Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 9 Halaman 82, 85, 86, 92, 93 - Maya Blog

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 9 Halaman 82, 85, 86, 92, 93

File Pendidikan

Kunci Jawaban Buku Tematik Pelajar Kelas 5 Tema 9 Halaman 82, 85, 86, 92, 93 – Jawaban Soal Buku Tematik Pelajar Kelas 5 Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita Subtema 2 Benda pada Kegiatan Ekonomi Pembelajaran 3 terdiri dari Kunci Jawaban Tematik Halaman 82 mengenai ciri-ciri bahasa iklan elektronik. Jawaban soal tema 9 halaman 85 mengenai report hasil diskusi makna urgen persatuan dan kesatuan bangsa.


Jawaban Buku Tema 9 Kelas 5 Halaman 86 mengenai peristiwa-peristiwa pada kehidupan sehari-hari selaku format pencerminan sikap menjalin persatuan dan kesatuan. Jawaban soal halaman 92 mengenai kegiatan-kegiatan ekonomi yang menghasilkan produk unggulan di masyarakat.


Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Subtema 2 Halaman 93 mengenai mendiskusikan benda bekas, cara pengelolaan dan cara penjualan hasil pengelolaan. Kunci jawaban tematik kels 5 SD/Mihoen ini pun dilengkapi dengan bahan pembelajaran dan gambar-gambar yang terdapat di buku pelajar tema 9 subtema 2 pembelajran 3 kurikulum 2013.


Baca pun :




Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 5 Tema 9 Halaman 82, 85, 86, 92, 93


Dayu dan Lani duduk santai sambil berbincang di taman sekolah. Mereka berbincang mengenai iklan favorit. Ketika Lani menanyakan iklan favorit, Dayu sontak menjawab “Iklan makanan”. “Kami senang lagunya. Isi lagunya bagus”, lanjut Dayu. Leni pun bertanya “Kamu mengetahui isi lagunya? “ jawab Lani.


“Isinya mengenai makanan sehat dan bergizi, rasanya dapat nyaman di lidah seluruh orang Indonesia,” jawab Dayu. “Kamu hebat Dayu dapat hafal isi lagu di iklan favoritmu,” Puji Lani kepada Dayu.


Begitulah cerita singkat mengenai iklan favorit Dayu. Kamu tentu pun dapat menyaksikan iklan lewat media televisi. Televisi adalah media iklan elektronik yang sangat tepat sasaran.


Lewat televisi kreativitas penyampaian para pembuat iklan akan lebih maksimal. Penuangan kreativitasnya pun dapat pada beraneka format, kreasinya dapat berupa animasi dua dimensi ataupun tiga dimensi, testimoni, dan lagu produk yang diiklankan. Kreativitas penyampaian iklan amat menentukan menarik tidaknya sebuah iklan.


Ayo Mengamati


Perhatikan contoh iklan televisi berikut! Perhatikan iklan dari segi bahasanya.



File Pendidikan

“Segar nyatanya memang menyegarkan”


Kalimat pada iklan tersebut bersifat singkat, padat, dan jelas.


Bahasa iklan di iklan minuman di atas pun menarik untuk khalayak yang melihatnya bagi ikut menikmati kesegarannya. Orang yang melihat iklan minuman itu pun akan tersugesti dengan kesegarannya dan segera ingin menikmatinya.


Contoh iklan berikutnya ialah iklan mie instan. Kamu tentu pernah melihat iklan mie instan. Iklan yang kamu lihat itu terkadang ada lagunya. Dapat jadi yang melihat iklan tersebut ikut menyanyi seandainya lagunya menarik dan musiknya energik. Khalayak pun tersugesti ingin menikmati sensasi rasa mie instan yang diiklankan.


File Pendidikan

Bahasa iklan produk makanan yang amat menarik akan mampu menggugah selera makan khalayak. Setelah tergugah, khalayak akan memuaskan rasa laparnya seandainya menikmati mie instan tersebut.


Pengulangan kata hingga berkali-kali di lagu pada iklan seringenboom terjadi. Pengulangan kata di lagu menunjukkan adanya alternatif kata yang digunakan bagi menunjukkan sasaran iklan. Selain itu, pengulangan kata di lagu pada iklan pun menonjolkan informasi yang dipentingkan.


