Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 6 Halaman 26, 27, 28, 29, 30, 31 - Maya Blog

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 6 Halaman 26, 27, 28, 29, 30, 31

File Pendidikan

Kunci Jawaban Buku Pelajar Tema 3 Kelas 6 Halaman 26, 27, 28, 29, 30, 31 – Pembelajaran Kelas 6 Tema 3 Tokoh dan Penemuan Subtema 1 Penemu yang Mengubah Dunia Pembelajaran 3 Terdiri dari Mata Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Bahasa Indonesia.


Buku Pelajar yang digunakan selaku sumber belajar di kelas 6 adalah sebuah Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.


Pada Pembelajaran 3 Subtema 1 Tema Tokoh dan Penemuan terdapat beberapa latihan soal yang mesti dikerjakan pelajar secara mandiri. Bagi menolong menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami share alternatif kunci jawaban soal yang terdapat di halaman 26, 27, 28, 29, 30, 31.


Baca Pun :




Tema 3 Kelas 6 Subtema 1 Pembelajaran 3


Kita telah mengetahui beberapa tokoh yang berhasil mengubah kehidupan masyarakat dunia berkat penemuannya. Lalu, siapakah tokoh penemu di bidang olahraga?


Baca informasi berikut bagi memperkaya pengetahuanmu mengenai para tokoh penemu tingkat dunia.


James Naismith


James Naismith lahir di Kanada, 6 November 1861. Ia ialah penemu olahraga bola basket. Naismith ketika itu ditantang mencari cara bagi menghilangkan kebosanan yang dialami murid-muridnya pada pembelajaran olahraga ketika musim dingin. Terinspirasi oleh suatu permainan yang pernah ia mainkan ketika kecil di Ontario,


Naismith kemudian mewujudkan permainan yang kemudian dikenal selaku bola basket di 15 Desember 1891.


File Pendidikan


Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 6 Halaman 26 dan 27


Ayo Berdiskusi


Di pembelajaran sebelumnya, kamu telah membaca cerita mengenai “Listrik, Pengubah Dunia”, dan menjawab pertanyaan bacaan.


Amati kembali jawabanmu! Pastikan bahwa jawaban tersebut benar dan sesuai dengan isi bacaan!


Tuliskan jawabanmu di diagram berikut, sesuai dengan urutan paragrafnya:


File Pendidikan

Paragraf 1 :


Topik masalah yang akan disampaikan penulis ialah Listrik telah membawa banyak perubahan pada kehidupan masyarakat di dunia dan bagaimana perjalanan arus listrik hingga hingga ke rumahmu,

Paragraf 2 :


Arus  listrik  ialah  gelombang  elektromagnetik,  yaitu  gelombang yang dapat merambat meski tak ada media perantara. Arus listrik didapatkan oleh generator raksasa di pusat pembangkit listrik. Arus listrik tersebut disalurkan via jaringan listrik tegangan tinggi berupa jaringan kabel di menara-menara tinggi yang menuju ke gardu-gardu penerima di pelbagai daerah. Dari gardu-gardu penerima, arus listrik kemudian disalurkan ke rumah penduduk dan pelbagai tempat yang memerlukan.

Paragraf 3 :


Arus listrik yang diterima di rumah kemudian disalurkan via rangkaian kabel listrik di pada rumah. Rangkaian kabel tersebut umumnya berada di atap bagi tempat dudukan lampu atau di dinding rumah bagi sakelar dan colokan listrik tempat menghubungkan beragam peralatan elektronik, seperti televisi, kipas angin, dan kulkas. Manfaat arus listrik setelah hingga ke setiap rumah warga ialah tempat menghubungkan beragam peralatan elektronik, seperti televisi, kipas angin, dan kulkas. Perbedaan rangkaian listrik seri dan paralel ialah rangkaian seri disusun dengan cara bersambung atau sejajar dan rangkaian paralel disusun berderet.

Paragraf 4 :


Michael Faraday ialah tokoh penemu arus listrik. Arus listrik ialah gelombang elektromagnetik, yaitu gelombang yang dapat merambat meski tak ada media perantara.


Arus listrik didapatkan oleh generator raksasa di pusat pembangkit listrik. Arus listrik yang diterima di rumah kemudian disalurkan via rangkaian kabel listrik di pada rumah.


Rangkaian listrik di pada rumah dapat berupa rangkaian seri atau rangkaian paralel.


Betapa urgen peranan listrik untuk kehidupan manusia. Namun demikian, kita pun mesti tetap bijaksana menggunakan listrik pada kehidupan sehari-hari.


Jawablah pertanyaan berikut bagi memastikan isi tulisanmu di diagram telah sesuai dengan isi bacaan!


1. Apakah tulisanmu di paragraf pertama-tama telah memenuhi kriteria berikut?


a. Topik masalah yang akan disampaikan oleh penulis, yaitu mengenai :



  • Perjalanan arus listrik.

  • Manfaat listrik di kehidupan warga dunia.


2. Apakah tulisanmu di paragraf kedua dan ketiga telah memenuhi kriteria berikut?


a. Mendukung topik utama yang disampaikan di paragraf pertama-tama, dengan menuliskan data-data yang berurutan, singkat, dan jelas sehingga gampang bagi dimengerti. Gegevens tersebut mesti berisi mengenai:



  • Pengertian arus listrik.

