Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 186 187 - Maya Blog

Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 186 187


File Pendidikan


Kunci Jawaban Soal Buku Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 186 & 187



Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 186 & 187 – Kunci Jawaban Soal Halaman 186 & 187 Buku Tematik Pelajar Kurikulum 2013 Revisi Terbaru Kelas 5 Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita Membahas Mengenai Kegiatan Dengan Literasi. Bahan kegiatan dengan literasi tersebut yakni teks bacaan “Lomba Seni Mempererat Persatuan”.


Setelah membaca teks yang berjudul “Lomba Seni Mempererat Persatuan” di halaman 183 – 185, berikutnya pelajar akan menjawab beberapa pertanyaan terkait teks bacaan tersebut. Sebelum mengetahui jawaban soal halaman 186 & 187 tema 9, yuk kita baca lebih dulu teks yang berjudul “Lomba Seni Mempererat Persatuan” berikut ini.


Lomba Seni Mempererat Persatuan


Kepala sekolah SD Nusantara, Pak Bani Raharja, mengumumkan kepada pelajar kelas IV dan V bahwa SD Nusantara akan mengikuti Festival dan Lomba Seni Pelajar Nasional (FLS2N). Segala pelajar mendengarkan dengan saksama pengumuman dari Pak Bani tersebut.


“Anak-anak, SD Nusantara terpilih mewakili Kecamatan Banyuwarna bagi mengikuti Festival dan Lomba Seni Pelajar Nasional di tingkat Kabupaten Siliwangi.”


“Horeee…,” jawab anak-anak gembira.


“Oleh karena itu, kita akan menyelenggarakan audisi bagi kegiatan festival tersebut. Audisi bertujuan memilih pelajar yang akan mewakili SD Nusantara mengikuti lomba tersebut.”


“Yee…,” terdengar suara kegembiraan anak-anak. Ada sebahagian dari mereka yang bertepuk tangan.


“Siapa yang tahu mengenai Festival dan Lomba Seni Pelajar Nasional?” tanya Pak Bani.


“Lomba seni, schenkkan Pak?” jawab Mahesa.


“Iya. Betul. Jadi, Festival dan Lomba Seni Pelajar Nasional atau FLS2N yakni semacam olimpiade, tetapi khusus di bidang seni. Kegiatan ini diselenggarakan di tingkat kabupaten, provinsi, dan nasional.


“Wah…..” jawab anak-anak terkagum-kagum.


“Bila kelak kalian menang di tingkat kabupaten, kalian akan mewakili Kabupaten Siliwangi maju ke tingkat provinsi.” “Wah…..” jawab anak-anak.


“Baiklah, anak-anakku. Bila kalian tertarik mengikuti audisi harap segera mendaftar di tempat Bu Rastini.


Segala pelajar tampak gembira mendengarkan informasi tersebut. Segala pelajar antusias mendaftar audisi. Audisi yang dilakukan pihak sekolah di antaranya membaca puisi, menyanyi, menari tradisional, dan merancang poster. Para pelajar berharap dapat mewakili SD Nusantara di ajang bergengsi tersebut.


Hari audisi pun tiba. Para pelajar yang telah mendaftar, menjalani tes kemampuan yang ditetapkan sekolah. Mereka mengikuti audisi sesuai bidang yang telah dipilih. Bu Rastini dan beberapa pendidik melihat kemampuan para pelajar SD Nusantara.


Setelah via beberapa pertimbangan, pihak sekolah memilih sejumlah pelajar bagi mengikuti festival seni tersebut. Pak Bani memutuskan akan mengirim sejumlah pelajar bagi mengikuti lomba paduan suara, membaca puisi, menari tradisonal, dan merancang poster.



Selaku pendidik pendamping, Bu Rastini membimbing pelajar mengerjakan latihan. Bu Rastini dibantu beberapa pendidik lain melatih pelajar terpilih selaku persiapan lomba. Bu Rastini bertugas melatih kelompok paduan suara SD Nusantara.


Bu Rini membimbing pelajar berlatih menari tradisional. Bu Sapti bertugas melatih pelajar membaca puisi dan Pak Rudi bertugas melatih pelajar menggambar poster.



