Soal-Jawab Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 SMP-MTs Kelas 8 Bahasa Inggris K13 Tahun 2019 - Maya Blog

Soal-Jawab Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 SMP-MTs Kelas 8 Bahasa Inggris K13 Tahun 2019


Contoh Soal dan Kunci Jawaban Dan juga Pembahasan Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 /II Bahasa Inggris SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013 Tahun 2019 ini disajikan dengan tujuan bagi menolong para pelajar kelas 8 SMP atau MTs yang hendak mengikuti ulangan kenaikan kelas (UKK) Semester 2/II khusus mata pembelajaran Bahasa Inggris.


Contoh soal yang disajikan di halaman ini berasal dari contoh soal nyata yang pernah diujikan di tahun 2017 yang lalu. Dengan demikian, karenanya contoh soal yang disajikan ini memenuhi kriteria kesahihan atau validitas empirik. Contoh Soal dan Kunci Jawaban Dan juga Pembahasan Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 /II Bahasa Inggris SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013 Tahun 2019 yang disajikan ini pun disertai dengan kunci jawaban dan juga pembahasan secara tuntas. Namun demikian, jawaban dan juga kunci pembahasan hanya hingga dengan 25 nomor pertama-tama saja dengan harapan bahwa ia menjadi pancingan agar para pelajar pun membuka buku pelajarannya kembali.


Pendekatan contoh soal yang diaplikasikan yaitu kurikulum 2013 edisi revisi. Dengan demikian, karenanya ia memenuhi kriteria kebaruan atau novelty. Dengan bermacam-macam kriteria yang disebutkan, karenanya diinginkan contoh soal yang disajikan ini dapat menjadi alat belajar yang dapat diandalkan.


Berikut yaitu tautan Unduh Contoh Soal dan Kunci Jawaban Dan juga Pembahasan Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 /II Bahasa Inggris SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013 Tahun 2019:


Download Contoh Soal dan Kunci Jawaban Beserta Pembahasan Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 /II Bahasa Inggris SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013



Berikut yaitu kutipan dari Soal-Jawab Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 SMP-MTs Kelas 8 Bahasa Inggris Tahun 2019 Kurikulum 2013 tersebut:




1. Look at the pictures
Handbag A ; Price Rp 430.000
Handbag B; Price Rp 400.000
The price of handbag A is …. than handbag B.
A. Expensive
B. Most expensive
C. More expensive
D. The most expensive
Pembahasan: Pada soal ini ditanyakan apakah harga Tas A …. dari Tas B. Karena Tas A berharga Rp 430.000 dan lebih mahal daripada Tas B, karenanya secara sederhana dinyatakan bahwa Tas A lebih mahal daripada Tas B.
Aspek tata bahasa yang dibahas di soal kalium ini yaitu degrees of comparison . Bagi kata yang mempunyai lebih dari tiga suku kata, karenanya pernyataan lebih menggunakan more dan sangat menggunakan the most. Jadi jawaban yang benar yaitu C atau more expensive.
2. Safa is ….. than Sarah.


