Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 113, 114, 115, 116, 117, 119 - Maya Blog

Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 113, 114, 115, 116, 117, 119


File Pendidikan

Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 113, 114, 115, 116, 117, 119 – Kunci Jawaban Buku Tematik Pelajar Kelas 5 Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita Subtema 2 Benda pada Kegiatan Ekonomi Pembelajaran 6 Kurikulum 2013 Edisi Revisi Terbaru. Jawaban Soal Halaman 113 mengenai Isi dan Kesimpulan dari Iklan Televisi. Kunci Jawaban Buku Paket Kelas 5 Halaman 114 mengenai Hidup Rukun. Jawaban soal tema 9 kelas 5 halaman 115 mengenai peristiwa-peristiwa yang mengutamakan kerukunan.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 116 membahas soal mengenai manfaat hidup rukun. Tema 9 Halaman 117 mengenai meniru gerakan tari daerah. Berikutnya di halaman 119 mengenai mementaskan pola lantai tari kreasi daerah.


Kunci jawaban tematik kelas 5 ini pun dilengkapi dengan bahan pembelajaran dan gambar-gambar yang menarik seperti yang terdapat di buku tematik pelajar tema 9 subtema 2 pembelajaran 6. Berikut ini kunci jawaban dan bahan pembelajaran tema 9 kelas 5 kurikulum 2013.


Baca pun :




Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 113, 114, 115, 116, 117, 119


Udin pandai dan hobi melukis. Udin melukis pesona wisata Bali. Udin melukis penari kecak seperti yang terdapat di iklan televisi “Pesona Indonesia”.


Lukisan Udin seperti gambar nyata. Tak lupa Udin menuliskan “Pesona Indonesia” pada lukisannya. Setiap lukisan Udin selalu mendapat pujian, bagus dari pendidik maupun teman. Orang tua Udin bangga dengan kepandaian Udin melukis.


Ayo Mengamati


Perhatikan hasil lukisan dan tulisan Udin mengenai tempat-tempat wisata yang terdapat di Pulau Bali seperti berikut.


File Pendidikan

1. Begitulah penyajian isi iklan elektronik secara visual yang dikerjakan oleh Udin. Udin memvisualkan iklan elektronik mengenai “Pesona Indonesia Visit Bali”.


2. Banyak tempat wisata di pulau Bali yang dapat dikunjungi oleh wisatawan. Ada dua tempat yang diiklankan via Pesona Indonesia Visit Bali, yaitu Ubud dan Pantai Kuta. Banyak tempat wisata lainnya di Pulau Bali yang dapat dikunjungi.


Contohnya: Pura Tanah Loterijlot, Danau Beratan Bedugul, Garuda Wisnu Kencana, Pantai Lovina, Pura Besakih, Pura Uluwatu, Pantai Jimbaran, Sangeh, Tanjung Benoa, Danau Batur Kintamani, Tari Kecak Uluwatu, Arung Jeram Sungai Telaga Waja, Arung Jeram Sungai Ayung, dan Pantai Sanur.


Segala itu adalah sebuah kekayaan Indonesia yang patut disyukuri dan dibanggakan oleh segenap bangsa Indonesia.


Begitulah format kesimpulan isi iklan elektronik yang disajikan Udin secara tertulis. Berikutnya, Udin mempresentasikan hasil kesimpulannya secara lisan di depan kelas. Di depan kelas, Udin dengan tenang menyebutkan tempat- tempat wisata di Bali.


Ayo Berlatih


Kini coba kamu pilih diantara iklan di televisi. Gambarlah benda-benda yang terdapat pada iklan televisi. Berikutnya, bikin kesimpulan tertulis isi iklan yang kamu pilih pada lembaran kertas.


Presentasikan hasil kesimpulanmu secara lisan di depan kelas. Bapak/Ibu Pendidik akan menilai hasil kesimpulan isi iklanmu tersebut.


