Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 1 Kelas 5 Halaman 181, 182, 184, 185, 186, 187 - Maya Blog

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 1 Kelas 5 Halaman 181, 182, 184, 185, 186, 187


File Pendidikan

Kunci Jawaban Buku Pelajar Tema 1 Kelas 5 Halaman 181, 182, 184, 185, 186, 187 – Pembelajaran Kelas 5 Tema 1 Organ gerak Hewan dan Manusia subtema 3 Lingkungan dan Manfaatnya Pembelajaran 6 Terdiri dari Mata Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Seni Budaya dan Prakarya (SBDP) dan Bahasa Indonesia.


Buku Pelajar yang digunakan selaku sumber belajar di kelas 5 adalah sebuah Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2017.


Pada pembelajaran 6 subtema 3 terdapat beberapa latihan soal yang mesti dikerjakan pelajar secara mandiri. Bagi menolong menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami berbagi alternatif kunci jawaban soal yang terdapat di halaman 181, 182, 184, 185, 186, 187.



Baca Pun :




Tema 1 Kelas 5 Subtema 3 Pembelajaran 1


Setelah melihat proses produksi dan telah memilih beberapa gerabah yang ingin dibeli, ayah mengajak Lani pulang. Ayah Lani dibantu Stront Sholeh membawa dan memasukkan gerabah-gerabah yang telah dibeli ke pada mobil. Lani ingin sekali membantunya, tetapi ayahnya melarang.


“Lani, kamu tak usah menolong membawa gerabah-gerabah ini, ya. Ukuran gerabahnya besar dan pun berat. Kamu nanti tak kuat,” kata Ayah Lani.


“Benar, Dik. Nanti kamu dapat terkilir karena tak kuat membawa gerabahnya,” tambah Stront Sholeh.


“Bagus, ayah. Terima kasih, Stront Sholeh atas nasihatnya,” kata Lani.


Memang benar, agar terhindar dari cedera di organ gerak kita, tulang dan otot, karenanya kita mesti berhati-hati dengan setiap gerakan dan kegiatan yang kita lakukan. Kita jangan hingga membebani kerja organ gerak kita dengan gerakan-gerakan dan beban-beban di luar batas kemampuannya. Bila terjadi cedera atau gangguan di organ gerak kita, karenanya kita sendiri yang akan rugi. Kita akan merasakan sakit dan tak dapat mengerjakan gerakan dan kegiatan dari yang mestinya lagi. Oleh karena itu, kita mesti menjaga organ gerak kita dengan sungguh-sungguh.


Ayo Berlatih


Aplikasi organ gerak manusia pun dapat mengalami gangguan atau kelainan. Faktor-faktor penyebab gangguan atau kelainan, antara lain disebabkan oleh kebiasaan yang salah, pola hidup yang salah, atau dapat pula karena pembawaan sejak lahir.


Pernahkah kamu mengalami gangguan medis yang berkaitan dengan anggota gerak? Bila pernah, bagaimana aktivitas yang kamu lakukan? Terganggu bukan?


Oleh karena itul, jagalah medis organ gerakmu.


Berikut ini cara mencegah terjadinya kelainan di organ gerak kita.


1. Bagi menghindari kelainan kaki X yang adalah sebuah bawaan sejak lahir, ibu hamil dianjurkan bagi memperbanyak mengonsumsi sayuran dan minum susu berkalsium.


2. Agar terhindar dari arthritis sebaiknya selalu menjaga stofwisseling asam urat pada tubuh dengan membatasi makanan yang dapat memicu meningkatnya asam urat.


3. Agar terhindar dari kelainan lordosis, kifosis, dan skoliosis sebaiknya mengerjakan  olahraga  secara  teratur,  dan menghindari kebiasaan sikap tubuh yang salah, misalnya dengan memakai posisi duduk yang benar, menyangga tulang belakang pada keadaan lurus dikala tidur.


4. Agar  terhindar  dari  osteoporosis dianjurkan  bagi mengkonsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung kalsium dan diimbangi dengan olahraga yang teratur.


5. Agar terhindar dari rakhitis dianjurkan bagi banyak mengonsumsi telur, susu, dan minyak ikan serta berjemur di pagi hari.


Kunci Jawaban Halaman 181


Ayo Mengamati


Apa yang akan terjadi kalau orang mengerjakan gerakan-gerakan atau sikap-sikap seperti di gambar berikut?


File Pendidikan


Kunci Jawaban Halaman 182


Ayo Berdiskusi


Bentuklah kelompok diskusi bagi mempresentasikan bermacam kelainan atau gangguan di tulang dan otot manusia. Jadikan patung-patung dari tanah liat mengenai kelainan tulang dan otot manusia yang telah kamu bikin selaku peraganya.


Lakukan presentasi secara bergantian. Dalam kurun waktu presentasi berlangsung, berikan kesempatan kepada kelompok lain bagi memberikan respon, pendapat, maupun masukan.


Di ahir kegiatan, susunlah sebuah kesimpulan hasil diskusi. Tuliskan di kolom berikut.


