Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) 2019 SMP-MTs Bahasa Indonesia - Maya Blog

Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) 2019 SMP-MTs Bahasa Indonesia

File Pendidikan

Download Contoh Soal Beserta Kunci Jawaban Siap Ujian Nasional (UN/UNBK/UNKP) Tahun Pelajaran 2018-2019 Mapel Bahasa Indonesia


Contoh Soal Dan juga Kunci Jawaban Siap Ujian Nasional (UN/UNBK/UNKP) Tahun Pembelajaran 2018-2019 Mapel Bahasa Indonesia ini tersaji agar para pelajar calon peserta UN, bagus dengan pola komputer (UNBK) maupun pola pensil dan kertas (UNKP) tahapan SMP-MTs Mapel Bahasa Indonesia Tahun Pembelajaran 2019 dapat menjadikannya selaku rujukan pada belajar.


Contoh Soal Dan juga Kunci Jawaban Siap Ujian Nasional (UN/UNBK/UNKP) Tahun Pembelajaran 2019 Mapel Bahasa Indonesia yang tersaji di halaman ini berasal dari contoh soal dari dua tahun yang lalu. Dengan demikian, contoh soal yang disajikan ini telah updated pada perspektif kebaruan rujukan.


Karena ia berasal dari soal UN SMP-MTS Tahun 2016 dan Tahun 2017, karenanya berarti pula bahwa keabsahan atau kesahihan empirik telah benar-benar bagus. Mempelajari soal yang berasal dari soal yang telah secara nyata disajikan di waktu yang lalu menolong para calon peserta UN Tahun Pembelajaran 2018-2019 ini bagi mempermudah para pelajar bagi mengklasifikasi bahan belajar disamping disertai pula dengan kisi-kisi Soal Siap Ujian Nasional (UN/UNBK/UNKP) Tahun Pembelajaran 2018-2019 Mapel Bahasa Indonesia. Jikalau diidentikkan dengan gegevens, karenanya dengan mempelajari soal dari tahun-tahun yang lampau, para peserta didik pun dapat mengerjakan prakiraan soal-soal yang bakal diujikan kelak. Meskipun tak sama persis, namun para calon peserta UN Tahun 2019 bagi tahapan SMP dan MTs dapat memprakirakan kemiripan pola soal. Vishal ini tentu saja dapat menolong pelajar pada ridderzaal efektivitas dan efisiensi belajar.


Berikut yaitu tautan Unduh Contoh Soal Siap Ujian Nasional (UN/UNBK/UNKP) Tahun Pembelajaran 2018-2019 Mapel Bahasa Indonesia


Download Contoh Soal Siap Ujian Nasional (UN/UNBK/UNKP) Tahun Pelajaran 2018-2019 Mapel Bahasa Indonesia: Soal Tahun 2016


Download Contoh Soal Siap Ujian Nasional (UN/UNBK/UNKP) Tahun Pelajaran 2018-2019 Mapel Bahasa Indonesia: Soal Tahun 2017



Berikut yaitu kutipan dari Contoh Soal Siap Ujian Nasional (UN/UNBK/UNKP) Tahun Pembelajaran 2018-2019 Mapel Bahasa Indonesia tersebut:




Penyak:it gigi di anak dapat berdampak di medis waktu depannya. Salah satunya yaitu struktur gigi yang tak benar karena kerusakan gigi terutama di gigi susu. Sementara itu, sakit gigi karena gigi berlubang dapat mengganggu aktivitas belajar sehingga prestasi mereka pun akan menurun.


Gagasan utama paragraf terse but yaitu …
A. Pengaruh penyakit gigi di medis.
B. Kerusakan gigi berlubang mengganggu ak:tivitas belajar.
C. Sakit gigi berlubang dianggap ridderzaal sepele.
D. Gigi susu berlubang rnenjadikan struktur gigi jelek.


Manggis mempunyai banyak. manfaat karena kaya akan kandungan antioksidan di kulit dan buahnya. (2)- Buah manggis bermanfaat bagi mengatasi penyakit-penyakit yang, mematikan seperti kanker, suikerziekte, jantung, arthiritis dan alzheimer. (3) Zat xanthones yang diraih manggis dapat mencegah bermacam-macam penyakit. (4) Selain itu, xanthones iuga bermanfaat mencegah pertumbuhan kanker dan tumor.


