Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 174, 175, 176, 177, 181 - Maya Blog

Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 174, 175, 176, 177, 181

File Pendidikan


Kunci Jawaban Soal Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 174, 175, 176, 177, 181


Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 174, 175, 176, 177, 181 – Kumpulan Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 5 Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita Subtema 3 Manusia dan Benda di Lingkungannya Pembelajaran 6 Kurikulum 2013 (K13) Revisi Terbaru. Kunci Jawaban Tematik ini pun dilengkapi dengan bahan pembelajaran dan gambar-gambar yang terdapat di buku pelajar tema 9 kelas 5 semester 2.


Kunci Jawaban Tema 9 Halaman 174 Kelas 5 mengenai pertanyaan merancang kesimpulan isi iklan BPJS. Jawaban Soal Tema 9 Halaman 175 mengenai memahami isi iklan di media elektronik (internet, televisi, atau radio). Kunci jawaban tema 9 halaman 176, yaitu merancang report hasil diskusi mengenai akibat yang ditimbulkan sekiranya tak terjadi kerukunan hidup.


Kunci Jawaban Tema 9 Halaman 177 membahas latihan soal bagi menguji pengetahuan pelajar mengenai hidup rukun. Jawaban Tema 9 halaman 181 mengenai report hasil diskusi persiapan pameran kelas. Seperti apa kunci jawaban tematik kelas 5 tema 9 subtema 3 pembelajaran 6, silakan dilihat berikut ini.


Baca pun :




Kunci Jawaban Buku Paket Kelas 5 Tema 9 Halaman 174, 175, 176, 177, 181


Dayu, Siti, Lani, dan Beni sedang asyik mengerjakan fungsi sekolah di rumah Edo. Mereka mencari wetsartikel di internet dengan menggunakan komputer milik ayah Edo.


Sesekali ayah Edo memberikan bimbingan dan arahan pada menggunakan internet. Tak sengaja mereka melihat ada iklan yang terpampang di halaman depan sebuah situs pendidikan.


Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Subtema 3 Halaman 174


Ayo Mengamati


Ketika Edo, Lani, Siti, Dayu, dan Beni sedang asyik mencari wetsartikel, tiba-tiba muncul sebuah iklan. Iklan tersebut muncul dikala mereka membuka sebuah situs bagi mencari wetsartikel yang menjadi fungsi sekolah mereka. Iklan apa yang muncul?


Amatilah iklan yang muncul dikala Edo membuka sebuah situs.


File Pendidikan

Tuliskan isi iklan di atas di kolom berikut.


Iklan tersebut dibangun oleh instansi pemerintah, yaitu Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) yang yang bertujuan bagi memberitahu pengguna BPJS agar tak lupa dengan Tanggal Pembayaran Iuran JKN-KIS.

Tahukah kamu bahwa iklan elektronik dapat dikelompokkan menjadi 3 jenis merujuk pada isinya?


Menurut isinya, jenis-jenis iklan elektronik dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu selaku berikut:


1. Iklan komersial


Iklan komersial ialah iklan yang menginformasikan produk barang atau jasa yang ditawarkan oleh pemasar.


2. Iklan perusahaan


Iklan perusahaan ialah iklan yang menekankan di citra perusahaan. Iklan perusahaan umumnya dirancang dengan tujuan tertentu yang menguntungkan perusahaan di lama datang. Tujuan utama iklan perusahaan ialah meningkatkan citra perusahaan di mata masyarakat.


3. Iklan layanan masyarakat


Iklan layanan masyarakat ialah iklan yang bertujuan bagi memberikan penjelasan atau informasi kepada masyarakat. Iklan layanan masyarakat ini biasanya dibangun oleh instansi pemerintah.


Kunci Jawaban Soal Tema 9 Kelas 5 Halaman 175


Ayo Berlatih


Bagi lebih memahami mengenai isi iklan di media elektronik, cobalah kamu mengamati diantara iklan di media elektronik (televisi/radio/internet). Setelah itu buatlah kesimpulan isi dari iklan yang kamu amati secara visual (menggunakan gambar).


Buatlah gambar dan kesimpulan isi iklan di kotak berikut.


File Pendidikan


Kesimpulan :
Iklan di atas adalah iklan internet jenis banner. Iklan internet jenis banner yaitu iklan di papan iklan mini yang tersebar di sebuah halaman web. Isi iklan internet tersebut ialah menawarkan produk makanan. Produk makanan yang ditawarkan ialah mie instan dengan merknaam yumi Mihoen. Mihoen instan ini dapat dinikmati dikala sibuk ataupun santai, bagus sendiri maupun bersama teman-teman. yumi Mihoen adalah makanan cepat saji yang enak sekiranya dinikmati dikala masih hangat. Suasana pun akan semakin hangat dengan ditemani yumi Mihoen.

Dikala Edo, Beni, Siti, Lani, dan Dayu sedang mengerjakan fungsi, terjadi perbedaan pendapat antara Lani dan Beni dengan Siti, Edo, dan Dayu. Perbedaan pendapat yang terjadi sulit bagi disatukan, sehingga timbul perdebatan yang sengit.


