Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Halaman 45, 46, 48, 49, 50 - Maya Blog

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Halaman 45, 46, 48, 49, 50


File Pendidikan

Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 6 Tema 2 Halaman 45, 46, 48, 49,50 – Pembelajaran Kelas 6 Tema 2 Persatuan pada Perbedaan Subtema 2 Bekerja Sama Mencapai Tujuan Pembelajaran 1 Terdiri dari Mata Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Bahasa Indonesia.


Buku Pelajar yang digunakan selaku sumber belajar di kelas 6 adalah Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.


Pada Pembelajaran 1 Subtema 2 Tema Persatuan pada Perbedaan terdapat beberapa latihan soal yang mesti dikerjakan pelajar secara mandiri. Bagi menolong menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami share alternatif kunci jawaban soal yang terdapat di halaman 45, 46, 48, 49, 50.


Baca Pun :




Tema 2 Kelas 6 Subtema 2 Pembelajaran 1


Setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945, seharusnya bangsa Indonesia telah merdeka dan terbeba dari semua wujud penindasan serta penjajahan. Namun, kenyataannya ti demikian, bangsa Indonesia masih vanaf berjuang mempertahankan kemerdek Indonesia. Kenapa?


Ayo Membaca


Bacalah teks berikut pada hati!


Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia


Setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945, bangsa Indonesia ternyata masih terus berjuang mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari gangguan bangsa asing yang datang, seperti dari Pemerintahan Belanda.


Pasukan Belanda kembali datang ke tanah air. Kedatangan ini disambut dengan beragam wujud perlawanan oleh bangsa Indonesia. Sehingga sejak tahun 1945-1950 telah terjadi beragam macam pertempuran di beragam daerah antara pihak Indonesia dengan pihak Belanda yang dibantu oleh pasukan Inggris.


Bagaimana perjuangan bangsa Indonesia pada mempertahankan kemerdekaan Indonesia di beragam daerah?


Pertempuran Surabaya


Di tanggal 25 Oktober 1945, tentara Sekutu yang dipimpin oleh Brigadir Jenderal Mallaby. Tanggal 27-30 Oktober 1945, terjadi kontak senjata antara para pemuda Indonesia dengan pasukan Inggris.


File Pendidikan

Pada pertempuran ini, pasukan Inggris dapat dipukul mundur. Malahan, puncak dari pertempuran tersebut ialah terbunuhnya pemimpin pasukan Inggris, Brigadir Jendral Mallaby.


Di tanggal 9 November 1945, Inggris mengeluarkan ultimatum yg berisi “segala pimpinan dan orang Indonesia yang bersenjata mesti melapor dan meletakkan senjatanya di tempat yang ditentukan dan menyerahkan diri dengan mengangkat tangan”.


Namun, ultimatum tersebut ditolak oleh pihak Indonesia. Di tanggal 10 November 1945 terjadi pertempuran yang benar-benar dahsyat. Pasukan Inggris menggempur Surabaya dari darat, laut, dan udara. Peristiwa 10 November ini diperingati selaku Hari Pahlawan.


Kunci Jawaban Tematik Tema 2 Kelas 6 Halaman 45


Merujuk pada teks di atas, isilah peta pikiran berikut menggunakan kalimat tepat sasaran!


File Pendidikan

Alternatif Jawaban :


Apa : Pertempuran pasukan Inggris dengan Indonesia di Surabaya.


Kenapa : Karena ultimatum Inggris ditolak oleh pihak Indonesia.


Siapa : Inggris dan Indonesia


Bagaimana : Tanggal 27-30 Oktober 1945, terjadi kontak senjata antara para pemuda Indonesia dengan pasukan Inggris. Di tanggal 9 November 1945, Inggris mengeluarkan ultimatum, Di tanggal 10 November 1945 terjadi pertempuran yang benar-benar dahsyat.


Kapan : 10 November 1945


Di mana : Surabaya

Diskusikan peta pikiranmu secara berpasangan!


Kamu dapat mengoptimalkan peta pikiran yang telah kamu bikin menjadi sebuah tulisan baru dengan menggunakan kata-kata sendiri.


Sebelum menulis, perhatikan ciri-ciri kalimat tepat sasaran berikut!


