Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA 2018 Matematika:MIPA - Maya Blog

Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA 2018 Matematika:MIPA


Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Matematika Peminatan MIPA ini disajikan dengan harapan bahwa ia dapat menjadi rujukan untuk peserta didik kelas XII yang akan menempuh ujian nasional tingkat SMA dan Sederajat, khususnya pada menghadapi Soal Ujian Matematika Peminatan MIPA.


Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Matematika Peminatan MIPA yang tersaji ini diadopsi dari soal UN SMA-MA dua tahun yang lalu berturut-turut, yaitu tahun 2016 dan tahun 2017. Dengan demikian, karenanya soal yang tersaji ini mempunyai keabsahan atau validitas empirik yang bagus. Dengan mempunyai validitas empirik yang bagus, soal yang dipelajari berarti dapat diinginkan bagi mempunyai prediktibilitas yang kuat. Prediktibilitas bermakna daya ramal. Meski tak akan sama persis, belajar dari soal yang mempunyai validitas empirik yang bagus dapat menolong pembelajar bagi mengklasifikasi bahan pembelajaran dan pun mengasah atau mengingat kembali dan mempertajam belajar pelajar.


Tak ada kata lain untuk para calon peserta UN SMA/MA Tahun ini kecuali dengan belajar secara sungguh-sungguh. Dengan belajar secara sungguh-sungguh berarti hasil diperjuangkan dengan sungguh-sungguh pula.


Berikut yaitu tautan Unduh Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Matematika Peminatan MIPA:




BACA JUGA



11. Hadi, Yuda, dan Toni menabung di bankgebouw. Jumlah uang tabungan Yuda dan dua kalium uang tabungan Toni, Rp150.000,00 lebih banyak dari uang tabungan Hadi. Jumlah uang tabungan Hadi dan Toni yaitu Rpl.450.000,00. Jumlah uang tabungan mereka bertiga Rp2.000.000,00. Jumlah uang Yuda dan Toni yaitu ….
A. Rpl .650.000,00
B. Rpl.450.000,00
C. Rpl .200.000,00
D. Rp900.000,00
E. Rp750.000,00


12. Seorang penjahit membangun dua jenis pakaian. Pakain jenis A mernerlukan kain katun l m dan kain sutera 2 m, sedangkan pakaian jenis B memerlukan kain karun 2,5 m dan kain sutera 1,5 m. Bahan katun yang terdapat 70 m dan kain sutera 84 m. Pakaian jenis A dijual dengan laba Rp50.000,00/buah, sedangkan pakaian jenis B dijual dengan laba Rp60.000,00/buah. Agar penjahit memperoleh laba maksimum, banyak pakaian jenis A dan jenis B yang terjual berturut-turut yaitu ….
A. 20 dan 16
B. 26 dan 20
C. 30 dan 6
0. 16 dan 30
E. 30 dan 16


16. Adit menabung setiap bulan di sebuah bankgebouw. Di bulan pertama-tama Adit menabung sebesar Rp80.000,00 dan di bulan-bulan berikutnya uang yang ditabung selalu RpS.000,00 lebih besar dari uang yang ditabung di bulan sebelumnya. Jumlah uang tabungan Adit dalam kurun waktu satu tahun yaitu ….
A. Rpl.015.000,00
B. Rpl.150.000,00
C. Rpl.290.000,00
D. Rpl.320.000,00
E. Rp 1.340.000,00


17. Sebuah zat radioaktif meluruh menjadi setengahnya pada waktu 2 jam. Jikalau di pukul 06.00 massa zat tersebut 1.600 gram, massa zat yang tersisa di pukul 14.00 yaitu ….
A. 100 gram
8. 50 gram
C. 25 gram
D. 12,5 gram
E. 6,25 gram


18. Setiap hari seorang pengrajin tas memproduksi duajenis tas. Modal bagi tas specimen I yaitu Rp20.000,00 dengan keuntungan 40%. Modal bagi tas specimen II yaitu Rp30.000,00 dengan keuntungan 30%. Jikalau modal yang terdapat setiap harinya yaitu Rpl .000.000,00 dan sangat banyak hanya dapat memproduksi 40 tas, keuntungan terbesar yang dapat diperoleh pengrajin
tas tersebut yaitu ….
A. 30%
B. 36%
c. 34%
D. 38%
E. 40%