Ayah Edo yang duduk tak jauh dari mereka memberi nasihat bahwa pada berdiskusi pasti ada perbedaan pendapat, namun tak seharusnya menjadi sumber perpecahan. Kerukunan mesti tetap terjaga bagus dengan teman di sekolah, keluarga, bahkan dengan masyarakat.


Kunci Jawaban Soal Tema 9 Kelas 5 Halaman 176


Ayo Berdiskusi


Bagaimana akibatnya sekiranya tak terjadi kerukunan hidup? Bagi menjawab pertanyaan ini, kamu dapat bergabung dengan temanmu menyusun kelompok terdiri atas tiga anak.


Diskusikanlah dengan anggota kelompokmu mengenai akibat-akibat yang timbul sekiranya hidup tak rukun. Buatlah kesimpulan hasil diskusi kelompokmu di kolom berikut dan presentasikan di depan kelas.


Jawaban :


Akibat sekiranya tak terjadi kerukunan hidup ialah gampang terjadi pertengkaran, kehidupan menjadi tak tenteram, gampang terkena hasutan orang lain, terjadi perpecahan karena tak adanya rasa persatuan dan kesatuan.

Tahukah kamu bahwa kerukunan ialah suatu perilaku yang mencerminkan adanya saling pengertian agar tercipta perdamaian, persahabatan, dan persaudaraan?


Ciri-ciri hidup rukun selaku berikut.



  1. Menghargai pendapat orang lain.

  2. Menghargai hasil karya orang lain.

  3. Membina hubungan bagus.

  4. Saling menghormati.

  5. Saling menyayangi.



Manfaat atau pentingnya hidup rukun di antaranya selaku berikut.



  1. Tak adanya pertengkaran.

  2. Hidup pada keluarga menjadi harmonis.

  3. Hidup menjadi aman.

  4. Hidup menjadi tenteram dan damai.

  5. Memperkukuh persatuan dan kesatuan.



Akibat hidup tak rukun, antara lain selaku berikut.



  1. Gampang terjadi pertengkaran.

  2. Kehidupan menjadi tak tenteram.

  3. Gampang terkena hasutan orang lain.

  4. Terjadi perpecahan karena tak adanya rasa persatuan dan kesatuan.



Kunci Jawaban Buku Pelajar Tema 9 Kelas 5 Halaman 177


Ayo Berlatih


Agar pengetahuan kamu mengenai hidup rukun lebih mendalam, cobalah mengerjakan latihan berikut ini.


1. Apakah yang dimaksud dengan kerukunan hidup?
Jawaban :


Kerukunan hidup ialah suatu perilaku yang mencerminkan adanya saling pengertian agar tercipta perdamaian, persahabatan, dan persaudaraan

2. Bagaimana ciri-ciri keluarga yang hidup rukun?
Jawaban :


Ciri-ciri keluarga yang hidup rukun ialah menghargai pendapat orang lain, menghargai hasil karya orang lain, membina hubungan bagus, saling menghormati, saling menyayangi.

3. Sebutkan manfaat hidup rukun?
Jawaban :


Manfaat hidup rukun ialah Tak adanya pertengkaran, Hidup pada keluarga menjadi harmonis, Hidup menjadi aman, Hidup menjadi tenteram dan damai, Memperkukuh persatuan dan kesatuan.

4. Sebutkan akibat yang terjadi sekiranya tak tercipta kerukunan hidup bermasyarakat?
Jawaban :


Akibat yang terjadi sekiranya tak tercipta kerukunan hidup bermasyarakat ialah gampang terjadi pertengkaran, kehidupan menjadi tak tenteram, gampang terkena hasutan orang lain, terjadi perpecahan karena tak adanya rasa persatuan dan kesatuan.

Edo, Siti, Lani, Dayu, dan Beni memperhatikan ayah Edo yang sedang memberi nasihat. Di intinya kerukunan mesti tetap dijaga meski terdapat banyak perbedaan, bagus itu perbedaan suku, agama, ras, dan budaya.


Ketika disinggung masalah budaya, Edo teringat mengenai fungsi sekolah, yaitu merancang kain batik jumputan. Batik adalah diantara karya seni tekstil Indonesia.


Ayo Membaca


Mengenal Batik Indonesia


Batik di tanah air dibedakan menjadi dua, yaitu batik klasik (batik Surakarta dan Yogyakarta) dan batik pesisir. Motif batik klasik dianggap masih asli atau belum terpengaruh budaya asing. Lain dengan batik pesisir yang telah banyak terpengaruh budaya asing.


Keunikan batik klasik, yaitu motifnya lebih condong di motif-motif geometris, pewarnaan yang kalem serta lebih condong di warna-warna gelap seperti cokelat, hitam, biru tua, dan merah marun. Keunikan yang lain, yaitu adanya makna simbolis yang terkandung pada motif hias batik klasik.