Kalimat tepat sasaran ialah kalimat yang mengandung gagasan pembicara/ penulis yang terdiri atas kata-kata yang mempunyai unsur SPOK. Ciri-ciri kalimat tepat sasaran :


1. Mempunyai unsur urgen atau utama (minimal unsur subjek dan predikat),


2. Menggunakan struktur bahasa yang tepat,


3. Memenuhi kaidah ejaan yang berlaku,


4. Menggunakan alternatif kata (diksi) yang tepat dan sesuai keperluan.


Kunci Jawaban Tematik Tema 2 Kelas 6 Halaman 46


Buatlah tulisan menggunakan kata-kata sendiri mengenai Pertempuran Surabaya menurut peta pikiran yang telah kamu bikin! Gunakan kalimat tepat sasaran.


Pertempuran Surabaya terjadi di tanggal 27 Oktober – 20 November 1945 bertempat di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Pertempuran ini melibatkan rakyat Indonesia dan tentara Inggris. Puncak pertempuran Surabaya setelah terbunuhnya Brigadir Jenderal Mallaby di tanggal 30 Oktober 1945. Rakyat Indonesia tak mengacuhkan ultimatum yang diberikan pihak tentara Inggris, rakyat Indonesia mengerjakan pertempuran hebat melawan tentara Inggris yang berlangsung sekitar 3 minggu. 

Perjuangan pada mempertahankan kemerdekaan Indonesia tak dapat dilakukan sendiri-sendiri. Amat diperlukan kerja sama dan persatuan dari seluruh rakyat Indonesia agar cita-cita bagi menjadi bangsa yang bebas dan merdeka dapat tercapai.


Baca kembali teks mengenai Pertempuran Surabaya dan jawab pertanyaan berikut!


Apa makna yang dapat kamu petik dari upaya mempertahankan kemerdekaan pada Pertempuran Surabaya?


Perjuangan pada mempertahankan kemerdekaan Indonesia dilakukan dengan beragam strategi yang disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing. Selain itu, persatuan dan kesatuan adalah
salon yang benar-benar urgen pada mempertahankan kemerdekaan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Diskusikan jawabanmu secara berkelompok!


Pertempuran Surabaya ialah satu dari demikianlah banyak upaya yang dilakukan oleh bangsa Indonesia pada mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Masih banyak perjuangan lain yang dilakukan di beragam daerah, misalnya Pertempuran Ambarawa, Pertempuran Medan Area, Bandung Lautan Api, Agresi Militer Belanda I, dan Agresi Militer Belanda II.


Kunci Jawaban Tematik Tema 2 Kelas 6 Halaman 47


Kamu akan mencari informasi mengenai perjuangan pada mempertahankan kemerdekaan secara berkelompok dengan pembagian fungsi selaku berikut:


File Pendidikan

Setelah membangun peta pikiran, tuliskan komentarmu mengenai upaya yang dilakukan oleh para pejuang pada mempertahankan kemerdekaan Indonesia!


Kamu akan mempresentasikan fungsi ini di Pembelajaran 5.


Peta Pikiran Pertempuran Ambarawa


File Pendidikan


Apa : Pertempuran Pasukan Sekutu dan NICA dengan Indonesia di Ambarawa.


Kenapa : Ketika pasukan Sekutu dan NICA telah hingga di Ambarawa dan Magelang bagi membebaskan para tawanan tentara Belanda, para tawanan tersebut justru dipersenjatai sehingga menimbulkan kemarahan pihak Indonesia.


Siapa : Pasukan Sekutu, NICA dan TKR Indonesia.


Bagaimana : Di tanggal 12 Desember 1945, pertempuran berkobar di Ambarawa. Kolonel Soedirman seketika memimpin pasukannya yang menggunakan taktik gelar supit urang, atau pengepungan rangkap dari kedua sisi, sehingga musuh benar-benar terkurung. Setelah bertempur dalam rentang waktu 4 hari, di tanggal 15 Desember 1945 pertempuran berakhir. Indonesia berhasil merebut Ambarawa dan Sekutu dikerjakan mundur.


