Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 39, 40, 41, 42, 43, 44 - Maya Blog

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 39, 40, 41, 42, 43, 44


File Pendidikan

Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 39, 40, 41, 42, 43, 44 – Pembelajaran Kelas 6 Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku Pembelajaran 4 Terdiri dari Mata Pembelajaran PPKn dan Bahasa Indonesia.


Buku Pelajar yang digunakan selaku sumber belajar di kelas 6 adalah sebuah Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.


Pada Pembelajaran 4 Subtema 1 Tema Selamatkan Makhluk Hidup terdapat beberapa latihan soal yang mesti dikerjakan pelajar secara mandiri. Bagi menolong menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami share alternatif kunci jawaban soal yang terdapat di halaman 39, 40, 41, 42, 43, 44.


Baca Pun :




Tema 1 Kelas 6 Subtema 1 Pembelajaran 4


Tahukah kamu bahwa tumbuhan tak saja bermanfaat selaku sumber makanan untuk kehidupan makhluk hidup. Akan tetapi, ada manfaat lainnya pada kehidupan kita. Yuk, kita cari tahu.


Menurut pengamatanmu sehari-hari, tuliskan pelbagai manfaat tumbuhan untuk kehidupan makhluk hidup.


File Pendidikan


Kunci Jawaban Tematik Halaman 39 dan 40


Tulislah manfaat tumbuhan untuk makhluk hidup pada diagram berikut!


File Pendidikan

Alternatif Jawaban :


1. Tumbuhan selaku penghasil oksigen (O2) dan mengurangi karbondioksida.


2. Tumbuhan selaku produsen atau penghasil makanan.


3. Tumbuhan selaku penangkap zat pencemar dan limbah industri.


4. Tumbuhan selaku pelindung dari erosi dan abrasi.


5. Tumbuhan selaku tempat perkembangkiakan dan rumah untuk hewan.

Diskusikan hasilnya dengan teman kelompokmu.


Tumbuhan berkembang biak bagi menjaga kelestarian jenisnya selaku sumber kehidupan untuk makhluk hidup lain.


Oleh karena itu, manusia mempunyai peran untukmelestarikan tumbuhan. Tahukah kamu bahwa ikut memelihara kelangsungan hidup tumbuhan adalah sebuah diantara wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila?


Ayo Membaca


Di pembelajaran satu, kamu telah membaca teks mengenai bagaimana jagung berkembang biak dan merancang catatan di diagram. Kamu pun telah mengumpulkan informasi yang terdapat pada wujud tulisan.


Buka kembali diagram mengenai perkembang biakkan jagung dan baca dengan saksama.


Kunci Jawaban Tematik Halaman 41


Berikut yaitu ide utama dari paragraf 1 dan kesimpulannya.


File Pendidikan

Amati dan bacalah isi tabel di atas. Apa pendapatmu?


Pendapat saya mengenai tabel di atas yaitu menjelaskan mengenai cara merancang sebuah kesimpulan yang bagus menurut teks bacaan.


Kunci Jawaban Tematik Halaman 42


Sekarang ini bacalah tabel berikutnya dan berikan pendapatmu.


File Pendidikan

Dapatkah kamu menemukan cara merancang suatu kesimpulan?


Apa ciri-ciri kesimpulan yang bagus menurutmu?


Ciri-ciri kesimpulan yang bagus yaitu pesan yang ingin disampaikan kepada pembaca, intisari dari tulisan, dimulai dari khusus ke umum, menggunakan kosakata baku, suatu pernyataan yang dibangun menurut ide utama dan kata kunci dari kalimat penjelas dengan kalimat sendiri.

Diskusikan hasilnya dengan teman sekelasmu. Sampaikan hasilnya kepada pengajar.


Ayo Berdiskusi


Tumbuhan yaitu rekan-rekan kita. Menjaga tumbuhan telah menjadi kewajiban kita seluruh. Pada menjalankan kewajibannya, terkadang kita tak dapat sendiri. Kita membutuhkan kerja sama dengan orang lain. Kerja sama adalah sebuah wujud penerapan dari diantara sila Pancasila.


Pahamilah lagi kelima sila Pancasila berikut.


File Pendidikan


Kunci Jawaban Tematik Halaman 43


Amati kedua gambar berikut.


File Pendidikan

Tulislah isi cerita masing-masing gambar diatas!


Gambar 1 menceritakan mengenai anak-anak sedang kerja bakti atau gotong royong membersihkan lingkungan.


Gambar 2 menceritakan mengenai anak-anak sedang berdiskusi.



Kunci Jawaban Tematik Halaman 44


Nilai-nilai Pancasila dari sila keberapakah yang terkandung pada kedua sikap di gambar di atas? Tulislah penjelasanmu dengan singkat.


Gambar 1 mencerminkan nilai-nilai pancasila sila ke 3 Persatuan Indonesia.


Gambar 2 mencerminkan nilai-nilai pancasila sila ke 4 kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksaanaan pada permusyawaratan/perwakilan.


Berilah kesimpulan nilai yang sesuai sila ketiga (sesuai gambar). Sampaikan kepada teman kelompokmu.


Carilah tiga contoh sikap pada kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan nilai-nilai sila ketiga Pancasila.


Apa saja sikap yang telah kamu terapkan dan yang belum kamu terapkan?


Bagaimana caramu memperbaiki sikap sehingga sesuai dengan sila ketiga Pancasila.


Alternatif jawaban yang diberikan pelajar dapat berbeda-beda.

Sampaikan hasilnya di depan kelas kemudian serahkan pekerjaanmu kepada pengajar.


Kerja sama dapat memberikan manfaat untuk kita. Selaku pelajar, kamu dapat bekerja sama pada banyak ontvangstruimte. Merawat dan menanam tanaman, menjaga lingkungan sekolah, serta menjaga kebersihan halaman dapat dilakukan bersama-sama.



Demikianlah Wetsartikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 39, 40, 41, 42, 43, 44


Terima kasih telah membaca wetsartikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 6 tema 1 subtema 1 pembelajaran 4 ini dapat memberikan manfaat untuk para pembaca di manapun berada.


Wetsartikel yang sedang kamu baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 39, 40, 41, 42, 43, 44 dengan tempat tinggal verbinding http://filependidikan.informatie/rmasi/jawaban-buku-tema-1-kelas-5.




Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top