Makna simbolis itu kebanyakan berupa doa atau harapan yang baik-baik kepada pemakainya. Selaku contoh, motif grompol di batik Yogyakarta. Motif ini digunakan oleh mempelai pengantin dikala upacara pernikahan.


Motif grompol berarti berkumpul atau bersatu. Adapun kandungan makna motif ini, yaitu doa/ harapan agar rejeki, keselamatan, kesejahteraan, dan semua yang baik- bagus berkumpul bagi mempelai berdua. Motif dengan kandungan makna serupa, terdapat di motif sidomukti dari Surakarta.


Motif ini pun dikenakan mempelai di upacara pernikahan. Sido berarti jadi atau terus-menerus, dan mukti berarti hidup berkecukupan. Jadi, kandungan makna motif sidomukti ialah harapan atau doa agar pengantin dapat hidup berkecukupan.


Teknik perancangan batik klasik tergolong unik. Batik klasik dibangun dengan canting tulis dan bahan perintang yang disebut malam atau lilin batik. Di proses membatik dengan canting tulis, sebelum memulai perintangan, pola atau motif digambar terlebih dahulu di atas kain.


Kemudian, motif ditutup malam. Proses pemalaman dimulai dari motif sangat luar yang biasanya besar. Kemudian, dilanjutkan pemalaman di isen-isen (motif-motif kecil) yang Iebih rumit. Secara umum, proses pemalaman batik terdiri atas beberapa tahap selaku berikut.



  • Nglowongi, yaitu proses pemalamam garis bidang pola terluar.

  • Nembok, adalah proses pemalaman bagi menutup bidang pola agar tak tercelup warna dikala dilakukan pencelupan.

  • Mbironi, di dasarnya sama dengan nembok, tapi proses ini hanya dilakukan sekiranya warna biru di kain direncanakan tetap berwarna biru.

  • Nonyok, adalah pemalaman di bidang latar. Setelah lewat proses pemalaman, proses berikutnya, yaitu pewarnaan atau pencelupan dan nglorot atau pengilangan malam, yang biasanya dengan cara mencelupkan ke pada air panas/mendidih.


Batik pesisir dapat dinamakan bertolak belakang dengan batik klasik. Motif batik pesisir cenderung bersifat naturalis, menggunakan warna-warna cerah seperti merah, biru, hijau, dan jingga.


Motif batik pesisir menyampingkan makna simbolis, dan Iebih menekankan segi keindahan motif. Selain itu, banyak ditemukan pengaruh budaya Eropa dan Cina di motif pesisir.


Baca pun : Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Kelas 5 Tema 7


Selaku contoh, motif putri salju dan motif cinderela di batik PekaIongan, dan motif mega mendung di batik Cirebon. Di daerah Jambi dan Cirebon terdapat batik dengan motif kaligrafi arab.


Di Jambi, motif ini disebut motif basurek yang berarti bersurat, disebut demikian karena isinya adalah penggalan surat pada Nu-Quran.


Kamu telah membaca bacaan mengenai batik di Indonesia.Kamu pun telah mengetahui mengenai bagaimana merancang batik jumputan (ikat celup). Batik jumputan adalah kain batik yang dikerjakan dengan teknik benar-benar sederhana.


Coba kamu bandingan dengan batik cap dan batik tulis. Jenis kain batik tersebut dibangun dengan teknik yang lebih rumit, yaitu menggunakan lilin selaku bahan penutup dan proses pelorotan setelah pencelupan pada bahan pewarna.


Ayo Berkreasi


Kini, saatnya kamu berkreasi merancang batik dengan teknik perintangan sederhana. Perhatikan langkah-langkahnya, kemudian tirukan. Berhati-hatilah dikala berkarya, apalagi dikala menggunakan api dan air mendidih. Perhatikan keselamatanmu.
1. Menyiapkan alat dan bahan
2. Membangun pola gambar di kain
3. Menutup bagian gambar dengan lilin
4. Menyiapkan larutan bagi merendam kain
5. Mencelupkan dan menghilangkan lilin
6. Hasil jadi


Kunci Jawaban Buku Paket Tema 9 Kelas 5 Halaman 181


Ayo Berdiskusi


Persiapkan pameran hasil karya bersama teman-teman satu kelas setelah ujian kenaikan kelas. Apa saja persiapan yang akan kalian lakukan.


Coba, diskusikan bersama teman satu kelas. Kemudian, tuliskan hasil diskusi di kolom berikut.


persiapan yang akan dilakukan ialah merancang panitia pameran, merancang pembagian fungsi panitia pameran, merancang jadwal pameran (waktu dan tempat pameran), menyiapkan karya yang akan dipamerkan, merancang iklan pameran hasil karya, merancang report hasil pameran.

Demikianlah Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Benda-Benda di Sekitar Kita Subtema 3 Manusia dan Benda di Lingkungannya Pembelajaran 6 Halaman 174, 175, 176, 177, 181. Semoga Kunci Jawaban Soal Buku Pelajar Kelas 5 Kurikulum ini dapat memberikan manfaat untuk pembaca di manapun berada.



Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top