A. Smaller
B. Bigger
C. Fatter
D. Taller
Jawaban: D. Taller
Pada soal ini terdapat keterangan mengenai usia dan tinggi badan. Aspek tata bahasa yang dibahas kalium ini yaitu degrees of comparison. Menurut gambar, kesimpulan yang didapat yaitu bahwa Safa lebih tinggi daripada Sarah. Bagi satu suku kata, karenanya pernyataan lebih dari menggunakan er. Tinggi badan dinyatakan dengan kata sifat tall. Dengan demikian, karenanya bagi menyatakan lebih tinggi, tall menjadi taller.
3. Wildan is … of them all.
A. Oldest
B. Youngest
C. The oldest
D. The youngest
Jawaban: C
Masih menggunakan rujukan keterangan yang sama didapat bahwa usia Wildan yaitu yang tertua. Aspek gramatikal atau tata bahasa yang diaplikasikan yaitu degrees of comparison. Bagi menyatakan sangat, karenanya digunakan the + kata sifat + est. Dengan demikian, karenanya bagi menyatakan bahwa Wildan yaitu yang tertua, karenanya digunakan the oldest
4. Moon Hotel has …. facilities than Zon Hotel.
A. Fewest
B. Fewer
C. Much
D. More
Jawaban: D
Pada gambar terlihat bahwa Moon Hotel mempunyai fasilitas yang lebih banyak daripada Zon Hotel. Aspek tata bahasa yang digunakan masih menggunakan degrees of comparison. Pada degrees of comparison, bagi menyatakan bahwa kata benda mempunyai jumlah yang lebih banyak, karenanya digunakan rumus More + Kata Benda (Noun). Pada salon ini digunakan kata more bagi menyatakan bahwa Moon Hotel mempunyai fasilitas yang lebih banyak daripada Zon Hotel.
5. Zon Hotel has … rooms than Moon Hotel.
A. Few
B. Less
C. Fewer
D. Fewest
Jawaban: C
Menurut keterangan di gambar, Zon Hotel mempunyai jumlah kamar yang lebih sedikit daripada Moon Hotel. Aspek tata bahasa yang digunakan masih tetap menggunakan degrees of comparison. Bagi menyatakan bahwa kata benda (pada salon ini yaitu jumlah kamar) lebih sedikit, karenanya digunakan kata fewer atau less.
6. The football field is te bad condition. It gets …. after the rain.
A. Bad
B. Good
C. Better
D. Worse
Jawaban: E
Soal ini masih menggunakan aspek tata bahasa berupa degrees of comparison. Bagi menyatakan bahwa sesuatu itu lebih bagus, karenanya digunakan kata better. Sebaliknya bagi mengungkapkan bahwa sesuatu itu lebih buruk, karenanya digunakan kata worse.
7. There are 5 pockets on my bag, and 8 pockets on Andi’s bag. My bag has … pockets, and Andi’s bag has more pockets.
A. Less
B. More
C. Fewer
D. Fewest
Jawaban: C
Soal ini masih tetap menggunakan aspek tata bahasa berupa degrees of comparison. Terdapat dua salon yang memerlukan kajian khusus, yaitu less dan fewer. Manakah yang mesti digunakan? Menurut laman oxforddictionaries.com, perbedaan fewer dan less yaitu di letak kata bendanya. Jikalau kata benda yang dibandingi yaitu tak terhitung (uncountable noun), karenanya digunakan kata pembanding less. Jikalau kata benda yang dibandingi yaitu kata benda yang terhitung (countable noun), karenanya digunakan kata fewer.
8. The stone and the cotton have the same size. But, the stone is …. than the cotton.
A. Heavier
B. Smaller
C. Lighter
D. Bigger
Jawaban: A
Soal ini masih tetap pun menggunakan degrees of comparison. Secara logis, batu akan selalu lebih berat daripada kapas meskipun ukuran mereka sama. Dengan demikian, kata pembanding yang sangat tepat yaitu heavier.
9. The cotton is …. than the stone.
A. Heavier
B. Smaller
C. Lighter
D. Bigger
Jawaban: C
Masih menggunakan rujukan gambar yang sama, karenanya bagi menyatakan bahwa kapas itu lebih ringan daripada batu, karenanya digunakan kata pembanding lighter.
10. What is the text written for?
A. Letting people about the classroom
B. Informing the condition of his schoolgebouw
C. Inviting readers to study te his schoolgebouw
D. Expressing his opinion about his schoolgebouw
Jawaban: B
Pada teks disebutkan bahwa sang penulis teks lebih banyak mengungkapkan kondisi sekolahnya apa adanya tanpa disertai pendapat mengenai kondisi sekolahnya.
11. From the text wij can conclude that the writer’s teachers are …
A. Good
B. Great
C. Clever
D. Humble
Jawaban: C
Pada teks disebutkan bahwa guru-guru penulis yaitu pintar (smart). Padanan kata smart yaitu clever
12. Mr Yudika is wearing dark suit. He is tall and snugger. He has pointed nose. He is bald.
Jawaban yang tepat yaitu A


13. I’m often worried about his health. Wij can infer that the writer
A. Will keep his brother stay healthy
B. Loves his brother very much
C. Doesn’t like his habbit
D. Is not like his brother
Jawaban: C
Dari teks dapat disimpulkan bahwa penulis tak menyukai kebiasaan adiknya yang betul-betul menyukai minuman ringan berkarbonasi (soft drinks) (seperti sprite, coca cola, dsb) namun tak menyukai air mineral murni seperti air putih. Dengan demikian, si penulis mengkhawatirkan kondisi medis adiknya.
14. From the text wij know that the writer’s brother …
A. Doesn’t like playing football
B. Always puts his things neatly
C. Rarely drinks soft drinks
D. Dislikes fresh water
Jawaban: D
Dari teks dapat disimpulkan bahwa salon yang kurang bagus dari adik sang penulis betul-betul menyukai minuman ringan berkarbonasi (soft drinks) namun tak menyukai air minum putih. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa jawabannya yaitu D.
15. Dayu wants to buy plastic shoes to go out when it is raining. She needs shoes with a strap, and open te the vooraanzicht like sandals. They also have low heels. Which shoes does possible Dayu want ro buy?
Jawaban: B


Dayu menginginkan sepatu plastik yang terbuka di bagian depan seperti sandal dan terbuka di bagian depan. Gambar yang sangat mewakili yaitu gambar B


16. It is an animal. It has little tail. Its nose is called a snout. It lives on a farm. It can say “oink-oink”. Which pictures voorstelling that animal.
Jawaban: B


Pada soal disebutkan ciri-ciri hewan yang bernama babi. Dan gambar babi ditunjukkan di huruf B.


