Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 2 Halaman 75, 77 - Maya Blog

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 2 Halaman 75, 77


File Pendidikan

Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 6 Tema 1 Subtema 2 Halaman 75, 77 – Pembelajaran Kelas 6 Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Subtema 2 Hewan Sahabatku Pembelajaran 2 Terdiri dari Mata Pembelajaran PPKn, dan SBDP.


Buku Pelajar yang digunakan selaku sumber belajar di kelas 6 adalah Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.


Pada Pembelajaran 2 Subtema 2 Tema Selamatkan Makhluk Hidup terdapat beberapa latihan soal yang mesti dikerjakan pelajar secara mandiri. Bagi menolong menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami share alternatif kunci jawaban soal yang terdapat di halaman 75, 77.


Baca Pun :




Kelas 6 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 2


Ayam ialah unggas yang lazimnya dipelihara orang bagi diambil telurnya. Memelihara ayam diinginkan dapat memberikan penghasilan dan memenuhi keperluan pemiliknya seperti keperluan telur dan daging. Pernahkah kamu mengunjungi peternakan ayam?


Ayam potong dipelihara bagi dimanfaatkan dagingnya dan ayam petelur dipelihara agar telurnya dapat dimanfaatkan.


Pernahkah kamu pergi ke peternakan ayam? Apa yang kamu rasakan dikala pergi ke sana?


Ayo Mencoba


Pahamilah lagi kelima sila Pancasila berikut.


File Pendidikan

Kamu akan belajar penerapan sila keempat Pancasila. Bacalah teks berikut pada hati.


Santi benar-benar sedih. Ayahnya baru saja bercerita bahwa penduduk setempat mengeluhkan keberadaan peternakan ayamnya. Mereka tak tahan dengan bau yang berasal dari peternakan ayamnya. Santi bingung.


Peternakan ayam Santi ialah peternakan keluarga. Usaha dari peternakan dapat menghidupi keluarga dan membiayai sekolahnya. Santi mempunyai peternakan ayam petelur. Secara teratur ia mengirimkan telur ayamnya ke pasar bagi disimpan di diantara toko di sana.


Santi tak mau peternakan ayamnya digusur. Ia akan berusaha agar penduduk mau menerima keberadaan peternakannya. Apapun yang terjadi, Santi akan membela keluarganya agar peternakannya tetap beroperasi.


Kunci Jawaban Tematik Halaman 75


Menurut bacaan di atas, jawablah pertanyaan berikut terkait penerapan sila keempat dari Pancasila. Diskusikan jawabanmu bersama teman sekelas.


1. Apa pendapatmu mengenai sikap Santi?


Sikap Santi yang tak mau peternakan ayamnya digusur lumayan beralasan karena peternakan itu dapat menghidupi keluarga dan membiayai sekolahnya. Akan tetapi tergangunya warga sekitar dengan bau dari peternakan pun tak dapat dibenarkan. Seharusnya santi dan keluarganya lebih mengutamakan kepantingan orang banyak.

2. Apa pendapatmu mengenai sikap penduduk?


Sikap penduduk yang ingin menggusur peternakan karena bau yang ditimbulkan benar-benar mengganggu itu benar-benar wajar. Usaha peternakan ayam tentu menghasilkan limbah berupa feses atau kotoran yang menyebabkan pencemaran udara berupa bau yang mengganggu dan ini dapat berbahaya untuk medis serta air buangan yang dapat mencemari lingkungan. Air buangan yang dimaksud berasal dari cucian tempat pakan, tempat minum ayam, dan lain-lain.

3. Apa yang sebaiknya Santi lakukan pada menghadapi masalahnya?


Sebaiknya Santi dan orang tuanya memikirkan kembali peternakannya dengan menjalankan relokasi atau pemindahan kandang. Lokasi tempat pemeliharaan diupayakan agar tak terlalu dekat dengan bangunan rumah atau pemukiman penduduk dan mempunyai sirkulasi udara yang bagus serta memperoleh pencahayaan matahari secara maksimal, sehingga kondisi lokasi dapat terpelihara pada kondisi omkering.

4. Apa yang sebaiknya penduduk lakukan kepada keberadaan peternakan ayam?


Alangkah baiknya penduduk memusyawarahkan mengenai pengaruh dari peternakan milik keluarga Santi agar Santi dan keluarganya tak kehilangan mata pencaharian dan masyarakat pun tak terganggu dengan bau yang ditimbulkan dari peternakan tersebut.

Penerapan sila keempat dari sila Pancasila benar-benar urgen dilakukan. Pada kehidupan sehari-hari, kamu mungkin menyaksikan beberapa permasalahan dan akan teratasi dikala sila ke empat dijalankan.


Berikut ialah contoh pelaksanaan sila keempat :


1. tak memaksakan keinginan,


2. bermusyawarah,


3. mengutamakan kepentingan orang banyak, dan


4. menjalankan keputusan yang telah disepakati bersama.


Kunci Jawaban Tematik Halaman 77


Carilah tiga contoh perilaku atau sikap lain pada kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila di sila keempat.


Pilihlah dua dari contoh tersebut yang akan kamu terapkan. Jelaskan bagaimana kamu akan menerapkannya.


Tiga contoh perilaku atau sikap yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila di sila keempat yaitu Mengerjakan musyawarah dikala hendak memilih Ketua Kelas, Mematuhi dan menjalankan hasil musyawarah dengan itikad bagus, Tak memaksakan pendapat sendiri di orang lain.


Ayo Berkreasi


Selaku sobat manusia, hewan banyak memberikan inspirasi pada karya seni, salah satunya ialah seni patung. Berikut ialah beberapa contoh patung yang idenya terinspirasi dari hewan.


Di pertemuan sebelumnya, kamu telah berlatih menyusun monster sederhana dengan bahan yang kamu miliki.


Diskusikan patung yang telah kamu bikin. Tentukan apakah kamu akan melanjutkan patungmu atau kamu akan membangun monster yang berbeda. Mintalah pendapat teman dan gurumu.



Demikianlah Wetsartikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 6 Tema 1 Subtema 2 Halaman 75, 77


Terima kasih telah membaca wetsartikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 6 tema 1 subtema 2 pembelajaran 2 ini dapat memberikan manfaat untuk para pembaca di manapun berada.


Wetsartikel yang sedang sahabat baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 6 Tema 1 Subtema 2 Halaman 75, 77 dengan tempat tinggal verbinding http://filependidikan.informatie/rmasi/jawaban-buku-tema-1-kelas-5.




Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top