Soal-Jawab UTS/PTS 2 PAI dan Budi Pekerti SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI K13 - Maya Blog

Soal-Jawab UTS/PTS 2 PAI dan Budi Pekerti SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI K13


Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UTS/PTS Semester 2/II PAI dan Budi Pekerti SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI Kurikulum 2013 ini dihadirkan dengan harapan bahwa ia dapat menjadi alat untuk peserta didik yang duduk di bangku kelas 11 SMA/MA-SMK/MAK pada mempersiapkan ujian/penilaian tengah semester 2/II (UTS/PTS 2) mapel Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti.


Soal-Jawab UTS/PTS 2 PAI dan Budi Pekerti SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI K13 ini menjadikan Kurikulum 2013 selaku pendekatan kurikulum. Rujukan yang digunakan pada merancang soal dan juga kunci jawaban yakni Buku Pelajar Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017.


Contoh soal tentu saja dilengkapi dengan jawaban dengan harapan format seperti ini mampu mengasah kembali pemahaman pelajar kepada bahan PAI dan Budi Pekerti serta dapat dijadikan selaku referensi pelengkap pada rangka menyambut UTS/PTS Semester 2/II SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI.


Berikut yakni tautan Unduh Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UTS/PTS Semester 2/II PAI dan Budi Pekerti SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI Kurikulum 2013:





Berikut yakni kutipan dari Contoh Soal-Jawab UTS/PTS 2 PAI dan Budi Pekerti SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI K13 tersebut




6. Ahir-akhir ini semangat berkompetisi benar-benar menurun di kalangan pelajar. Ini dibuktikan ketika diumumkan mengenai peringkat kelas, justru sang juara menjadi cemoohan teman-temannya yang lain. Mereka menanggapinya dengan sinis bahwa si juara ini pelit orangnya, tak mau bagi-bagi di ketika ujian. Yang mesti dilakukan oleh orang yang memahami isi Q.S. al-Maidah/5:48 yakni .…


a. belajar dengan sungguh-sungguh agar ia menjadi juara kelas
b. bekerja keras agar apa yang diinginkan dapat tercapai
c. berkompetisi secara sehat, tak curang dan tak menyontek
d. berkolaborasi agar sama-sama memperoleh nilai memuaskan


7. Ketika menemukan masalah, kemudian terjadi perselisihan karena masing- masing menganggap sangat benar pendapatnya, yang mesti kamu lakukan yakni selaku berikut, kecuali ….
a. menghormati perbedaan pendapat orang lain
b. berusaha mencari titik temu dari perbedaan tersebut
c. mengembalikan permasalahan kepada al-Qur’an dan hadis
d. menjalankan terobosan baru dengan berijtihad


8. Apabila ada pemimpin yang mengajak kepada kemaksiatan, sikap kita dari yang dideskripsikan di Q.S. an-Nisa/4:59 yakni ….
a. mengikuti meskipun salah
b. memeranginya dengan cara yang keras
c. menjalankan demo bagi menentangnya
d. menolaknya dengan cara yang halus


9. 1. Mempersaudarakan rakyatnya seperti saudara kandung
2. Senantiasa bersikap adil dan bijaksana serta berpola hidup sederhana
3. Bekerja keras dengan cara yang bagus dan halal
4. Menyelesaikan fungsi hingga tuntas
5. Kelompok-kelompok yang berbeda tak perlu diperangi, tetapi didekati
Ungkapan di atas yang termasuk kategori etos kerja yakni ….
a. 1 dan 2
b. 2 dan 3
c. 3 dan 4
d. 4 dan 5


10. Iman kepada rasul mempunyai arti ….
a. yakin bahwa Allah Swt. benar-benar mengutus rasul
b. mengingkari rasul dan nabi yang tak diketahui bersama namanya
c. membenarkan berita yang tak jelas dari rasul
d. mengamalkan seluruh syariat rasul
e. meyakini tak seluruh rasul itu maksum


11. Buah iman kepada rasul yakni ….
a. menjadikan rasul selaku teman pada hidupnya
b. bersahabat dengan rasul memperoleh kenikmatan tersendiri
c. mengetahui seluk beluk kisah kehidupan rasul
d. menjadikan rasul selaku teladan pada hidupnya


12. Yang bukan fungsi rasul di bawah ini yakni ….
a. mengajarkan manusia agar bertauhid yang benar
b. memperbaiki tatanan hidup manusia agar bersosialisasi dengan bagus
c. meluruskan manusia agar beribadah dengan benar
d. menipu manusia dengan mengatakan dirinya Tuhan


13. Iman kepada rasul mesti diiringi dengan perbuatan …
a. menyanggah isi wahyunya
b. memboikot isi ajarannya
c. memprovokasi kejelekannya
d. mengikuti perintahnya