25. Seorang petani mempunyai kawat sepanjang 80 peettante, yang direncanakan unruk memagari kandang berbentuk tiga buah persegi panjang berdempet yang identik seperti diperlihatkan di gambar berikut (Sisi di sepanjang gudang tak memerlukan kawat).
Luas maksimum kandang yaitu ….
A. 360 m2
B. 400 1112
c. 420 1112
D. 450 m2
E. 480 m2


Persamaan lingkaran dengan pusat di titik (2, -3) dan menyinggung garis x = 5, yaitu ….
A. x2 + y2 + 4x – 6y + 9 = 0
B. x2 + y2 – 4x + 6y + 9 = 0
C. x2 + y2 – 4x + 6y + 4 = 0
0. x2 + y2-4x- 6y + 9 = 0
E. x2 + y2 + 4x – 6y + 4 = 0


34. Salah satu persamaan garis singgung lingkaran x2 + y – 6x – 4y + 3 = 0 yang sejajar garis 3x – y – 2 == 0 adaJah ….
A. 3x-y-1 = 0
B. 3x – y – 21 = 0
C. 3x-y-17=0
D. 3x+ y- 17 = 0
E. 3x+y + 3 = 0


38. Banyak bilangan kelipatan 5 yang terdiri dari 3 angka berbeda yang dapat disusun dari angka
0, I, 2, 3, 4, 5, 6, yaitu ….
A. 55
B. 60
C. 70
D. 105
E. 120


39. Pada suatu ulangan pelajar mesti mengerjakan 8 soal dari IO soal yang terdapat dengan syarat nomor 7, 8, 9 dan 10 wajib dikerjakan. Banyak cara pelajar mengerjakan soal sisa yaitu ….
A. 6
B. 15
C. 24
D. 30
E. 45


40. Bagi membangun secara komplit satu set rak sepatu seperti di gambar, seorang tukang kayu membutuhkan 4 po tongschar panel kayu panjang dan 6 panel kayu pendek. Tukang kayu mempunyai persediaan panel kayu panjang dengan 5 alternatif warna dan panel kayu pendek dengan 7 alternatif warna. Jikalau panel kayu panjang hams dipasangkan dengan wama yang sama demikian pun halnya dengan panel kayu pendek tetapi panel kayu panjang tak mesti sewarna dengan panel kayu pendek, banyak variasi warna rak sepatu yang dapat dibangun yaitu ….
A. 20
B. 24
C. 28
D. 30
E. 35


1. Periksalah Naskah Soal yang Kamu terima sebelum mengerjakan soal yang meliputi:
a. Kelengkapan jumlah halaman dan juga urutannya,
b. Kelengkapan nomor soal dan juga urutannya.
c. Kesesuaian Nama Mata Uji dan Program Studi yang tertera di kanan atas
Naskah Soal dengan Lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN).
d. LJUN yang masih menyatu dengan naskah seal
2. Laporkan kepada pengawas ruang ujian apabila terdapat lembar soal, nomor soal
yang tak komplit atau tak urut, serta LJUN yang rusak, robek atau terlipat bagi
memperoleh gantinya. I
3. Tulislah Nama dan Nomor .Peserta Ujian Kamu di kolom yang disediakan di
halaman pertama-tama soal ujian.
4. Gunakan pensil 28 bagi mengisi LJUN dengan ketentuan selaku berikut: i
a. Tuliskan Nama Kamu di kotak yang disediakan, lalu hitamkan bulatan di bawahnya sesuai dengan huruf di atasnya.
b. Tuliskan Nomor Peserta dan Tanggal Lahir di kolom yang disediakan, lalu . hitamkan bulatan di bawahnya sesuai huruf/angka di atasnya
c. Tuliskan Nama Sekolah, Tanggal Ujian, dan bubuhkan Tanda Tangan Kamu di :
kotak yang disediakan.
d. Salinlah kalimat berikut di ternpat yang disediakan pada LJUN: “Saya
rnengerjakan ujian dengan jujur”
5. Jikalau terjadi kesalahan pada mengisi bulatan, hapus sebersih rnungkin dengan karet
penghapus kemudian hitamkan bulatan yang menurut Kamu benar. ‘I’
.6. Pisahkan LJUN dari Naskah Soal secara hati-hati dengan cara menyobek di tempat
I yang telah ditentukan. !
7. Waktu yang terdapat bagi mengerjakan Naskah Soal yaitu 120 menit. I
8. Naskah terdiri dari 40 butir soal yang masing-rnasing dengan 5 (lima) alternatif
jawaban.
9. Dilarang menggunakan kalkulator, HP, tabel matematika atau alat bantu hitung
lainnya.
l 0. Periksalah profesi Kamu sebelum diserahkan kepada pengawas ruang ujian.
11. Lembar soal_boleh dicorat-coret, sedangkan LJUN tak boleh dicorat-coret.


