Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 129, 130, 131, 132, 133, 134, 135, 136 - Maya Blog

Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 129, 130, 131, 132, 133, 134, 135, 136


File Pendidikan


Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 129, 130, 131, 133, 134, 135, 136


Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 129, 130, 131, 132, 133, 134, 135, 136 – Kunci jawaban soal buku tematik pelajar kelas 5 tema 9 benda-benda di sekitar kita subtema 3 manusia dan benda di lingkungannnya pembelajaran 2 kurikulum 2013 revisi terbaru. Kunci jawaban tematik kelas 5 tema 9 halaman 129 mengenai mendiskusikan gambar iklan payung lukis. Jawaban soal tema 9 kelas 5 halaman 130 mengenai iklan kolom pada sebuah koran.


Kunci jawaban tematik kelas 5 tema 9 semester 2 halaman 131 membahas pertanyaan mengenai mengamati gelas yang berisi air dan pasir. Jawaban soal tema 9 kelas 5 halaman 132 mengenai percobaan campuran homogen dan heterogen.


Kunci jawaban tema 9 kelas 5 subtema 3 pembelajaran 2 halaman 133 mengenai karya seni rupa yang terdapat di daerah. Jawaban soal buku pelajar kelas 5 tema 9 halaman 134 dan 135 mengenai ciri-ciri, manfaat dan jenis karya seni rupa. Kunci jawaban buku paket tematik kelas 5 tema 9 halaman 136 mengenai report hasil diskusi kepada banyaknya ragam seni rupa daerah di Indonesia.


Kunci jawaban tematik kelas 5 SD ini dikerjakan merujuk pada buku pelajar tema 9 benda-benda di sekitar kita kurikulum 2013 (K13) revisi terbaru. Selain kunci jawaban tematik, terdapat pun bahan pembelajaran yang didukung dengan gambar-gambar yang menarik seperti yang terdapat pada buku paket pelajar tema 9 kelas 5 SD/MI.


Baca pun :




Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 129, 130, 131, 132, 133, 134, 135, 136


Rabu pagi, Edo bersiap-siap pergi ke sekolah. Edo memakai baju batik yang adalah seragam identitas sekolahnya. Sebelum pergi, Edo tak lupa menyantap sarapan pagi dan minuman gelas susu yang telah disediakan oleh ibunya.


Ayo Mengamati


Pagi itu Edo pergi sekolah. Tak lupa Edo berpamitan dengan ayah dan ibunya. Sesampai di sekolah, Edo belajar mengenai iklan.


Edo dan teman- teman mengamati sebuah iklan dari selebaran yang dibawa oleh Ibu Pengajar. Di pembahasan mengenai iklan sebelumnya, kamu telah mengetahui mengenai pengertian iklan, ciri-ciri iklan, dan bentuk-bentuk iklan di media cetak.


File Pendidikan

Kini kamu akan mempelajari mengenai unsur-unsur iklan dan ciri-ciri bahasa yang digunakan pada penyusunan iklan di media cetak.


Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Subtema 1 Halaman 129


Ayo Berdiskusi


Bentuklah kelompok terdiri atas lima anak. Setelah mengamati iklan di gambar di atas, diskusikan bersama kelompokmu mengenai unsur-unsur iklan. Tuliskan di kolom berikut.


File Pendidikan

Agar dapat menarik perhatian khalayak, iklan pada media cetak mempunyai ciri-ciri bahasa selaku berikut.



  • Menggunakan bahasa yang singkat, padat, dan jelas.

  • Menggunakan bahasa yang memikat dan mempunyai daya sugesti.

  • Menggunakan kata konotasi positif.

  • Isinya bersifat objektif, jujur, singkat, jelas, dan menarik.



Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Subtema 1 Halaman 130



Ayo Berlatih


Bagi memperdalam pengetahuan kamu mengenai iklan, lakukanlah latihan berikut. Perhatikan iklan kolom pada sebuah koran berikut.


File Pendidikan

Setelah kamu membaca iklan tersebut, jawablah pertanyaan di bawah ini.


1. Sebutkan unsur-unsur yang terdapat pada iklan di atas.
Jawaban :
Unsur-unsur yang terdapat di iklan tersebut yakni :



  • Nama produk

  • Gambar yang menarik

  • Kalimat iklan

  • Keunggulan produk

  • Nomor telepon

  • Tempat tinggal pengiklan


2. Bagaimana ciri-ciri bahasa yang terdapat di iklan tersebut?
Jawaban :



  • Menggunakan bahasa yang singkat, padat, dan jelas.

  • Menggunakan bahasa yang memikat dan mempunyai daya sugesti.

