Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 59, 60, 63, 65 - Maya Blog

Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 59, 60, 63, 65


File Pendidikan


Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 59, 60, 63, 65


Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 59, 60, 63, 65 – Kunci Jawaban Soal Tematik Kelas 5 Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita Subtema 2 Benda pada Kegiatan Ekonomi Pembelajaran 1. Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 59 mengenai contoh iklan elektronik, Jawaban soal halaman 60 mengenai hasil kreasiku menggambar benda yang terdapat pada iklan televisi.


Jawaban soal tema 9 kelas 5 halaman 63 mengenai merancang kesimpulan pada format bagan. Kunci jawaban halaman 65 mengenai report hasil percobaan zat campuran homogen dan heterogen. Kunci jawaban tematik kelas 5 ini pun di lengkapin dengan bahan dan gambar-gambar yang terdapat pada buku pelajar tema 9 subtema 2 pembelajaran 1.


Baca pun :




Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 9 Halaman 59, 60, 63, 65


Lani telah terpengaruh iklan dari televisi, yaitu iklan sirop. Iklan yang ditayangkan via televisi adalah diantara contoh iklan elektronik. Kenapa demikian?


Alasannya televisi adalah diantara media elektronik. Adapun yang dimaksud iklan elektronik yakni iklan yang penyebarannya menggunakan media elektronik. Apa saja format iklan elektronik itu?


Ayo Membaca


Iklan elektronik banyak jenisnya. Tiga di antaranya yang akan kita pelajari dikala ini. Ketiga jenis iklan tersebut yakni iklan radio, iklan televisi, dan iklan internet. Bagaimanakah karakteristik ketiga iklan elektronik tersebut? Ayo baca satu vanaf satu uraian singkat berikut.


1. Iklan Radio


Radio adalah media auditif yang bersifat atraktif. Artinya radio yakni media yang mengandalkan pendengaran bagi menyapa pendengarnya. Oleh karena itu, pemaparan iklan via media radio mempunyai karakteristik atau ciri khas.


File Pendidikan

Iklan di radio hanya dapat didengarkan via audio atau suara. Suara yang diperdengarkan dapat berupa voice (suara/kata-kata manusia yang teratur), musik (perpaduan bunyi-bunyian yang teratur dengan tempo tertentu dan harmonis), dan efek suara (suara-suara yang tak beraturan maupun efek suara alam).


2. Iklan Televisi


Iklan televisi yakni iklan yang disiarkan via televisi. Iklan televisi amat menarik karena adalah kombinasi dari suara, gambar, dan gerak.


File Pendidikan

Iklan televisi mempunyai karakteristik, yaitu dapat dilihat dan didengar. Oleh karena itu, iklan yang disampaikan via televisi amat menarik perhatian dan mengesankan.


3. Iklan Internet


Iklan internet yakni iklan yang ditampilkan via jaringan internet. Bentuknya beragam, ada iklan yang hanya dapat didengar, ada pula yang dapat dilihat sekaligus didengar.


File Pendidikan

Iklan internet muncul sesuai perkembangan teknologi informasi. Iklan internet mampu meningkatkan kapasitas dan kecepatan perputaran informasi. Lewat internet, informasi dapat disampaikan secara dramatis dan interaktif.


Ayo Mengamati


Perhatikan tiga paparan iklan via media radio, televisi, dan internet berikut.


1. Paparan Iklan Lewat Radio


Bagi menayangkan iklan via radio perlu dikerjakan naskah terlebih dahulu. Naskah iklan radio sesuai konsep dari produk yang akan diiklankan.


Naskah iklan radio dikerjakan dengan mempertimbangkan skenario iklan, bagus dialog, monolog, musik, maupun efek suara. Musik dan efek suara pada naskah iklan radio diperlukan bagi menghasilkan suasana yang mendukung skenario. Amati paparan iklan radio via naskah berikut.


Iklan Pewangi Ruangan


EFEK SUARA : (SUARA LALAT)
Anak Perempuan : Moeder kamar adik banyak lalat.
Moeder : Wah, mungkin karena bau tak sedap, dik.
Anak Perempuan : Iya, moeder tolong hilangkan bau tak sedapnya.
Moeder : Tenang, moeder punya antinya.
EfEK SUARA : (SUARA SEMPROTAN NYAMUK)
Anak Perempuan : Wah, wangi sekali, Mamma.
Moeder : Jelas dong, vermag moeder gunakan Segar Wangi pewangi ruangan bau tak sedap seketika KO.
MUSIK : GITAR KLASIK BERNUANSA cERIA UP-IN-DOWN.
Narasi : ya, gunakan Segar Wangi, bau tak sedap seketika hilang.
MUSIK : (DOWN-OUT)


Apa isi iklan radio yang dapat kamu amati dari naskah di atas? Merujuk pada naskah iklan radio, dapat disimpulkan bahwa iklan radio yang akan dipaparkan berisi ajakan bagi menggunakan Segar Wangi, pengharum ruangan yang dapat menghilangkan bau tak sedap dan mengusir lalat pada sekejap.