Kapan :  12-15 Desember 1945


Di mana : Ambarawa

Peta Pikiran Pertempuran Medan Area


File Pendidikan


Apa : Pertempuran Medan Area ialah sebuah peristiwa perlawanan rakyat kepada Sekutu yang terjadi di Medan, Sumatra Utara.


Kenapa : Kedatangan tentara sekutu (Inggris) ini diikuti oleh pasukan sekutu dan NICA yang dipersiapkan bagi mengambil alih pemerintahan. Kedatangan tentara sekutu dan NICA ternyata memancing beragam insiden terjadi di Hotel yang terletak di Jalan Bali, Kota Medan, Sumatra Utara di tanggal 13 Oktober 1945.


Siapa : Tentara Sekutu dan NICA dengan Pasukan Indonesia.


Bagaimana : Di tanggal 10 Desember 1945, Sekutu dan NICA melancarkan serangan besar-besaran kepada Kota Medan. Serangan ini menimbulkan banyak korban di kedua belah pihak. Di bulan April 1946, Sekutu berhasil menduduki Kota Medan. Bagi sementara waktu pusat perjuangan rakyat Medan kemudian dipindahkan ke Siantar, selain itu perlawanan para laskar pemuda dipindahkan keluar Kota Medan. Perlawanan kepada sekutu semakin sengit di tanggal 10 Agustus 1946 di Tebing Tinggi.


Kapan : 13 Oktober 1945 – 1947


Di mana : Medan, Sumatra Utara.

Peta Pikiran Bandung Lautan Api


File Pendidikan


Apa : Peristiwa Bandung Lautan Api ialah peristiwa kebakaran besar yang terjadi di kota Bandung di tanggal 23 Maret 1946.


Kenapa : Bagi mencegah tentara Sekutu dan tentara NICA Belanda bagi dapat menggunakan kota Bandung selaku markas strategis militer pada Perang Kemerdekaan Indonesia.


Siapa : Tentara sekutu dan tentara NICA Belanda dengan Penduduk Bandung.


Bagaimana : Pada pertempuran ini Muhammad Toha dan Ramdan, dua anggota milisi BRI (Barisan Rakyat Indonesia) terjun pada misi bagi menghancurkan gudang amunisi tersebut. 


Kapan : 23 Maret 1946


Di mana : Bandung

Peta Pikiran Agresi Militer Belanda I


File Pendidikan


Apa : Agresi Militer Belanda I ialah operasi militer Belanda di Jawa dan Sumatra kepada Republik Indonesia yang dilaksanakan dari 21 Juli 1947 hingga 5 Agustus 1947.


Kenapa :  Operasi militer ini adalah bagian dari Aksi Polisionil yang diberlakukan Belanda pada rangka mempertahankan penafsiran Belanda atas Perundingan Linggarjati. Dari sudut pandang Republik Indonesia, operasi ini dianggap adalah pelanggaran dari hasil Perundingan Linggarjati.


Siapa : Belanda dan Indonesia


Bagaimana : Agresi militer Belanda I dimulai tanggal 21 Juli 1947. Belanda berhasil menerobos ke daerah-daerah yang dikuasai oleh Republik Indonesia di Sumatra, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Fokus serangan tentara Belanda di tiga tempat, yaitu Sumatra Timur, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Di Sumatra Timur, sasaran mereka ialah daerah perkebunan tembakau, di Jawa Tengah mereka menguasai seluruh pantai utara, dan di Jawa Timur, sasaran utamanya ialah wilayah yang terdapat perkebunan tebu dan pabrik-pabrik gula.


Kapan : 21 Juli 1947 hingga 5 Agustus 1947.


Di mana : Indonesia (daerah-daerah yang kaya dengan perkebunan)

Peta Pikiran Agresi Militer Belanda II


File Pendidikan


Apa : Agresi Militer Belanda II atau Operasi Gagak terjadi di 19 Desember 1948 yang diawali dengan serangan kepada Yogyakarta.


Kenapa : Pihak belanda yang tetap bersikukuh menguasai indonesia mencari dalih bagi dapat melanggar perjanjian yang telah disepakati. bahkan pihak belanda menuduh apabila pihak indonesia tak menjalankan isi perundingan Renville.


Siapa : Bealanda dan Indonesia.


