dari Pemda DKI sebesar satu juta rupiah.


Paragraf 5 : Ia pun telah punya merek komplit dengan cap di pembungkus produknya.


Paragraf 6 : Beruntung ada seorang pengusaha lokal yang melihat kegigihan Sidik dan akhirnya menyumbangkan sebuah sepeda motor bagi operasional usaha.


Paragraf 7 : Ketika ini Sidik terus mengoptimalkan pemasaran produknya.


Paragraf 8 : Kini, dari hasil usahanya Sidik mengantungi keuntungan berkisar 1 hingga 2 juta rupiah perbulan.

Kamu telah membaca bacaan di atas, pastinya kamu pun telah mengetahui dan memahami isinya. Banyaknya informasi yang kamu dapatkan dari bacaan tergantung di panjang dan bobot bacaan. Pastinya akan berbeda informasi yang kamu dapatkan antara membaca teks berupa karangan dengan membaca buku.


Ayo Berkreasi


Asyik sekali ya, aktivitas membaca itu? Apalagi apabila membaca sebuah buku secara menyeluruh. Di dikala membaca buku, sesungguhnya isi dari sebuah buku telah dapat kita terka atau prediksikan sebelumnya dengan melihat sampul atau voorkant buku tersebut. Karena memang sampul voorkant buku adalah sebuah bagian buku yang berupa gambar ilustrasi yang dapat mewakili isi buku.


Voorkant atau sampul buku adalah sebuah cerminan dari keseluruhan isi buku. Voorkant atau sampul adalah sebuah bagian terluar dari buku yang terdiri atas dua sisi, yakni depan dan belakang. Kedua sisi ini saling mendukung dan melengkapi serta menguatkan isi dari buku.


Voorkant yang bagus yakni yang dapat mempengaruhi dan menarik minat orang bagi membaca isi buku secara keseluruhan. Bagi itu, karenanya sebuah voorkant mesti memenuhi unsur-unsur berikut.


1. Terdapat judul dengan pemilihan jenis huruf yang menarik dan mencolok.


2. Terdapat kalimat penjelas judul yang singkat dan gampang dimengerti.


3. Terdapat nama penulis.


4. Terdapat identitas penerbit.


5. Menyertakan gambar yang menarik.


6. Terdapat sinopsi isi buku di sisi belakang.


7. Terdapat identitas buku di punggung buku.


Kunci Jawaban Halaman 73 dan 74


Coba kamu perhatikan contoh voorkant berikut.


File Pendidikan

Kini giliranmu bagi membangun gambar di voorkant atau sampul buku. Kamu dapat membuatnya merujuk pada isi bacaan yang berjudul Penyandang Cacat yang Sukses.


File Pendidikan

Setelah gambar selesai kamu bikin, ceritakan kembali gambarmu tersebut di hadapan pendidik dan teman-temanmu.


Jangan lupa bagi meminta masukan atau pendapat dari pendidik dan teman-temanmu kepada gambar dan ceritamu.


Demikianlah Wetsartikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 5 Tema 1 Halaman 63, 65, 68, 69, 71, 73, 74


Terima kasih telah membaca wetsartikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 5 tema 1 subtema 2 pembelajaran 2 ini dapat memberikan manfaat untuk para pembaca di manapun berada.


Wetsartikel yang sedang sahabat baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 5 Tema 1 Halaman 63, 65, 68, 69, 71, 73, 74 dengan domisili verbinding http://filependidikan.informatie/rmasi/jawaban-buku-tema-1-kelas-5.



Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top