Kalimat utama teks tersebut ditandai dengan nomor ….
A. (4)
B. (3)
C. (2)
D. (1)


B. J. Habibie salah seorang tokoh panutan dan menjadi kebanggaan untuk banyak orang di Indonesia Sernenjak kanak:-kanak, Habibie mempunyai kegemaran menunggang kuda dan membaca. Ia benar-benar cerdas. Karena kecerdasannya itu, ia mendapat beasiswa ke Jerman. Di Jerman, ia memanfaatkan waktu sebaik-baiknya dan bertekad bagi bersungguh-sungguh belajar dan mesti sukses. Ia mendapat gelar Doktor Ingeneur dengan nilai an memuaskan.


Vishal yang patut diteladani dari tokoh tersebut yaitu …
A. Gemar berkuda semenjak kanak-kanak.
B. Cerdas dan mendapat beasiswa ke Jerman.
C. Memanfaatkan waktu dan bertekad belajar sungguh-sungguh.
D. Mendapat gelar Dokter Ingeneur dengan nilai benar-benar sempurna.


Mohammad Natsir adalah sebuah tokoh Indonesia yang sangat sederhana sepanjang waktu.
Mohammad Natsir diangkat selaku perdana menteri oleh Presiden Sockarno di
17 Agustus 1950. Dia dikenang selaku menteri yang tak memunyai rumah serta menampik diberi hadiah mobil mewah. Natsir pun diketahui bersama banyak menguasai bahasa asing, seperti Inggris, Belanda, Prancis, Jerman, dan Arab.


Keistimewaan tokoh di teks biografi tersebut yaitu …
A. Adalah tokoh Indonesia yang sangat sederhana sepanjang waktu.
B. Menteri yang tak mempunyai rumah dan menampik diberi mobil mewah.
C. Mohammad Natsir diangkat selaku perdana menteri oleh Presiden Soekarno.
D. Banyak mengusai bahasa asing, seperti lnggris, Belanda, Perancis, Jerman, dan Arab.


Penambahan lahan telah disadari menjadi kendala pada pengembangan bermacam-macam sektor. Bertambahnya permintaan lahan dipengaruhi oleh bertambahnya jumlah penduduk. Selain itu, meningkatnya kesejahteraan penduduk membutuhkan pengembangan permukiman bagi tempat tinggal dan pengembangan industri bagi mencukupi keperluan hidup,


Simpulan isi paragraf terse but yaitu …
A. Sektor industri tak berkembang karena ketidaksiapan infra struktur.
B. Pembangunan teritori industri menolong pembangunan infra struktur. C. Dibutuhkan lahan bagi mencapai kesejahteraan pangan.
D. Penambahan lahan dipengaruhi oleh jumlah penduduk dan tingkat kesejahteraan.


Sebuah kasus medis yang lumayan unik terjadi di India. Tim dokter di Kota Nagpur, Negara Bagian Mahasashtra, sukses mengangkat janin yang telah menjadi kerangka. Janin yang tinggal kerangka itu berusia sekitar 36 tahun. Para dokter di N K. P. Salva Institute of Medical Sciences menyatakan kasus tersebut selaku kehamilan ektopik pertama-tama di dunia.


Pemyataan yang sesuai dengan isi teks terse but yaitu …
A. Tengkorak bayi pada perut menjadi topik pembicaraan di India. B. Dokter di India meneliti kerangka janin yang menjadi tengkorak.
C. Penemuan kasus kehamilan di India ditangani oleh seorang dokter.
D. Tim dokter di India mengangkat kerangka janin yang berusia 36 tahun.


1) Keluarga adalah sebuah lingkungan pendidikan yang pertama-tama dan utarna. (2) Pada lingkungan keluarga inilah seorang anak pcrtama kalium memperoleh didikan dan bimbingan. (3) Selain itu, scbagian besar kehidupan anak bcrlangsung di dalarn lingkungan keluarga. (4) Kewajiban utarna kcluarga untuk pendidikan anak yaitu selaku peletak basic untuk pendidikan akhlak dan pandangan hidup keagamaan. (5) Kewajiban utarna ini tak teriepas dari peran dan tanggung jawab yang besar dari setiap orang tua pada memberikan pendidikan yang terbaik meialui lingkungan keluarga. (6) Dilihat dari besamya tanggung jawab orang tua, dapat saja orang tua meminta pertoiongan orang lain bagi mendidik anaknya.