  • Menggunakan kata konotasi positif.

  • Isinya bersifat objektif, jujur, singkat, jelas, dan menarik.


3. Buatlah gambar (visual) mengenai kesimpulan isi teks paparan iklan di atas.


File Pendidikan

Ayo Membaca


Setelah mempelajari dan mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan iklan, Edo dan teman-teman beristirahat. Edo dan Dayu pergi ke kantin sekolah.


Mereka membeli segelas teh manis. Edo memperhatikan dikala Ibu kantin membangun teh manis. Teh manis dikerjakan dengan mencampurkan gula pasir dengan air teh kemudian diaduk rata.


Setelah Ibu kantin selesai membangun teh manis, diserahkannya teh manis tersebut kepada Edo dan Dayu. Setelah membayarnya, mereka segera menikmati teh manis sambil duduk di kantin sekolah.


Kamu tentu masih ingat mengenai pengelompokan zat menjadi zat tunggal dan campuran. Zat tunggal terdiri atas unsur dan senyawa. Kalium ini kamu dapat mempelajari mengenai zat campuran dengan lebih terperinci.


Simak penjelasan berikut.
Dikala Ibu kantin membangun teh manis bagi Edo, berarti Ibu kantin membangun suatu campuran. Campuran yang dikerjakan oleh Ibu kantin yaitu campuran antara gula pasir dan air teh selaku pelarut. Kamu pun dapat membangun campuran sendiri.


Misalnya, dikala kamu membangun susu. Kamu akan mencampurkan susu dengan air. Dikala kamu membuatkan kopi bagi ayahmu, kamu akan mencampurkan kopi, gula, dan air. Di dasarnya, suatu campuran dapat berupa unsur dengan unsur ataupun unsur dengan senyawa.


Baca Pun : Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Kelas 5 Tema 7


Komposisi unsur-unsur atau senyawa penyusun suatu campuran tak tertentu. Sifat asli zat-zat pembentuk campuran masih tampak, sehingga komponen penyusun campuran tersebut dapat dikenali dan dapat dipisahkan lagi.


Ada dua macam campuran, yaitu campuran homogen dan campuran heterogen. Di subtema sebelumnya telah dibahas ridderzaal tersebut.


Kunci Jawaban Buku Tematik Pelajar Kelas 5 Tema 9 Halaman 131


Ayo Berlatih


1. Coba amati segelas air gula. Gula tercampur sempurna dengan air sehingga campuran antara gula dengan air tampak jernih. Berarti pada ridderzaal ini gula tercampur rata dengan air. Termasuk campuran apakah peristiwa ini? Berikan penjelasannya.
Jawaban :
Gula tercampur dengan air adalah peristiwa gabungan dari dua zat senyawa dengan sempurna (homogen), yaitu air yang terbentuk dari oksigen dan hidrogen bercampur dengan gula pasir membangun gula pasir larut dengan sempurna yang menyebabkan air menjadi manis. Campuran ini dinamakan.


2. Cobalah amati segelas air yang di dalamnya terdapat pasir. Apakah pasir dapat larut dengan sempurna sehingga larutan terlihat jernih? Tentu tak bukan? Termasuk campuran apakah peristiwa ini?
Jawaban :
Gelas air yang terdapat pasir di dalamnya adalah campuran heterogen (zat penyusunnya tak tercampur sempurna). Air yang adalah senyawa bercampur dengan unsur pasir membangun pasir tak dapat larut dengan sempurna dan zat penyusun dari campuran ini masih dapat dibedakan.



Kunci Jawaban Buku Paket Tematik Pelajar Kelas 5 Tema 9 Halaman 132


Ayo Mencoba


Kini kamu telah memahami mengenai campuran dan mengetahui contoh- contoh campuran. Cobalah bagi bereksperimen dengan membangun campuran seperti di kegiatan berikut.


Buatlah kelompok dengan anggota 5 orang. Kemudian, lakukan percobaan berikut ini. Percobaan ini bagi menentukan jenis campuran beberapa benda.


Berikut yakni hal-hal yang mesti diperhatikan pada mengerjakan percobaan.



  1. Alat dan bahan

  2. Langkah percobaan.

  3. Buatlah kesimpulan dari percobaan yang kalian lakukan dengan menentukan jenis campuran.

  4. Buatlah report hasil percobaan kalian.


Jawaban :
Hasil Percobaan Campuran Homogen dan Heterogen
1. Tujuan :
Menentukan jenis dari campuran beberapa benda.