14. Di bawah ini yakni ayat­ayat yang memerintahkan bagi berbakti kepada kedua orang tua, kecuali ….
a. QS. al-An’am/6: 151
b. Q.S. al-Isra’/17: 17
c. Q.S. al-Isra’/17: 23
d. Q.S. al-Isra’/17: 24


15. Orang tua yang mesti dihormati terlebih dahulu yakni ….
a. nenek
b. kakek
c. ibu
d. bapak


16. “Rida Allah Swt. ada di rida orang tua, dan murkanya Allah Swt. ada di murka orang tua” maksud hadis tersebut yakni ….
a. kalau ingin memperoleh rida orang tua, mesti taat kepada Allah Swt.
b. kalau ingin mendapat murka Allah Swt., sayangi orang tua
c. kalau ingin mendapat rida Allah Swt., hormati orang tua
d. kalau ingin dicintai Allah Swt., jauhilah orang tua


17. Seringenboom seorang pelajar membeda­bedakan manfaat antara orang tua dan pengajar, padahal manfaat keduanya hampir sama. Di bawah ini yakni manfaat orang tua dan pengajar yang sama, kecuali…
a. mendidik dan mengajari
b. membina dan merawat
c. merawat sehingga ia mandiri




Selaku bahan bacaan, kami kutipkan pula Kompetensi Inti dan Kompetensi Mendasar Mapel PAI dan Budi Pekerti SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI Kurikulum 2013. Ridderzaal ini kami harapkan dapat menjadi bukti penguat bahwa soal yang kami sajikan telah sesuai dengan panduan kurikulum 2013 terbaru



















































