Soal PAS Kelas 6 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018 dan Jawaban - Maya Blog

Soal PAS Kelas 6 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018 dan Jawaban


File Pendidikan

Soal PAS Kelas 6 – Soal PAS Kurikulum 2013 yang lebih dikenal dengan Soal UAS ini bersumber dari Buku Tematik Terpadu K13 Kelas 6 Semester 1. Jadi betul-betul cocok digunakan selaku refrensi pada menyusun naskah Soal PAS Kelas 6 Revisi 2018.


Selain itu, Soal PAS Kelas 6 Semester 1 ini pun dapat dimanfaatkan oleh pelajar selaku sumber belajar latihan mengerjakan soal, selaku langkah persiapan menghadapi Penilaian Ahir Semester.


Penilaian Ahir Semester Gazal disebut dengan istilah PAS, sedangkan Penilaian Ahir Semester 2 atau Penilaian Ahir Tahun disebut dengan istilah PAT. Soal PAS Kelas 6 Semester 1 digunakan bagi mengukur pencapaian kompetensi pelajar di ahir semester.


Soal PAS Semester 1 terdiri dari indikator yang mempresentasikan seluruh Kompetensi Basic (KD) yang dipelajari di semester ganjil. PAS Kelas 6 Semester Ganjil dilaksanakan setelah menyelesaikan seluruh tema pada satu semester belajar aktif.


Instrumen Soal PAS Kelas 6 di aspek pengetahuan disusun menurut muatan pembelajaran sesuai dengan Karakteristik KD Kls 6 Semester 1 yang pastinya telah dipetakan kedalam wujud kisi-kisi soal kelas 6 yang mengacu di kaidah penulisan soal.


Kegiatan Penilaian Ahir Semester 1 di kelas 6 SD/MI menggunakan Soal UAS pada wujud tes tertulis, yaitu alternatif ganda, isian, benar-salah, menjodohkan, dan uraian. Soal Kelas 6 K13 di kegiatan penilaian ahir terdiri dari 5 tema, yaitu :



  • Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup

  • Tema 2 Persatun Pada Perbedaan

  • Tema 3 Tokoh dan Penemuan

  • Tema 4 Globalisasi

  • Tema 5 Wirausaha


Soal PAS Revisi 2018 dibangun menurut bahan pembelajaran yang telah dipelajari sesuai dengan Kompetensi Basic masing-masing muatan Pembelajaran. Berikut ini Kompetensi Basic Kelas 6 Semester 1.


Baca Pun :




Kompetensi Basic Kelas 6 Semester 1


PPKn


1.1 bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nilai-nilai Pancasila secara utuh selaku satu kesatuan pada kehidupan sehari-hari.


2.1 bersikap penuh tanggung jawab sesuai nilai-nilai Pancasila pada kehidupan sehari-hari


3.1 menganalisis penerapan nilai- nilai Pancasila pada kehdupan sehari-hari.


4.1 menyajikan hasil analitik pelaksanaan nilai-nilai Pancasila pada kehidupan sehari-hari.


3.2 menganalisis pelaksanaan kewajiban, hiel, dan tanggung jawab selaku warga negara dan juga dampaknya pada kehidupan sehari-hari.


4.2 menyajikan hasil analitik pelaksanaan kewajiban, hiel, dan tanggung jawab selaku warga masyarakat dan juga dampaknya pada kehidupan sehari-hari.


1.3 mensyukuri keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat selaku anugerah Tuhan Yang Maha Esa pada konteks Bhineka Tunggal Ika.


2.3 bersikap toleran pada keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat pada konteks Bhineka Tunggal Ika


3.3 menelaah keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat.


4.3 mengampanyekan manfaat keanekaragaman sosial, budaya, dan ekonomi.


1.4 mensyukuri persatuan dan kesatuan selaku anugerah Tuhan Yang Maha Esa dan juga dampaknya.


2.4 Menampilkan sikap tanggung jawab kepada penerapan nilai persatuan dan kesatuan pada kehidupan berbangsa dan bernegara.


3.4 Menelaah persatuan dan kesatuan kepada kehidupan berbangsa dan bernegara dan juga dampaknya.


4.4 Menyajikan hasil telaah persatuan dan kesatuan kepada kehidupan berbangsa dan bernegara dan juga dampaknya.


Bahasa Indonesia


3.1 menyimpulkan informasi menurut teks report hasil pengamatan yang didengar dan dibaca.


4.1 menyajikan simpulan secara lisan dan tulis dari teks report hasil pengamatan atau wawancara yang diperkuat oleh bukti.


3.2 menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca.