2. Alat dan bahan :
4 buah gelas, 4 buah sendok, air, minyak goreng, pasir, tanah, susu bubuk, dan garam.


3. Strategi dari percobaan :



  • Gelas 1 diisi dengan minyak dan air, setelah itu diaduk dengan sendok

  • Gelas 2 diisi dengan pasir dan tanah, setelah itu diaduk dengan sendok

  • Gelas 3 diisi dengan garam dan air, setelah itu diaduk dengan sendok

  • Gelas 4 diisi dengan susu bubuk dan air, setelah itu diaduk dengan sendok

  • Mengamati ke-4 campuran tersebut, kemudian segera menentukan campuran dari masing-masing gelas apakah termasuk campuran heterogen atau campuran homogen

  • Mencatat hasil dari pengamatan ke pada tabel


4. Gegevens hasil Pengamatan




  • Gelas 1 menunjukkan air dan minyak tak tercampur sempurna (heterogen)

  • Gelas 2 menunjukkan pasir dan tanah tak tercampur sempurna (heterogen)

  • Gelas 3 menunjukkan garam dan air tercampur dengan sempurna (homogen)

  • Gelas 4 menunjukkan susu buku dan air tercampur sempurna (homogen)



Ayo Membaca


Edo dan Dayu sedang asyik mengobrol di kantin sambil minum teh manis. Tiba-tiba terdengar schel berbunyi. Edo dan Dayu segera menuju ke kelas bagi mengikuti pembelajaran berikutnya.


Pak Pengajar menunjukkan baju batik yang dikenakannya di peserta didik. Pak Pengajar pun meminta peserta didik mengamati baju seragam batik yang sedang dikenakannya.


Batik adalah diantara hasil karya seni rupa daerah. Apakah yang dimaksud dengan seni rupa daerah?


Seni rupa daerah yakni cabang seni rupa. Seni rupa daerah mempunyai suatu ciri khas dari latar belakang sejarah suatu wilayah.


Oleh karena itu, seni rupa daerah mempunyai perbedaan dengan karya seni daerah lain. Karya seni rupa daerah dipengaruhi oleh corak seni tradisional.


Corak seni tradisional terdiri atas karya seni rupa dua dimensi dan karya seni rupa tiga dimensi. Karya seni rupa dua dimensi berupa karya tekstil, misalnya kain batik, kain tenun, dan kain songket.


Karya seni rupa tiga deminsi, contohnya ukiran kayu, keramik, dan patung.


File Pendidikan

Karya seni daerah bercorak tradisional, biasanya menggunakan motif yang bersifat turun-temurun atau selalu sama dengan sebelumnya.


File Pendidikan

Daerah masyarakat pesisir pantai, biasanya akan lebih didominasi dengan wujud seni rupa bermotif ikan, gelombang laut, karang, dan kapal.


Sementara daerah masyarakat pegunungan, akan lebih didominasi dengan wujud karya seni rupa bermotif buah, pepohonan, bunga, dan hewan-hewan.


Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Subtema 1 Halaman 133


Ayo Berlatih


Di daerah mana kamu tinggal? Apa karya seni rupa yang terdapat di daerahmu? Jelaskan karya seni rupa tradisional yang terdapat daerahmu. Uraikan pada kolom berikut.
Jawaban :
Jawaban disesuaikan dengan karya seni rupa daerah masing-masing pelajar.


Secara umum, karya seni rupa daerah mempunyai ciri-ciri selaku berikut.


1. Bersifat kedaerahan.


2. Dipengaruhi oleh budaya dan latar belakang sejarah suatu wilayah



  • Mengandung simbol-simbol dan bermakna.

  • Seringkali digunakan bagi upacara adat, agama, atau keperluan sehari-hari.

  • Dikerjakan dari bahan alam yang berasal dari lingkungan.


3. Corak dan motifnya dipengaruhi oleh kondisi fisik atau geografi suatu daerah, dipengaruhi pun oleh corak seni tradisional masyarakat setempat.


Guna karya seni rupa daerah dibedakan menjadi manfaat individual dan manfaat sosial:


1. Guna individual
Selaku media bagi mengekspresikan jiwa, emosi dan mencerminkan semua sesuatu, bagus suka, duka, dan marah. Selain itu, karya seni pun selaku media mengekspresikan cita-cita, pandangan hidup, watak, wujud, corak bahan, dan pun teknik.


2. Guna sosial



  • Selaku media pendidikan

  • Selaku media hiburan (refreshing)

  • Selaku media komunikasi

  • Selaku media keagamaan


Merujuk pada jenisnya, seni rupa daerah terbagi menjadi dua, yaitu seni murni dan seni terapan.


1. Seni rupa murni
Seni rupa murni yakni karya seni rupa yang mengutamakan segi keindahan tanpa memperhatikan manfaat. Contoh lukisan dan patung.