17. Which of the following picture is the writer’s steekmug?
Jawaban: B.


Pada soal diterangkan bahwa pada steekmug tersebut ada nama penulis. Satu-satunya steekmug yang terdapat namanya ditunjukkan di huruf B


18. I …. you when you were crossing the street
A. See
B. Saw
C. Look
D. Looked
Jawaban: B
Soal ini menuntut pemahaman tata bahasa berupa past continuous tense. Jenis tense ini salah satunya berciri kata kerja lampau (past tense) bagi kata kerja yang durasi atau waktu berlangsungnya lebih lambat. Bagi kata kerja yang merujuk di aktivitas atau kegiatan dengan durasi waktu yang lebih lama, karenanya digunakan rumus to be lampau (wasgoed atau were + verb + ing).
19. They are toy cars. I collected them when I wasgoed te the elementary schoolgebouw. I do not …. toy cars anymore. I’m going to give them to Ucok, my younger cousin.
A. Play
B. Plays
C. Played
D. Playing
Jawaban: A
Soal ini menuntut pemahaman peserta didik akan wujud waktu berupa simple present tense. Simple present tense mengimplikasikan aktivitas di dikala sekarang ini yang berupa kebiasaan atau bagi menyatakan kebenaran umum. Rumusnya yaitu S + V1. Khusus bagi pihak ketiga tunggal (it he, she), karenanya V1 ditambah “e” atau “es”
20. What is the suitable verb to complete the text?
A. Get
B. Got
C. Gotten
D. Wasgoed getting
Jawaban: B
Soal ini menuntut pemahaman peserta didik atas wujud waktu berupa simple past tense. Ia merujuk di aktivitas atau kejadian di waktu lampau. Rumus yang digunakan yaitu S + V2
21. I …. many new things te primary schoolgebouw
A. Learn
B. Learned
C. Learning
D. Am learning
Jawaban: Dapat A dan Dapat Pula D
Jikalau dianggap bahwa subjek pada soal tengah belajar di sekolah mendasar, karenanya present coninuous tense dapat digunakan. Namun seandainya merujuk di sebuah fakta umum atau kebiasaan dimana pada soal salon itu pun dapat dianggap benar, karenanya simple present tense dapat pula digunakan.
Saran: Soal akan lebih presisi seandainya diubah dengan
I …. many new things when I wasgoed te primary schoolgebouw. Jawaban bagi soal semacam ini yaitu B. Salon ini memerlukan simple past tense bagi menjawabnya.
22. I met your aunt when she … your brother.
A. Wasgoed feeding
B. Is feeding
C. Feed
D. Fed
Jawaban: A
Soal ini menuntut pemahaman wujud waktu atau tenses berupa past continuous tense.
23. Why did Dina run fast to the bathroom?
A. She had to do something
B. She had to have breakfast
C. She thought it wasgoed Saturday
D. She thought she would be late at schoolgebouw
Jawaban: D
Dina tergesa-gesa ke kamar mandi karena dia menyangka akan terlambat ke sekolah.
24. What did Dina do before going to schoolgebouw?
A. Took hier bag
B. Had breakfast
C. Got dressed well
D. Run fast to bathroom
Jawaban: A
Pada teks disebutkan bahwa Dina mengambil tasnya. Dina tak makan pagi. Pada teks disebutkan pula got dressed tapi tak diterangkan apakah got dressed well or not. Jawaban D pun menjebak. Jawaban D salah karena pemakaian kata RUN yang mestinya RAN (wujud 2 atau V2).
25. How did Dina go to schoolgebouw?
A. By bicycle
B. On foot
C. By bike
D. By bus
Jawaban: B
Pada teks disebutkan bahwa Dina berjalan kaki ke sekolah




Demikian tulisan mengenai


Unduh Contoh Soal dan Kunci Jawaban Dan juga Pembahasan Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 /II Bahasa Inggris SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013 Tahun 2019


Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!



Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top