  • Urutan perjalanan arus listrik dari pembangkit hingga ke rumah warga.

  • Pemanfaatan listrik di rumah warga.


3. Apakah tulisanmu di paragraf keempat telah memenuhi kriteria berikut?


a. Kesimpulan isi teks bacaan, yaitu mengenai peran urgen listrik untuk kehidupan manusia.


b. Pesan/ide/pendapat pribadi penulis mengenai topik masalah, yaitu tanpa listrik, manusia akan mengalami kesulitan pada kesehariannya. Diskusikan jawabanmu bersama teman! Sampaikan hasil diskusi kepada gurumu!


Teks Eksplanasi Ilmiah


Teks eksplanasi ilmiah ialah teks eksplanasi yang menerangkan suatu proses yang bersifat ilmu pengetahuan alam, seperti gejala alam, terjadinya pelangi, proses arus listrik, dan sebagainya.


Teks eksplanasi berfungsi bagi memberikan penjelasan kepada pembaca mengenai proses terjadinya sesuatu, yang disusun menurut prinsip sebab- akibat.


Teks eksplanasi terdiri atas: pernyataan umum (pembukaan), deretan penjelas (isi), dan penutup (kesimpulan).


Bagian pernyataan umum berisi informasi singkat mengenai apa yang akan dibicarakan/diinformasikan. Bagian deretan penjelas berisi urutan uraian atau penjelasan mengenai proses dari peristiwa yang terjadi dan dideskripsikan secara bertahap/berurutan. Bagian penutup ialah kesimpulan yang berisi interpretasi/pendapat singkat penulis mengenai topik yang dideskripsikan.


Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 6 Halaman 28


Ayo Mengamati


Sekarang ini, kamu akan mencoba bagi menjadi penemu cilik! Ayo, kita lakukan!


Baca kembali daftar alat dan bahan yang telah kamu bikin di pembelajaran sebelumnya.


Siapkan alat dan bahan yang telah kamu bawa hari ini bagi percobaan merancang rangkaian lampu seri sederhana.


Amati kembali gambar rangkaian seri di lampu.


Gambarlah rencana rangkaian lampu seri yang akan kamu bikin. Sesuaikan rancanganmu dengan bahan-bahan yang kamu miliki.


Kamu dapat menambah jumlah lampu atau baterai, sehingga rangkaian lampu yang dibangun teman-teman sekelas nanti akan menghasilkan kualitas cahaya yang berbeda.


Gambar Rancangan Lampu Seri Sederhana

File Pendidikan


Alat dan bahan bagi merancang rancangan lampu seri sederhana : Baterai, bola lampu senter, saklar, kabel, gunting, kardus/triplek, lakban.

Berikan rancanganmu kepada pendidik bagi diperiksa.


Kalau telah disetujui pendidik, kini kamu dapat merancang rangkaian seri lampu sederhana menurut rancangan tersebut.


Cermati panduan keselamatan kerja berikut sebelum kamu memulai percobaan!


Panduan Keselamatan Kerja :



  • Pastikan seluruh bahan pada kondisi bagus (baterai tak berkarat atau bocor).

  • Pastikan tangan bersih dan omkering ketika mengerjakan percobaan.

  • Berhati-hati ketika menggunakan benda tajam (gunting).

  • Gunakan alat dan bahan dengan semestinya.


Sekarang ini kamu akan menguji prototype lampu yang telah dibangun. Cermati pertanyaan berikut!


1. Apakah lampu di rangkaian menyala dengan bagus?


2. Kalau ya, bandingkan terangnya lampu di rangkaianmu dengan lampu milik teman yang lain! Analitik penyebab perbedaan tersebut!


3. Kalau lampu tak menyala, bandingkan rangkaian lampumu dengan rangkai- an milik teman yang menyala! Peroleh kesalahannya dan perbaiki!


4. Kalau lampu gampang putus, amati jumlah baterai yang digunakan! Peroleh permasalahannya!


Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 6 Halaman 29 & 30


Ayo Menulis


Buatlah report dari percobaan merancang rangkaian seri sederhana yang kamu lakukan.




File Pendidikan


Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 6 Halaman 31


Kamu akan merancang rangkaian lampu paralel di pertemuan berikutnya. Diskusikan bersama teman dan pendidik kemungkinan susunan komponen–komponen di rangkaian lampu paralel tersebut.


Sekarang ini kamu akan merancang daftar alat dan bahan bagi percobaan merancang rangkaian paralel sederhana dan merancang rangkaian lampu lalu lintas bagi minggu depan.


Kamu dapat membuatnya pada satu kelompok kecil. Diskusikan pembagian fungsi secara adil. Bekerja samalah dengan bagus sehingga percobaan kalian minggu depan akan berjalan dengan sukses.



File Pendidikan


Demikianlah Wetsartikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Tema 3 Kelas 6 Halaman 26, 27, 28, 29, 30, 31


Terima kasih telah membaca wetsartikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 6 tema 3 Subtema 1 pembelajaran 3 ini dapat memberikan manfaat untuk para pembaca di manapun berada.


Wetsartikel yang sedang kamu baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Tema 3 Kelas 6 Halaman 26, 27, 28, 29, 30, 31 dengan tempat tinggal listig http://filependidikan.informatie/rmasi/jawaban-buku-tema-1-kelas-5.




Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top