Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 3 Subtema 1 Halaman 3, 4, 5, 6, 7, 8 - Maya Blog

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 3 Subtema 1 Halaman 3, 4, 5, 6, 7, 8


File Pendidikan

Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 6 Tema 3 Subtema 1 Halaman 3, 4, 5, 6, 7, 8 – Pembelajaran Kelas 6 Tema 3 Tokoh dan Penemuan Subtema 1 Penemu yang Mengubah Dunia Pembelajaran 1 Terdiri dari Mata Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Bahasa Indonesia.


Buku Pelajar yang digunakan selaku sumber belajar di kelas 6 adalah sebuah Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.


Pada Pembelajaran 1 Subtema 1 Tema Tokoh dan Penemuan terdapat beberapa latihan soal yang mesti dikerjakan pelajar secara mandiri. Bagi menolong menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami share alternatif kunci jawaban soal yang terdapat di halaman 3, 4, 5, 6, 7, 8.


Baca Pun :




Tema 3 Kelas 6 Subtema 1 Pembelajaran 1 Kurikulum 2013


Lihatlah lingkunganmu di malam hari! Cahaya lampu bersinar menerangi jalan, sekolah, dan rumah kita.


Listrik telah mengubah wajah dunia. Tahukah kamu? Siapa tokoh yang berhasil menemukan mesin pembangkit listrik? Dan bagaimana lampu-lampu di rumah dapat menyala?


Ayo Membaca


Tahukah kalian proses perjalanan arus listrik di lampu-lampu di rumahmu?


Bacalah teks berikut pada hati! Pahami isinya dengan bagus!


Listrik, Pengubah Wajah Dunia


Listrik telah membawa banyak perubahan pada kehidupan masyarakat di dunia. Michael Faraday ialah tokoh penemu arus listrik. Faraday lahir di tahun 1791 di Newington, Inggris. Ia berasal dari keluarga miskin dan hanya sebentar merasakan pendidikan di sekolah. Dengan perjuangan keras dan semangat pantang menyerah, ia akhirnya berhasil membangun alat sederhana pertama-tama yang dapat menghasilkan gelombang elektromagnetik. Tahukah kamu? Bagaimana perjalanan arus listrik hingga hingga ke rumahmu?


File Pendidikan

Arus listrik ialah gelombang elektromagnetik, yaitu gelombang yang dapat merambat meski tak ada media perantara. Gelombang elektromagnetik terbentuk dari hasil perubahan medan magnet dan medan listrik yang terjadi terus menerus.


Proses tersebut kemudian memicu terjadinya arus yang kemudian kita kenal selaku arus listrik. Arus listrik diraih oleh generator raksasa di pusat pembangkit listrik. Arus listrik tersebut disalurkan lewat jaringan listrik tegangan tinggi berupa jaringan kabel di menara- menara tinggi yang menuju ke gardu-gardu penerima di pelbagai daerah. Dari gardu-gardu penerima, arus listrik kemudian disalurkan ke rumah penduduk dan pelbagai tempat yang memerlukan.


Arus listrik yang diterima di rumah kemudian disalurkan lewat rangkaian kabel listrik di pada rumah. Rangkaian kabel tersebut umumnya berada di atap bagi tempat dudukan lampu atau di dinding rumah bagi sakelar dan colokan listrik tempat menghubungkan beragam peralatan elektronik, seperti televisi, kipas angin, dan kulkas. Rangkaian listrik di pada rumah dapat berupa rangkaian seri atau rangkaian paralel. Rangkaian seri dan paralel adalah sebuah jenis-jenis rangkaian yang dimanfaatkan bagi menyambungkan dua ataupun lebih komponen listrik sehingga menjadi satu kesatuan utuh. Bila dilihat dari cara penyusunannya, rangkaian seri disusun dengan cara bersambung atau sejajar dan rangkaian paralel disusun berderet.


File Pendidikan

Contoh rangkaian seri pada kehidupan sehari-hari ialah lampu senter. Rangkaian yang disusun seri di lampu senter ialah baterai, karena hanya terdapat satu lampu di senter. Ridderzaal tersebut yang menyebabkan lampu senter menyala benar-benar terang namun baterainya cepat habis. Rangkaian seri dan paralel pun dapat ditemui di lampu- lampu di rumah.


Betapa urgen peranan listrik untuk kehidupan manusia. Tanpa listrik, pastinya kita akan memperoleh banyak kesulitan pada mengerjakan aktivitas sehari-hari. Namun demikian, kita pun mesti tetap bijaksana menggunakan listrik pada kehidupan sehari-hari.


Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 3


Teks tersebut terdiri atas 5 paragraf. Jawab pertanyaan berikut merujuk pada paragraf di teks tersebut!