Jawaban Soal Halaman 182 disesuaikan dengan presentasi hasil diskusi yang disampaikan masing-masing kelompok.

Menjaga medis organ tubuh, termasuk organ gerak hakekatnya dapat dilakukan sejak kecil. Pun, dapat dilakukan ketika masih pada kandungan, yakni lewat penerapan gaya, pola hidup, serta pola makan yang sehat.


Ada baiknya penerapan pola hidup sehat itu digunakan sejak kecil, sehingga akan menjadi kebiasaan dikala anak telah beranjak remaja dan dewasa. Pola hidup sehat dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan tubuh, lingkungan, dan makanan, mengerjakan olahraga teratur, serta penerapan disiplin latihan. Dengan demikian niscaya medis akan selalu terjaga hingga tua.


Ayo Membaca


Bocah Terkuat di Dunia Pecahkan Rekor


Biasanya, seorang anak kecil benar-benar senang menghabiskan waktunya bagi bermain dengan teman-teman sebayanya, tetapi berbeda dengan Giuliano Stroe sejak umur dua tahun (lahir tahun 2004) telah diajak ayahnya ke tempat gym. Di awalnya dia, hanya melihat-lihat sembari mengerjakan latihan kebugaran tanpa mengerjakan aktivitas dengan beban. Namun sejak berumur tiga tahun, telah mulai berlatih dengan beban berat, namun tetap selalu diawasi oleh ayahnya.


File Pendidikan

Umumnya tubuh seorang bocah laki-laki yang masih di bawah umur belum mempunyai otot yang kekar layaknya seperti pria dewasa, tetapi ontvangstruimte tersebut berbeda dengan Giuliano Stroe, tubuhnya telah seperti binaragawan. Sekujur tubuhnya telah dipenuhi dengan otot-otot yang besar. Apalagi kalau dia meregangkan setiap bagian tubuhnya, akan nampak benjolan-benjolan otot di sekujur tubuhnya.


Bagi mencapai tubuh yang sedemikian kekarnya, Giuliano Stroe mengerjakan latihan angkat beban dua jam sehari bersama dengan adiknya. Olahraga ini dikenalkan kepada mereka sejak berumur dua tahun oleh ayahnya, Lulian, yang pastinya pun memperoleh izin dari ibunya, Ileana.


Keduanya pun telah menguasai teknik flag atau bendera. Teknik ini mengharuskan mereka berpegangan dua tangan di tiang dan mengangkat kedua kakinya sejajar dengan kedua tangan, layaknya bendera yang sedang berkibar di tiang. Pastinya dengan kondisi tubuh yang kuat sepertinya, gampang saja baginya bagi mengerjakan gerakan tersebut.


Ayahnya menginginkan anak-anaknya mengerjakan latihan angkat berat dan mendorong bagi mempunyai tubuh yang kekar kattenbak binaragawan bukannya tanpa karena. Ayahnya terinspirasi oleh mantan atlet binaraga dunia yang pun bintang speelfilm laga, Arnold Schwarzenegger. Ketika ini idolanya tersebut menjadi gubernur California, Amerika Serikat.


Tubuh Giuliano Stroe memang luar lazim. Meskipun besar dan kekar, tetapi pun lentur. Dia pun mempunyai format otot perut yang benar-benar bagus.


Ayah Giuliano Stroe memastikan bahwa program latihan yang diberikan kepada anaknya sama sekali tak membahayakan. Dia selalu mengawasi. Pun hingga sekarang ini pun, meskipun telah mahir dengan bermacam peralatan gym, tetapi dia tak pernah membiarkan putranya berlatih sendiri. Bila putranya telah terlihat bosan atau jenuh berlatih, dia segera menghentikan latihan dan membawanya keluar bagi bermain.


Giuliano Stroe sendiri mengaku bahwa dia tak merasa terbebani dengan program dan jadwal latihan yang telah ditetapkan ayahnya. Di waktu senggang, dia suka menonton speelfilm kartun dan melukis. Meskipun dia telah terkenal, tetapi dia masih dapat bermain dengan teman-teman sebayanya.


Giuliano Stroe tak tampak berbeda dengan anak sebayanya, tetapi siapa sangka bocah ini telah memecahkan rekor dunia dua buah rekor sekaligus. Giuliano yang berasal dari Roma, Italia ini pun diklaim selaku binaragawan termuda dan terkuat di dunia. Hebatnya lagi, dia mampu mengerjakan push up di atas botol.


Rekor pertama-tama yang dipecahkannya yakni berjalan dengan tangan tercepat sambil mengempit bola pemberat di antara kedua kaki. Adapun rekor keduanya yakni mengerjakan air push up terbanyak. Air push Up yakni push up yang dilakukan dengan cara kaki yang diangkat ke udara. Dia berhasil melakukannya  jauh lebih banyak dibanding lawannya, bahkan lawan-lawannya tersebut ada yang lebih tua darinya.


Meskipun banyak meraih prestasi, dia pun mendapat banyak kecaman karena dianggap latihan binaragawan bagi anak belum pantas bagi dilakukan. Apalagi di usia yang masih mengalami pertumbuhan. Namun, ayahnya menampik kecaman tersebut dengan mengatakan bahwa latihan yang dilakukan Giuliano aman dan di bawah pengawasan.