Berikut yaitu kisi-kisi Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Matematika Peminatan MIPA




















































Level KognitifLingkup Bahan
AljabarKalkulusGeometri dan TrigonometriStatistika
Pengetahuan danPemahaman Mengidentifikasi Membandingkan Menentukan Menghitung Mengklasifikasi MenjelaskanPeserta didik memilikikemampuan memahami konsep di topik:- format pangkat, akar, dan logaritma- kegunaan, komposisi kegunaan, kegunaan invers, dan grafik fungsi- persamaan dan kegunaan kuadrat- aplikasi persamaan dan aplikasi pertidaksamaan linear- program linear- matriks- barisan dan deret aritmetikadan geometriPeserta didik memilikikemampuan memahami konsep di topik:- limit kegunaan aljabar- turunan kegunaan aljabar- integral tentu dan taktentu kegunaan aljabarPeserta didik memilikikemampuan memahami konsep di topik:- perbandingan trigonometri- kegunaan trigonometri dangrafiknya- aturan sinus dan kosinus- kedudukan dan jarak darititik, garis, dan bidang- besar sudut antara garis dan bidang, serta antara dua bidang- persamaan lingkaran dan garis singgung lingkaran- transformasi geometriPeserta didik memilikikemampuan memahami konsep basic di topik:- penyajian gegevens pada format tabel, diagram, dan grafik- ukuran pemusatan, letak, dan penyebaran data- kaidah pencacahan- peluang suatu kejadian
Program Menentukan Menghitung Memodelkan Menyelesaikan masalahPeserta didik memilikikemampuan mengaplikasikan konsep aljabar pada masalah kontekstual di topik:- format pangkat, akar, dan logaritma- kegunaan, komposisi kegunaan, kegunaan invers, dan grafik kegunaanPeserta didik memilikikemampuan mengaplikasikan konsep kalkulus pada masalah kontekstual di topik:- limit kegunaan aljabar- turunan kegunaan aljabar- integral tentu dan taktentu kegunaan aljabarPeserta didik memilikikemampuan mengaplikasikan konsep geometri dan trigonometri pada masalah kontekstual di topik:- perbandingan trigonometri- kegunaan trigonometri dangrafiknya- aturan sinus dan kosinusPeserta didik memilikikemampuan mengaplikasikan konsep statistik dan peluang pada masalah kontekstual di topik:- penyajian gegevens pada format tabel, diagram, dan grafik
– persamaan dan kegunaan kuadrat- aplikasi persamaan dan aplikasi pertidaksamaan linear- program linear- matriks- barisan dan deret aritmetikadan geometri– kedudukan dan jarak dari titik, garis, dan bidang- besar sudut antara garis dan bidang, serta antara dua bidang- persamaan lingkaran dan garis singgung lingkaran- transformasi geometri– ukuran pemusatan, letak, dan penyebaran data- kaidah pencacahan- peluang suatu kejadian
Penalaran Menganalisis Menyimpulkan Menginterprestasi Memprediksi MensintesisPeserta didik memilikikemampuan bernalar di topik:- format pangkat, akar, dan logaritma- kegunaan, komposisi kegunaan, kegunaan invers, dan grafik fungsi- persamaan dan kegunaan kuadrat- aplikasi persamaan dan aplikasi pertidaksamaan linear- program linear- matriks- barisan dan deret aritmetikadan geometriPeserta didik memilikikemampuan bernalar di topik:- limit kegunaan aljabar- turunan kegunaan aljabar- integral tentu dan taktentu kegunaan aljabarPeserta didik memilikikemampuan bernalar di topik:- perbandingan trigonometri- kegunaan trigonometri dangrafiknya- aturan sinus dan kosinus- kedudukan dan jarak darititik, garis, dan bidang- besar sudut antara garis dan bidang, serta antara dua bidang- persamaan lingkaran dan garis singgung lingkaran- transformasi geometriPeserta didik memilikikemampuan bernalar di topik:- penyajian gegevens pada format tabel, diagram, dan grafik- ukuran pemusatan, letak, dan penyebaran data- kaidah pencacahan (perkalian permutasi, kombinasi)- Peluang suatu kejadian

Demikian tulisan mengenai


Unduh Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Matematika Peminatan MIPA


Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!



Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top