Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 11/XI SMA/MA Mapel Sejarah-Peminatan K13 Tahun 2019 - Maya Blog

Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 11/XI SMA/MA Mapel Sejarah-Peminatan K13 Tahun 2019

File Pendidikan

Download Contoh Soal Siap UKK/PAS/UAS Semester 2/II Kelas 11/XI SMA/MA Mapel Sejarah-Peminatan-IPS Kurikulum 2013/K13


Pada rangka menghadapi ulangan/penilaian ahir semester/ ujian kenaikan kelas tentu diperlukan usaha yang bagus yakni belajar secara kontinyu dan terjadwal. Dengan persiapan yang prima diinginkan akan berbanding lurus dengan hasil belajar yang diraih, pada ontvangstruimte ini nilai ujian yang memuaskan.


Contoh Soal Siap UKK/PAS/UAS Semester 2 Kelas 11/XI SMA/MA Mapel Sejarah-Peminatan Kurikulum 2013 Tahun 2019 ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sebentar lagi bergelut dengan ulangan/ujian kenaikan kelas tersebut. Karena ia yaitu diantara penentu naik dan tidaknya peserta didik ke tingkatan berikutnya, karenanya tak dapat dihindari lagi selain belajar dengan serius dan berkelanjutan.


Sejarah yaitu ilmu mengenai asal-usul serta perkembangan masyarakat yang mempunyai arti urgen selaku pengalaman waktu lampaunya, sedangkan Pendidikan Sejarah adalah sebuah suatu proses internalisasi nilai-nilai, pengetahuan dan keterampilan kesejarahan dari serangkaian peristiwa yang dirancang dan disusun sedemikian rupa bagi mempengaruhi dan mendukung terjadinya proses belajar peserta didik.


Mata pembelajaran Sejarah bertujuan agar peserta didik mempunyai kemampuan selaku berikut:
a. Mengoptimalkan pemahaman mengenai diri sendiri, masyarakat, dan bangsanya.
b. Mengoptimalkan rasa kebangsaan, cinta tanah air, dan penghargaan kepada hasil dan prestasi bangsa.
c. Membangun kesadaran peserta didik mengenai pentingnya konsep waktu dan ruang pada berfikir kesejarahan.
d. Mengoptimalkan kemampuan berpikir sejarah (historical thinking), keterampilan sejarah (historical skills), dan pengetahuan kepada isu sejarah (historical issues), serta mengaplikasikan kemampuan, keterampilan dan pengetahuan tersebut pada kehidupan waktu kini
e. Mengoptimalkan perilaku yang didasarkan di nilai dan moral yang mencerminkan letter diri, masyarakat dan bangsa.
f. Menanamkan sikap berorientasi kepada waktu kini dan waktu depan.
g. Memahami dan mampu menangani isu-isu kontroversial bagi mengkaji permasalahan yang terjadi di lingkungan masyarakatnya.
h. Mengoptimalkan pemahaman internasional pada menelaah fenomena aktual dan global.


Terdapat beberapa karakteristik soal yang perlu diperhatikan di bawah ini:


1. Soal menggunakan pendekatan kurikulum 2013 revisi
2. Soal terdiri atas 45 soal alternatif berganda dan 5 soal uraian
3. Soal berasal dari contoh soal UKK Mapel Sejarah-Peminatan Kelas 11 tahun 2017.


Verbinding Unduh


Sebelum mengunduh, ontvangstruimte yang perlu diperhatikan yaitu bahwa soal tak dapat disunting atau diedit. Dengan demikian, cara pemakaian dokumen atau berkas yang sangat bagus yaitu dengan cara diprint atau diprint.


Berikut yaitu tautan Unduh Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 11 SMA/MA Mapel Sejarah-Peminatan (IPS) K-13 Tahun 2019:


Download Soal Siap UKK/PAS/UAS Semester 2/II Kelas 11/XI SMA/MA Mapel Sejarah-Peminatan (IPS) Kurikulum 2013



Berikut yaitu kutipan sebahagian dari contoh soal tersebut:




PETUNJUK UMUM:
1. Perhatikan dan ikuti pedoman penginputan lembar jawab yang disediakan.
2. Periksa dan bacalah soal-soal sebelum kamu menjawabnya.
3. Jumlah soal sebanyak 50 butir, Alternatif Ganda 45 butir nomor 1 s/d 45, isian 5 butir nomor 46 s/d 50.
4. Peserta ulangan tak diperkenankan bagi menggunakan alat-alat elektronik seperti HP, Kalkulator dll.
5. Laporkan di pengawas kalau terdapat tulisan yang kurang jelas, rusak, atau jumlah soal kurang.
6. Dahulukan soal-soal yang dianggap gampang.
7. Periksalah aktifitas kamu sebelum diserahkan kepada pengawas.


