Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 70, 71, 72, 73, 75, 78, 79 - Maya Blog

Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 70, 71, 72, 73, 75, 78, 79

File Pendidikan

Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 70, 71, 72, 73, 75, 78, 79 – Kunci Jawaban Soal Tematik Kelas 5 Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita Subtema 2 Benda pada Kegiatan Ekonomi Pembelajaran 2. Jawaban Soal Tema 9 Halaman 70 mengenai pengertian iklan elektronik. Jawaban soal buku pelajar tema 9 halaman 71, 72 dan 73 mengenai mengisi tabel unsur iklan elektronik dan memberikan penilaian kepada iklan-iklan elektronik di gambar.


Jawaban soal tema 9 kelas 5 halaman 75 mengenai report hasil diskusi mengenai contoh lain bahan yang termasuk zat tunggal, zat campuran homogen dan zat campuran heterogen. Jawaban soal buku pelajar tema 9 kelas 5 halaman 78 mengenai membangun lima contoh pola lantai pada tari daerah.


Kunci jawaban soal buku paket tema 9 halaman 79 mengenai mencari contoh gerakan tarian daerah dari internet, atau dari kaset video tarian daerah, kemudian menuliskan pola lantai tarian tersebut. Jawaban soal buku pelajar ini pun dilengkapi dengan bahan pembelajaran dan gambar-gambar tema 9 kelas 5 subtema 2 pembelajaran 2.


Baca pun :




Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 70, 71, 72, 73, 75, 78, 79


Minggu pagi Siti menolong ibu membersihkan rumah. Siti membersihkan debu yang terdapat di barang-barang pada ruang keluarga dengan hati- hati. Siti membersihkan ruang tamu dibantu adik. Banyak barang pada ruang keluarga Siti.


Ada meja, kursi, televisi, radio, dan komputer. Televisi, radio, dan komputer sengaja ayah Siti taruh di ruang keluarga. Tujuannya agar seluruh anggota keluarga dapat berkumpul pada satu ruangan, meskipun berbeda-beda aktivitas. Ketika keluarga Siti membersihkan rumah, mereka kadang-kadang sambil mendengarkan lagu-lagu dari radio.


Di ruang keluarga, Siti seringenboom ditemani ayah mencari informasi dari internet via komputer. Selain itu, adik didampingi ibu duduk di kursi nonton televisi. Keluarga Siti hidup rukun. Kerukunan keluarga Siti pun tampak ketika bekerja sama membersihkan rumah.


Di ruang keluarga Siti ada beberapa alat elektronik. Siti membersihkannya dengan hati-hati. Apa sajakah alat-alat elektronik yang terdapat di ruang keluarga Siti?


Ayo Mengamati


Perhatikan alat-alat elektronik yang terdapat di ruang keluarga Siti berikut.


1. Televisi


Selaku diantara media elektronik, televisi mempunyai peranan yang betul-betul urgen pada kehidupan sosial masyarakat. Televisi berfungsi bagi menghibur, mendidik, dan memberi informasi. Televisi memberikan banyak informasi untuk pemirsa. Diantara format informasi yang ditayangkan televisi ialah iklan.


File Pendidikan

Pada kehidupan sehari-hari, iklan telah menjadi bagian yang tak dapat dipisahkan dari masyarakat di umumnya. Televisi mempunyai banyak keunggulan pada menyampaikan iklan. Oleh karena itu, iklan via televisi lebih menarik dan mempunyai nilai pesan yang tinggi. Televisi selaku media audio visual menayangkan iklan yang dapat dilihat, didengar, dan ditunjang dengan teks, sehingga dapat menarik perhatian masyarakat.


2. Radio


Sama halnya dengan televisi, radio pun mempunyai guna urgen untuk masyarakat umum. guna radio yaitu selaku alat penerangan, pendidikan, hiburan, dan alat reclame.


File Pendidikan

Bukti bahwa radio mempunyai guna selaku alat reclame terlihat dengan banyaknya pemasangan iklan yang memilih siaran radio selaku alat pemasangan iklannya. Iklan radio berupa kombinasi dari bunyi dan kata-kata (voice) dan efek suara (sound effect). Iklan radio hanya dapat didengar tak dapat dilihat seperti iklan televisi. Oleh karena itu, radio dikenal selaku media audio.