2. Paparan Iklan Lewat Televisi


Penyusunan iklan televisi diawali dengan merancang rancangan. Rancangan pada format skrip dan papan cerita (sketsa gambar yang disusun berurutan sesuai naskah). Setelah disetujui oleh pengiklan barulah rancangan iklan itu dikerjakan di rumah produksi. Berikut contoh paparan iklan via televisi.


File Pendidikan

Merujuk pada gambar iklan via televisi di atas kamu dapat mengetahui isi iklan yang akan dipaparkan via televisi. Isi iklan tersebut yaitu cara gampang merancang mulut segar. Hanya dengan permen karet “Planet Segar”, mulutmu akan terasa segar, sesegar habis menggosok gigi.


3. Paparan Iklan Lewat Internet


Begitulah diantara contoh iklan yang dipaparkan via internet. Iklan di atas adalah iklan internet jenis banner. Iklan internet jenis banner yaitu iklan di papan iklan mini yang tersebar di sebuah halaman web. Isi iklan internet tersebut yakni menawarkan produk makanan.


File Pendidikan

Produk makanan yang ditawarkan yakni mie instan dengan merknaam yumi Mihoen. Mihoen instan ini dapat dinikmati dikala sibuk ataupun santai, bagus sendiri maupun bersama teman-teman. yumi Mihoen adalah makanan cepat saji yang enak seandainya dinikmati dikala masih hangat. Suasana pun akan semakin hangat dengan ditemani yumi Mihoen.


Kunci Jawaban Buku Tematik Pelajar Kelas 5 Tema 9 Halaman 59


Ayo Berlatih


Kamu telah memahami bermacam-macam format iklan elektronik. Sekarang ini, coba kamu pilih satu format iklan elektronik yang telah kamu pelajari sebelumnya. Buatlah contoh iklan elektronik. cantumkan naskah iklannya seandainya iklan yang kamu pilih iklan radio atau iklan televisi.


Kemudian, tuliskan skrip dan papan ceritanya. Jikalau kamu memilih iklan internet, tempelkan iklan di lembaran kertas. Berikutnya, bikin kesimpulan isi dari iklan elektronik yang kamu bikin.


Tuliskan kesimpulan di bawah naskah iklan, skrip dan papan cerita, atau gambar iklan yang kamu bikin. Presentasikan hasil berlatihmu pada mengidentifikasi iklan elektronik di depan kelas. Kumpulkan hasilnya kepada Bapak/Ibu Pendidik bagi dinilai.


File Pendidikan


Kunci Jawaban Buku Paket Kela 5 Tema 9 Halaman 60


Ayo Berkreasi


Kamu telah memahami bermacam-macam format iklan elektronik, salah satunya iklan televisi. Sekarang ini, pilihlah diantara iklan di televisi yang menarik menurutmu. Tuangkan kembali benda yang diiklankan pada televisi yang kamu anggap menarik pada format gambar iklan. Bikin gambar semenarik mungkin di kotak berikut.


File Pendidikan

Udin dan teman-temannya selesai menggambar benda menarik yang diiklankan via televisi. Secara kebetulan Udin, Siti, dan Edo sama- sama menggambar minuman. Udin menggambar air putih yang dikemas pada botol. Siti menggambar minuman ringan manis. Edo menggambar secangkir kopi. Gambar mereka lumayan bagus.


Ayo Mengamati


Amatilah gambar hasil karya Udin, Siti, dan Edo berikut ini!


1. Air mineral pada kemasan botol yang digambar Udin.


File Pendidikan

Air mineral adalah bahan berbentuk cairan. Air mineral termasuk zat tunggal yang berupa senyawa. Air mineral tak mempunyai rasa dan bau. Air amat urgen untuk kehidupan manusia. Manusia membutuhkan 8 liter air mineral pada satu hari satu malam. Air mineral “AQUADA” menolong kita mencukupi keperluan tubuh akan 8 liter air.


2. Minuman ringan manis yang digambar Siti.


File Pendidikan

Minuman ringan manis sama dengan air mineral. Minuman ringan manis yakni bahan yang berbentuk cairan. Akan tetapi, minuman ringan manis bukan zat tunggal, minuman ringan manis adalah zat campuran homogen.


3. Secangkir Kopi tumbuk yang digambar Edo.


File Pendidikan

Secangkir kopi sama dengan minuman ringan. Secangkir kopi yakni bahan yang berbentuk cairan dan adalah zat campuran. Akan tetapi, secangkir kopi tumbuk bukan zat campuran homogen seperti minuman ringan manis, melainkan zat campuran heterogen.