I. Pilihlah jawaban yang sangat benar dengan memberi tanda silang (X) di huruf a, b, c, d atau e di lembar jawaban yang terdapat!


1. Karena khusus meletusnya Perang Dunia I yaitu ….
A. kemajuan industri
B. politik kolonialisme dan imperialisme
C. politik mencari kawan
D. terbunuhnya Putra Mahkota Austria- Hungaria, Franz Ferdinand di Sarajevo di tanggal 28 Juni ‘1914
E. perlombaan senjata


2 . Perang Dunia I diawali dengan serangan Austria-Hungariaterhadap Serbia. Serangan tersebut dilakukan karena Austria-Hungaria menganggap bahwa Serbia ….
A. mengganggu keamanan dan kepentingan Austria-Hungaria di Balkan .
B. menolak seluruh butir ultimatum yang dikeluarkan Austria-Hungaria
C. menjalin aliansi dengan musuh Jerman, yaitu Prancis
D. menjalin kesepakatan rahasia dengan Inggris dan Amerika Serikat
E. menjalin aliansi militer dengan musuh Austria-Hungaria, yaitu Rusia


4. Salah satu akibat Perang Dunia I di bidang politik yaitu timbulnya paham-paham politik baru, seperti paham tests di ….
A. Jerman
B. Turki
C. ltali
D. Jepang
E. Austria-Hungaria


5. Perhatikan gegevens di bawah ini.
(1) Kekecewaan kepada hasil Perjanjian Versailles
(2) Ketakutan akan berkembangnya komunisme
(3) Kegagalan pemerintah mengatasi krisis ekonomi pada negeri
(4) Keinginan bagi membalas kekalahan pada Perang Dunia I
(5) Ambisi bagi memperluas wilayah kekuasaan


Dari gegevens di atas, faktor-faktor yang melandasi munculnya fasisme ditunjukkan oleh nomor ….
A. (1 ), (2), dan (3)
B. (1),(2),dan(4)
C. (2), (3), dan (4)
D. (2), (3), dan (5)
E. (3), (4), dan (5


9. Latar belakang munculnya Perang Dunia II yaitu ….
A. keinginan balas dendam Jerman dan munculnya fasisme
B. keinginan mernperebutkan rempah-rempah
C. persaingan ekonomi di Eropa
D. konflik ideologi Liberalis dan Komunis
E. Bangkitnya negara-negara di Asia, Afrika, dan Amerika melawan kolonialisme


10. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
1) Berlangsung di tanggal 14 Agustus 1941
2) Dihadiri oleh Franklin Delano Roosevelt dan Winston Churchill
3) Menjadi fondasi berdirinya PBS


Menurut pernyataan tersebut, konferensi yang dimaksud yaitu ….
A. Konferensi Casablanca
B. Konferensi Moscow
c. Konferensi Atlantik
D. Konferensi Kairo
E. Konferensi Yalta


25. lsi reclame Gerakan 3 A, yaitu ….
A. Nippon cahaya, pelindung, dan pengatur Asia
B. Nippon cahaya, pengatur, dan pemimpin Asia
C. Nippon cahaya, pelindung, dan penguasa Asia
D. Nippon cahaya, pelindung, dan pemimpin Asia
E. Nippon cahaya, pelindung, dan penguasa Asia


26. Tujuan Pemerintah pendudukan Jepang menyusun organisasi bagi orang Indonesia dengan nama Gerakan Tiga A yaitu ….
A. mempermudah terjalinnya hubungan komunikasi antara Pemerintah Kolonial Belanda dengan Pemerintah pendudukan Jepang
B. bagi mengganti organisasi – organisasi yang dibubarkan oleh Pemerintah pendudukan Jepang
C. menarik simpatik rakyat Indonesia bagi menolong Jepang pada menghadapi sekutu
D. selaku realisasi dari janji – janji Pemerintan pendudukan Jepang kepada rakyat Indonesia
E. bagi menindas keseluruh gerakan yang dilakukan oleh bangsa Indonesia


27. Pada perang Pasifik, tujuan utama Jepang ingin menguasai Asia Tenggara yaitu ….
A. wilayah Asia Tenggara kaya akan barang mentah bagi kepentingan industri bahan makanan
B. bagi membuka mata dunia bahwa Jepang yaitu Negara yang kuat
C. Wilayah Asia Tenggara menjadi tujuan yang utama
0. Asia Tenggara terdiri dari banyak Negara
E. bagi memperlancar terbentuknya Negara Asia Timur Raya