3. Komputer


Seperti televisi dan radio, komputer pun selaku media elektronik. Komputer ialah suatu alat elektronik yang mampu mengerjakan beberapa fungsi. Komputer mampu menerima input, memproses input sesuai instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output pada format informasi.


File Pendidikan

Ketika dihubungkan dengan layanan internet, komputer dapat menjadi alat promosi atau iklan bisnis. Banyak perusahaan besar, pribadi, dan pengusaha yang menggunakan layanan internet di komputernya bagi mempromosikan atau mengiklankan produknya. Layanan internet di komputer selaku alat promosi atau iklan dapat menjangkau wilayah yang betul-betul luas dengan biaya murah.


Seperti itulah peralatan elektronik yang terdapat di ruang keluarga Siti. Televisi, radio, dan layanan internet di komputer ternyata mempunyai diantara guna yang sama, yaitu selaku alat promosi atau iklan. Oleh karena itu, ada istilah iklan elektronik. Merujuk pada media yang menyajikan iklan elektronik, televisi radio, dan layanan internet di komputer dapat disebut selaku unsur iklan elektronik. Masih ingatkah kamu dengan pengertian iklan elektronik?


Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 5 Tema 9 Halaman 70


Ayo Berlatih


Apakah yang dimaksud iklan elektonik? Tuliskan pada kolom berikut.
Jawaban :


Iklan elektronik ialah iklan yang menggunakan media dengan perlengkapan elektronik seperti radio, televisi, dan media digital interaktif (internet).

Pada menyajikan iklan elektronik mesti memperhatikan beberapa unsur iklan agar menarik perhatian masyarakat seperti berikut. Berikut secara umum dideskripsikan mengenai unsur iklan agar menarik.


1. Perhatian (Attention)


Iklan yang bagus mesti dapat menarik perhatian masyarakat umum.


2. Minat (Rente)


Setelah mendapat perhatian, unsur iklan mesti ditingkatkan menjadi minat. Apabila minat telah ada, karenanya akan timbul rasa ingin tahu secara rinci pada diri konsumen.


3. Keinginan (Desire)


Iklan hendaknya meliputi cara bagi menggerakkan keinginan konsumen.


4. Rasa Percaya (Conviction)


Bagi mendapat rasa percaya pada diri konsumen, sebuah iklan mesti ditunjang beragam kegiatan peragaan. Kegiatan peragaan di antaranya seperti pembuktian atau sebuah kata-kata.


5. Tindakan (Action)


Tindakan adalah tujuan ahir dari produsen bagi menarik konsumen agar membeli atau menggunakan produk dan jasanya.


Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 71, 72 & 73


Kamu telah mengetahui unsur-unsur iklan secara umum.


Kini, coba sebutkan unsur-unsur iklan elektronik di radio, televisi, dan internet. Lakukan kegiatan dengan mengisi kolom berikut.


File Pendidikan

Beri penilaian kepada iklan-iklan elektronik di gambar.


Apakah iklan itu sesuai dengan unsur-unsur yang terdapat? Sertakan pula alasan penilaianmu kepada iklan tersebut. Kaitkan alasanmu dengan unsur-unsur iklan elektronik.


1.


File Pendidikan

Penilaian:


Sesuai dengan unsur iklan.

Alasan:


Iklan tersebut ialah iklan televisi terdiri dari unsur gambar, gerak dan suara. namun kurang menarik karena tak mempunyai tulisan. 

2.


File Pendidikan

Penilaian:


Sesuai dengan unsur iklan.

Alasan:


Karena iklan tersebut adalah iklan televisi yang mempunyai unsur gambar, suara, gerak dan tulisan.

3.


File Pendidikan

Penilaian:


Sesuai dengan unsur iklan.

Alasan:


Karena iklan tersebut adalah iklan internet yang mempunyai unsur gambar, gerak, suara dan tuisan.

Siti dan adik selesai membersihkan ruang keluarga. Ibu dan ayah pun selesai membersihkan halaman dan lingkungan rumah. Saatnya keluarga Siti beristirahat. Siti dan keluarganya beristirahat di ruang keluarga sambil menonton televisi. Sebelum menyajikan minuman, ibu menanyakan minuman yang diinginkan ayah, Siti, dan adik.