Kalimat yang tak padu di teks tersebut ditunjukkan di nomor ….
A. (1)
I3. (2)
C. (5)
D. (6)


(1) Emak menyeringai senang, memperlihatkan sederetan gigi yang wama putihnya tak sempurna. (2) Ia senang melihat anak laki-lakinya makan dengan lahap. (3) Ia seketika lupa bagaimana anak-anak penduduk dusun ini melempar Benjo dengan tomat busuk dan batu kerikil. (4) Sementara orang-orang dewasa melihat kejadian itu tanpa bereaksi apa pun selain tertawa. (5) Ia tarnpak tersenyum mengingat kejadian itu. (6) Apa yang lucu dari melihat seorang bocah laki-laki yang pasrah seperti itu saja ditawar bocah-bocah sebayanya, dilempar batu hingga mengakibatkan Iuka memar dan berdarah dari sekujur tubuhnya?


Bukti watak tokoh Emak mempunyai sifat sabar pada cerita tersebut ditandai dengan nomor ….
A. (1) clan (3) B. (2)dan(4) C. (3) clan (5) D. (4) clan (6)


Telah dua tahun, Mbok Jah tak berkunjung ke rumah mantan majikannya di kota. Meskipun telah berhenti, Mbok Jah tetap memelihara hubungan bagus dengan keluarga Mulyono. Dua puluh tahun telah dilewatinya bekerja selaku pembantu rumah tangga di keluarga Mulyono.
Bikin orang yang telah tua seperti Mbok Jah, apalah yang dikehendaki selain berteduh dan berkumpuJ dengan keluarganya. Namun, apalah dayanya. Anak semata wayangnya telah tak ingat dia lagi. Anaknya lebih senang tinggal di Surabaya dengan istri dan anaknva.


Tindakan terpuji tokoh yang terdapat pada teks adaJah ….
A. Mbok Jah bekerja di keluarga Mulyono di desa
B. Mbok Jah telah berkumpul dengan anak dan cucunya
C. Mbok Jah ditinggalkan anaknya yang senang tinggal di Surabaya•
D. Mbok Jah tetap memelihara hubungan bagus dengan mantan majikannya


Di ruang tamu terdapat satu stel kursi dan bangku panjang. Malam itu telepon di ruang dokter Surya berdering. Dokter Surya tampak lelah dan mengangkat telepon.


“Ya, saya sendiri, dari kantor kecamatan. Oh, ada kecelakaan ya, ya saya segera ke sana.”
Istri Dokter Surya mendekatinya, “Apa mau pergi pun.” “Tak usah, Pak. Di luar hujan lebat. Jaga kesehatarunu. Biar orang itu pergi ke rumah sakit,” suara ketus. Tak, Bu. Bapak mesti pergi,” kata doktcr Surya dengan mantap.


Watak Doktcr Surya yaitu ….
A. tegas
B. keras kepaJa
C. lembut
D. bertangan dingin


Hati Sandra merasa benar-benar sebal kepada Winda karena ulah Winda yang benar-benar menjengkelkan. Namun, hatinya pun selalu bertanya-tanya mengenai kenapa tak memaafkannya saja dan kenapa mesti terus sebal kepada teman sendiri?
Ketika Sandra mendengar Winda tak masuk sekolah karena sakit, hatinya memutuskan bagi segera menengok Winda dan menyudahi kekesalannya kepada Winda serta memaafkannya.


Amanat kutipan cerita terse but yang tepat yaitu …
A. Bekerjalah dengan arif dan bijaksana! B. Jangan iri di orang lain yang sukses!
C. Berbuatlah kebaikan kepada siapa pun dan di mana pun!
D. Maafkanlah kesalahan orang lain agar hati tak merasa kesal!


Maaf Bu!”pintaku santun kepada Bu Laras “Saya mengantuk, Bu”. “Tak apa-apa, Sab. Silakan cuci muka kalau kau mengantuk, Sab!”