Bagaimana : Serangan kepada kota Yogyakarta dimulai dengan pengeboman serta menerjunkan pasukan payung di kota. Di daerah-daerah lain di Jawa antara lain di Jawa Timur.


Kapan : 19-20 Desember 1948


Di mana : Jawa dan Sumatera


Ayo Mengamati


Setelah belajar mengenai sejarah perjuangan mempertahankan kemerdekan, kini kamu akan mempelajari mengenai cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat tinggalnya.


Apakah kamu pernah mengamati ayam, bebek, ikan, dan cecak? Amati gambar berikut!


File Pendidikan

Apakah kamu mengetahui ciri-ciri hewan tersebut?


Apakah kamu pun mengetahui ciri-ciri tempat tinggalnya? Diskusikan jawabanmu secara berpasangan!


Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 2 Halaman 48


Tuliskan hasil diskusimu di diagram berikut!


File Pendidikan


Kunci Jawaban Tematik Tema 2 Kelas 6 Halaman 49


Apakah terdapat hubungan antara ciri-ciri hewan dengan habitatnya? Tuliskan kesimpulanmu!


Ciri-ciri hewan mempunyai hubungan yang erat dengan habitatnya. Misalnya, ikan mempunyai insang bagi bernapas di pada air, cecak mempunyai perekat di kakinya bagi dapat menempel di dinding, dan bebek mempunyai selaput di kakinya agar dapat berenang di air.

Tuhan mewujudkan makhluk hidup dengan semua keunikan dan keistimewaannya, tak terkecuali hewan.


Keunikan dan keistimewaan hewan tersebut kita kenal dengan ciri khusus.


Ciri khusus di hewan tersebut mempunyai hubungan yang erat dengan tempat tinggalnya. Misalnya, ikan mempunyai insang bagi bernapas di pada air, cecak mempunyai perekat di kakinya bagi dapat menempel di dinding, dan bebek mempunyai selaput di kakinya agar dapat berenang di air.


Ayo Membaca


Pernahkah kamu mengamati bebek berenang di kolam? Kenapa bebek dapat berenang dengan bagus?


Bebek


Bebek mempunyai ciri khusus yang disesuaikan dengan tempat tinggalnya. Bebek hidup di darat, namun bagi mencari makan, bebek biasanya berada di air. Ciri khusus yang dimiliki bebek bagi mencari makan berupa paruh yang agak panjang dan lebar di bagian ujungnya.


File Pendidikan

Bebek mencari makan di air, seperti kolam, sungai, sawah, atau danau yang dangkal. Bulu bebek dilapisi oleh minyak sehingga tak basah apabila terkena air. Ketika bebek keluar dari air dan berada di darat, bebek biasanya mengibas-ngibaskan bulunya sehingga air yang menempel di tubuhnya keluar. Apa yang akan terjadi apabila bulu bebek tak dilapisi minyak dan air menyerap ke tubuhnya?


Selain itu, bebek pun mempunyai ciri khusus lainnya, yaitu selaput di kakinya. Selaput tersebut digunakan bagi berenang.


Ayo Mengamati


Amati tiga hewan yang terdapat di sekitarmu!


Merujuk pada pengamatanmu, catat ciri-ciri khusus hewan tersebut dan juga habitatnya! Tulis report menurut pengamatanmu!


Kunci Jawaban Tematik Tema 2 Kelas 6 Halaman 50


Kamu dapat melengkapi laporanmu dengan membaca beragam sumber bacaan. Tulis laporanmu di tabel berikut!


File Pendidikan

Tulis kesimpulan menurut hasil pengamatanmu!


Setiap hewan mempunyai ciri khusus tersendiri menyeseuaikan dengan habitatnya.

Diskusikan tabel dan kesimpulanmu pada kelompok!


Demikianlah Wetsartikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 6 Tema 2 Halaman 45, 46, 48, 49, 50


Terima kasih telah membaca wetsartikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 6 tema 2 Subtema 2 pembelajaran 1 ini dapat memberikan manfaat untuk para pembaca di manapun berada.


Wetsartikel yang sedang sahabat baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 6 Tema 2 Halaman 45, 46, 48, 49, 50 dengan domisili verbinding http://filependidikan.informatie/rmasi/jawaban-buku-tema-1-kelas-5.



Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top