Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 121, 124, 126 - Maya Blog

Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 121, 124, 126


File Pendidikan


Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 121, 124, 126


Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 121, 124, 126 – Jawaban Soal Buku Tematik Kelas 5 Tema 9 Benda-Benda di Lingkungan Sekitar Subtema 3 Manusia dan Benda-Benda di Sekitarnya Pembelajaran 1 Halaman 121, 124, 126 Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Soal Tema 9 Kelas 5 Halaman 121 mengenai mengamati gambar sebuah iklan, jawaban soal halaman 124 tema 9 kelas 5 mengenai macam-macam iklan (iklan kolom dan iklan baris).


Kunci jawaban tematik kelas 5 tema 9 semester 2 halaman 126 mengenai unsur dan senyawa zat tunggal dan campuran. Kunci jawaban soal tematik kelas 5 ini pun dilengkapi dengan bahan dan pembahasan yang terdapat di buku tema 9 subtema 3 pembelajaran 1 mulai dari halaman 121 hingga dengan halaman 127.


Bagi mempermudah pembaca menemukan kunci jawaban tematik kelas 5 tema 9 yang dicari, jawaban soalnya telah disusun berurutan menurut nomor halaman di buku pelajar kurikulum 2013 revisi terbaru. Berikut ini kunci jawaban soal tematik kelas 5 tema 9 subtema 3 pembelajaran 1.


Baca pun :




Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Subtema 3 Halaman 121


Ayo Mengamati


Ketika Edo dan Dayu melihat koran di papan pajang, Edo tertarik di sebuah iklan. Apa isi iklan yang dilihat Edo? Amatilah iklan berikut!


File Pendidikan

Setelah mengamati iklan di atas, coba kamu kemukakan mengenai:


1. Produk apa yang ditawarkan pada iklan tersebut?
Jawaban:
Produk yang ditawarkan pada iklan tersebut yakni air mineral.


2. Apa saja yang terdapat pada iklan tersebut?
Jawaban:



  • Nama produk

  • Gambar yang menarik

  • Kalimat iklan


3. Bagaimana kesimpulanmu mengenai isi teks paparan iklan tersebut?
Jawaban:
Isi teks paparan iklan tersebut menggunakan bahasa yang informatif, komunikatif, menarik serta bahasanya singkat dan padat..


Ayo Membaca


Iklan yakni sebuah informasi yang bertujuan bagi mendorong, membujuk/ memberikan pengaruh di khalayak ramai atau banyak orang agar tertarik di barang/jasa yang ditawarkan.


Tujuan iklan



  1. Memberitahukan kepada khalayak ramai mengenai suatu produk jasa.

  2. Memengaruhi khalayak ramai mengenai suatu produk jasa.

  3. Menyarankan seseorang bagi membeli dan menggunakan suatu produk jasa yang diiklankan.

  4. Memberi informasi mengenai produk jasa.

  5. Menarik khalayak ramai.



Ciri-ciri iklan yang bagus dan benar



  1. Informatif

  2. Komunikatif

  3. Bahasanya singkat dan padat

  4. Menarik



Wujud iklan pun bermacam-macam


1. Iklan Baris


Iklan baris yaitu iklan kecil (singkat) berisi penawaran/informasi mengenai sesuatu yang terdiri atas beberapa baris saja. Iklan baris disebut pun iklan mini.


Ciri-ciri iklan baris yaitu :



  • Terdiri atas 2 hingga 3 baris. Informasi yang terkandung di dalamnya hanya informasi urgen saja. Ditulis secara singkat, padat, namun jelas.

  • Dikelompokkan sesuai dengan jenis barang atau jasa yang ditawarkan.

  • Berupa kalimat-kalimat pendek dan biasanya menggunakan singkatan- singkatan bagi menghemat tempat.

  • Beberapa iklan baris dilengkapi dengan gambar ukuran kecil dan tak berwarna.

  • Dilengkapi dengan nomor telepon penjual bagi dihubungi pembeli.

  • Tak menggunakan ilustrasi grafis.

  • Biaya pemasangan tergolong murah karena tak membutuhkan tempat yang lebar.


Berikut yakni contoh iklan baris di koran.


File Pendidikan

2. Iklan kolom


Iklan kolom yakni iklan yang pemuatannya memanfaatkan beberapa bagian kolom dari halaman surat kabar.


Ciri-ciri iklan kolom yakni selaku berikut.



  • Terdiri atas ilustrasi/gambar/gambar/bagan dan kata-kata.

  • Ukurannya lebih besar dari/di iklan baris, bahkan ada yang penuh satu halaman koran.

  • Berisi penawaran, ajakan, dan bujukan bagi membeli produk/barang yang ditawarkan. Dapat pun berupa iklan pribadi atau keluarga yang berisi misalnya berita pernikahan, berita duka cita, atau ucapan terima kasih.


Berikut yakni contoh iklan kolom di koran.


File Pendidikan


Kunci Jawaban Buku Paket Tematik Pelajar Kelas 5 Tema 9 Halaman 124


Ayo Berlatih


Bacalah sebuah iklan di media cetak berikut ini.


File Pendidikan

Setelah membaca dan mengamati iklan di atas, jawablah pertanyaan berikut.