Paragraf 1 : Apa topik masalah yang akan disampaikan oleh penulis?


Topik masalah yang akan disampaikan penulis ialah alat yang dapat menghasilkan gelombang elektromagnetik.

Paragraf 2 :


a. Apa yang kamu ketahui mengenai arus listrik?


Arus  listrik  ialah  gelombang  elektromagnetik,  yaitu  gelombang yang dapat merambat meski tak ada media perantara.

b. Bagaimana proses perjalanan arus listrik dari pusat pembangkit hingga hingga di rumah penduduk? Jelaskan secara berurutan!


Arus listrik diraih oleh generator raksasa di pusat pembangkit listrik. Arus listrik tersebut disalurkan lewat jaringan listrik tegangan tinggi berupa jaringan kabel di menara-menara tinggi yang menuju ke gardu-gardu penerima di pelbagai daerah. Dari gardu-gardu penerima, arus listrik kemudian disalurkan ke rumah penduduk dan pelbagai tempat yang memerlukan.

Paragraf 3 :


a. Apa yang terjadi dengan arus listrik dikala tiba di rumah warga? Jelaskan secara berurutan!


Arus listrik yang diterima di rumah kemudian disalurkan lewat rangkaian kabel listrik di pada rumah. Rangkaian kabel tersebut umumnya berada di atap bagi tempat dudukan lampu atau di dinding rumah bagi sakelar dan colokan listrik tempat menghubungkan beragam peralatan elektronik, seperti televisi, kipas angin, dan kulkas.

b. Apa manfaat arus listrik setelah hingga ke setiap rumah warga?


Manfaat arus listrik setelah hingga ke setiap rumah warga ialah tempat menghubungkan beragam peralatan elektronik, seperti televisi, kipas angin, dan kulkas.

c. Apa perbedaan rangkaian listrik seri dan paralel?


Perbedaan rangkaian listrik seri dan paralel ialah rangkaian seri disusun dengan cara bersambung atau sejajar dan rangkaian paralel disusun berderet.

Paragraf 4 :


Apa kesimpulan dari isi teks tersebut?


Michael Faraday ialah tokoh penemu arus listrik. Arus listrik ialah gelombang elektromagnetik, yaitu gelombang yang dapat merambat meski tak ada media perantara.


Arus listrik diraih oleh generator raksasa di pusat pembangkit listrik. Arus listrik yang diterima di rumah kemudian disalurkan lewat rangkaian kabel listrik di pada rumah.


Rangkaian listrik di pada rumah dapat berupa rangkaian seri atau rangkaian paralel.


Betapa urgen peranan listrik untuk kehidupan manusia. Namun demikian, kita pun mesti tetap bijaksana menggunakan listrik pada kehidupan sehari-hari.


Paragraf 5 :


Adakah pesan yang disampaikan oleh penulis? Jelaskan dengan singkat!


Pesan yang disampaikan oleh penulis ialah proses arus listrik hingga hingga ke rumah penduduk dan pentingnya peran listrik untuk kehidupan manusia.

Tukarkan jawabanmu dengan seorang teman dan diskusikan! Adakah perbedaannya? Catat perbedaan tersebut bagi melengkapi jawabanmu!


Simpan jawabanmu bagi pertemuan berikutnya!


Ayo Berdiskusi


Bongkarlah senter yang kamu miliki!


Amati komponen-komponen yang terdapat di senter, seperti berikut ini:


File Pendidikan


Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 3 Halaman 4


Kenali setiap bagian komponen tersebut kemudian tuliskan pada tabel berikut dan juga fungsinya!






























No.Nama KomponenKegunaan Komponen
1.BateraiSelaku sumber arus listrik
2.Lampu ReflektorMengumpulkan cahaya sehingga cahaya lampu senter tampak lebih terang
3.Switch/sakelar on-offMenghubungkan antara kawat di terminal baterai dengan kawat dari basic bohlam.
4.Lempeng logamSelaku penghantar arus listrik dari baterai ke lampu bohlam

Bila komponen-komponen utama tersebut dirangkaikan bagi membuatnya kembali menyala, karenanya akan tampak seperti berikut.


File Pendidikan

Bila kepala senter dibongkar, kemudian dirangkaikan kembali hanya dengan menggunakan lampu, karenanya akan tampak seperti berikut.


File Pendidikan


Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 3 Halaman 5


Amati rangkaian listrik sederhana di lampu senter tersebut dengan teliti! Diskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut bersama teman!