File Pendidikan

Isi dan Kesimpulan dari Iklan :


File Pendidikan


Pepsodent yaitu diantara merek pasta dan sikat gigi dari Unilever. Pasta gigi Pepsodent Pencegah Gigi Berlubang menolong mencegah lubang gigi akibat makanan & minuman, Formula Double action bagi perlindungan kepada gigi berlubang di siang dan malam hari, Dua kalium lebih tepat sasaran pada memperbaiki lubang kecil tak terlihat sebelum menyebabkan gigi berlubang, Diperkaya dengan Active Micro-Calcium dan Voor-Fluoride Ingewikkeld bagi memberikan perlindungan terbaik untuk keluarga Sahabat, Rasa original (pun terdapat pada rasa fresh cool mint).

Tari Kecak adalah sebuah tarian adat Bali. Tari Kecak dimainkan oleh puluhan laki-laki yang duduk berbaris melingkar. Menyerukan kata “cak” dengan irama tertentu dengan kedua lengan diangkat. Gerakannya serempak dan kompak.


Kekompakan gerakan pada tarian Kecak mengandung ritual agama. Selain itu pun mencerminkan kebersamaan dan kerukunan. Kebersamaan dan kerukunan tak hanya pada tari Kecak. Akan tetapi, pun pada kehidupan di keluarga, sekolah, masyarakat, dan bangsa. Kebersamaan dan kerukunan urgen pada mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.


Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 5 Tema 9 Halaman 114


Ayo Berlatih


1. Hidup rukun artinya saling menghormati, saling menolong, dan saling menyayangi. Hidup rukun hendaknya dilakukan bagus di lingkungan rumah, sekolah, maupun di lingkungan masyarakat. Bagaimana kamu mewujudkan kerukunan dikala di rumah, di sekolah, dan di masyarakat lingkungan tempat tinggalmu? Uraikan pada kolom berikut.


Cara mewujudkan kerukunan di lingkungan rumah :



  • Dengan menjaga secara seimbang antara hiel dan kewajiban tiap anggota keluarga di rumah

  • Dengan mengutamakan kepentingan keluarga di atas kepentingan pribadi

  • Menyamakan persepsi pada memperjuangkan tujuan bersama pada keluarga

  • Meningkatkan keakraban pada keluarga

  • Meningkatkan kualitas komunikasi antara anggota keluarga

  • Menjalankan fungsi masing-masing anggota keluarga dengan penuh tanggung jawab

  • Saling menghormati dan menyayangi antar anggota keluarga



Cara mewujudkan kerukunan di lingkungan sekolah :



  • Tak membeda-bedakan teman sekolah karena agama, suku, ras atau status sosial

  • Saling menghormati dan menghargai antar teman sekolah

  • Pelajar yang lebih tua melindungi pelajar yang lebih muda, pelajar yang lebih muda menghormati pelajar yang lebih tua

  • Sikap saling tolong menolong antar teman sekolah

  • Menanamkan di diri sendiri, bahwa perbedaan yang terdapat di sekolah yaitu suatu anugerah

  • Dengan menghargai hasil karya teman

  • Dengan menghargai pendapat teman lain



Cara mewujudkan kerukunan di lingkungan masyarakat :



  • Membiasakan tersenyum dan saling menyapa dikala berjumpa dengan teman/tetangga sekitar 

  • Turut aktif mengikuti kegiatan yang diadakan oleh masyarakat sekitar seperti kerja bakti, rapat warga, dan lain-lain

  • Menolong tetangga yang mempunyai kegiatan tertentu/hajatan

  • Menghargai dan menghormati tetangga yang berbeda agama, suku, ras

  • Mengutamakan musyawarah mufakat pada mengambil keputusan yang berhubungan dengan masyarakat

  • Memaksimalkan sikap kekeluargaan dan gotong royong pada kehidupan bermasyarakat

  • Saling menghormati pendapat, dan hasil karya orang lain


2. Apakah kerukunan bagimu memberikan rasa aman? Kenapa? Uraikan pada kolom berikut.


Ya kerukunan dapat memberikan rasa aman, karena dengan kerukunan dapat mengurangi perselisihan / pertentangan, dikala pertentangan dapat dikurangi karenanya persatuan lebih terjaga, kehidupan lebih harmonis, lebih tenteram dan di akhirnya timbul rasa aman di komunitas/lingkungan tersebut.



Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 115


Ayo Mengamati


Perhatikan peristiwa-peristiwa yang mengutamakan kerukunan berikut.