4.2 menyajikan hasil penggalian informasi dari teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat tepat sasaran.


3.4 menggali informasi urgen dari buku sejarah menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa, kenapa, dan bagaimana.


4.4 memaparkan informasi urgen dari buku sejarah dengan menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa, kenapa, dan bagaimana serta kosa kata baku dan kalimat tepat sasaran.


3.6 mencermati pedoman dan isi teks formulir (pendaftaran, kartu anggota, pengiriman uang lewat canap/kantor pos, daftar rekam hidup, dsb.).


4.6 mengisi teks formulir (pendaftaran, kartu anggota, pengiriman uang lewat canap/kantor pos, daftar rekam hidup, dll.) sesuai pedoman pengisiannya.


Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)


3.1 membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan.


4.1 menyajikan karya perkembangbiakan tumbuhan.


3.3 menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan.


4.3 Menyajikan karya mengenai cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungannya, selaku hasil penyusuran pelbagai sumber


3.4 Mengidentifikasi komponen-komponen listrik dan fungsinya pada rangkaian listrik sederhana.


4.4 Mengerjakan percobaan rangkaian listrik sederhana secara seri dan paralel.


3.5 Mengidentifikasi sifat-sifat magnet pada kehidupan sehari-hari.


4.5 merancang report hasil percobaan mengenai sifat-sifat magnet dan penerapannya pada kehidupan sehari-hari.


3.6 Menjelaskan cara menghasilkan, menyalurkan, dan menghemat kekuatan listrik.


4.6 menyajikan karya mengenai pelbagai cara mengerjakan penghematan kekuatan dan usulan sumber alternatif kekuatan listrik.


Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)


3.1 mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN.


4.1 menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN.


3.2 menganalisis perubahan sosial budaya pada rangka modernisasi bangsa Indonesia.


4.2 menyajikan hasil analitik mengenai perubahan sosial budaya pada rangka modernisasi bangsa Indonesia.


3.3 menganalisis posisi dan peran Indonesia pada kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi dan pendidikan pada lingkup ASEAN.


4.3 menyajikan hasil analitik mengenai posisi dan peran Indonesia pada kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi dan pendidikan pada lingkup ASEAN.


3.4 memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya memaksimalkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.


4.4 menyajikan report mengenai makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya memaksimalkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.


Seni Budaya dan Prakarya (SBDP)


3.1 memahami reklame.


4.1 merancang reklame.


3.2 memahami interval nada.


4.2 memainkan interval nada lewat lagu dan alat musik.


3.3 memahami penampilan tari kreasi daerah.


4.3 menampilkan tari kreasi daerah.


3.4 memahami patung.


4.4 merancang patung.


Unduh Soal PAS Kelas 6 Semester 1


Contoh Soal K13 Kls 6 SD/MI ini terdiri dari muatan pembelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, dan SBDP.


Sedangkan Soal PAS Matematika dibangun oleh Pengajar Kelas dan diujikan secara terpisah, demikian itu pun dengan Soal PAI (Pendidikan Agama dan Budi Pekerti), Soal PJOK pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Medis (PJOK) yang pun dibangun secara terpisah oleh pendidik mapel masing-masing.


Bagi mempermudah memahami naskah Soal Ujian Kls 6, Silakan Unduh Soal UAS Revisi 2018 dan Jawaban pada format pdf di verbinding tautan berikut ini :



Semoga dengan adanya contoh Soal UAS Kls 6 tersebut dapat memberikan ide untuk Sahabat pada menyusun naskah soal ujian ahir semester dan mempermudah pada mengerjakan penilaian.


Selain itu, semoga peserta didik Kls 6 SD/MI pun dapat termotivasi pada mempelajari materi-materi Soal PAS yang terdapat pada soal-soal tersebut selaku persiapan menghadapi Penilaian Ahir Semester Ganjil.


Demikianlah Wetsartikel yang Berjudul Soal PAS Kelas 6 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018 dan Jawaban


Demikianlah pembahasan contoh Soal Ulangan Semester Gazal Revisi 2018 dan Jawaban, semoga soal-soal tersebut dapat memberikan manfaat untuk para pembaca di manapun berada.


Apabila terdapat kunci jawaban dan bahan yang tak sesuai dengan yang dipelajari di Semester 1, mohon kiranya agar dapat memberikan kritik dan saran di kolom komentar yang terdapat.


Wetsartikel yang sedang kamu baca ini berjudul Soal PAS Kelas 6 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018 dan Jawaban dengan domisili verbinding http://filependidikan.informatie/rmasi/soal-ujian-sd-kelas-5-tema-1.



Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top