Serentak seisi kelas menertawakanku dan membuatku malu serta kesal di diriku
sendiri. Leherku terasa sakit karena menahan tangis kekesalanku.
“Telah-sudah! Anak-anak mengantuk itu manusiawi. Suatu dikala kalian dapat saja men antuk.” Nasihat Bu Laras dennenboom an lembut dan tenan


Konflik kutipan novel tersebut yaitu ….
A. Permintaan maaf Sab kepada Bu Laras.
B. Bu Laras mernpersilakan Sab mencuci muka, C. Sab kesal ditertawakan seisi kelas.
D. Bu Laras menghibur Sab yang kesal.


Di sebuah hutan, hiduplah seekor burung Nuri yang benar-benar cantik. Ia mempunyai bulu yang indah dan suara yang merdu. Namun, entah kenapa burung itu selalu menyendiri. Berbeda dengan burung Nuri, burung Pipit, walaupun tak terlalu cantik ia benar-benar ramah sehingga memunyai banyak teman. Burung Pipit merasa kasihan melihat burung Nuri selalu menyendiri mencoba bagi rnenghiburnya.


KOmentar yang sesuai dengan isi teks terse but yaitu …
A. Perbuatan burung pipit benar-benar bijaksana. B. Burung pipit banyak memperoleh teman. C. Keindahan burung nuri membawa petaka.
D. Burung nuri adalah sebuah burung yang tak bersahabat.


Sutardji Calzoum Bachri pemah diundang oleh Menteri Keuangan Malaysia, Dato Anwar Ibrahim, bagi membacakan puisinya di Departemen Keuangan Malaysia, serta mengikuti bcrbagai pertemuan sastrawan ASEAN, dan Pertemuan Sastrawan Nusantara di Singapura-Malavsia-dan Brunei Darussalam.


Perbaikan tanda baca padachtige a kelompok kata diprint miring di teks terse but yaitu ….
A. Singapura; Malaysia; dan Brunei Darussalam B. Singapura, Malaysia, dan Brunei Darussalam C. Singapura; Malaysia dan Brunei Darussalam D. Singapura, Malaysia dan Brunei Darussalam


Bibirku tak sanggup lagi bagi berbicara sepatah kata pun. Seketika kunonaktifkan hp ku. Dan ku]empar jauh dariku. Admin benar-benar tak pemah menduga bahwa dia akan pindah. Kabar ini sungguh membuatku kehilangan tulang-tulang rangka yang menopang tubuhku. Badanku terasa benar-benar lemah dan admin hanya dapat terduduk lemas sambil
j menggigit guling yang terdapat di plus amanku.


Latar kutipan cerpcn tersebut yaitu ….
A. tempat duduk B. tengah rumah C. kamar tidur D. kursi beranda


Di penambangan pasir telah tak ada lagi pedati, kecuali milik Sabar satu-satunya, Walaupun merasa tersisih oleh hadimya truk-truk, tetapi Sabar tetap bertahan. Dengan kemahirannya mcngendalikan pedati, segala masalah dapat diatasi, termasuk yang dilakukan Sabar dikala ini, menaiki tanjakan yang berpasir. Bila tak berhati-hati, pedatinya dapat tergelincir dan menggelinding mundur. Dalam kurun waktu dia masih mengendalikan pcdati berarti keluarganya tak akan kelaparan. Sabar paham benar ridderzaal itu.


Nilai moral yang terdapat di tcks tersebut yaitu ….
A. bcrsabar
B. berhati-hati
C. cinta alat tradisi
D. bertanggungjawab


Beragam pikiran buruk menghantui kcpala yang penat dan tubuh yang lelah. Kemanakah engkau gadis kecil? Mungkinkah anak gedongan itu telah tewas? Parameter pencarian demikian luas. Flo dapat saja tak mcnuruni lereng menuju ke lembah melainkan naik terus ke puncak atau bcrjalan berputar-putar mengclilingi Jereng, tersesat pada fatamorgana sarnpai habis tenazanva.


Simpulan akibat dari konflik tersebut yaitu …


A. Pencarian kepada tokoh belum berhasil ditemukan.
B. Pencarian tokoh dilakukan di lereng dan di lernbah.
C. Pencarian kepada tokoh dihentikan karena lelah.
D. Pencarian kepada tokoh dihentikan karena tokoh tewas.