Menurut kedua contoh iklan televisi di atas, dapat dimengerti adanya beberapa ciri bahasa iklan elektronik yang mampu menarik perhatian khalayak atau masyarakat umum. Beberapa ciri bahasa iklan yang dimaksud selaku berikut.



  1. Alternatif kata yang digunakan menarik, tepat, logis, dan sopan.

  2. Alternatif kata yang digunakan mempunyai sugesti untuk khalayak.

  3. Alternatif kata yang digunakan menonjolkan informasi yang dipentingkan.

  4. Alternatif kata yang digunakan menunjukkan sasaran.



Kunci Jawaban Buku Tematik Pelajar Kelas 5 Tema 9 Halaman 82


Ayo Berlatih


Kamu telah mengetahui ciri-ciri bahasa iklan elektronik. Sekarang ini perhatikan iklan-iklan elektronik. Identifikasilah ciri-ciri bahasa yang mampu menarik perhatian khalayak di iklan tersebut. Tuliskan secara detail hasil identifikasimu dan presentasikan hasil tugasmu di depan kelas.


1. Produk yang diiklankan : Susu


File Pendidikan

ciri-ciri bahasa yang terkandung pada iklan:


Bahasa iklan di iklan susu di atas menarik untuk khalayak yang melihatnya bagi ikut meminumnya. Orang yang melihat iklan susu itu pun akan tersugesti dan segera ingin meminumnya.

2. Produk yang diiklankan : Shampoo


File Pendidikan


ciri-ciri bahasa yang terkandung pada iklan:


Bahasa iklan di iklan shampoo di atas menarik untuk khalayak yang melihatnya bagi ikut menggunakannya. Orang yang melihat iklan shampoo itu pun akan tersugesti dan segera ingin memakainya.

3. Produk yang diiklankan : Yumi Mihoen


File Pendidikan


ciri-ciri bahasa yang terkandung pada iklan:


Bahasa iklan di iklan yumie mihoen di atas menarik untuk khalayak yang melihatnya bagi ikut menikmatinya. Orang yang melihat iklan yumie mihoen itu pun akan tersugesti segera ingin menikmatinya.

Pada penyusunan iklan amat dibutuhkan adanya kerja sama antara jasa pembuat iklan dan pemilik produk yang diiklankan. Seluruh pihak terkait hendaknya dapat bekerja sama dengan bagus bagi menghasilkan iklan yang bagus.


Kerja sama tak hanya dibutuhkan pada dunia usaha seperti usaha periklanan. Kerja sama pun dibutuhkan pada kehidupan berbangsa dan bernegara. Kerja sama amat urgen pada mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa.


Ayo Membaca


Persatuan dan kesatuan mengandung arti bersatunya beragam corak menjadi satu kebulatan yang utuh dan serasi.


Perhatikan gambar-gambar yang mencerminkan makna urgen persatuan dan kesatuan berikut.


1. Festival Budaya Nusantara


Festival Budaya Nusantara menyajikan budaya dari beraneka daerah di wilayah Nusantara. coba kamu amati gambar kolase yang menyajikan beraneka pentas budaya daerah di atas.


File Pendidikan

Tampak indah bukan? Tentu lebih indah yang tampil bersama-sama bukan? Begitulah makna pentingnya persatuan dan kesatuan pada menjalin kebersamaan dan saling melengkapi antara satu sama lain.


2. Toleransi dan Hidup Berdampingan pada Perbedaan


Masyarakat Indonesia dikenal kemajemukannya, salah satunya kemajemukan agama. Kemajemukan masyarakat Indonesia bukan penghalang bagi tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.


Sebaliknya, kemajemukan yang terdapat justru menjadi modal yang kuat bagi memperkukuh persatuan dan kesatuan bangsa.


File Pendidikan

Persatuan dan kesatuan bangsa akan tetap kukuh dengan adanya semangat menjalin rasa kemanusiaan. Tingginya sikap toleransi serta keharmonisan bagi hidup secara berdampingan dari segenap masyarakat Indonesia pun dapat mendukung persatuan dan kesatuan bangsa.


Jadi, makna persatuan dan kesatuan tecermin di sikap masyarakat yang senantiasa menjalin rasa kemanusiaan dan toleransi serta menjaga keharmonisan bagi hidup secara berdampingan.