1. Apakah maksud dan tujuan iklan di atas?
Jawaban:
Mengajak masyarakat bagi tak merokok serta mengajak perokok aktif agar tak merokok di tempat umum, tempat kerja, di pada rumah, dan tempat ibadah.


2. Termasuk format iklan apa sekiranya iklan tersebut dimuat pada surat kabar?
Jawaban:
Iklan Kolom


3. Jelaskan kesimpulan isi teks paparan iklan di atas.
Jawaban:
Isi teks paparan iklan di atas betul-betul informatif, komunikatif, menarik, bahasanya singkat dan padat.


Edo merasa haus. Tak lama kemudian Edo mengambil segelas air putih lalu meminumnya. Edo mencermati iklan yang terdapat di soal latihan yang telah dikerjakannya. Ternyata, hari ini ia telah mempelajari iklan mengenai air dan udara. Air dan udara adalah benda-benda di lingkungan sekitar kita yang betul-betul dibutuhkan manusia.


Baca Pun : Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Kelas 5 Tema 7


Tahukah kamu? Udara adalah benda yang tak terlihat oleh mata, namun betul-betul dibutuhkan oleh manusia, bahkan hewan sekalipun. Udara yang bersih dan sehat yakni udara yang kaya akan oksigen. Sedangkan udara yang telah tercampur dengan asap rokok, asap kendaraan bermotor, dan asap-asap buangan pabrik adalah udara yang tak bersih. Kandungan pada udara yang tercemar asap-asap tersebut, tak lagi banyak mengandung oksigen. Kandungan udaranya telah tercampur zat-zat lain yang betul-betul merugikan medis.


Selain itu, benda lain yang tak kalah urgen untuk manusia yakni air. Air tak hanya digunakan bagi minum. Air pun betul-betul dibutuhkan bagi keperluan sehari-hari seperti mandi, mencuci alat-alat rumah tangga, dan mencuci baju. Air adalah benda tunggal. Akan tetapi, sesungguhnya air terbentuk atas hidrogen dan oksigen. Hidrogen dan oksigen pada air tak dapat dipisahkan, kecuali dengan reaksi kimia tertentu. Berbeda dengan tanah. Pada tanah dapat kamu jumpai adanya kerikil, batu, dan pasir yang dapat kamu pisahkan dengan tangan.


Secara umum, benda-benda di lingkungan sekitar kita (bahan) dapat dibedakan menjadi dua, yaitu zat tunggal dan campuran.
1. Zat tunggal
Zat tunggal yakni zat yang terdiri dari sejenis bahan. Zat tunggal dapat pun disebut zat murni. Diantara contoh zat tunggal yakni air. Zat tunggal dapat berupa unsur dan senyawa.


a. Unsur
Unsur yakni zat tunggal yang tak dapat diuraikan menjadi zat lain yang lebih sederhana. Contoh: besi, emas, aluminium, karbon, nitrogen, tembaga, perak, seng, dan oksigen.


b. Senyawa
Senyawa terbentuk oleh perikatan kimia dari dua atau lebih jenis unsur. Selaku contoh yakni air. Air terbentuk dari oksigen dan hidrogen. Contoh senyawa yang seringenboom kita temui pada kehidupan sehari-hari misalnya, garam dapur, gula pasir, asam cuka, sodawater kue, dan vitamin c.
2. Campuran
Campuran yakni gabungan dari dua zat atau lebih yang sifat asalnya tak hilang sama sekali. Campuran dapat dibentuk dari gabungan unsur dengan unsur, senyawa dengan unsur, atau senyawa dengan
senyawa.


Beberapa contoh campuran, antara lain: air laut, air sungai yang kotor, air kopi, air teh, larutan garam, larutan gula, sirop buah, baja, kuningan, udara, dan tanah.


Kunci Jawaban Buku Tematik Pelajar Kelas 5 Tema 9 Halaman 126


Ayo Berlatih


Agar kamu lebih memahami mengenai zat tunggal, lengkapilah tabel penggolongan unsur dan senyawa berikut.


File Pendidikan


Benda atau bahan yang berada di lingkunganmu dapat memberikan manfaat untuk kehidupan. Benda atau bahan ada yang termasuk zat tunggal (unsur dan senyawa) maupun ke pada campuran. Selaku contoh, air yakni zat tunggal yang adalah senyawa. Air betul-betul bermanfaat untuk kehidupan manusia. Air bermanfaat bagi minum, mandi, mencuci pakaian, dan lain-lain. Air pun bermanfaat untuk hewan dan tumbuhan. Banyak benda atau bahan di sekitarmu yang dapat memberikan manfaat untuk kehidupan


Demikianlah kunci jawaban tematik kelas 5 tema 9 benda-benda di lingkungan sekitar subtema 3 manusia dan benda-benda di lingkungannya pembelajaran 1 halaman 121, 124, dan 126. Semoga kunci jawaban tematik kelas 5 SD ini dapat memberikan manfaat untuk para pembaca dimanapun berada.



Yuk tonton pun video kunci jawaban tematik kelas 5 tema 9 halaman 121, 124, dan 126 berikut ini.





Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top