Download Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UTS/PTS Semester 2/II Bahasa Indonesia SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI Kurikulum 2013
Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UTS/PTS Semester 2/II Bahasa Indonesia SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI Kurikulum 2013 ini dihadirkan dengan harapan bahwa ia dapat menjadi alat untuk para peserta didik yang duduk di bangku SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI yang hendak menjalankan ulanga/penilaian tengah semester (UTS/PTS) 2/II bagi mapel Bahasa Indonesia.
Soal dan juga kunci jawaban dirancang dengan pendekatan kurikulum 2013 terbaru revisi 2017 dengan menggunakan referensi atau buku rujukan Buku Mapel Bahasa Indonesia SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Dengan demikian, contoh soal dan jawaban yang disediakan telah memenuhi unsur kebaruan atau novelty.
Bahan pembelajaran Bahasa Indonesia Semester 2/II ini meliputi empat bab, dari bab lima hingga dengan bab delapan. Berikut yaitu sekilas dari bahan pembelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI K13:
Bab V Mempersiapkan Proposal …………………………………………….141
A. Mengidentifikasi Informasi Urgen pada Proposal Kegiatan atau
Penelitian ………………………………………………………………………………………………….. 143
B. Melengkapi Informasi pada Proposal secara Lisan …………………………………… 159
C. Menganalisis Isi, Sistematika, dan Kebahasaan Proposal ……………………………. 163
D. Menyusun Sebuah Proposal Karya Ilmiah dengan Memperhatikan
Informasi, Tujuan, dan Esensi Karya Ilmiah ……………………………………………….. 171
Bab VI Menyusun Karya Ilmiah ………………………………………………175
A. Mengidentifikasi Informasi, Tujuan, dan Esensi Karya Ilmiah yang Dibaca … 177
B. Menyusun Informasi, Tujuan, dan Esensi pada Karya Ilmiah …………………. 188
C. Menganalisis Sistematika dan Kebahasaan Karya Ilmiah …………………………… 192
D. Mengonstruksi Sebuah Karya Ilmiah dengan Memperhatikan Isi,
Sistematika, dan Kebahasaan Karya Ilmiah ……………………………………………….. 197
Bab VII Menilai Karya Via Resensi ………………………………………203
A. Membandingkan Isi Bermacam-macam Resensi bagi Menemukan Sistematika
Sebuah Resensi ………………………………………………………………………………………….. 205
B. Menyusun Sebuah Resensi dengan Memperhatikan Hasil Perbandingan
Beberapa Teks Resensi ………………………………………………………………………………. 211
C. Menganalisis Kebahasaan Resensi pada Dua Karya yang Berbeda …………… 222
D. Mengonstruksi Sebuah Resensi dari Buku Kumpulan Cerita atau
Novel yang Dibaca …………………………………………………………………………………….. 230
Bab VIII Bermain Stuk ……………………………………………………………235
A. Mengidentifikasi Alur Cerita, Babak Demi Babak, dan Konflik pada
Stuk yang Dibaca atau Ditonton …………………………………………………………….. 237
B. Mempertunjukkan Salah Satu Tokoh pada Stuk yang Dibaca atau
yang Ditonton secara Lisan ……………………………………………………………………….. 248
C. Menganalisis Isi dan Kebahasaan pada Stuk yang Dibaca atau Ditonton .. 260
D. Mendemonstrasikan Sebuah Naskah Stuk dengan Memperhatikan Isi
dan Kebahasaan ………………………………………………………………………………………… 266
E. Menyusun Review dari Buku yang Dibaca …………………………………………………. 280
Bahan yang diujikan di ulangan/penilaian tengah semester 2/II ini terdiri atas dua bab, yaitu bab lima dan bab enam. Dua bab terakhir digunakan selaku bahan setelah pelaksaan UTS/PTS 2/II hingga dengan UKK/PAS Semester II.
