Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 3 Halaman 107, 108, 109, 111 - Maya Blog

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 3 Halaman 107, 108, 109, 111


File Pendidikan

Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 6 Tema 3 Halaman 107, 108, 109, 111 – Pembelajaran Kelas 6 Tema 3 Tokoh dan Penemuan Subtema 2 Penemuan dan Manfaatnya Pembelajaran 6 Terdiri dari Mata Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Bahasa Indonesia.


Buku Pelajar yang digunakan selaku sumber belajar di kelas 6 adalah Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.


Pada Pembelajaran 6 Subtema 2 Tema Tokoh dan Penemuan terdapat beberapa latihan soal yang mesti dikerjakan pelajar secara mandiri. Bagi menolong menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami share alternatif kunci jawaban soal yang terdapat di halaman 107, 108, 109, 111.


Baca Pun :




Kelas 6 Tema 3 Tokoh dan Penemuan Subtema 2 Penemuan dan Manfaatnya Pembelajaran 6


Ayo Membaca


Baca teks eksplanasi ilmiah berikut dengan teliti!


Pensil, Si Kecil yang Amat Urgen


Pernahkah terbayang olehmu gimana sih manusia bikin tanda dan tulisan sebelum ditemukannya pensil? Bagaimana proses penemuan pensil hingga menjadi format pensil seperti kini dengan proses perancangan yang lebih moderen?


Jaman dulu, manusia menggambar dan menulis dengan menggoreskan ujung pisau ke batang pohon. Lalu di waktu Romawi Kuno, sebilah logam tipis dipake bagi merancang goresan di batu dan lembar daun papirus. Perkembangan pensil dimulai sejak ditemukannya grafit di tahun 1564 di Borrowdale, Inggris. Grafit ditemukan selaku material yang dapat meninggalkan tanda hitam yang lumayan pekat, namun terbukti lunak dan gampang patah. Bagi itu, grafit membutuhkan tangkai pemegang. Di mulanya, grafit hanya dibungkus oleh tali yang terbuat dari kulit domba. Terus, ditemukan cara bagi memasukkan grafit di antara dua bilah kayu yang dilubangi. Ketika demikianlah mulai dikenal alat tulis yang kini dinamakan pensil.


Pensil mulai dibikin secara massal di tahun 1662 di Nuremberg, Jerman. abad 19, Faber Castell, Lyra, Staedler, dan perusahaan-perusahaan lain ngembangkan pensil bikin alat tulis secara pesat. Di jaman modern, pensil dikerjakan dengan hancurkan grafit murni sama tanah liat hingga berbentuk bubuk. Kemudian campuran ini diprint menjadi format tipis panjang dan dilapisi dengan kayu. Jadilah pensil dengan format yang kita kenal ketika ini.


Pensil menjadi benda yang urgen banget hingga ketika ini. Kalo gak ada pensil, kita bakal kesulitan waktu lagi belajar. Kita pun gak dapat bikin karya tulis, seperti cerita pendek, puisi, dan tulisan lainnya.


Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 6 Halaman 107


Dapatkan informasi urgen di teks eksplanasi ilmiah mengenai penemuan pensil tersebut.


Tuliskan jawabanmu di diagram berikut, sesuai dengan urutan paragrafnya :


File Pendidikan

Alternatif Jawaban :


Paragraf 1 : Topik Masalah
Bagaimana proses penemuan pensil hingga menjadi format pensil seperti kini dengan proses perancangan yang lebih moderen?


Paragraf  2 : Deret Penjelas
Perkembangan pensil dimulai sejak ditemukannya grafit di tahun 1564 di Borrowdale, Inggris. Di mulanya, grafit hanya dibungkus oleh tali yang terbuat dari kulit domba. Kemudian, ditemukan cara bagi memasukkan grafit di antara dua bilah kayu yang dilubangi. Ketika demikianlah mulai dikenal alat tulis yang kini dinamakan pensil.


Paragraf 3 : Deret Penjelas
Di jaman modern, pensil dikerjakan dengan mencampurkan grafit murni dengan tanah liat hingga berbentuk bubuk. Kemudian campuran ini diprint menjadi format tipis panjang dan dilapisi dengan kayu. Jadilah pensil dengan format yang kita kenal ketika ini.


Paragraf 4 : Kesimpulan dan Pesan / Pendapat Pribadi Penulis
Pensil menjadi benda yang betul-betul urgen hingga ketika ini. Seandainya tak ada pensil, kita akan kesulitan ketika lagi belajar. Kita pun tak dapat merancang karya tulis, seperti cerita pendek, puisi, dan tulisan lainnya.


Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 108


Cermati kembali teks tersebut! Dapatkan kata-kata bercetak miring di dalamnya!