Ternyata minuman yang diinginkan ayah, Siti, dan adik berbeda-beda. Ayah ingin kopi panas, Siti ingin air putih dingin, dan adik ingin es teh. Berbeda lagi dengan minuman yang diinginkan ibu Siti. Beliau menginginkan teh panas.


Siti menolong ibu menyiapkan minuman. Ibu menyiapkan hidangan kecilnya. Ibu ingin membangun bakwan. Adonan bakwan telah ibu siapkan sebelum memulai bekerja bakti membersihkan rumah. Jadi, ibu tinggal menggorengnya. Inilah adonan bakwan yang siap digoreng ibu.


File Pendidikan

Coba kamu perhatikan adonan bakwan yang dibangun Ibu Siti. Adonan bakwan yang terdiri atas tepung terigu dan sayuran tak tercampur secara merata. Bahan pada adonan sifat dan bentuknya masih kelihatan.


Merujuk pada ciri adonan tersebut, dapat kamu ketahui bahwa adonan bakwa yang siap digoreng Ibu Siti adalah zat campuran heterogen. Ibu segera menggoreng adonan bakwan.


Selain itu, Siti sibuk menyiapkan beragam minuman. Inilah minuman yang dibangun Siti.


File Pendidikan   Air pada gelas di gambar hanya terdiri atas satu zat, yaitu air mineral. Air pada gelas tersebut tak berubah rasa dan tak berubah format. Oleh karena itu, air putih pada gelas tersebut adalah zat tunggal.



File Pendidikan

Segelas es teh yang dibangun Siti adalah zat campuran heterogen. contoh campuran heterogen ialah teh dengan air. Selain itu, ada perasan jeruk nipis dan es.


File Pendidikan

Segelas kopi yang dibangun Siti di gambar adalah perpaduan tiga bahan, yaitu air, gula putih, dan bubuk kopi. Perhatikan mendasar gelas di adonan kopi tersebut. Pada mendasar gelas tampak adanya endapan kopi yang tak larut sempurna dengan air dan gula. Merujuk pada ciri adonan kopi tersebut dapat kamu pahami bahwa air kopi termasuk zat campuran heterogen.


File Pendidikan

Segelas teh manis yang dibangun Siti di gambar adalah perpaduan tiga bahan yaitu air, teh, dan gula putih. Perpaduan antara air, gula, dan teh di gelas tampak tercampur merata atau sempurna. Bahan (air, teh, dan gula putih) tak memisah. Merujuk pada ciri teh manis tersebut dapat kamu pahami bahwa teh manis termasuk zat campuran homogen.







Kunci Jawaban Buku Tema 9 Kelas 4 Halaman 75


Ayo Berdiskusi


Kamu telah mengetahui beberapa contoh zat di bahan. Kini, diskusikan dengan teman satu kelompokmu bagi mencari contoh lain bahan yang termasuk zat tunggal, zat campuran homogen, dan zat campuran heterogen.


Berikan alasan kenapa bahan tersebut termasuk zat tunggal, zat campuran homogen, atau zat campuran heterogen. Setiap kelompok minimal membangun lima contoh bahan. Buatlah report hasil diskusi kelompokmu. Kumpulkan hasilnya kepada Bapak/Ibu Pengajar bagi dinilai.


File Pendidikan

Ayo Mengamati


Siti dan ibu selesai bersamaan. Siti dan ibu membawa air dan hidangannya ke ruang tamu. Selain itu, ayah dan adik Siti sedang menonton pertunjukan tari di televisi. Siti tertarik di tarian yang ditampilkan penari di televisi. Setiap tarian menampilkan beragam variasi pola lantai. Ingatkah kalian yang dimaksud pola lantai?


File Pendidikan

“Wah, bagus ya, yah! formasi penarinya berubah-ubah, teriak Siti”. Di waktu masih kecil, Ayah Siti pandai menari. Ayah Siti pun seringenboom ikut latihan menari di keraton. Oleh karena itu, Ayah Siti paham betul apa yang diserukan oleh Siti. Ayah pun menanggapi seruan Siti, “Itu yang dinamakan variasi pola lantai, Nak”. Kemudian, ayah menerangkan mengenai pola lantai kepada Siti.