Baca pun : Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Kelas 5 Tema 7


Kamu telah memahami mengenai bahan, zat tunggal, dan zat campuran. Apa hakekatnya bahan, zat tunggal, dan zat campuran itu?


1. Bahan yakni setiap objek atau semua sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Banyak jenis bahan di lingkungan sekitarmu. Misalnya air, batu, pasir, tanah, kayu, besi, emas, plastik, dan oksigen atau udara. Bahan yang banyak jenisnya tersebut dapat dikelompokkan menjadi benda padat, cair, dan gas. Merujuk pada komponen penyusunannya, bahan dibedakan atas zat tunggal dan campuran.


2. Zat tunggal atau disebut zat murni yakni zat yang komponen penyusunnya hanya satu zat atau bahan. Zat tunggal dapat berupa unsur dan senyawa.



  • Unsur yakni zat kimia yang tak dapat dibagi lagi menjadi zat yang lebih sederhana. Ada dua jenis unsur, yaitu unsur logam dan nonlogam. contoh unsur logam yakni perak, besi, emas, dan platina. Adapun contoh unsur nonlogam antara lain hidrogen, oksigen, nitrogen, dan karbon.

  • Senyawa yakni zat tunggal yang terbentuk dari beberapa unsur. contoh unsur senyawa yakni garam, air, dan gula.


3. Zat campuran yakni zat yang komponen penyusunnya terdiri atas dua atau lebih zat atau bahan. Merujuk pada sifatnya, zat campuran terdiri atas zat campuran homogen dan zat campuran heterogen.



  • Zat campuran Homogen yakni campuran yang terdiri atas dua bahan atau zat yang dapat menyatu secara merata. contoh campuran homogen antara lain sirop (campuran gula, pewarna, dan air), larutan oralit (campuran air dan garam), dan udara (campuran gas-gas).

  • Zat campuran heterogen yakni campuran yang terdiri atas dua zat atau bahan berbeda yang tak dapat menyatu secara sempurna. contoh campuran heterogen antara lain air kopi tumbuk, air dengan tanah, dan air dengan minyak.



Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 63


Ayo Berlatih


Buatlah kesimpulan mengenai bahan menurut uraian di atas. Buatlah kesimpulan pada format bagan mengenai bahan komplit dengan jenis bahan menurut komponen penyusunnya dan juga contohnya. Format bagan seperti contoh berikut.


File Pendidikan



Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 5 Tema 9 Halaman 65


Ayo Mencoba


Kamu telah mengetahui adanya zat campuran homogen dan zat campuran heterogen. Apakah kamu telah dapat menuliskan perbedaan antara campuran homogen dan campuran heterogen? coba sekarang ini lakukan percobaan di bawah ini.


Berikutnya, menurut hasil percobaanmu tuliskan perbedaan- perbedaan antara zat campuran homogen dan campuran heterogen. Lakukan percobaan secara kelompok. Satu kelompok minimal terdiri atas 6 anak. Bapak/Ibu Pendidik akan membantumu membagi kelompok dan mendampingimu mengerjakan percobaan.


Setiap kelompok merancang dua percobaan. Bagi mengerjakan dua percobaan, anggota kelompok dibagi dua. Dua percobaan yang mesti dilakukan setiap kelompok yaitu merancang larutan air gula dan air kopi. Adapun bahan dan peralatan yang mesti dipersiapkan selaku berikut.
1. Peralatan
a. Gelas plastik transparan b. Sendok plastik
2. Bahan
a. Air
b. Gula putih
c. Kopi bubuk


Strategi percobaan selaku berikut.
1. Percobaan pertama-tama, masukkan air ke pada gelas plastik transparan.
Berikutnya, masukkan gula putih ke pada gelas yang telah berisi air. Aduk gula hingga larut pada air. Diamkan beberapa dikala.
2. Percobaan kedua, masukkan air pada gelas plastik transparan.
Berikutnya masukkan kopi bubuk ke pada gelas yang telah berisi air. Aduk kopi hingga larut pada air. Diamkan beberapa dikala.
3. Bandingkan hasil kedua larutan bersama teman satu kelompokmu.
4. Bikin report hasil percobaanmu dengan menuliskan hal-hal berikut.
a. Nama anggota kelompok
b. Percobaan yang dilakukan.
c. Alat dan bahan yang digunakan.
d. Hasil percobaan.
5. Presentasikan report yang kalian bikin di depan kelompok lain. Kemudian, kumpulkan hasil report kepada Bapak/Ibu Pendidik.



File Pendidikan

Demikianlah Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Pembelajaran 1 Halaman 59, 60, 63, 65. Semoga Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 5 Kurikuum 2013 ini dapat memberikan manfaat untuk pembaca di manapun berada.




Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top