Kompetensi IntiKompetensi Mendasar
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya1.1 Terbiasa membaca al-Quran dengan meyakini bahwa taat di aturan, kompetisi pada kebaikan, dan etos kerja selaku command agama.1.2 Meyakini bahwa agama mengajarkan toleransi, kerukunan, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan.1.3 Meyakini adanya kitab-kitab suci AllahSwt.1.4 Meyakini adanya rasul-rasul Allah Swt.1.5 Meyakini bahwa Islam mengharus-kanumatnya bagi mempunyai sifat syaja’ah(berani membela kebenaran) dalammewujudkan kejujuran1.6 Meyakini bahwa hormat dan patuh kepadaorang tua dan pengajar selaku kewajibanagama.1.7 Menggunakan penyelenggaraan jenazahsesuai dengan ketentuan syariat Islam.1.8 Menggunakan ketentuan khutbah, tabligdan dakwah di masyarakat sesuai dengansyariat Islam.1.9 Menggunakan prinsip ekonomi danmuamalah sesuai dengan ketentuan syariatIslam.1.10 Mengakui bahwa nilai-nilai islam dapatmendorong kemajuan kejayaan Islam yangdinantikan kembali.1.11 Mempertahankan keyakinan yangbenar sesuai ajaran islam pada sejarahperadaban Islam di waktu modern.
Kompetensi IntiKompetensi Mendasar
2. Mengoptimalkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab,peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerja sama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukkan sikap selaku bagian dari solusi atas beraneka permasalahan bangsa pada berinteraksi secara tepat sasaran dengan lingkungan sosialdan alam serta pada menempatkan diri selaku cerminan bangsa pada pergaulan dunia.2.1 Bersikap taat aturan, tanggung jawab, kompetitif pada kebaikan dan kerja keras selaku implementa-si dari pemahaman QS. Ofschoon Maidah/5: 48; Q.S. An-Nisa/4: 59; danQ.S. At Taubah /9: 105 serta Hadis yang terkait.2.2 Bersikap toleran, rukun dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan selaku implementasi dari pemahaman Q.S. Yunus /10 : 40-41 dan Q.S. Ofschoon-Maidah/5 : 32, serta hadis terkait.2.3 Peduli kepada orang lain dengan saling menasihati selaku cerminan beriman kepada kitab-kitab Allah Swt.2.4 Menunjukkan perilaku saling menolong selaku cerminan beriman kepada rasul- rasul Allah Swt.2.5 Menunjukkan sikap syaja’ah (berani membela kebenaran) pada mewujudkan kejujuran.2.6 Menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan pengajar selaku implementasi dari pemahaman Q.S. Ofschoon- Isra’/17: 23 dan hadis terkait.2.7 Menunjukkan sikap tanggung jawab dan kerja sama pada penyelenggaraan jenazah di masyarakat.2.8 Menjaga kebersamaan dengan orang lain dengan saling menasihati lewat khutbah, tablig dan dakwah.2.9 Bekerjasama pada menegakkan prinsip- prinsip dan praktik ekonomi sesuai syariat Islam.2.10 Bersikap rukun dan kompetitif pada kebaikan selaku implementasi dari nilai- nilai kejayaan Islam yang dinantikan kembali.2.11 Bersikap rukun dan kompetitif pada kebaikan selaku implementasi dari nilai- nilai sejarah peradaban Islam di waktu modern.
Kompetensi IntiKompetensi Mendasar
3. Memahami, mengaplikasikan,dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan pengetahuan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomenadan kejadian,serta menerapkanpengetahuan proseduralpada bidang kajian yangspesifik sesuai denganbakat dan minatnyauntuk memecahkanmasalah.3.1 Menganalisis makna Q.S. Ofschoon-Maidah/5 : 48;Q.S. An-Nisa/4: 59, dan Q.S. At-Taubah/9:105, serta hadis mengenai taat di aturan,kompetisi pada kebaikan, dan etos kerja.3.2 Menganalisis makna Q.S. Yunus/10 :40-41 dan Q.S. Ofschoon-Maidah/5 : 32, sertahadis mengenai toleransi, rukun, danmenghindarkan diri dari tindak kekerasan.3.3 Menganalisis makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt.3.4 Menganalisis makna iman kepada rasul-rasul Allah Swt.3.5 Menganalisis makna syaja’ah (beranimembela kebenaran) pada mewujudkankejujuran.3.6 Menganalisis perilaku hormat dan patuhkepada orang tua dan pengajar.3.7 Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraanjenazah.3.8 Menganalisis pelaksanaan khutbah, tabligdan dakwah.3.9 Menelaah prinsip-prinsip dan praktikekonomi pada Islam.3.10 Menelaah kejayaan Islam yang dinantikankembali.3.11 Menelaah perkembangan Islam di masamodern (1800-sekarang).
Kompetensi IntiKompetensi Mendasar
4 Mengolah, menalar, dan menyaji pada ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektifdan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan4.1.1 Membaca Q.S. Ofschoon-Maidah/5 : 48; Q.S.An-Nisa/4: 59, dan Q.S. At-Taubah/9:105 sesuai dengan kaidah tajwid danmakharijulhuruf.4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ofschoon-Maidah/5 : 48; Q.S. An-Nisa/4: 59, dan Q.S.At-Taubah/9: 105 dengan fasih dan mudah.4.1.3 Menyajikan keterkaitan antara perintahberkompetisi pada kebaikan dengankepatuhan kepada ketentuan Allahsesuai dengan pesan Q.S. Ofschoon-Maidah/5 : 48;Q.S. An-Nisa/4: 59, dan Q.S. At-Taubah/9:105.4.2.1 Membaca Q.S. Yunus/10: 40-41 dan Q.S.Ofschoon-Maidah/5: 32 sesuai dengan kaidahtajwid dan makharijul huruf.4.2.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S.Yunus/10: 40-41 dan Q.S. Ofschoon-Maidah/5: 32dengan fasih dan mudah.4.2.3 Menyaji-kan keterkaitan antara kerukunandan toleransi sesuai pesan Q.S. Yunus/10:40-41 dengan menghindari tindakkekerasan sesuai pesan Q.S. al-Maidah/5:32.4.3 Menyaji-kan keterkait-an antara berimankepada kitab-kitab suci Allah Swt, denganperilaku sehari-hari.4.4 Menyajikan kaitan antara iman kepadarasul-rasul Allah Swt dengan keteguhandalam bertau-hid, toleransi, ketaatan, dankecintaan kepada Allah Swt.4.5 Menyaji-kan kaitan antara syaja’ah(berani membela kebenaran) denganupayamewujudkan kejujuran dalamkehidupan sehari-hari.4.6 Menyaji-kan kaitan antara ketauhidandalam beribadah dengan hormat danpatuh kepada orang tua dan pengajar sesuaidengan Q.S. Ofschoon-Isra’/17: 23 dan hadisterkait.4.7 Menyajikan prosedur penye-lenggaraanjenazah.4.8 Menyajikan ketentuan khutbah, tablig, dandakwah.
Kompetensi IntiKompetensi Mendasar
4.9 Mempresentasikan prinsip-prinsip dan praktik ekonomi pada Islam.4.10 Menyajikan kaitan antara perkem-bangan peradaban Islam di waktu kejayaan dengan prinsip-prinsip yang mempe- ngaruhinya.4.11.1 Menyajikan prinsip-prinsip perkem- bangan peradaban Islam di waktu modern (1800-sekarang)4.11.2 Menyajikan prinsip-prinsip pembaharuan yang sesuai dengan perkembangan peradab-an Islam di waktu modern.

Demikian tulisan mengenai


Unduh Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UTS/PTS Semester 2/II PAI dan Budi Pekerti SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI Kurikulum 2013


Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!



Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top