28. Selaku badan bentukan Jepang PETA bertujuan bagi ….
A. mempersiapkan bangsa Indonesia sebaqai bangsa merdeka
B. menyusun angkatan perang Indonesia
C. memberikan pendidikan militer di bangsa Indonesia
0. memperoleh bantuan pada menqhadapi perang Pasifik
E. mempertahankan tanah air Indonesia


35. Tujuan dibentuknya BPUPKI yaitu ….
A. menampung aspirasi rakyat
B. mengadakan pemilu
C. memilih presiden dan wakil presiden
D. menyusun kekuatan militer
E. mempersiapkan kemerdekaan


36. Munculnya peristiwa Rengas dengklok menjelang proklamasi kemerdekaan Indonesia yaitu selaku akibat adanya ….
A. perbedaan pendapat antara pemerintah Jepang dehgan pihak Sekutu
B. perbedaan pendapat antara golongan tua dengan golongan tua
C. gerakan rakyat Indonesia menentang kekuasaan bangsa Jepang
D. keinginan pasukan Belanda bagi menguasai kembali wilayah Indonesia
E. keinginan pasukan Sekutu menduduki wilayah Indonesia
37. Terciptanya teks Proklamasi kemerdekaan RI adalah sebuah bukti ….
A. adanya tekanan golongan muda atas golongan tua
B. kemenangan golongan muda atas golongan tua
C. adanya rasa persatuan dan rela berkorban antara golongan tua dan muda
D. kekhawatiran golongan muda atas sikap terlalu hati-hati dari golongan tua
E. kesediaan berkorban dari golongan tua


38. Teks Proklamasi yang dibacakan oleh Soekarno di ketika proklamasi kemerdekaan Indonesia yaitu teks yang ….
A. ditulis tanqan oleh Soekarno sendiri
B. ditulis tangan olehAhmad Subardjo
C. ditulis tangan oleh Sayuti Melik
D. diketik rapi oleh Sayuti Melik
E. ciketik rapi oleh Sukarni


39. Pemilihan rumah Laksamana Maeda selaku tempat perumusan teks proklamasi yaitu …
A. dapat dipantau oleh Jepang
B. adanya ancaman dari pihak Sekutu
C. adanya ancaman dari pihak Jepang
D. Maeda menjamin keselamatan para pemimpin bangsa
E. Laksamana Maeda menjadi warga negara
RI


40. BPUPKI dan PPKI dibentuk selaku upaya persiapan kemerdekaan Indonesia dilatarbelakanqi oleh ….
A. janji kemerdekaan oleh PM Koiso
B. usaha menenangkan Perang Pasifik
C. usaha para pemimpin bangsa Indonesia
D. program Jepang pada Perang Pasifik
E. kekalahan demi kekalahan yang dialami Jepang


44. Sambutan rakyat Bandung kepada Proklamasi berupa ….
A. mengucapkansalam merdeka
B. munculnya organisasiAMRI
C. muncul semboyan merdeka atau mati
D. mengendarai sepeda berkeliling kota
E. dimuatnya berita Proklamasi pada Harian Tjahaja


45. Kewajiban komite Nasional dari yang yang disebut pada sidang PPKI di tanggal 18 Agustus 1945 yaitu ….
A. berfungsi selaku DPR
B. menyusun GBHN
C. mengawasi eksekutif
D. menolong presiden sebelum terbentuknya DPR dan MPR lewat pemilu
E. memberi nasihat kepada pemerintah


II. Verhandeling


46. Jelaskan secara sinqkat dua pengaruh Perang Dunia I untuk Indonesia!


47. Sebutkan tujuan didirikanya PBB (3) !


48. Berilah alasan terjadinya pergantian nama dari Sarekat Dagang Islam menjadi Sarekat Islam!


49. Analisislah tujuan pendududukan Jepang di Indonesia!


50. Sebutkan makna Proklamasi kemerdekaan Indonesia (3) !




Dipersilahkan bagi mendonwload verkeersopstopping tersebut di tautan yang telah kami sediakan agar memperoleh verkeersopstopping yang komplit dan utuh.


Demikianlah tulisan yang berjudul:


Soal Siap UKK/PAS/UAS Semester 2 Kelas 11/XI SMA/MA Mapel Sejarah-Peminatan Kurikulum 2013 Tahun 2019


Semoga sebaran informasi ini bermanfaat dan salam sukses selalu!



Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top