Berikut yaitu tautan Unduh Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UTS/PTS Semester 2/II Bahasa Indonesia SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI Kurikulum 2013
BACA JUGA
- Soal-Jawab UTS/PTS 2 PAI dan Budi Pekerti SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI K13
- Soal-Jawab UTS/PTS 2 PPKn SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI K13
- Soal-Jawab UTS/PTS 2 Bahasa Inggris SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI K13
- Soal-Jawab UTS/PTS 2 Sejarah Indonesia SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI K13
- Download Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UTS/PTS Semester 2/II Seni Budaya SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI Kurikulum 2013
- Soal-Jawab UTS/PTS 2 PKWU SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI K13
Berikut yaitu kutipan dari Soal-Jawab UTS/PTS 2 Bahasa Indonesia SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI K13 tersebut:
9. Sebuah proposal hendaknya menggunakan bahasa yang ilmiah. Berikut yang bukan adalah sebuah ciri dari keilmiahan yaitu
A. Kemasukakalan
B. Menurut ilmu pengetahuan
C. Menurut hati nurani
D. Keterukuran dan kedapatdiujian
10. Berikut adalah sebuah kata yang menyatakan pendefinisian
A. Yaitu
B. Akan
C. Bekerja
D. Namun
11. Ketika membaca portal berita di internet, seringenboom dijumpai adanya kolom tertentu yang menyajikan review kolumnis kepada permasalahan tertentu. Biasanya permasalahan yang diulas yaitu permasalahan yang sedang hangat di tengah masyarakat. Karena sang kolumnis yaitu seorang pakar, karenanya ulasannya dapat digolongkan selaku karya ilmiah. Penyajian karya ilmiah oleh kolumnis pada portal berita di internet termasuk penyajian karya ilmiah berbentuk
A. Populer
B. Semiformal
C. Formal
D. Fiksi
12. Skripsi, tesis, dan disertasi adalah sebuah karya ilmiah berbentuk
A. Populer
B. Semiformal
C. Formal
D. Fiksi
13. Berikut adalah sebuah kaidah penulisan judul karya ilmiah yang dianjurkan
A. Menggunakan huruf kapital seluruh kecuali di anak judul
B. Menggunakan huruf Times New Romans
C. Menggunakan tanda baca di ahir judul
D. Menggunakan huruf kecil seluruh
14. Pada kerangka teoretis, dua ontvangstruimte yang mesti ada yaitu
A. Kajian teori yang relevan dan hipotesis
B. Pengujian hipotesis dan cara penelitian
C. Kajian teori dan pengujian hipotesis
D. Definisi operasional dan pengujian hipotesis
15. Cara penelitian yang bertujuan hanya menggambarkan fakta-fakta secara apa adanya, tanpa adanya perlakukan apa pun. Gegevens yang dimaksud dapat berupa fakta yang bersifat kuantitatif (statistika) ataupun fakta kualitatif. Cara penelitia yang dimaksud disebut dengan
A. Cara eksperimen
B. Cara deskriptif
C. Cara penelitian tindakan kelas
D. Cara eksloratif
16. Objektivitas karya ilmiah antara lain ditandai oleh alternatif kata yang bersifat impersonal. Ridderzaal ini tercermin pada kalimat selaku berikut
A. Sukaryo (2010) berpendapat bahwa kebijakan pemerintah pada bidang pendidikan masih difokuskan di aspek pembiayaan saja dan belum menyentuh aspek mutu pada muatan kurikulum dan penyelenggaraan pendidikan mendasar dan menengah
B. Saya tak akan pernah mempercayai ontvangstruimte yang masuk akal
C. Kamu disarankan pergi ke dokter spesialis penyakit pada
D. Dia telah kami maafkan atas perbuatannya yang keji dan menyakitkan
17. Pada mengerjakan komunikasi ilmiah, penulis karya ilmiah seharusnya lebih seringenboom menggunakan kalimat pasif seperti contoh di bawah ini
A. Bagi mempermudah pengumpulan gegevens, karenanya kuesioner akan disebarkan ke responden-responden yang benar-benar memenuhi kriteria
B. Bagi mempermudah pengumpulan gegevens, saya akan menyebar kuesioner ke responden-responden yang benra-benar memenuhi kriteria
C. Saya akan memanggil beberapa responden penelitian bagi dimintai keterangan
D. Selaku ketua peneliti, Sarno hendaknya diminta bagi lebih teliti pada aspek redaksional
18. Berikut yang bukan adalah sebuah cara penulisan daftar pustaka yaitu
A. Ditulis secara alfabetis
B. Dengan menggunakan nomor urut
C. Satu sumber tertulis atau tercetak apabila memerlukan lebih dari satu baris bagi menuliskannya, karenanya jarak antarbaris yaitu satu spasi
D. Jarak antara sumber yang satu dengan sumber yang lain yaitu dua spasi
19. Karya ilmiah mengutamakan aspek rasionalitas pada pembahasannya. Maksud rasionalitas pada ontvangstruimte ini yaitu
A. Mendasarkan diri di kaidah berpikir yang benar dan masuk akal
B. Mendasarkan diri di hal-hal yang bersifat empirik
C. Mendasarkan diri di hal-hal yang fiktif
D. Mendasarkan diri di sikap tak berprasangka atau skeptis
20. Menurut kelazimannya, karya ilmiah yang digunakan selaku bahan bagi diskusi yaitu
A. Tesis
B. Makalah
C. Wetsartikel
D. Skripsi
Selaku sekedar bahan bacaaan, berikut yaitu kompetensi inti dan kompetensi mendasar Bahasa Indonesia SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI Kurikulum 2013 selaku mendasar pada pembutan soal
KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL) | |
---|---|
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. | |
KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL) | |