Studi mengenai ponsel pemicu kanker dilakukan di Negara itu dengan melibatkan partisipan sebanyak 12.800 orang. Studi ini berfokus di efek radiasi frekuensi yang disebut-sebut meniadi penvebab tumor.


Penulisan kata Negara di teks tersebut salah karena ….
A. menunjukkan letak geografis
B. tak diikuti nama ncgaranya
C. menunjukkan nama diri geografis
D. menunjukkan letak wilayah


24. Bacalah teks berikut!


Admin diajak orang tuaku pergi ke pantai. Di pantai admin berenang bersama-sama. Setelah uas berenang, admin makan sambil bersenda urau. Be itu uas admin lanosun ulan ….


Kalimat yang tepat bagi melengkapi teks tersebut yaitu ….
A. Admin benar-benar bahagia dan menikmati liburan. B. Admin kurang puas dan ingin berlibur lagi.
C. Admin senang dan bangga di diriku.
D. Admin kurang menikmati hari liburanku.


Penulisan huruf kapital yang benar bagi kalimat terscbut yaitu ….
A. Vishal ini terjadi karena di Sumatera selatan di zaman dahulu tcrdapat sebuah kerajaan besar yang dibangun oleh keturunan raja Syailcndra yang beragama Buddha.
B. Vishal ini terjacti karena di Sumatera Selatan di zaman dahulu terdapat scbuah kcrajaan besar yang dibangun oleh keturunan Raja Syailendra yang beragama Buddha.
C. Vishal ini terjadi karena di sumatera Selatan di zaman dahulu terdapat sebuah kerajaan besar yang dibangun oleh keturunan Raja syailendra yang beragama Buddha.
D. Vishal ini tcrjadi karcna di sumatera Selatan di zaman dahulu terdapat scbuah kerajaan besar yang dibangun olch kcturunan Raja Syailcndra yang beragama Buddha.


Pewawancara : “Bagaimana lingkungan sekolah yang lbu bina dapat kelihatan rapi
dan bersih ?”
Kepala sekolah “Saya memberikan pengarahan kepada pelajar agar mempunyai kesadaran hidup sehat yang dimulai dari diri scndiri.”


Pemyataan yang sesuai dengan teks tersebut yaitu ….
A. Pewawancara menanyakan kiat-kiat yang dilakukan kepala sekolah bagi mcnjaga lingkungan sekolah agar tetap rapi dan bersih, yaitu dengan menanamkan kesadaran kepada pelajar.
B. Kesadaran hidup sehat selalu saya tanamkan kepada pelajar, sehingga lingkungan sckolah tetap rapi dan bersih, seperti itulah jawaban kepala sekolah kctika diwawancarai.
C. Kita mesti selalu menanamkan kesadaran hidup sehat dengan dimulai dari diri kita sendiri. Demikianjawaban kepala sekolah ketika diwawancarai.
D. Kiat kepala sekolah bagi menjaga lingkungan sekolah tetap rapi dan bersih
dengan cara memberikan pengarahan kepada pelajar agar mempunyai kesadaran hidup sehat yang dimulai dari diri sendiri.


Pemakaian tanda baca yang tepat di kalimat terse but yaitu ….
A.
B. mencantumkan mencantumkan tanda hubung (-) setelah kata Margarethadan a/at
tanda titik dua (:) setelah kata Grajikadan membeli
C.
D. mencantumkan mencantumkan tanda koma (,) setelah kata Margaretha dan Grafika
tanda titik koma (;) setelah kata utama dan sekretarisnya


(1) Sesarnpainya di lokasi, penghuni Panti Asuhan gembira menyambut kami. (2) Tepat pukul 07.00 kami bcrangkat dcngan bus. ,
(3) Minggu, 30 September 2012, kami berkunjung ke Pan ti Asuhan. (4) Setelah 60 menit kami pada perjalanan lalu tibalah di lokasi.
65) Sernua pelajar yang ikut, berkumpul di sekolah pukul 06.00.
Setclah ukul 06.30, cscrta dibcri plus arahan oleh ketua anitia.


