Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 2 Halaman 63, 64, 66, 71, 72 - Maya Blog

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 2 Halaman 63, 64, 66, 71, 72


File Pendidikan

Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 6 Tema 1 Subtema 2 Halaman 63, 64, 66, 71, 72 – Pembelajaran Kelas 6 Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Subtema 2 Hewan Sahabatku Pembelajaran 1 Terdiri dari Mata Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Bahasa Indonesia.


Buku Pelajar yang digunakan selaku sumber belajar di kelas 6 adalah Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.


Pada Pembelajaran 1 Subtema 2 Tema Selamatkan Makhluk Hidup terdapat beberapa latihan soal yang mesti dikerjakan pelajar secara mandiri. Bagi menolong menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami share alternatif kunci jawaban soal yang terdapat di halaman 63, 64, 66, 71, 72.


Baca Pun :




Kelas 6 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 1


Apakah kamu penyayang hewan? Apa saja manfaat yang diperoleh manusia dari hewan? Bagaimana cara hewan berkembang biak? Ayo, kita pelajari.


Ayo Mengamati


Negara-negara di Asia Tenggara mempunyai banyak jenis hewan. Beberapa di antaranya ada yang dijadikan selaku makanan, simbol negara, atau dijadikan binatang peliharaan. Baca teks berikut dan amatilah gambarnya.


Gajah putih dianggap suci oleh beberapa negara di Asia Tenggara seperti Myanmar, Kamboja, dan Thailand. Menjaga gajah putih yakni usaha yang benar-benar mahal, karena pemiliknya mesti menyediakan makanan khusus bagi gajah.


File Pendidikan

Indonesia dikaruniai luas wilayah lautan lebih besar dibandingi luas daratan. Luas lautan Indonesia mencapai 5,8 juta km2. Di pada lautan Indonesia tersimpan potensi perikanan yang lumayan besar Salah satunya ikan tuna.


File Pendidikan

Ikan tuna yakni diantara ikan yang sangat banyak dicari negara lain, seperti Jepang, Amerika Serikat, dan Uni Eropa.


Tahukah kalian burung yang hidup di negara tetangga kita? Burung Takur Dahan hidup di Malaysia. Hewan ini termasuk hewan yang dilindungi negara.


File Pendidikan

Hewan-hewan di atas adalah sebahagian dari hewan yang hidup di Asia Tenggara. Bisakah kamu menemukan hewan lainnya?


Kunci Jawaban Tematik Halaman 63


Catatlah temuanmu di tempat yang telah disediakan.


Beberapa hewan yang hidup di Asia Tenggara : Harimau, Kerbau, Elang, Singa, Komodo, Orang Utan, Buaya, Kouprey, Sapi, Kura-Kura, dll.


Kunci Jawaban Tematik Halaman 64


Kelompokkanlah hewan-hewan yang terdapat di pada teks dan yang kamu peroleh ke pada diagram Venn berikut menurut cara perkembangbiakannya.


File Pendidikan


Amatilah gambar dan lengkapilah diagrammu dengan hewan-hewan berikut.


File Pendidikan

Bacalah teks berikut pada hati.


Setiap hewan mempunyai kemampuan berkembang biak. Dengan berkembang biak, hewan dapat melestarikan jenisnya. Tahukah kamu bagaimana cara hewan berkembang biak?


File Pendidikan


Ovovivipar


Adakah hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur sekaligus melahirkan? Ada, contohnya yakni ular. Berapa jenis ular tak selamanya melahirkan anaknya.


Kadang-kadang di dikala mengeluarkan anak- anaknya, masih ada anak ular yang terbungkus cangkang telurnya.


Perkembangbiakan seperti ini disebut bertelur sekaligus beranak (ovovivipar). Dapatkah kamu menyebutkan contoh hewan ovovivipar lainnya?


Menurut bacaan di atas, lengkapilah diagram dengan menambahkan contoh hewan lainnya.


