Pembelajaran ialah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar di suatu lingkungan belajar. Pembelajaran adalah bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan di peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran ialah proses bagi menolong peserta didik agar dapat belajar dengan bagus. Proses pembelajaran dialami sepanjang hayat seorang manusia serta dapat berlaku di manapun dan kapanpun. Pembelajaran mempunyai pengertian yang mirip dengan pendidikan, walaupun mempunyai konotasi yang berbeda.
Pembelajaran ialah pemberdayaan potensi peserta didik menjadi kompetensi. Kegiatan pemberdayaan ini tak dapat berhasil tanpa ada orang yang menolong. Menurut Dimyati dan Mudjiono (Syaiful Sagala, 2011: 62) pembelajaran ialah kegiatan pengajar secara terprogram pada desain instruksional, bagi merancang belajar secara aktif, yang menekankan di penyediaan sumber belajar.
Pada Undang-Undang No.20 Tahun 2003 Mengenai Aplikasi Pendidikan Nasional pasal 1 ayat 20 dinyatakan bahwa Pembelajaran ialah Proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar di suatu lingkungan belajar.
Konsep pembelajaran menurut Corey (Syaiful Sagala, 2011:61) ialah suatu proses dimana lingkungan seseorang secara disengaja dikelola bagi memungkinkan ia turut serta pada tingkah laku tertentu pada kondisi-kondisi khusus atau menghasilkan respons kepada situasi tertentu, pembelajaran adalah subset khusus dari pendidikan.
Pembelajaran mengandung arti setiap kegiatan yang dirancang bagi menolong seseorang mempelajari suatu kemampuan dan nilai yang baru. Proses pembelajaran di awalnya meminta pengajar bagi mengetahui kemampuan mendasar yang dimiliki oleh pelajar meliputi kemampuan dasarnya, motivasinya, latar belakang akademisnya, latar belakang ekonominya, dan lain sebagainya.kesiapan pengajar bagi mengenal karakteristik pelajar pada pembelajaran adalah modal utama penyampaian bahan belajar dan menjadi indikator suksesnya pelaksanaan pembelajaran.
Dapat ditarik kesimpulan bahwa Pembelajaran ialah usaha sadar dari pengajar bagi merancang pelajar belajar, yaitu terjadinya perubahan tingkah laku di diri pelajar yang belajar, dimana perubahan itu dengan didapatkannya kemampuan baru yang berlaku pada waktu yang relative lama dan karena adanya usaha.
Usaha Pendidik tersebut diantaranya dengan merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau yang disingkat dengan RPP. Dalan RPP seluruh keiatan pembelajaran telah komplit mulai dari pendahuluan hingga denagn evaluasi, tindak lanjut atau penutup pembelajaran.
RPP yang mesti dimiliki oleh Pendidik Kelas 1 Semester 1 Tema 2 Sub Tema 1, 2, 3, 4 akan kami suguhkan di bawah ini.
RPP SD/MI Kelas 1 Semester 1 Tema 2 Sub Tema 1, 2, 3, 4 Kurikulum 2013 |
Silahkan unduh selengkapnya di tautan yang terdapat berikut ini.
Sebelumnya kami posting :
Denikianlah informasi administrasi yang dapat kami sampaikan yaitu RPP SD/MI Kelas 1 Semester 1 Tema 2 Sub Tema 1, 2, 3, 4 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2018. Semoga bermanfaat.
Sumber https://edukafile.blogspot.com/
0 comments:
Post a Comment