3. Semangat Kekeluargaan dan Tolong-menolong


Menjalin rasa persahabatan, semangat kekeluargaan, dan tolong- menolong tercermin di kegiatan gotong royong antarwarga masyarakat. Pada kegiatan gotong royong, segala perbedaan ditepiskan.


Warga masyarakat saling bekerja sama dan bahu membahu menyelesaikan aktifitas bagi kepentingan bersama tanpa memandang perbedaan satu sama lain.


File Pendidikan

Dengan gotong royong, aktifitas seberat apa pun terasa ringan dan aktifitas cepat selesai. Begitulah makna urgen persatuan dan kesatuan yang tecermin pada sikap menjalin rasa persahabatan, kekeluargaan, dan sikap saling tolong-menolong antarsesama dan bersikap nasionalisme.


Kunci Jawaban Buku Pelajar Tema 9 Kelas 5 Halaman 85


Ayo Berdiskusi


Kamu telah mengamati beberapa contoh peristiwa pada kehidupan sehari-hari yang mencerminkan makna pentingnya persatuan dan kesatuan.


Menurut contoh tersebut dapat diambil kesimpulan beberapa makna urgen persatuan dan kesatuan.


Apa sajakah makna urgen persatuan dan kesatuan bangsa? Diskusikan bersama teman satu kelompokmu dan tuliskan hasil diskusi di kotak berikut. Presentasikan hasil diskusi kelompokmu di depan kelas.


Report Hasil Diskusi


Makna urgen persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia selaku berikut.




  1. Masyarakat yang bersatu akan lebih gampang menyelesaikan masalah di sekitarnya, sehingga tercapai masyarakat yang aman, tenteram, dan damai

  2. Masyarakat yang bersatu dapat mengatasi konflik pada masyarakat yang dapat memecah belah

  3. Dapat menumbuhkan sikap saling menghormati, bekerja sama, dan gotong royong pada masyarakat

  4. Bangsa yang bersatu akan lebih cepat dan gampang pada mencapai tujuan bagi menjadi masyarakat yang adil dan makmur

  5. Bangsa yang bersatu akan menjadikan bangsa yang kuat dan dapat menyelesaikan permasalahannya dengan lebih bagus.



Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 86


Ayo Berlatih


Menjalin persatuan dan kesatuan hendaknya kamu biasakan pada kehidupan sehari-hari. Misalnya pada format kegiatan gotong royong dan bekerja sama pada menyelesaikan fungsi kelompok.


Masih banyak peristiwa pada kehidupan sehari-hari yang biasanya kamu alami atau kamu saksikan selaku pencerminan sikap menjalin persatuan dan kesatuan.


Sekarang ini, identifikasilah peristiwa-peristiwa pada kehidupan sehari-hari selaku format pencerminan sikap menjalin persatuan dan kesatuan. Tuliskan pada kotak berikut.


Peristiwa-peristiwa pada kehidupan sehari-hari yang mencerminkan sikap menjalin persatuan dan kesatuan seperti berikut.




  • Mampu dan mau bagi mengalah untuk adik/saudara lain demi keharmonisan keluarga.

  • Dengan tertib menjalankan antrian pada penerimaan sembako atau antrian yang lainnya

  • Turut aktif pada kegiatan masyarakat

  • Menghormati adat/kebudayaan antara satu suku dengan suku yang lain

  • Tertib membayar pajak demi pembangunan bangsa.


Negara Indonesia kaya akan kebudayaan. Kamu telah memahami beragam kebudayaan Indonesia, mulai dari tarian daerah, nyanyian daerah, hingga rumah adat. Kekayaan budaya daerah Indonesia ini dikenal hingga ke luar negeri.


Diantara cara bangsa Indonesia mengenalkan kebudayaan daerah kepada dunia internasional, yaitu lewat pementasan beragam kebudayaan daerah di tempat-tempat pariwisata. Pada ontvangstruimte ini ada andil besar dari dinas kepariwisataan.


Bagi mengenalkan beraneka kebudayaan daerah, pastinya Dinas Kepariwisataan menjalankan kerja sama dengan para penyedia jasa kepariwisataan.


Penyediaan jasa kepariwisataan ini termasuk usaha ekonomi, karena penyedia jasa kepariwisataan menjalankan usahanya demi memenuhi keperluan hidupnya.


Dengan demikian, penyedia jasa kepariwisataan telah menjalankan kegiatan ekonomi. Apa kegiatan ekonomi itu? Apa saja jenis usaha pada kegiatan ekonomi?