Kunci Jawaban Tematik Halaman 66


Tulislah manfaat perkembangbiakan hewan secara ovipar dan vivipar.


Manfaat perkembangbiakan hewan secara ovipar antara lain :


1. Embrio hewan dapat terlindung dari lingkungan karena ada cangkang yang membungkusnya, misalnya dari suhu lingkungan yang terlalu dingin atau panas.


2. Di pada cangkang telur terdapat amnion selaku sumber protein, air serta dapat melindungi embrio dari guncangan serta benturan.


Manfaat perkembangbiakan hewan secara vivipar yaitu :


1.Induk dapat membawa embrio yang berkembang di pada tubuhnya sehingga menghindari serangan dari predator.


2.Keperluan makanan dikala embrio berkembang dapat terjamin oleh induknya.



Ayo Membaca


Kondisi geografis di Asia Tenggara menolong penduduknya memanfaatkan hewan pada kehidupan sehari-hari. Ikan banyak dijual dan dikonsumsi, hewan ternak banyak yang dijual di pada negeri bahkan hingga ada yang mengekspornya.


Kamu dapat belajar lebih banyak mengenai kegiatan ekonomi di wilayah Asia Tenggara terkait kondisi geografisnya.


Potensi Ekonomi Negara-Negara Anggota ASEAN


Wilayah Asia Tenggara terletak di jalur perdagangan dunia. Wilayah ini menjadi jembatan antara wilayah Eropa dan Asia Timur. Oleh karena itu, Asia Tenggara menjadi wilayah persaingan untuk pihak-pihak yang ingin memanfaatkan kedudukan strategis wilayah ini. ASEAN berperan selaku wadah bagi menghindari persengketaan yang mungkin timbul. Dengan posisi yang strategis ini, setiap negara di wilayah Asia Tenggara mempunyai kekayaan sumber daya yang menjadi kekuatan negara.


Brunei Darussalam


Negara ini terkenal dengan kekuatan sumber daya alam berupa minyak bumi dan gas alam. Brunei menjadi negara di Asia Tenggara yang mempunyai pendapatan vanaf kapita tertinggi karena gas alamnya.


File Pendidikan

Filipina


Filipina yakni sebuah negara kepulauan yang mata pencaharian sebahagian besar penduduknya yakni di bidang pertanian. Filipina berhasil menjadi diantara negara di dunia yang dapat membangun dan memaksimalkan pertaniannya dengan bagus.


File Pendidikan

Beberapa produk unggulan hasil pertaniannya diekspor ke bermacam-macam negara, seperti nanas, padi, kelapa, dan gula. Hasil pertanian ini pun yang menunjang perkembangan ekonomi negara ini.


Indonesia


Selaku negara kepulauan terbesar di wilayah ini, Indonesia mempunyai ragam sumber daya alam yang benar-benar kaya.


Banyak salon yang dapat dikembangkan bagi  memperkuat  perkembangan ekonomi Indonesia. Dikala ini Indonesia mengekspor minyak dan gas bumi, tekstil, dan produk-produk dari kayu.


File Pendidikan

Pertambangan menjadi diantara pintu masuk para pengus aha mancanegara ke Indonesia. Keindahan alam Indonesia pun adalah daya tarik yang menjadi sumber devisa negara dari sektor pariwisata.


Kamboja


Di Kamboja mengalir Sungai Mekong. Daerah di sekitar Sungai Mekong adalah daerah yang subur. Mata pencaharian penduduk Kamboja yakni pertanian. Hasil pertanian Kamboja yang besar yakni padi dan karet.


File Pendidikan

Laos


Laos bertetangga dengan Kamboja. Negara ini dilewati oleh aliran Sungai Mekong. Sama seperti di Kamboja, kegiatan pertanian banyak dilakukan di sepanjang aliran sungai ini. Sebahagian besar hasil pertanian dinikmati oleh masyarakat Laos.