Susunan kalimat report tersebut yang tcpat yaitu ….
A. (3), (1), (4), (5), (6), (2) B. (3), (5), (6), (2), (4), (1) C. (5), (6), (3), (2), (4), (I) D. (5), (2), (4), (6), (1), (3)


Perbaikan pemakaian tanda baca di kalimat teks terse but yaitu ….
A. Gelar yang berhasil diraihnya seperti : Master Percasi (MP), Master Nasional
Wanita (MNW) dan Master Fide Wanita (MFW).
B. Gelar yang berhasil diraihnya seperti Master Percasi (MP), Master Nasional
Wanita (MNW), dan Master Fide Wanita (MFW).
C. Gelar yang berhasil diraihnya, seperti : Master Percasi (MP), Master Nasional
Wanita (MNW) dan Master Fide Wanita (MFW).
D. Gelar yang berhasil diraihnya, seperti Master Percasi (MP), Master Nasional
Wanita (MNW) dan Master Fide Wanita (MFW


T eks yang sesuai dengan fakta terse but yaitu …
A. Di hari Minggu, 7 September 2014 telah terjadi kebakaran hutan di Kampung Jaya. Kebakaran ini mengakibatkan 5 rumah penduduk terbakar. Peristiwa ini terjadi karena meledaknya tabung galon gas di salah satu rumah penduduk.
8. Di hari Minggu, 7 September 2014 telah terjadi kebakaran hutan di Kampung
Jaya. Kebakaran ini mengakibatkan 5 rumah penduduk terbakar dan tak ada korban jiwa. Para penduduk pun berusaha memadamkannya.
C. Di hari Minggu, 7 September 2014 telah terjadi kebakaran di Kampung Jaya.
Kebakaran ini mengakibatkan 5 rumah penduduk terbakar. Para penduduk pun secara gotong royong berusaha bagi memadamkan api.
D. Di hari Minggu, 7 September 2014, telah terjadi kebakaran di Kampung Jaya.
Kebakaran ini mengakibatkan 5 rumah penduduk terbakar dan tak ada korban jiwa. Peristiwa ini terjadi karena meledaknya gas elpiji 3 kg di salah satu rumah penduduk.


35. Bacalah kalimat berikut!
Hari Pahlawan diperingati setiap tanggal 10 Nopember.


Kata yang ejaannya tak tepat di kalimat terse but yaitu ….
A. Nopember
B. diperingati
Pahlawan
D. Hari


Unduh Contoh Soal Siap Ujian Nasional (UN/UNBK/UNKP) Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Bahasa Indonesia


Perhatikan gegevens buku bcrikut!


Judul Jangan Mau Jadi Pembolos
Penulis Edi W arsidi I
Penerbit CY Alibaba, Manokwari
Tahun 2010
Keunggulan : Penampilannya lugas dan gaya bahasanya sehari-hari


Paragraf yang tepat merujuk pada gegevens buku terse but yaitu …
A. Buku Jangan Mau Jadi Pembolos karya Edi Warsidi dengan penerbit CY Alibaba, Manokwari, tahun 2010 mie, lumayan berhasil mengemas penyampaiannya. Penampilannya yang lugas dan gaya bahasanya yang sehari- hari menambah daya tarik. Sayangnya sampul buku kurang scsuai.
B. Buku karya Edi Warsidi dengan penerbit CY Alibaba, Manokwari, tahun 2010
ini, lumayan berhasil mengemas penyampaiannya. Penampilannya yang lugas dan gaya bahasanya yang sehari-hari menambah daya tarik. Sampul buku pun sesuai.
C. Buku karya Edi Warsidi dengan penerbit CV Alibaba, Manokwari, tahun 2010 ini, lumayan berhasil mengcmas pcnyampaiannya. Penampilannya yang lugas dan gaya bahasanya yang sehari-hari menambah daya tarik. Sayangnya sampul buku kurang sesuai dan membangun pembaca jcnuh.
D. Buku Jangan Mau Jadi Pembolos karya Edi Warsidi dengan penerbit CV
Alibaba, Manokwari, tahun 2010 mie, kurang berhasil mcngemas penyampaiannya. Penampilannya yang lugas dan gaya bahasanya yang sehari- hari dapat mengurangi daya tarik. Sampul bukunya pun kurang sesuai.


