Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 6 Tema 2 Halaman 45, 46, 48, 49,50 – Pembelajaran Kelas 6 Tema 2 Persatuan pada Perbedaan Subtema 2 Bekerja Sama Mencapai Tujuan Pembelajaran 1 Terdiri dari Mata Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Bahasa Indonesia.
Buku Pelajar yang digunakan selaku sumber belajar di kelas 6 adalah Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.
Pada Pembelajaran 1 Subtema 2 Tema Persatuan pada Perbedaan terdapat beberapa latihan soal yang mesti dikerjakan pelajar secara mandiri. Bagi menolong menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami share alternatif kunci jawaban soal yang terdapat di halaman 45, 46, 48, 49, 50.
Baca Pun :
- Lengkap – Kunci Jawaban Tematik Tema 1 Kelas 5 K13 Revisi Terbaru
- Lengkap – Kunci Jawaban Tematik Tema 2 Kelas 5 K13 Revisi Terbaru
- Lengkap – Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 5 K13 Revisi Terbaru
- Lengkap – Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018
- Lengkap – Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018
- Lengkap – Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018
Tema 2 Kelas 6 Subtema 2 Pembelajaran 1
Setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945, seharusnya bangsa Indonesia telah merdeka dan terbeba dari semua wujud penindasan serta penjajahan. Namun, kenyataannya ti demikian, bangsa Indonesia masih vanaf berjuang mempertahankan kemerdek Indonesia. Kenapa?
Ayo Membaca
Bacalah teks berikut pada hati!
Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia
Setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945, bangsa Indonesia ternyata masih terus berjuang mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari gangguan bangsa asing yang datang, seperti dari Pemerintahan Belanda.
Pasukan Belanda kembali datang ke tanah air. Kedatangan ini disambut dengan beragam wujud perlawanan oleh bangsa Indonesia. Sehingga sejak tahun 1945-1950 telah terjadi beragam macam pertempuran di beragam daerah antara pihak Indonesia dengan pihak Belanda yang dibantu oleh pasukan Inggris.
Bagaimana perjuangan bangsa Indonesia pada mempertahankan kemerdekaan Indonesia di beragam daerah?
Pertempuran Surabaya
Di tanggal 25 Oktober 1945, tentara Sekutu yang dipimpin oleh Brigadir Jenderal Mallaby. Tanggal 27-30 Oktober 1945, terjadi kontak senjata antara para pemuda Indonesia dengan pasukan Inggris.
Pada pertempuran ini, pasukan Inggris dapat dipukul mundur. Malahan, puncak dari pertempuran tersebut ialah terbunuhnya pemimpin pasukan Inggris, Brigadir Jendral Mallaby.
Di tanggal 9 November 1945, Inggris mengeluarkan ultimatum yg berisi “segala pimpinan dan orang Indonesia yang bersenjata mesti melapor dan meletakkan senjatanya di tempat yang ditentukan dan menyerahkan diri dengan mengangkat tangan”.
Namun, ultimatum tersebut ditolak oleh pihak Indonesia. Di tanggal 10 November 1945 terjadi pertempuran yang benar-benar dahsyat. Pasukan Inggris menggempur Surabaya dari darat, laut, dan udara. Peristiwa 10 November ini diperingati selaku Hari Pahlawan.
Kunci Jawaban Tematik Tema 2 Kelas 6 Halaman 45
Merujuk pada teks di atas, isilah peta pikiran berikut menggunakan kalimat tepat sasaran!
Alternatif Jawaban :
Diskusikan peta pikiranmu secara berpasangan!
Kamu dapat mengoptimalkan peta pikiran yang telah kamu bikin menjadi sebuah tulisan baru dengan menggunakan kata-kata sendiri.
Sebelum menulis, perhatikan ciri-ciri kalimat tepat sasaran berikut!
Kalimat tepat sasaran ialah kalimat yang mengandung gagasan pembicara/ penulis yang terdiri atas kata-kata yang mempunyai unsur SPOK. Ciri-ciri kalimat tepat sasaran :
1. Mempunyai unsur urgen atau utama (minimal unsur subjek dan predikat),
2. Menggunakan struktur bahasa yang tepat,
3. Memenuhi kaidah ejaan yang berlaku,
4. Menggunakan alternatif kata (diksi) yang tepat dan sesuai keperluan.
Kunci Jawaban Tematik Tema 2 Kelas 6 Halaman 46
Buatlah tulisan menggunakan kata-kata sendiri mengenai Pertempuran Surabaya menurut peta pikiran yang telah kamu bikin! Gunakan kalimat tepat sasaran.
Perjuangan pada mempertahankan kemerdekaan Indonesia tak dapat dilakukan sendiri-sendiri. Amat diperlukan kerja sama dan persatuan dari seluruh rakyat Indonesia agar cita-cita bagi menjadi bangsa yang bebas dan merdeka dapat tercapai.
Baca kembali teks mengenai Pertempuran Surabaya dan jawab pertanyaan berikut!