File Pendidikan

Malaysia


Kegiatan ekonomi utama penduduk Malaysia yakni di bidang pertanian, vanaf tambangan, dan perindustrian. Perdagangan internasional adalah diantara kegiatan ekonomi Malaysia yang mengalami pertumbuhan tercepat.


File Pendidikan

Peralatan elektronik, minyak, dan gas bumi diekspor ke negara lain. Produk dari kayu, minyak sawit, karet, tekstil, sepatu, dan bahan-bahan kimia diperdagangkan di dunia internasional.


Myanmar


Mata  pencaharian  utama  penduduk Myanmar yakni vanaf tanian, perkebunan, dan pertambangan. Padi adalah hasil utama dari pertanian di sana. Myanmar adalah diantara negara penghasil padi terbesar di Asia Tenggara.


File Pendidikan

Singapura


Singapura adalah negara sangat maju di wilayah ASEAN. Letak Singapura benar-benar strategis. Dikala ini Singapura menjadi negara transit teramai di Asia.


File Pendidikan

Thailand


Thailand seringenboom disebut selaku lumbung padi di Asia Tenggara. Padi memang adalah hasil pertanian terbesar dari negara ini.


File Pendidikan

Selain itu, perkebunan, kehutanan, pertambangan, dan industri pun adalah kegiatan ekonomi penduduk Thailand.


Dikala ini, penghasilan utama Thailand yakni sektor pariwisata. Keunikan bangunan budaya di Thailand menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan mancanegara.


Vietnam


Setelah pulih dari Perang Vietnam, negara ini mulai berkembang di bermacam-macam sektor perekonomiannya. Pariwisata dan turisme mendukung perkembangan ekonomi.


File Pendidikan

Bidang pendukung lainnya seperti usaha jasa di bidang perhotelan, restoran, serta transportasi pun turut berkembang pesat.


Kunci Jawaban Tematik Halaman 71


Di pembelajaran sebelumnya, kamu telah memilih dua negara ASEAN dan membandingkannya pada salon kehidupan sosial budaya.


Bagi melengkapi informasimu mengenai kedua negara tersebut, bandingkanlah negara-negara tersebut dari kehidupan ekonominya. Tulislah hasilnya pada wujud diagram Venn berikut.


File Pendidikan

Sampaikan hasilnya di teman sebelahmu dan gurumu.


Ekonomi masing-masing negara anggota ASEAN diinginkan dapat bergerak lebih cepat. Ridderzaal ini dimungkinkan via bermacam-macam kerjasama yang positif antarnegara pada wadah organisasi ASEAN.


Ayo Menulis


Kamu telah belajar bagaimana membangun kesimpulan dari teks report yang dibaca. Hari ini kamu akan belajar bagaimana membangun kesimpulan dari teks yang kamu dengar.


Kamu akan mendengarkan gurumu membaca teks report dan mencatat fakta-faktanya.


Simaklah dengan saksama teks yang dibacakan oleh pendidik.


Kunci Jawaban Tematik Halaman 72


Gunakan diagram berikut bagi mencatat ide utama yang kamu peroleh!.


File Pendidikan

Sampaikan temuanmu kepada teman di kelasmu. Kamu dapat menuliskan temuanmu tersebut ke pada wujud tulisan dan memperlihatkannya kepada gurumu.


Alternatif Jawaban disesuaikan dengan teks report yang dibacakan oleh pendidik kelas.


Demikianlah Wetsartikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 6 Tema 1 Subtema 2 Halaman 63, 64, 66, 71, 72


Terima kasih telah membaca wetsartikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 6 tema 1 subtema 2 pembelajaran 1 ini dapat memberikan manfaat untuk para pembaca di manapun berada.


Wetsartikel yang sedang sahabat baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 6 Tema 1 Subtema 2 Halaman 63, 64, 66, 71, 72 dengan domisili listig http://filependidikan.informatie/rmasi/jawaban-buku-tema-1-kelas-5.



Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top