Soal-Jawab UTS/PTS 2 Seni Budaya SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013 - Maya Blog

Soal-Jawab UTS/PTS 2 Seni Budaya SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013


Ulangan atau Penilaian Tengah Semester 2 (UTS/PTS 2) mapel Seni Budaya SMP Kelas 8 adalah sebuah evaluasi pembelajaran pelajar bagi mapel Seni Budaya. Mapel ini adalah sebuah mapel yang unik karena terdiri atas bermacam macam cabang keseniaan; seni musik, seni rupa, seni teater, dan seni tari.


Tulisan kalium ini bermaksud menolong para pelajar yang duduk di SMP/MTs Kelas Delapan (8/VIII) pada menghadapi UTS/PTS Semester 2 bagi mapel Seni Budaya.


Pendekatan kurikulum pada penyusunan soal ini yakni Kurikulum 2013 Revisi 2017. Dengan demikian, bahan Soal-Jawab UTS/PTS 2 Seni Budaya SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013 ini memenuhi unsur kebaruan atau novelty.


Rujukan soal dan kunci jawaban yakni Buku Pelajar Seni Budaya Kelas 8 SMP/MTS Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Di semester 2, berikut yakni kutipan dari daftar isi dari buku tersebut:


Seni Rupa


BAB 9 MEMBUAT POSTER …………………………………………………………. 122
A. Konsep Membangun Poster ……………………………………………………….. 124
B. Syarat Membangun Poster …………………………………………………………. 127
C. Alat dan Bahan Membangun Poster …………………………………………… 131
D. Uji Kompetensi ……………………………………………………………………… 132
E. Kumpulan ……………………………………………………………………………. 133
F. Refleksi ……………………………………………………………………………………134


BAB 10 MENGGAMBAR KOMIK ………………………………………………. 136
A. Konsep Menggambar Komik ………………………………………………… 139
B. Syarat Menggambar Komik …………………………………………………… 140
C. Bahan dan Alat Menggambar Komik …………………………………….. 142
D. Uji Kompetensi ……………………………………………………………………… 144
E. Kumpulan …………………………………………………………………………… 145
F. Refleksi …………………………………………………………………………………. 145


Seni Musik
BAB 11 MENYANYIKAN LAGU TRADISIONA…………………………… 148
A. Teknik dan Gaya Menyanyi Lagu Daerah ………………………………. 150
B. Menyanyi secara Unisono ………………………………………………………. 151
C. Berlatih Teknik dan Gaya Menyanyi Lagu Daerah ………………… 152
D. Uji Kompetensi ………………………………………………………………………. 155
E. Kumpulan ……………………………………………………………………………. 156
F. Refleksi ……………………………………………………………………………………156


BAB 12 MEMAINKAN ALAT MUSIK TRADISIONAL ………………… 159
A. Jenis Musik Ansambel Tradisional ………………………………………… 161
B. Memainkan Ansambel Tradisional ………………………………………. 162
C. Uji Kompetensi …………………………………………………………………….. 169
D. Kumpulan ………………………………………………………………………….. 172
E. Refleksi …………………………………………………………………………………. 172


Seni Tari
BAB 13 PENERAPAN POLA LANTAI PADA GERAK TARI …………. 176
A. Unsur Pendukung Tari Tradisional ……………………………………… 179
B. Menggunakan Pola Lantai Tradisional …………………………………….. 183
C. Menjalankan Gerak Tari Sesuai Iringan ……………………………………. 184
D. Uji Kompetensi ………………………………………………………………………186
E. Kumpulan …………………………………………………………………………. 186
F. Refleksi …………………………………………………………………………………. 187


BAB 14 MENAMPILKAN TARI TRADISIONAL ………………………….. 190
A. Pengertian Tari Tradisional ……………………………………………………. 192
B. Berlatih Gerak Tari Tradisional …………………………………………….. 194
C. Uji Kompetensi …………………………………………………………………….. 203
D. Kumpulan …………………………………………………………………………. 206
E. Refleksi ………………………………………………………………………………… 206


Seni Teater
BAB 15 MERANCANG PEMENTASAN PANTOMIM …………………… 210
A. Perancangan Pementasan Pantomim ……………………………………. 212
B. Rancangan Rias …………………………………………………………………….. 212
C. Rancangan Kostum ………………………………………………………………. 214
D. Rancangan Musik ………………………………………………………………….. 214
E. Membangun Rancangan Properti ………………………………………………. 215
F. Evaluasi …………………………………………………………………………………. 215
G. Kumpulan …………………………………………………………………………… 215
H. Refleksi ………………………………………………………………………………… 216