File Pendidikan

Apa yang dikerjakan anak-anak pada gambar? Apakah mencerminkan kerukunan dikala di sekolah? Tuliskan pendapatmu di kotak berikut.


Anak-anak sedang merapikan buku-buku di perpustakaan sekolah. Kegiatan tersebut mencerminkan kerukunan di Sekolah, karena anak-anak telah mempraktekkan mengenai adanya perilaku saling pengertian di antara mereka bagi tetap menjaga fasilitas sekolah, pun sikap mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dengan mau berkorban merapikan buku-buku di perpustakaan.


File Pendidikan

Apa yang dikerjakan oleh bapak-bapak di gambar di atas? Di manakah sikap atau perilaku di gambar seringenboom dilakukan? Tuliskan pendapatmu di kotak berikut.


Bapak-bapak di gambar di atas sedang mengerjakan ronda malam bagi menjaga keamanan kampung. Sikap atau perilaku ini seringenboom dilakukan di pos keamanan lingkungan (poskamling). Gambar tersebut mencerminkan sikap kerukunan antar masyarakat, dimana dengan sukarela dan kesadaran tinggi warga masyarakat turut aktif mengerjakan kegiatan demi kepentingan bersama, rela mengorbankan waktu dan tenaga demi terciptanya keamanan lingkungan.


Kunci Jawaban Buku Tema 9 Kelas 5 Halaman 116


Ayo Berlatih


1. Apa yang kamu lakukan dikala di depan rumahmu ada kegiatan membersihkan lingkungan atau kerja bakti? Tuliskan di kolom berikut.


Dengan penuh semangat / antusias turut mensukseskan kegiatan tersebut sesuai dengan kemampuan / umur kita dengan aktivitas / kegiatan yang menolong kegiatan tersebut, serta kita dapat menjadikan rumah kita selaku tempat penyediaan konsumsi untuk anggota masyarakat yang bekerja bakti membersihkan lingkungan, atau selaku tempat beristirahat untuk warga masyarakat yang sedang bekerja bakti.

2. Apa manfaat dari hidup rukun?


Manfaat dari hidup rukun diantaranya yaitu :



  • Tak adanya / berkurangnya pertengkaran / perselisihan

  • Kehidupan menjadi lebih harmonis

  • Kehidupan menjadi lebih aman sentosa

  • Kehidupan menjadi lebih tenteram dan damai

  • Dapat memperkukuh / memperkuat persatuan dan kesatuan


Ayo Berlatih


Perhatikan kembali tari Kecak dari Bali di bahan sebelumnya. Gerakan di tarian Kecak duduk melingkar di tempat. Merujuk pada gerakan tari kecak tersebut, pola lantai tarian Kecak yaitu pola lantai garis melengkung yang menyusun garis lingkaran.


Bisakah kamu mengoptimalkan pola lantai tari kreasi daerah? Sebelum kamu melakukannya, hendaknya latihan gerak-gerak tari dengan pola lantai berikut.


Amati gambar gerak-gerak di bawah ini. Kemudian, tirukanlah gerakannya bersama teman-temanmu. Berlatihlah hingga kamu menguasai bagus gerak maupun pola lantainya.


Gerak 1


File Pendidikan

Gerak 2


File Pendidikan

Gerak 3


File Pendidikan

Gerak 4


File Pendidikan

Gerak 5


File Pendidikan


Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 119


Ayo Berkreasi


Kamu telah mengetahui empat pola lantai tarian daerah. coba kamu lakukan kreasi pola lantai dengan menggabungkan pola lantai yang kamu ketahui. Lakukan secara kelompok.


Kamu dapat menirukan gerakan tari dari tarian daerah mana pun. Pentaskan hasil kreasi pola lantai yang kelompokmu bikin. Bapak/Ibu Pendidik akan menilai hasil kreasi kelompokmu.



Jawaban di dasarkan di hasil pementasan hasil kreasi pola lantai yang di lakukan pelajar (praktek).

Demikianlah Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 6 Halaman 113, 114, 115, 116, 117, 119. Semoga Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 ini dapat memberikan manfaat untuk para pembaca di manapun berada.




Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top