2. Seni rupa terapan
Seni rupa terapan yakni karya seni rupa yang mengutamakan manfaat, namun tetap memperhatikan segi keindahan. Contoh batik, ukiran kayu, gerabah, dan lain-lain.


Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Subtema 1 Halaman 134, 135


Ayo Berlatih


Kamu telah mengetahui mengenai seni rupa daerah. Bagi lebih memahami mengenai karya seni rupa daerah, cobalah bagi mengerjakan latihan berikut.


1. Sebutkan pelbagai jenis karya seni rupa daerah di Indonesia yang kamu ketahui.
Jawaban :
Karya sei rupa dua dimensi dan karya seni rupa tiga dimensi


2. Sebutkan ciri-ciri umum karya seni rupa daerah.
Jawaban :
1. Bersifat kedaerahan.
2. Dipengaruhi oleh budaya dan latar belakang sejarah suatu wilayah



  • Mengandung simbol-simbol dan bermakna.

  • Seringkali digunakan bagi upacara adat, agama, atau keperluan sehari-hari.

  • Dikerjakan dari bahan alam yang berasal dari lingkungan.





3. Corak dan motifnya dipengaruhi oleh kondisi fisik atau geografi suatu daerah, dipengaruhi pun oleh corak seni tradisional masyarakat setempat.


3. Sebutkan dua macam seni rupa merujuk pada jenisnya.
Jawaban :
Merujuk pada jenisnya, seni rupa daerah terbagi menjadi dua, yaitu :
1. Seni rupa murni
Seni rupa murni yakni karya seni rupa yang mengutamakan segi keindahan tanpa memperhatikan manfaat. Contoh lukisan dan patung.

2. Seni rupa terapan
Seni rupa terapan yakni karya seni rupa yang mengutamakan manfaat, namun tetap memperhatikan segi keindahan. Contoh batik, ukiran kayu, gerabah, dan lain-lain.


4. Sebutkan 3 contoh seni rupa terapan yang terdapat di sekitar daerahmu.
Jawaban :
Contoh karya seni rupa terapan yaitu batik, ukiran kayu, dan gerabah.
(Alternatif jawaban lainnya dapat menyesuaikan dengan daerah dan lingkungan sekolah masing-masing)


5. Sebutkan manfaat karya seni rupa daerah.
Jawaban :
1. Guna individual
Selaku media bagi mengekspresikan jiwa, emosi dan mencerminkan semua sesuatu, bagus suka, duka, dan marah. Selain itu, karya seni pun selaku media mengekspresikan cita-cita, pandangan hidup, watak, wujud, corak bahan, dan pun teknik.

2. Guna sosial



  • Selaku media pendidikan

  • Selaku media hiburan (refreshing)

  • Selaku media komunikasi

  • Selaku media keagamaan 



Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Subtema 1 Halaman 136




Ayo Berdiskusi


Karya seni rupa daerah di Indonesia benar-benar beragam. Setiap daerah mempunyai karya seni yang unik dan khas sehingga berbeda dari daerah lain.


Mulai dari batik, tenun/songket, ukir, anyaman, gerabah, hingga lukisan, dan patung semuanya mempunyai ciri tradisional daerah asalnya.


Beragamnya karya seni rupa daerah menunjukkan kekayaan budaya Indonesia. Coba kamu diskusikan bersama kelompokmu.


Apa yang mesti kalian lakukan dengan banyaknya ragam seni rupa daerah di Indonesia? Kenapa demikian? Tulislah hasil diskusi pada kolom berikut.


Jawaban :
Kita mesti menghormati keanekaragaman karya seni tersebut dengan cara :



  • Menghormati kelompok/suku/daerah lain yang mempunyai karya seni yang berbeda

  • Tak menghina hasil karya seni daerah lain

  • Mau menonton/menikmati hasil karya seni daerah lain

  • Mau belajar dan mengoptimalkan pelbagai karya seni tradisional tersebut

  • Bangga dengan karya seni pada negeri yang tersebar di pelbagai daerah di Indonesia


Karena dengan menghormati, menghargai dan mempelajari pelbagai karya seni di pelbagai daerah Indonesia, karenanya kita turut melestarikan budaya Indonesia, serta dapat memperkuat rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.


Demikianlah Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita Subtema 3 Manusia dan benda di lingkungannya Pembelajaran 2 Halaman 129, 130, 131, 132, 133, 134, 135, 136. Semoga kunci jawaban tematik SD kelas 5 ini dapat memberikan manfaat untuk para pembaca di manapun berada.




Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top