BAB 16 PEMENTASAN PANTOMIM …………………………………………… 217
A. Pementasan Pantomim …………………………………………………………. 219
B. Mengevaluasi Pementasan Pantomim …………………………………… 221
D. Evaluasi ………………………………………………………………………………… 222
E. Kumpulan ………………………………………………………………………….. 222
F. Refleksi …………………………………………………………………………………. 222


Berikut yakni tautan Unduh Contoh Soal dan Kunci Jawaban UTS/PTS Semester 2/II Seni Budaya SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013:





Berikut yakni kutipan dari Soal-Jawab UTS/PTS 2 Seni Budaya SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013 tersebut:




SOAL PILIHAN GANDA
SENI RUPA
1. Poster yang berukuran besar dipasang di
A. Baliho
B. Dinding
C. Pohon
D. Tiang listrik
2. Ciri utama desain poster yakni
A. Warnanya monoton
B. Mesti dipasang secara missal
C. Desainnya penuh pesan moral
D. Berwarna-warni komplit dengan warna kontras sehingga menarik perhatian mata
3. Kata-kata pada poster hendaknya dibangun
A. Serumit mungkin
B. Sesingkat mungkin
C. Sesuka hati
D. Seartistik mungkin
4. Langkah pertama-tama yang dilakukan pada membangun poster yakni
A. Menentukan bahan penyusunan
B. Mendesain desain poster
C. Mendesain kata-kata di poster
D. Menentukan tema
5. Berikut adalah sebuah kata-kata yang tepat pada membangun poster
A. Hidup tanpa narkoba, waktu depan berjaya
B. Narkoba yakni pembasmi waktu depan yang bagus. Tak perlu ditanya bagaimana caranya ia merusak waktu depan generasi bangsa. Selaku generasi muda, telah selayaknya kita menjauhi narkoba. Tanpa narkoba memungkinkan generasi bangsa bagi lebih giat pada mencetak prestasi.
C. Narkoba adalah sebuah singkatan dari narkotika dan obat-obatan terlarang serta zat adiktif. Pemakaian narkotika yang disalahgunakan tentu saja tak dapat dibenarkan mengingat bahwa ia dapat membawa kerusakan di medis.
D. Negara melindungi segenap bangsanya dari narkoba dengan menjalankan kegiatan preventif dan kuratif. Kegiatan preventif misalnya dengan menjalankan penyuluhan ke sekolah-sekolah. Dengan adanya kegiatan preventif ini diinginkan para pelajar dapat menyadari bahayanya penyalahgunaan narkoba dan menghindari terjerumus pada penyalahgunaan narkotika.
6. Di penyusunan poster, pemakaian gambar dimaksudkan bagi
A. Menambah kesan artistik poster tersebut
B. Menarik perhatian pembaca
C. Menambah makna dari poster
D. Selaku pelengkap kata
7. Apabila dipasang di baliho, karenanya media pembuat poster tersebut yakni
A. Kertas
B. Kain dan sejenisnya
C. Volks besi
D. Karton
8. Beberapa alat dan bahan pada penyusunan poster salah satunya yakni pulpen. Pemakaian pulpen dimaksudkan bagi
A. Membangun gambar dengan karakater tegas di garis-garis gambarnya
B. Menulis kata-kata
C. Mencetak desain poster
D. Selaku pelengkap dari alat dan bahan lainnya
9. Komputer adalah sebuah diantara media pada penyusunan poster. Keunggulan pemakaian media ini yakni
A. Dapat digunakan sewaktu-waktu
B. Harga laptop yang tak lagi mahal
C. Tak dibutuhkan rasa seni yang tinggi
D. Tak khawatir mengalami kesalahan
10. Aplikasi atau perlengkapan lunak yang dapat digunakan bagi mendesain poster yakni selaku berikut
A. Adobe Photoshop
B. Microsoft Excel
C. Notepad
D. Dreamweaver
SENI MUSIK
11. Berikut adalah sebuah ciri-ciri karya musik karawitan
A. Modern
B. Komersial
C. Tradisional dan anonimus
D. Diciptakan oleh pakar musik
12. Karakteristik cara menyanyikan lagu daerah yang berbeda dengan daerah lainnya. Di isu globalisasi, disebut selaku entitas lokal genius.
Vishal tersebut di atas adalah sebuah pengertian dari
A. Gaya local
B. Gaya individual
C. Gaya periodical
D. Gaya kolosal
13. Tipologi karakteristik seorang tokoh pencipta lagu- lagu yang membedakannya dengan pencipta lagu lainnya.
Vishal tersebut di atas adalah sebuah pengertian dari
A. Gaya local
B. Gaya individual
C. Gaya periodical
D. Gaya kolosal