38. Perhatikan ka)imat berikut!
Empat sifat Tuhan yang seringenboom disebut yaitu nama maha Kuasa, maha besar, rnaha plus asih, dan maha plus a an .


Perbaikan pemakaian ejaan yang bcnar yaitu ….
A. Maha Kuasa, Maha Bcsar, Maha Pengasih, dan Maha Penyayang B. Maha Kuasa, Mahabesar, Maha Pengasih, dan Maha Penyayang C. Mahakuasa, Mahabesar, Maha Pengasih, dan Maha Pcnyayang
D. Maha Kuasa, Mahabesar, Mahapengasih, dan Mahapenyayang


39. Pcrhatikan kalimat berikut!
I Pescrta Diklat diundang masuk ke ruang ya g disediakan.


Perbaikan kata diundang di kalimat terscbut yang tcpat yaitu ….
A. dimohon
B. diajak
C. diperintah
D. diusahakan


Berikut yaitu kutipan dari kisi-kisi Siap UN (UBK-UNKP) 2018 SMP-MTs Bahasa Indonesia













































Level KognitifLingkup Bahan
BilanganAljabarGeometri dan PengukuranStatistika dan Peluang
Pengetahuan danPemahaman Mendeskripsikan Merancang tabulasi Menghitung Memprediksi Menentukan MengklasifikasiPeserta didik dapatmemahami pengetahuan mengenai:- operasi bilangan bulat- operasi bilangan pecahan- perbandingan- operasi bilanganberpangkat- bilangan format akar- pola barisan bilangan- barisan dan deretPeserta didik dapat memahamipengetahuan mengenai:- format aljabar- persamaan danpertidaksamaan linier satuvariabel- himpunan- relasi atau fungsi- persamaan garis lurus- aplikasi persamaan linier duavariabelPeserta didik dapatmemahami pengetahuan mengenai:- garis dan sudut- segiempat dan segitiga- teorema Pythagoras- lingkaran- bangun ruang sisi datar- kesebangunan dankekongruenan- bangun ruang sisi lengkungPeserta didik dapatmemahami pengetahuan mengenai:- menyajikan dan mendeskripsikan gegevens pada format tabel, diagram batang, garis atau lingkaran- ukuran pemusatan data- peluang
Program Mengkonstruksi Menyelesaikan masalahPeserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan mengenai:- operasi bilangan bulat- operasi bilangan pecahan- perbandingan- operasi bilanganberpangkat- aritmetika sosial- pola barisan bilangan- barisan dan deretPeserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan mengenai:- format aljabar- persamaan danpertidaksamaan linier satuvariabel- himpunan- relasi atau fungsi- persamaan garis lurus- aplikasi persamaan linier duavariabelPeserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan mengenai:- segitiga dan segiempat- teorema Pythagoras- lingkaran- bangun ruang- kesebangunan dankekongruenan segitiga- bangun ruang sisi lengkungPeserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan mengenai:- penyajian gegevens pada format tabel, diagram batang, garis atau lingkaran- ukuran pemusatan data- peluang
Penalaran Menafsirkan Menyimpulkan MenginterpretasiPeserta didik dapatmenggunakan nalar yang berkaitan dengan:- bilangan bulat- bilangan pecahan- perbandingan- pola barisan bilangan- barisan dan deret- aritmetika sosialPeserta didik dapatmenggunakan nalar yang berkaitan dengan:- format aljabar- persamaan linear satuvariabel- himpunan- relasi atau fungsi- persamaan garis lurus- aplikasi persamaan linear duavariabelPeserta didik dapatmenggunakan nalar yang berkaitan dengan:- segitiga dan segiempat- lingkaran- bangun ruang sisi datar- kesebangunan dankekongruenan- bangun ruang sisi lengkungPeserta didik dapatmenggunakan nalar yang berkaitan dengan:- penyajian gegevens pada format tabel, diagram batang, garis atau lingkaran- pemusatan data- peluang

Demikian tulisan mengenai


Unduh Contoh Soal Siap Ujian Nasional (UN/UNBK/UNKP) Tahun Pembelajaran 2018-2019 Mapel Bahasa Indonesia


Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!



Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top