Kelompok paduan suara SD Nusantara terdiri atas 15 pelajar. Anggota kelompok paduan suara dipilih dengan seleksi ketat. Setiap anggota mempunyai suara bagus. Anggota kelompok tersebut pun paham jenis tangga nada. Faktor tersebut memberi kemudahan untuk Bu Rastini melatih kelompok paduan suara.


“Anak-anak, kita sepakat akan menyanyikan dua buah lagu, yaitu “Bangun Pemudi Pemuda” dan “Suwe Ora Jamu”. “Iya, Buuu,” sahut anak-anak.


“Kalian mesti memperhatikan tinggi rendah nada, pembagian suara, dan kekompakan pada bernyanyi. Ini akan menjadi kelebihan untuk kelompok kita. Semoga kita dapat menang pada festival seni tingkat kabupaten besok.”


“Aamiin. Mari kita latihan lagi teman-teman,” seru seorang anak.


Terdengar kelompok paduan suara SD Nusantara bernyanyi. Suara mereka terdengar di ruang sebelahnya. Di ruang sebelah tampak Pak Rudi membimbing tiga anak, Dindu, Rinta, dan Boni menggambar. Mereka akan mengikuti lomba perancangan poster.


Poster yang mereka bikin mempunyai tema persatuan dan kesatuan antarsiswa. Pak Rudi memberi saran dan kritik kepada profesi mereka. Di ruang kelas V tampak seorang anak, Ifa, berlatih menari tarian tradisional.


Dan juga, di ruang perpustakaan sekolah tampak dua anak, Lisa dan Fiona sedang berlatih membaca puisi. Mereka didampingi oleh Bu Sapti. Bu Sapti memberi contoh pengucapan setiap kata, penekanan setiap suara keras dan suara lembut, serta ekspresi ketika membaca puisi.


Lisa dan Fiona mempunyai kemampuan membaca puisi lebih dibanding siswa-siswa lain. Mereka berdua seringenboom mewakili SD Nusantara mengikuti lomba baca puisi dan meraih juara.



Pelaksanaan Festival dan Lomba Seni Pelajar Nasional pun tiba. Bertempat di Pendapa Kabupaten Siliwangi, rombongan SD Nusantara berkumpul dengan peserta dari sekolah lain. Mereka menunggu Pak Bani yang sedang mengerjakan registrasi. Sambil menunggu aktifitas dimulai, Lisa dan Fiona berjalan-jalan melihat keadaan sekeliling. Mereka berkenalan dengan peserta dari sekolah lain.


Tepat pukul 08.00 aktifitas dimulai. Kegiatan diawali dengan sambutan dari ketua panitia festival seni. Ketua panitia mengatakan bahwa kegiatan lomba paduan suara diikuti 14 sekolah, lomba tari perjuangan daerah diikuti 12 sekolah, lomba baca puisi diikuti oleh 15 sekolah, dan lomba menggambar poster diikuti 10 sekolah.


Sambutan ketua panitia diakhiri dengan ajakan agar segala pelajar dan pendidik menumbuhkan nilai-nilai budaya daerah pada rangka memperkukuh rasa kesatuan dan persatuan bangsa.


Ketua panitia pun berharap agar segala peserta lomba menampilkan kemampuan dan kreasi terbaiknya bagi memenangkan kompetisi. Namun, persaingan mesti tetap dilakukan secara sehat dan tak perlu ada saling menjatuhkan antarpeserta. Sambutan dari ketua panitia disambut tepuk tangan meriah dari segala peserta.



Beberapa menit kemudian, lomba dimulai. Setiap peserta mempunyai ruangan yang berbeda merujuk pada cabang lomba yang diikuti. Bagi paduan suara, peserta lomba tetap berada di pendapa kabupaten.


Setiap kelompok paduan suara menyanyikan lagu wajib “Bangun Pemudi Pemuda” dan satu lagu daerah. Lagu ini dipilih panitia karena dinilai dapat meningkatkan rasa cinta tanah air. Selain itu, lagu daerah pun dapat mempererat ikatan kesatuan dan persatuan bangsa.