14. Tipologi karakteristik zaman tertentu yang menghasilkan gaya musikal tertentu.
Vishal tersebut di atas adalah sebuah pengertian dari
A. Gaya lokal
B. Gaya individual
C. Gaya periodikal
D. Gaya kolosal
15. Vishal yang sangat dibutuhkan pada menyanyi secara unisono yakni selaku berikut
A. Kerjasama antara anggota kelompok sehingga suara yang diraih seragam
B. Variasi pada menghasilkan suara pada menyanyi
C. Seorang pemimpin vokal yang handal
D. Menyanyi dengan penuh penjiwaan
16. Penyanyi lagu daerah yang diiringi musik tradisional di Jawa, Bali, dan Sunda disebut dengan
A. Madihin
B. Sinden
C. Biduan
D. Perkolong-kolong
17. Penyanyi lagu daerah yang diiringi music tradisional di Sumatera Utara disebut dengan
A. Madihin
B. Sinden
C. Biduan
D. Perkolong-kolong
18. Penyanyi lagu daerah yang diiringi musik tradisional di Kalimantan disebut dengan
A. Madihin
B. Sinden
C. Biduan
D. Perkolong-kolong
19. Pada karawitan Betawi, gaya atau musical style disebut dengan
A. Pengajar lagu
B. Pengajar swara
C. Liaw
D. Nada
20. Yang dilakukan oleh seorang madihin di waktu membawakan lagu yakni
A. Menyanyikan pantun yang diiringi tabuhan gendang
B. Menyanyikan lagu penuh makna dan nasihat
C. Menyayikan lagu dengan khidmat
D. Menyanyikan lagu tanpa alat musik
SENI TARI
21. Pola lantai dari tari Saman menggunakan pola
A. Garis lurus
B. Garis lengkung
C. Garis tak beraturan
D. Garis oval
22. Pola lantai garis lurus menyimbolkan
A. Hubungan vertikal dan horizontal
B. Hubungan antara sesama manusia
C. Keharmonisan hidup antara manusia dengan tumbuhan dan binatang
D. Spiritualisasi tarian
23. Berikut adalah sebuah tarian yang menggunakan pola garis lengkung
A. Tari kecak dan Randai
B. Tari saman dan Bedaya
C. Tari modern
D. Tari kontemporer
24. Berikut adalah sebuah tarian yang menggunakan pola garis lurus
A. Tari Kecak dan Randai
B. Tari Saman dan Bedaya
C. Tari modern
D. Tari kontemporer
25. Berikut yang adalah sebuah manfaat tata rias dan tata busana
A. Memperindah penampilan penari
B. Menarik perhatian penonton
C. Pembentuk letterteken dan tokoh
D. Pembentuk makna filosofis sebuah tarian
26. Warna merah pada tata rias biasanya menyimbolkan
A. Watak lemah lembut
B. Watak bagus hati
C. Watak pemarah dan jahat
D. Watak penyabar
27. Properti Tari Lawung yakni
A. Tombak
B. Piring
C. Payung
D. Celurit
28. Iringan musik internal dapat kita temui di tari
A. Saman
B. Tari Gambyong
C. Tari merak
D. Tari Bedaya
29. Tari Tradisional di Indonesia lebih banyak menggunakan iringan
A. Internal
B. Eksternal
C. Kombinasi antara internal dan eksternal
D. Alat musik modern
30. Di bawah ini yang bukan adalah sebuah manfaat musik iringan tari
A. Selaku iringan gerakan
B. Ilustrasi
C. Penambah makna filosofis tarian
D. Membangun suasana
SENI TEATER
31. Berikut bukanlah adalah sebuah tema yang tepat pada menampilkan pantomime
A. Kerja bakti
B. Bermain dengan binatang peliharaan
C. Perang kolosal
D. Beres-beres rumah
32. Pemakaian rias di pantomim di umumnya yakni
A. Dominan bedak putih di leher
B. Dominan bedak putih di tubuh
C. Dominan bedak putih di muka
D. Tak ada warna yang dominan pada tata rias pantomim
33. Pemakaian kaos dan celana ketat di penampil pantomim bertujuan bagi
A. Kekuatan
B. Kelenturan
C. Menambah kesan feminine
D. Menambah kesan maskulin
34. Yang bukan adalah sebuah manfaat music di pantomime
A. Menambah kekuatan adegan
B. Penguat gerakan
C. Mewujudkan suasana yang ingin ditampilkan
D. Selaku pemanis pertunjukan
35. Rancangan property di pertunjukan pantomime hendaknya
A. Jelas
B. Tegas
C. Tepat sasaran dan efisien
D. Lugas


Demikian tulisan mengenai


Unduh Contoh Soal dan Kunci Jawaban UTS/PTS Semester 2/II Seni Budaya SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013


Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!



Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top