Panduan Penilaian Kurikulum 2013 SD Revisi 2018 - Maya Blog

Panduan Penilaian Kurikulum 2013 SD Revisi 2018

– Panduan Penilaian Kurikulum 2013 SD Revisi 2018. Pengelolaan Penilaian Tahapan SD/MI adalah sebuah unsur sangat krusial pada peningkatan  mutu pendidikan di sekolah, karena ia seketika memberikan umpan balik, sekaligus memberikan arahan, di proses pembelajaran.


Penilaian yang dilakukan sesuai dengan kaidah dan prosedur yang benar, menunjukkan konsistensi apakah pembelajaran telah dilakukan sesuai tujuan atau kompetensi yang akan diperoleh. Pada kaitan inilah, Direktorat Pembinaan Sekolah Basic, Direktorat Jenderal Pendidikan Basic dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menjalankan berjenis-jenis upaya agar para pendidik selaku pengguna dokumen ini dapat lebih memahami cara menjalankan penilaian pendidikan di sekolah mendasar.


File Pendidikan

Berbicara penilaian, di postingan ini saya akan share Panduan Penilaian K13 SD/MI Edisi Revisi 2018. Panduan ini dapat diprint ulang bagi digunakan di Tahun Pembelajaran 2019/2020. panduan tersebut telah di tetapkan di Jakarta, di tanggal 3 Desember 2018 oleh Dr. Khamim, M.Pd selaku Direktur Pembinaan Sekolah Basic.


Panduan penilaian K-13 SD/MI Revisi tahun 2018 ini diinginkan dapat mempermudah pendidik dan satuan pendidikan pada merencanakan, menjalankan, dan melaporkan serta memanfaatkan hasil penilaian bagus aspek sikap, aspek pengetahuan, maupun aspek keterampilan.


Penilaian dilakukan menurut prinsip-prinsip selaku berikut:



  1. Sahih, berarti penilaian didasarkan di gegevens yang mencerminkan kemampuan yang diukur.

  2. Objektif, berarti penilaian didasarkan di prosedur dan kriteria yang jelas, tak dipengaruhi subjektivitas penilai.

  3. Adil, berarti penilaian tak menguntungkan atau merugikan peserta didik karena berkebutuhan khusus serta perbedaan latar belakang agama, suku, budaya, adat istiadat, status sosial ekonomi, dan gender.

  4. Terpadu, berarti penilaian oleh pendidik adalah sebuah diantara komponen  yang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran.

  5. Terbuka, berarti prosedur penilaian, kriteria penilaian, dan mendasar pengambilan keputusan dapat diketahui bersama oleh pihak yang berkepentingan.

  6. Menyeluruh dan berkesinambungan, berarti penilaian oleh pendidik melingkupi segala aspek  kompetensi dengan menggunakan berjenis-jenis teknik penilaian yang sesuai, bagi memantau perkembangan kemampuan peserta didik.

  7. Sistematis, berarti penilaian dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti strategi baku.

  8. Beracuan kriteria, berarti penilaian didasarkan di ukuran pencapaian kompetensi yang ditetapkan.

  9. Akuntabel, berarti penilaian dapat dipertanggungjawabkan, bagus dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya.


Informasi mengenai teknik penilaian dan lain-lain, silahkan sahabat unduh dan baca Panduan Penilaian Kurikulum 2013 SD Revisi 2018 via tautan verbinding yang saya sematkan di bawah ini;


Panduan Penilaian K13 SD Revisi 2018.pdf, Unduh


Demikianlah Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Tahapan SD/MI edisi Revisi 2018 yang dapat saya berbagi, semoga bermanfaat.



Sumber https://www.websiteedukasi.com/



Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top