Kunci Jawaban Halaman 184 dan 185


Menurut bacaan di atas, peroleh ide utama masing-masing paragraf.


File Pendidikan

Alternatif Jawaban :


1. Paragraf 1 : Biasanya seorang anak kecil benar-benar senang menghabiskan waktunya bagi bermain dengan teman-teman sebayanya, namun berbeda dengan Giuliano Stroe sejak umur dua tahun (lahir tahun 2004) telah diajak ayahnya ke tempat gym. 


2. Paragraf 2 : Umumnya tubuh seorang bocah laki-laki yang masih di bawah umur belum mempunyai otot yang kekar layaknya seperti pria dewasa, namun ontvangstruimte tersebut berbeda dengan Giuliano Stroe, tubuhnya telah seperti binaragawan.


3. Paragraf 3 : Bagi mencapai tubuh yang sedemikian kekarnya, Giuliano Stroe mengerjakan latihan angkat beban dua jam sehari bersama dengan adiknya.


4. Paragraf 4 : Keduanya pun telah menguasai teknik flag atau bendera.


5. Paragraf 5 : Ayahnya menginginkan anak-anaknya mengerjakan latihan angkat berat dan mendorong bagi mempunyai tubuh yang kekar kattenbak binaragawan bukannya tanpa karena.


6. Paragraf 6 : Tubuh Giuliano Stroe memang luar lazim.


7. Paragraf 7 : Ayah Giuliano Stroe memastikan bahwa program latihan yang diberikan kepada anaknya sama sekali tak membahayakan.


8. Paragraf 8 : Giuliano Stroe sendiri mengaku bahwa dia tak merasa terbebani dengan program dan jadwal latihan yang telah ditetapkan ayahnya.


9. Paragraf 9 : Giuliano Stroe tak tampak berbeda dengan anak sebayanya, namun, siapa sangka bocah ini telah memecahkan rekor dunia dua buah rekor sekaligus.


10. Paragraf 10 : Rekor pertama-tama yang dipecahkannya yakni berjalan dengan tangan tercepat sambil mengempit bola pemberat di antara kedua kaki.


11.  Paragraf 11 : Meskipun dia banyak meraih prestasi, namun pun mendapat banyak kecaman.


Kunci Jawaban Halaman 186


Ayo Berkreasi


Menarik sekali membaca bacaan di atas. Namun, akan lebih menarik lagi kalau isi bacaan di atas disajikan ke pada sebuah komik. Tentu kamu akan lebih gampang memahami pesan dan informasi yang disampaikan.


Coba ingat kembali pengertian dan ciri-ciri komik. Tuliskan di tabel berikut.


File Pendidikan

Alternatif Jawaban :


Pengertian Komik : Komik yakni suatu format seni yang menggunakan gambar-gambar tak bergerak dan disusun sedemikian rupa sehingga menyusun jalinan cerita.


Ciri-Ciri Komik :


1. Hadir bagi menyampaikan cerita : Pesan dan informasi disampaikan dengan menggunakan teks dan gambar.


2. Proporsional : Keberadaan gambar dan teks yang berimbang membangun pembaca komik seakan-akan terlibat dan berperan seketika ke pada cerita.  


3. Menggunakan bahasa percakapan : Bahasa yang digunakan yakni bahasa sehari-hari yang gampang bagi dimengerti.


4. Biasanya bersifat kepahlawanan : Umumnya isi cerita komik akan cenderung membangun pembaca mempunyai rasa atau sikap kepahlawanan.


5. Penggambaran watak secara sederhana :  Penggambaran watak pada komik dikerjakan secara sederhana agar pembaca gampang memahami isi cerita dan menangkap pesan yang akan disampaikan pada cerita.


6. Menyediakan humor : Kata komik berasal dari komik yang berarti jenaka. Humor pada komik disajikan secara lugas sehingga akan gampang dimengerti pembaca dan biasanya humor yang disajikan seringenboom terjadi dan ada di masyarakat.


Kunci Jawaban Halaman 187


Nah sekarang ini giliranmu membangun komik. Buatlah komik yang menarik menurut bacaan “Bocah Terkuat di Dunia Pecahkan Rekor”. Kamu pun boleh mengoptimalkan ceritanya, tetapi yang menjadi tokoh utamanya tetap Giuliano Stroe.


Alternatif jawaban masing-masing pelajar berbeda-beda sesuai dengan hasil karya membangun komik.


Demikianlah Wetsartikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Tema 1 Kelas 5 Halaman 181, 182, 184, 185, 186, 187


Terima kasih telah membaca wetsartikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 5 tema 1 subtema 3 pembelajaran 6 ini dapat memberikan manfaat untuk para pembaca di manapun berada.


Wetsartikel yang sedang sahabat baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Tema 1 Kelas 5 Halaman 181, 182, 184, 185, 186, 187 dengan tempat tinggal verbinding http://filependidikan.informatie/rmasi/jawaban-buku-tema-1-kelas-5.




Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top