Apa makna yang dapat kamu petik dari upaya mempertahankan kemerdekaan pada Pertempuran Surabaya?
salon yang benar-benar urgen pada mempertahankan kemerdekaan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Diskusikan jawabanmu secara berkelompok!
Pertempuran Surabaya ialah satu dari demikianlah banyak upaya yang dilakukan oleh bangsa Indonesia pada mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Masih banyak perjuangan lain yang dilakukan di beragam daerah, misalnya Pertempuran Ambarawa, Pertempuran Medan Area, Bandung Lautan Api, Agresi Militer Belanda I, dan Agresi Militer Belanda II.
Kunci Jawaban Tematik Tema 2 Kelas 6 Halaman 47
Kamu akan mencari informasi mengenai perjuangan pada mempertahankan kemerdekaan secara berkelompok dengan pembagian fungsi selaku berikut:
Setelah membangun peta pikiran, tuliskan komentarmu mengenai upaya yang dilakukan oleh para pejuang pada mempertahankan kemerdekaan Indonesia!
Kamu akan mempresentasikan fungsi ini di Pembelajaran 5.
Peta Pikiran Pertempuran Ambarawa
Peta Pikiran Pertempuran Medan Area
Peta Pikiran Bandung Lautan Api
Peta Pikiran Agresi Militer Belanda I
Peta Pikiran Agresi Militer Belanda II
Ayo Mengamati
Setelah belajar mengenai sejarah perjuangan mempertahankan kemerdekan, kini kamu akan mempelajari mengenai cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat tinggalnya.
Apakah kamu pernah mengamati ayam, bebek, ikan, dan cecak? Amati gambar berikut!
Apakah kamu mengetahui ciri-ciri hewan tersebut?
Apakah kamu pun mengetahui ciri-ciri tempat tinggalnya? Diskusikan jawabanmu secara berpasangan!
Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 2 Halaman 48
Tuliskan hasil diskusimu di diagram berikut!
Kunci Jawaban Tematik Tema 2 Kelas 6 Halaman 49
Apakah terdapat hubungan antara ciri-ciri hewan dengan habitatnya? Tuliskan kesimpulanmu!
Tuhan mewujudkan makhluk hidup dengan semua keunikan dan keistimewaannya, tak terkecuali hewan.
Keunikan dan keistimewaan hewan tersebut kita kenal dengan ciri khusus.
Ciri khusus di hewan tersebut mempunyai hubungan yang erat dengan tempat tinggalnya. Misalnya, ikan mempunyai insang bagi bernapas di pada air, cecak mempunyai perekat di kakinya bagi dapat menempel di dinding, dan bebek mempunyai selaput di kakinya agar dapat berenang di air.
Ayo Membaca
Pernahkah kamu mengamati bebek berenang di kolam? Kenapa bebek dapat berenang dengan bagus?
Bebek
Bebek mempunyai ciri khusus yang disesuaikan dengan tempat tinggalnya. Bebek hidup di darat, namun bagi mencari makan, bebek biasanya berada di air. Ciri khusus yang dimiliki bebek bagi mencari makan berupa paruh yang agak panjang dan lebar di bagian ujungnya.
Bebek mencari makan di air, seperti kolam, sungai, sawah, atau danau yang dangkal. Bulu bebek dilapisi oleh minyak sehingga tak basah apabila terkena air. Ketika bebek keluar dari air dan berada di darat, bebek biasanya mengibas-ngibaskan bulunya sehingga air yang menempel di tubuhnya keluar. Apa yang akan terjadi apabila bulu bebek tak dilapisi minyak dan air menyerap ke tubuhnya?
Selain itu, bebek pun mempunyai ciri khusus lainnya, yaitu selaput di kakinya. Selaput tersebut digunakan bagi berenang.
Ayo Mengamati
Amati tiga hewan yang terdapat di sekitarmu!
Merujuk pada pengamatanmu, catat ciri-ciri khusus hewan tersebut dan juga habitatnya! Tulis report menurut pengamatanmu!
Kunci Jawaban Tematik Tema 2 Kelas 6 Halaman 50
Kamu dapat melengkapi laporanmu dengan membaca beragam sumber bacaan. Tulis laporanmu di tabel berikut!
Tulis kesimpulan menurut hasil pengamatanmu!
Diskusikan tabel dan kesimpulanmu pada kelompok!
Demikianlah Wetsartikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 6 Tema 2 Halaman 45, 46, 48, 49, 50
Terima kasih telah membaca wetsartikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 6 tema 2 Subtema 2 pembelajaran 1 ini dapat memberikan manfaat untuk para pembaca di manapun berada.
Wetsartikel yang sedang sahabat baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 6 Tema 2 Halaman 45, 46, 48, 49, 50 dengan domisili verbinding http://filependidikan.informatie/rmasi/jawaban-buku-tema-1-kelas-5.
Sumber https://edukafile.blogspot.com/
0 comments:
Post a Comment