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap selaku bagian dari solusi atas beragam permasalahan pada berinteraksi secara tepat sasaran dengan lingkungan sosial dan alam serta pada menempatkan diri selaku cerminan bangsa pada pergaulan dunia. | |
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) | KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN) |
3. Memahami, mengaplikasikan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif merujuk pada rasa ingin tahunya mengenai ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan pengetahuan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, danperadaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta mengaplikasikan pengetahuan prosedural di bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya bagi memecahkan masalah. | 4. Mengolah, menalar, dan menyaji pada ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara tepat sasaran dan kreatif, serta mampu menggunakan cara sesuai dengan kaidah keilmuan. |
KOMPETENSI DASAR | KOMPETENSI DASAR |
3.1 Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan pada teks prosedur. | 4.1 Menyusun pernyataan umum dan tahapan-tahapan pada teks prosedur dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis. |
3.2 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur. | 4.2 Memaksimalkan teks prosedur dengan memperhatikan hasil analisa kepada isi, struktur, dan kebahasaan. |
3.3 Mengidentifikasi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) pada teks ekplanasi lisan dan tulis. | 4.3 Mengonstruksi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) pada teks eksplanasi secara lisan dan tulis. |
3.4 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi. | 4.4 Memproduksi teks eksplanasi secara lisan atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan. |
3.5 Mengidentifikasi informasi berupa permasalahan aktual yang disajikan pada ceramah. | 4.5 Menyusun bagian-bagian urgen dari permasalahan aktual selaku bahan bagi disajikan pada ceramah. |
3.6 Menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan pada ceramah. | 4.6 Mengonstruksi ceramah mengenai permasalahan aktual dengan memperhatikan aspek kebahasaan dan menggunakan struktur yang tepat. |
3.7 Mengidentifikasi butir-butir urgen dari satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca. | 4.7 Menyusun report butir-butir urgen dari satu buku pengayaan (nonfiksi). |
3.8 Mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung pada kumpulan cerita pendek yang dibaca. | 4.8 Mendemonstrasikan diantara nilai kehidupan yang dipelajari pada cerita pendek. |
3.9 Menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek pada buku kumpulan cerita pendek. | 4.9 Mengonstruksi sebuah cerita pendek dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun cerpen. |
3.10 Menemukan butir-butir urgen dari dua buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca. | 4.10 Mempertunjukkan kesan pribadi kepada diantara buku ilmiah yang dibaca pada format teks eksplanasi singkat. |
KOMPETENSI DASAR | KOMPETENSI DASAR |
3.11 Menganalisis pesan dari satu buku fiksi yang dibaca. | 4.11 Menyusun review kepada pesan dari satu buku fiksi yang dibaca. |
3.12 Mengidentifikasi informasi urgen yang terdapat pada proposal kegiatan atau penelitian yang dibaca. | 4.12 Melengkapi informasi pada proposal secara lisan supaya lebih tepat sasaran. |
3.13 Menganalisis isi, sistematika, dan kebahasaan suatu proposal. | 4.13 Menyusun sebuah proposal karya ilmiah dengan memperhatikan informasi, tujuan, dan esensi karya ilmiah yang diperlukan. |
3.14 Mengidentifikasi informasi, tujuan, dan esensi sebuah karya ilmiah yang dibaca. | 4.14 Menyusun informasi, tujuan, dan esensi yang mesti disajikan pada karya ilmiah. |
3.15 Menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah. | 4.15 Mengonstruksi sebuah karya ilmiah dengan memperhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan. |
3.16 Membandingkan isi beragam resensi bagi menemukan sistematika sebuah resensi. | 4.16 Menyusun sebuah resensi dengan memperhatikan hasil perbandingan beberapa teks resensi. |
3.17 Menganalisis kebahasaan resensi setidaknya dua karya yang berbeda. | 4.17 Mengonstruksi sebuah resensi dari buku kumpulan cerita pendek atau novel yang telah dibaca. |
3.18 Mengidentifikasi alur cerita, babak demi babak, dan konflik pada schouwspel yang dibaca atau ditonton. | 4.18 Mempertunjukkan diantara tokoh pada schouwspel yang dibaca atau ditonton secara lisan. |
3.19 Menganalisis isi dan kebahasaan schouwspel yang dibaca atau ditonton. | 4.19 Mendemonstrasikan sebuah naskah schouwspel dengan memperhatikan isi dan kebahasaan. |
3.20 Menganalisis pesan dari dua buku fiksi (novel dan buku kumpulan puisi) yang dibaca. | 4.20 Menyusun review kepada pesan dari dua buku kumpulan puisi yang dikaitkan dengan situasi kekinian. |
Demikian tulisan mengenai
Unduh Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UTS/PTS Semester 2/II Bahasa Indonesia SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI Kurikulum 2013
Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!
Sumber https://edukafile.blogspot.com/
0 comments:
Post a Comment