File Pendidikan

Gambar 1 menunjukkan pola lantai yang dilalui oleh seorang penari. Gambar 2 menunjukkan garis di lantai yang dibangun oleh formasi kelompok.


Di dasarnya, ada dua pola garis mendasar di lantai, yaitu garis lurus dan garis lengkung. Garis lurus memberikan kesan sederhana tetapi kuat. Sedangkan garis lengkung memberikan kesan lembut tetapi lemah.



File Pendidikan

1. Pola Lantai Vertikal (Lurus)


Ciri pola lantai vertikal (lurus) ialah penari menyusun garis vertikal, yaitu garis lurus dari depan ke belakang atau sebaliknya. Pola lantai ini banyak digunakan di tari klasik. Pola lurus memberi kesan sederhana tetapi kuat. Berikut gambar pola lantai vertikal.




File Pendidikan

2. Pola Lantai Diagonal


Di pola lantai diagonal, penari berbaris menyusun garis menyudut ke kanan atau ke kiri. Berikut gambar pola lantai diagonal.


File Pendidikan

3. Pola Lantai Garis Melengkung


Di pola lantai garis melengkung, penari menyusun garis lingkaran, pola lantai lengkung ular, dan pola lantai angka delapan. Berikut contoh pola lantai garis melengkung.




Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 5 Tema 9 Halaman 78



Ayo Berkreasi


Bentuklah kelompok yang terdiri atas lima anak. Buatlah lima contoh format pola lantai yang ditulis atau digambar di selembar kertas. Dari format pola lantai yang kalian bikin tersebut, coba peragakan di depan pendidik dan kelompok lain.
Jawaban :


5 contoh pola lantai :



  • Horizontal

  • Vertikal

  • Diagonal

  • Lingkaran

  • Angka delapan


Siti mengangguk-angguk setelah mendengar penjelasan ayahnya. Tak lupa Siti berterima kasih kepada ayahnya. Ibu mengajak ayah, Siti, dan adik menikmati hidangan kembali sambil menonton kegiatan televisi berikutnya.


Tarian daerah adalah kekayaan khazanah budaya bangsa. Telah seharusnyalah kita peduli kepada tarian daerah. Format kepedulian kepada tarian daerah dapat kamu tunjukkan dengan cara menyaksikan tarian daerah, mengamati gerakan pola lantai tarian daerah, dan belajar tarian daerah. Siapa lagi yang akan peduli kepada kebudayaan negeri sendiri seandainya bukan kita sendiri. coba kamu renungkan seandainya warga negara Indonesia tak ada yang mengenali tari-tarian daerah sendiri. Apa yang akan terjadi?


Tentu kita akan malu, seandainya tak mengenal tarian daerah Indonesia. Justru orang asing yang mempelajari dan pandai menarikannya. Artinya, mereka saja tertarik. Kenapa kita tak tertarik dengan tarian Indonesia? Mari kita hargai budaya kita. Alangkah bagusnya seandainya di kelasmu banyak yang menguasai beragam tari daerah. Kita akan bangga, bukan? Mari kita pelihara budaya Indonesia.


Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 5 Tema 9 Halaman 79


Ayo Berlatih


Kamu telah mengetahui pengertian pola lantai tarian daerah. Kini, coba kamu cari contoh gerakan tarian daerah dari internet atau dari kaset video tarian daerah.


Mintalah Bapak/Ibu/Saudara bagi mendampingimu ketika mengamati gerak tarian daerah tersebut. Tuliskan tarian yang kamu amati dan pola lantai tariannya. Lakukan kegiatan ini secara kelompok.


Jawaban :


Jawabannya di sesuaikan dengan gerakan tarian daerah dari video / internet yang diperagakan oleh masing-masing pelajar. 

Demikianlah Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 2 Halaman 70, 71, 72, 73, 75, 78, 79. Semoga kunci jawaban tematik kelas 5 kurikulum 2013 ini dapat memberikan manfaat untuk pembaca di manapun berada.




Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top