Tuliskan segala kata bercetak miring tersebut bagi pembelajaran berikutnya.


Kata-kata bercetak miring di teks Pensil, Si Kecil yang Amat Urgen :
gimana sih, bikin, moderen, jaman, dipake, gampang, terus, dibikin, ngembangkan, bikin, hancurkan, sama, banget, kalo gak ada, bakal, waktu lagi, gak dapat bikin.

Selaku pelajar, pastinya kita perlu mempunyai sikap disiplin dan bertanggung jawab kepada tugas-tugas kita. Bagaimana akibatnya bila kita tak mempunyai sikap tersebut?


Ayo Mengamati


Ingatkah kamu mengenai kisah Ani, hiel dan tanggung jawabnya?


Ayo, kita cermati kembali cerita tersebut.


Kewajiban dan Tanggung Jawab


Ani ialah putri dari Bapak dan Ibu Yakob. Pak Yakob mendaftarkan Ani di sebuah sekolah yang lumayan ternama di desanya. Pak Yakob memenuhi segala keperluan sekolah Ani, seperti buku-buku, seragam sekolah, serta peralatan lainnya. Bu Yakob pun selalu membekali makanan sehat bagi Ani di sekolah. Ani betul-betul bersyukur dengan perhatian ayah dan ibunya. Ia selalu mematuhi nasihat ayah dan ibu. Ani pun rajin sekolah, rajin belajar, dan mengerjakan kewajiban sekolah tanpa perlu diingatkan. Ani kemudian selalu naik kelas dengan nilai yang memuaskan. Bapak dan Ibu Yakob betul-betul bangga dengan Ani.


Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 3 Halaman 109 & 110


File Pendidikan

Jawablah pertanyaan berikut menurut cerita tersebut!


1. Sebutkan kewajiban Ani pada cerita tersebut!


Kewajiban Ani pada cerita tersebut yaitu bersyukur, mematuhi nasihat ayah dan ibu, sekolah, belajar, dan mengerjakan kewajiban sekolah.

2. Apakah Ani telah menjalankan kewajibannya? Jelaskan dan berikan contoh!


Ya, Ani telah menjalankan kewajibannya. Contohnya bersyukur, mematuhi nasihat ayah dan ibu, sekolah, belajar, dan mengerjakan kewajiban sekolah.

3. Apa manfaat kewajiban tersebut untuk waktu depan Ani?


Manfaat kewajiban tersebut untuk waktu depan Ani yaitu Ani selalu naik kelas dengan nilai yang memuaskan, menjadi anak yang berbakti dan membanggakan orang tua.

4. Apakah Ani telah bertanggung jawab kepada kewajiban yang telah ia dapatkan? Jelaskan dan berikan contoh!


Ya, Ani telah bertanggung jawab kepada kewajiban yang telah ia dapatkan. Contohnya Ani betul-betul bersyukur dengan perhatian ayah dan ibunya. Ia selalu mematuhi nasihat ayah dan ibu. Ani pun rajin sekolah, rajin belajar, dan mengerjakan kewajiban sekolah tanpa perlu diingatkan.

5. Apa yang akan terjadi bila Ani tak bertanggung jawab kepada kewajibannya? Jelaskan dan berikan contoh!


Seandainya Ani tak bertanggung jawab kepada kewajibannya karenanya Ani akan menjadi anak pemalas, tak mensyukuri nikmat tuhan, tak memperoleh ilmu pengetahuan dan mengecewakan orang tuanya.

Diskusikan dan tuliskan jawabanmu di diagram berikut. Bandingkan jawabanmu dengan jawaban teman yang lain!


Lengkapi jawabanmu hingga memperoleh jawaban yang sangat tepat.


Bagaimana dengan dirimu sendiri? Apakah kamu telah bertanggung jawab kepada kewajibanmu? Nah, kini saatnya bagi merenung dan memperbaiki diri!


Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 3 Halaman 111


Tuliskan pengalaman dirimu pada menjalankan kewajiban, bagus di rumah maupun di sekolah. Tulislah pada diagram berikut.


File Pendidikan



Demikianlah Wetsartikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 6 Tema 3 Halaman 107, 108, 109, 111


Terima kasih telah membaca wetsartikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 6 tema 3 Subtema 2 pembelajaran 6 ini dapat memberikan manfaat untuk para pembaca di manapun berada.


Wetsartikel yang sedang sahabat baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 6 Tema 3 Halaman 107, 108, 109, 111 dengan domisili verbinding http://filependidikan.informatie/rmasi/jawaban-buku-tema-1-kelas-5.


Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Subtema 2 Pembelajaran 6 pada format video dapat dilihat berikut ini, dan jangan lupa di subscribe bagi memperoleh kunci jawaban tematik sekolah basic terbaru lainnya.





Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top