1. Bagaimana posisi lempengan logam bagi membangun lampu menyala?


Pada suatu rangkaian elektronik yang terdapat lampu dan sumber tegangan di dalamnya, rangkaian mesti dipasang selaku rangkaian tertutup supaya lampu menyala. Lampu akan menyala jikalau ada arus yang lumayan yang mengalir ke lampu lewat bahan konduktor. Lempengan logam ialah diantara konduktor yang bagus. Pada salon ini, bila lempengan logam yang dimaksud ialah lempengan di saklar atau switch, karenanya posisi lempengan logam pada saklar ini mesti saling bersentuhan supaya dapat mengalirkan arus listrik ke lampu.

2. Apa komponen yang sebaiknya digunakan bagi mengganti lempengan logam tersebut, yang biasanya terdapat di rangkaian lampu di rumah?


Komponen yang sebaiknya digunakan bagi mengganti lempengan logam yang biasanya terdapat di rangkaian lampu dirumah ialah tembaga.

Tuliskan proses perjalanan arus listrik di rangkaian listrik senter tersebut secara rinci dan berurutan!


Proses perjalanan arus listrik di rangkaian listrik senter : 



  • Dari baterai arus mengalir lewat lempengan logam atau kabel menuju saklar atau switch, 

  • Dari saklar atau switch, listrik akan seketika mengalir menuju lampu jikalau lampu yang digunakan ialah bohlam

  • Atau menuju resistor kemudian menuju ke lampu jikalau lampu yang digunakan di senter ialah LED.

  • Dari lampu, listrik akan kembali mengalir ke baterai


Kamu dapat menggunakan informasi di buku atau sumber lain bagi membantumu menemukan jawaban!


Diskusikan jawabanmu dengan beberapa teman bagi memperoleh jawaban yang terbaik dan tepat!


Rangkaian listrik di senter terdapat di baterai yang diletakkan sebaris. Di rangkaian seri lampu, lampu-lampu pun diletakkan sejajar pada satu baris. Arus listrik yang mengalir di rangkaian seri hanya berada pada satu aliran kabel yang menghubungkan seluruh lampu. Rangkaian seri lampu biasanya terdapat di hiasan lampu pohon natal.


Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 3 Halaman 6


Nah, sekarang ini kamu akan mencoba membangun rangkaian listrik sederhana seperti di senter. Tentukan alat dan bahan yang diperlukan bagi membangun 1 rangkaian sederhana! Tuliskan di tabel berikut!























































Percobaan Merancang Rangkaian Listrik Sederhana
Nama bahan dan
alat
KegunaanJumlah yang
diperlukan
Bahan yang
diperlukan
Baterai 1,5 voltSelaku sumber arus listrik2 buah
KabelMengalirkan arus listrik40 cm
Switch/sakelar on-offBagi menyambung dan memutus arus listrik1 buah
Botol bekas minumanBagi wadah rangkaian batu baterai1 buah
Lampu dan fittingnyaSelaku sumber cahaya1 buah
Selotip/LakbanMerekatkkan baterai dan kabel1 rol
Alat yang
digunakan
GuntingMemotong kabel1 buah
CutterMemotong botol1 buah

Diskusikan dengan beberapa teman bagi memperoleh jawaban yang sangat komplit dan tepat!


Persiapkan alat dan bahan tersebut di pertemuan berikutnya!


Listrik ialah diantara penemuan yang benar-benar urgen. Ayo, kita bahas lebih lanjut mengenai penemuan listrik dan pengaruhnya kepada kehidupan dan peradaban manusia.


Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 7


Ayo Mengamati


Perhatikan bola lampu yang terdapat di pada kelas dan nyalakan lampu tersebut! Menurutmu, apa perbedaan antara waktu sebelum ada listrik dan setelah ada listrik?


Diskusikan jawabanmu secara berkelompok! Tuliskan hasil diskusimu di bagan berikut!


File Pendidikan



Kini amati lingkungan sekitarmu!


Dapatkan sebanyak mungkin pengaruh listrik pada kehidupan di bidang sosial dan budaya di lingkungan tempat tinggalmu!


Kamu dapat menggunakan tabel hasil diskusi kelompok, atau menjalankan wawancara dengan pendidik, staff sekolah, dan petugas lainnya yang terdapat di sekolah.


Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 8


Tuliskan pada peta pikiran berikut:


File Pendidikan



Demikianlah Wetsartikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 6 Tema 3 Subtema 1 Halaman 3, 4, 5, 6, 7, 8


Terima kasih telah membaca wetsartikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 6 tema 3 subtema 1 pembelajaran 1 ini dapat memberikan manfaat untuk para pembaca di manapun berada.


Wetsartikel yang sedang kamu baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 6 Tema 3 Subtema 1 Halaman 3, 4, 5, 6, 7, 8 dengan domisili listig http://filependidikan.informatie/rmasi/jawaban-buku-tema-1-kelas-5.



Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top