Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Halaman 109, 110, 111 - Maya Blog

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Halaman 109, 110, 111


File Pendidikan

Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 6 Tema 2 Halaman 109, 110, 111 – Pembelajaran Kelas 6 Tema 2 Persatuan pada Perbedaan Subtema 3 Bersatu Kita Teguh Pembelajaran 2 Terdiri dari Mata Pembelajaran SBDP dan PPKn.


Buku Pelajar yang digunakan selaku sumber belajar di kelas 6 adalah sebuah Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.


Pada Pembelajaran 2 Subtema 3 Tema Persatuan pada Perbedaan terdapat beberapa latihan soal yang mesti dikerjakan pelajar secara mandiri. Bagi menolong menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami berbagi alternatif kunci jawaban soal yang terdapat di halaman 109, 110, 111.


Baca Pun :




Tema 2 Kelas 6 Subtema 3 Pembelajaran 2


Pernahkah kamu mendengar pepatah “Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh?”. Apa makna pepatah tersebut untuk bangsa Indonesia? Ayo, kita diskusikan!


Ayo Berdiskusi


Amati gambar berikut!


File Pendidikan

Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa adalah sebuah kewajiban seluruh rakyat Indonesia karena negara kita terdiri atas berjenis-jenis suku, agama, dan ras.


Persatuan dan kesatuan adalah sebuah ontvangstruimte yang benar-benar urgen, bagus pada rangka merebut, mempertahankan, maupun mengisi kemerdekaan.


‘Bersatu Kita Teguh’ mengandung makna menyatunya berjenis-jenis unsur dan perbedaan yang terdapat menjadi suatu kesatuan yang utuh dan serasi sehingga muncul suatu kekuatan.


Bangsa Indonesia telah membuktikan bahwa dengan persatuan dan kesatuan, kita mampu menghadapi penjajah dan akhirnya meraih kemerdekaan.


Setelah mengamati gambar dan membaca teks, tulis hal-hal yang kamu ingin ketahui lebih lanjut di potongan kertas pada wujud pertanyaan!


Tempatkan potongan-potongan kertas berisi pertanyaan tersebut di tengah meja. Baca pertanyaan tersebut secara bergiliran, kemudian diskusikan jawaban dari pertanyaan tersebut secara berkelompok!


Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 109 dan 110


Jawab pertanyaan berikut!


1. Apa makna ‘Bersatu Kita Teguh’ seperti yang disebut Edo di atas?


‘Bersatu Kita Teguh’ mengandung makna menyatunya berjenis-jenis unsur dan perbedaan yang terdapat menjadi suatu kesatuan yang utuh dan serasi sehingga muncul suatu kekuatan.

2. Kenapa persatuan dan kesatuan benar-benar urgen untuk bangsa Indonesia?


Karena dengan persatuan dan kesatuan, bangsa Indonesia mampu menghadapi penjajah dan akhirnya meraih kemerdekaan.

3. Berikan tiga contoh sikap yang mencerminkan persatuan dan kesatuan pada kehidupan sehari-hari!


Contoh sikap yang menunjukkan persatuan dan kesatuan pada kehidupan sehari-hari yaitu menghasilkan suasana rukun, menjalankan tanggung jawab, saling menghormati antarsesama.

Diskusikan jawaban-jawabanmu dengan teman di kelompokmu!


Tulislah suatu cerita mengenai manfaat persatuan dan kesatuan menurut pengalamanmu. Ceritamu mesti mengandung:



  • kejadian yang menimpamu

  • manfaat persatuan dan kesatuan

  • tempat kejadian dan waktu



Saya, Lani, Hana, Upin, Ipin, dan Tayo berencana mengikuti festival budaya di sekolah kami pada rangka memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang akan dilaksanakan di tanggal 17 Agustus 2020. Kami berdiskusi bagi menentukan budaya yang akan kami usung. Saya dan teman-teman benar-benar antusias mengikuti festival ini. Kami ingin menyampaikan seni dan budaya suku-suku yang terdapat di Indonesia. 

Menentukan kebudayaan mana yang akan dipilih tak gampang. Seluruh budaya yang dimiliki Indonesia benar-benar beragam dan menarik. Akhirnya saya dan teman-teman memutuskan bagi
menyampaikan permainan Rangku Alu. 

Kami mulai berlatih setiap sore bagi melatih kekompakkan pada mengerjakan permainan rangku ulu. Berkat latihan yang rajin bersama teman-teman, akhirnya kami terpilih menjadi juara pada festival budaya tersebut.

Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) mesti tetap kita pertahankan. Ontvangstruimte ini sesuai dengan amanat Undang-Undang Mendasar 1945 dan Pancasila.


Zaman boleh berganti, pemerintahan boleh berubah, namun persatuan dan kesatuan bangsa mesti tetap terjaga utuh.


Ayo Berkreasi


Secara berkelompok, kamu akan mempraktikkan pola lantai tari Indang dari Sumatra Barat yang dilandasi nilai-nilai persatuan. Ketika kelompok lain mengerjakan penampilan, silakan merancang catatan urgen mengenai penampilan tersebut.


Kamu pun dapat memberikan komentar dan saran mengenai penampilan temanmu.


Sebelumnya kamu dapat membaca informasi mengenai Tari Indang.


Pola Lantai Tari Indang


Pola lantai tari indang ialah horizontal (lurus). Penari berbaris menyusun garis lurus ke samping. Tari indang berasal dari daerah Minangkabau, Sumatra Barat. Tari Indang berasal dari kata Indang atau disebut pun Badindin. Tari indang menyerupai tari Saman yang berasal dari Aceh.


File Pendidikan


Kunci Jawaban Tematik Tema 2 Kelas 6 Halaman 111


Praktikkan pola lantai satu tarian bersama kelompokmu dan tuliskan langkah-langkahnya! Kamu dapat menambah menggambar pola lantai tersebut.


Jawaban soal tema 2 kelas 6 halaman 111 mengenai merancang gambar pola lantai dari tarian yang di pilih dan dipraktikkan oleh masing-masing kelompok. Jadi alternatif jawabannya dapat berbeda-beda antara satu kelompok dengan kelompok lainnya.

Diskusikan pola lantai tarian tersebut dengan teman kelasmu!


Demikianlah Wetsartikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 6 Tema 2 Halaman 109, 110, 111


Terima kasih telah membaca wetsartikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 6 tema 2 Subtema 3 pembelajaran 2 ini dapat memberikan manfaat untuk para pembaca di manapun berada.


Wetsartikel yang sedang kamu baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 6 Tema 2 Halaman 109, 110, 111 dengan domisili verbinding http://filependidikan.informatie/rmasi/jawaban-buku-tema-1-kelas-5.



Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top