Ayo Membaca


Manusia mempunyai beragam keperluan bagi melanjutkan kehidupannya. Bagi memenuhi beragam keperluan tersebut, manusia menjalankan kegiatan yang disebut kegiatan ekonomi.


Kegiatan ekonomi setiap orang berbeda-beda tentu saja sesuai kemampuan masing-masing. Ada orang yang bekerja selaku petani yang memproduksi bahan pangan.


Ada orang yang membangun pakaian bagi dijual dan diperdagangkan. Petani membutuhkan pakaian dan pedagang pakaian membutuhkan pangan.


Jadi jelaslah bahwa perbedaan kegiatan ekonomi pada masyarakat amat mendukung dapat terpenuhinya segala keperluan manusia dengan cara saling bekerja sama.


Perlu disadari bahwa pada kehidupan sehari-hari, tak seorang pun yang dapat memenuhi sendiri segala keperluan hidupnya tanpa bekerja sama dengan orang lain.


Kegiatan ekonomi dapat diwujudkan dengan membuka beraneka jenis usaha. Apa sajakah format usaha pada kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia? Berikut beraneka usaha pada kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia.


1. Pertanian


Usaha pertanian adalah usaha yang sangat banyak ditemukan pada masyarakat Indonesia. Vishal ini sesuai dengan keadaan alam Indonesia selaku negara agraris. Hasil pertanian Indonesia antara lain padi, jagung, ubi, dan palawija.


File Pendidikan


2. Perkebunan


Perkebunan adalah usaha pemanfaatan lahan dengan tanaman- tanaman keras. Perkebunan dapat dibedakan atas perkebunan rakyat dan perkebunan besar.


File Pendidikan

Perkebunan rakyat ialah perkebunan yang dikelola oleh rakyat. Perkebunan besar biasanya dikelola oleh pemerintah atau perusahaan perkebunan.


Hasil perkebunan besar, biasanya diperuntukkan bagi ekspor sehingga dapat menghasilkan devisa untuk negara. contoh hasil perkebunan antara lain karet, kelapa, kelapa sawit, dan tebu.


3. Peternakan


Peternakan ialah usaha memelihara binatang piaraan yang diambil manfaatnya. Usaha peternakan dapat digolongkan menjadi tiga, yaitu peternakan hewan besar (sapi, kerbau, dan kuda), hewan kecil (kambing, domba, kelinci, dan babi), dan unggas (ayam, itik, entok, dan burung).


File Pendidikan


4. Perikanan


Usaha perikanan pada ontvangstruimte ini ialah usaha perikanan darat, yaitu usaha memelihara ikan di perairan darat dengan cara membangun kolam.


File Pendidikan

Perikanan darat meliputi perikanan air tawar dan perikanan air payau. contoh hasil perikanan air tawar misalnya ikan gurami, nila, bawal, dan lele. Hasil perikanan air payau contohnya ikan bandeng.


5. Kehutanan


Usaha kehutanan dapat dilakukan dengan menjalankan pencegahan kepada penggundulan hutan dengan menjalankan reboisasi atau peremajaan hutan.


Contoh hasil usaha kehutanan antara lain kayu, rotan, damar, dan kemenyan. Usaha kehutanan pun urgen bagi menjaga keseimbangan alam.


File Pendidikan

Pepohonan yang tumbuh di hutan menolong peresapan air ke pada tanah. Dengan demikian, dapat menghindari terjadinya banjir.


Selain itu, hutan menjadi tempat hidup serta berkembangnya beraneka satwa. Oleh karena itu, hutan tak boleh dirusak dan mesti diremajakan


6. Pertambangan


Pertambangan ialah usaha bagi mengolah atau memanfaatkan mineral demi kesejahteran manusia. Mineral ini berada di pada perut bumi.


File Pendidikan


Bagi mendapatkannya perlu dilakukan penggalian atau penambangan. contoh hasil barang tambang antara lain emas, minyak bumi, dan batu bara.


7. Perindustrian


Industri ialah usaha atau kegiatan bagi mengubah bahan mentah menjadi bahan setengah jadi atau barang jadi. Bahan mentah berasal dari sumber daya alam.