Segala peserta lomba mengikuti jalannya perlombaan di ruang masing- masing sesuai bidang lomba yang diikuti. Setelah perlombaan selesai, segala peserta berkumpul kembali di pendapa kabupaten. Pak Bani memberi dukungan kepada peserta didiknya.


“Anak-anak, kalian telah berjuang dengan kemampuan yang kalian miliki. Kalian telah berjuang maksimal sesuai latihan yang telah kita lakukan. Menang atau kalah pada perlombaan ini tak usah kalian pikirkan. Kita serahkan semuanya kepada panitia,” kata Pak Bani.


“Iya, Pak,” jawab Lisa.


“Kita dapat mengambil hikmah dari kegiatan ini. Kalian dapat bertemu dengan pelajar lain dari berjenis-jenis sekolah di Kabupaten Siliwangi. Kalian dapat saling mengenal. Ini menunjukkan bahwa kalian ingin bersatu dengan pelajar dari sekolah lain.”


“Iya, Pak,” sahut Dindu. “Pak itu panitia telah naik di mimbar.” Dindu menunjuk ke atas panggung.


Pak Bani dan teman-teman Dindu bergegas mengalihkan pandangan ke atas panggung. Mereka berdebar-debar mendengar pengumuman dari panitia.


Panitia mengumumkan bahwa yang berhak mewakili Kabupaten Siliwangi di tingkat provinsi yakni lomba paduan suara SD Nusantara, lomba baca puisi SD Mutiara Hati, lomba baca puisi SD Nusantara, lomba menggambar poster SD Pancasila, dan lomba tari perjuangan daerah SD Bina Bangsa.


Rombongan yang nama sekolahnya disebutkan panitia tampak bersorak dan bertepuk tangan. Tak terkecuali rombongan SD Nusantara. Mereka betul-betul bersyukur dapat meraih juara pada dua kategori. Pak Bani dan guru-guru pendamping mengucapkan selamat kepada anak didik mereka.




Kunci Jawaban Buku Tematik Pelajar Kelas 5 Tema 9 Halaman 186 & 187




Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.


1. Apakah arti kata audisi dan registrasi yang terdapat di bacaan tersebut?

Jawaban :



  • Arti kata audisi yakni serangkaian tes bagi memilih pelajar mewakili SD Nusantara di Festival dan Lomba Seni Pelajar Nasional (FLS2N).

  • Arti kata registrasi yakni mengerjakan pendaftaran agar pelajar SD Nusantara yang telah terpilih via audisi dapat mengikuti lomba FLS2N.



2. Apa tujuan panitia festival dan lomba seni menentukan lagu perjuangan selaku lagu wajib?

Jawaban :

Tujuan dari Panitia Festival dan Lomba Seni Pelajar Nasional (FLS2N) menentukan lagu perjuangan selaku lagu wajib yakni dapat meningkatkan rasa cinta tanah air serta dapat mempererat ikatan kesatuan dan persatuan bangsa.


3. Sikap apa yang dilakukan pelajar SD Nusantara yang menunjukkan persatuan dan kesatuan?

Jawaban :

Sikap yang menunjukkan persatuan dan kesatuan yakni antusiasme pelajar ketika megikuti audisi, dan semangat latihan yang ditunjukkan oleh siswa-siswi yang terpilih mengikuti lomba FLS2N.


4. Berasal dari mana lagu daerah yang dinyanyikan kelompok paduan suara SD Nusantara?

Jawaban :

Lagu daerah yang dinyanyikan kelompok paduan suara SD Nusantara berasal dari Jawa Tengah.


5. Apa pesan yang termuat pada bacaan tersebut?

Jawaban :



  • Lomba FLS2N dapat menumbuhkan nilai-nilai budaya daerah pada rangka memperkukuh rasa kesatuan dan persatuan bangsa.

  • Pada mengikuti lomba mesti dilakukan secara sehat dan tak perlu saling menjatuhkan antar peserta.



Demikianlah Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 186 & 187. Semoga Kunci Jawaban Tematik Tema 9 ini dapat memberikan manfaat untuk para pembaca di manapun berada.




Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top