File Pendidikan

Industri dilakukan bagi meningkatkan mutu atau nilai suatu barang. Usaha industri dapat dilakukan oleh perorangan, kelompok, atau suatu perusahaan, bagus pemerintah maupun swasta. contoh hasil industri ialah benang menjadi pakaian, pengolahan ikan menjadi ikan kaleng, dan karet menjadi kerkban.


8. Perdagangan


Perdagangan ialah kegiatan yang bertujuan menyalurkan barang dan jasa dari produsen ke konsumen. Barang-barang yang diperdagangkan adalah hasil-hasil pertanian, peternakan, perikanan, hutan, dan barang-barang hasil industri.


File Pendidikan

Perdagangan yang dilakukan antarnegara disebut ekspor impor. Ekspor ialah usaha mengirim dan menjual barang keluar negeri. Impor ialah usaha memasukkan dan membeli barang dari luar negeri.


9. Jasa


Usaha jasa ialah usaha menyediakan jasa bukan produk benda bagi memperoleh keuntungan atau laba. Perhatikan gambar di atas.


File Pendidikan

Profesi menjadi pemandu wisata adalah bagian dari usaha jasa. Usaha-usaha pada bidang jasa antara lain usaha becak, ojek, angkutan umum, dan bidang pariwisata.


Kunci Jawaban Buku Paket Tema 9 Kelas 5 Halaman 92


Ayo Berlatih


Banyak kegiatan ekonomi yang dilakukan masyarakat di lingkungan sekitar kita, misalnya jasa tata boga, jasa angkutan umum, jasa pangkas rambut, pembuat gula merah, dan usaha kepariwisataan.


Sekarang ini coba kamu lakukan pengamatan kegiatan ekonomi yang dilakukan masyarakat tempat tinggalmu. Identifikasilah kegiatan-kegiatan ekonomi yang menghasilkan produk unggulan dari masyarakat tempat tinggalmu.


Hasil Identifikasi


Hasil Identifikasi
Kegiatan-Kegiatan Masyarakat di Lingkungan Sekitar :



  • Industri Kecil

  • Pertanian

  • Perdagangan

  • Perkebunan

  • Peternakan

  • Jasa (Tukang Cukur, Tukang Sol Sepatu)

  • Pertambangan


Produk Unggulan :



  • Tempe & Tahu.

  • Padi, Cengkeh, Jagung, Tebu.

  • Sembako

  • Kelapa Sawit, Karet. Teh dan Kopi.

  • Sapi, Kambing, Ayam.

  • Batu Bara, Minyak Mentah



Kunci Jawaban Buku Tema 9 Kelas 5 Halaman 93


Ayo Berdiskusi


Banyak benda-benda bekas di sekitarmu yang dapat dimanfaatkan selaku sumber penghasilan. Tentu saja dengan cara mendaur ulang, misalnya memanfaatkan gelas plastik bekas air mineral bagi bahan membangun bunga plastik.


Selain itu, dapat pula memanfaatkan kerang-kerang selaku bahan membangun hiasan atau pigura, dan masih banyak lagi yang lainnya.


Kesemuanya itu dapat dijual di tempat wisata selaku suvenir. Pernahkah kamu menemukan kegiatan ekonomi dengan memanfaatkan benda-benda bekas?


Diskusikan bersama dua orang temanmu dengan menyebutkan benda bekas, cara pengolahan, dan cara penjualan hasil pengolahan. Tuliskan hasil diskusi di kolom berikut.


Benda Bekas :
Tutup Botol Bekas.


Cara Pengolahan :
Tutup botol bekas dicuci bersih, kemudian dipilah-pilah menurut ukuran dan warna. Kemudian tutup botol diberi lubang di ke-4 sisi samping secara sejajar dengan menggunakan alat solder. Kemudian tiap tutup botol disambung menyamping dengan kawat kecil atau tali plastik khusus, hingga menyambung dengan panjang sesuai keperluan/sesuai selera, kemudian dirangkai sehingga terbentuk keranjang sampah atau pot bunga.


Cara Penjualan :
Bekerja sama dengan pemilik warung / toko suvenir, koperasi sekolah, dan menawarkan lewat media online seperti facebook & Instagram.


Demikianlah Kunci Jawaban Buku Tematik Pelajar Kelas 5 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 82, 85, 86, 92, 93. Semoga kunci jawaban tematik kelas 5 SD/MI ini dapat memberikan manfaat untuk pembaca di manapun berada.



Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top