40 Soal Penilaian Akhir Semester PAS/UAS Kelas 5 Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia - Maya Blog

40 Soal Penilaian Akhir Semester PAS/UAS Kelas 5 Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia

File Pendidikan

Soal Penilaian Ahir Semester (PAS) yang lebih dikenal dengan Ulangan Ahir Semester (UAS) ini bersumber dari Buku Tematik Terpadu K13 Kelas 5 SD/MI Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia. Jadi amat cocok digunakan selaku refrensi pada merancang naskah soal ujian.


Selain itu, dapat pun dimanfaatkan oleh pelajar selaku sumber belajar latihan mengerjakan soal, selaku langkah persiapan menghadapi ujian semester 1.


Ujian Sekolah di semester 1 dikenal dengan istilah Penilaian Ahir Semester (PAS), sedangkan di semester 2 disebut dengan Penilaian Ahir Tahun (PAT).

Penilaian Ahir Semester (PAS) Kurikulum 2013 Sekolah Basic yaitu kegiatan yang dilakukan bagi mengukur pencapaian kompetensi pelajar di ahir semester 1.


Cakupan Soal terdiri dari indikator yang mempresentasikan seluruh Kompetensi Dasar (KD) yang dipelajari di semester ganjil. Ujian Ahir Semester (UAS) dilaksanakan setelah menyelesaikan seluruh tema pada satu semester belajar aktif.


Instrumen soal Penilaian Ahir Semester di aspek pengetahuan tema Organ Gerak hewan dan Manusia disusun merujuk pada muatan pembelajaran sesuai dengan karakteristik KD yang pastinya telah dipetakan kedalam wujud kisi-kisi soal yang mengacu di kaidah penulisan soal.


Penilaian Ahir Semester menggunakan soal pada wujud tes tertulis, yaitu alternatif ganda, isian, benar-salah, menjodohkan, dan uraian.


Penilaian Akhir Semester Kelas 5 meliputi tema 1 organ gerak hewan dan manusia, tema 2 udara bersih untuk medis, tema 3 makanan sehat, tema 4 sehat itu urgen dan tema 5 ekosistem. Masing-masing tema terdiri dari 3 subtema dan 6 pembelajaran. Di pembelajaran tema 1 terdiri dari :



  • Subtema 1 Organ Gerak Hewan

  • Subtema 2 Manusia dan Lingkungan

  • Subtema 3 Lingkungan dan Manfaatnya


Baca Pun :




Kompetensi Basic Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia


PPKn


3.1 Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila pada kehidupan sehari-hari.


Bahasa Indonesia


3.1 menentukan utama pikiran pada teks lisan dan tulis.


Ilmu Pengetahuan Alam


3.1 menjelaskan alat gerak dan fungsinya di hewan dan manusia serta cara memelihara medis alat gerak manusia.


Ilmu Pengetahuan Sosial


3.1 mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia selaku negara  kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya kepada  kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi.


Seni Budaya dan Prakarya


3.1 memahami gambar cerita.



Contoh Soal Kelas 5 Tema 1


PPKn KD 3.1


1. Perhatikan gambar berikut!


File Pendidikan

Sikap yang sesuai dengan Sila Pancasila yang di lambangkan dengan gambar di atas yaitu . . .
A. rajin beribadah
B. menjenguk teman yang sakit
C. gotong royong
D. musyawarah


2. Program yang dicanangkan Pemerintah bagi menghasilkan kehidupan beragama damai dan rukun disebut . . .
A. 3 kerukunan umat beragama
B. toleransi beragama
C. kerukunan umat beragama
D. toleransi antar suku


4. Berikut ini perilaku yang tak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila di lingkungan sekolah yaitu . . .
A. berteman dengan seluruh pelajar
B. mengikuti upacara bendera
C. menyontek
D. memberi pinjaman pulpen ke teman


5. Perhatikan gambar berikut!


File Pendidikan

Merujuk pada gambar di atas, perilaku yang tak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila di tunjukkan oleh nomor . . .
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4


6. Tujuan menjalankan musyawarah yaitu bagi mencapai . . .
Jawaban : Mufakat


7. Memberikan kesempatan kepada orang tua bagi duduk ketika berada di angkutan umum adalah perilaku yang sesuai dengan sila pancasila yang berbunyi . . .
Jawaban :
Keadilan sosial untuk seluruh rakyat Indonesia.


8. Tuliskan 3 contoh kegiatan pengambilan keputusan bersama di lingkungan sekolah . . .
Jawaban :
Pemilihan ketua kelas, pemilihan ketua osis, pemilihan ketua komite sekolah.


Bahasa Indonesia KD 3.1


9. Bacalah teks berikut ini!
Diantara ciri dari makhluk hidup yaitu bergerak. Secara umum, gerak dapat diartikan berpindah tempat atau perubahan posisi sebahagian atau seluruh bagian dari tubuh. Makhluk hidup akan bergerak apabila ada rangsangan yang mengenai sebahagian atau seluruh bagian tubuhnya.


Ide utama dari bacaan di atas yaitu . . .
A. diantara ciri makhluk hidup yaitu bergerak.
B. gerak dapat diartikan berpindah tempat.
C. makhluk hidup akan bergerak apabila ada rangsangan
D. gerak yaitu perubahan posisi.


10. Gagasan yang menjadi mendasar sebuah paragraf disebut . . .
A. kalimat pengembang
B. kalimat pertama-tama
C. gagasan
D. ide utama


11. Bacalah teks berikut ini!
Pancasila selaku mendasar negara Indonesia bukan lagi suatu vishal yang baru untuk masyarakat Indonesia. Dari zaman dahulu, nilai-nilai Pancasila memang telah terkandung pada kehidupan sosial budaya masyarakat kita. Nilai-nilai tersebut telah meliputi beraneka aspek kehidupan dan masih tetap dipelihara hingga dikala ini.


Ide utama bacaan di atas yaitu . . .
A. Pancasila telah ada sejak zaman dahulu
B. Pancasila terkandung pada kehidupan sosial budaya masyarakat
C. Pancasila yaitu mendasar negara Indonesia
D. Pancasila bukan lagi suatu vishal baru untuk bangsa Indonesia.


12. Bacalah teks berikut ini!
Kupu-kupu yaitu hewan yang lucu. Warnanya indah dan menarik. Banyak orang menyukainya. Dia terbang dan hinggap di bunga-bunga. Badannya kecil, namun mempunyai sayap yang lebar. Sukakah kamu di kupu-kupu?


Ide utama bacaan di atas yaitu . . .
A. kupu-kupu warnanya menarik
B. kupu-kupu yaitu hewan lucu
C. kupu-kupu terbang dan hinggap di bunga-bunga.
D. banyak orang menyukai kupu-kupu


13. Bacalah teks berikut ini!
Sejarah telah mencatat bahwa kejayaan bahari bangsa Indonesia telah lahir sebelum kemerdekaan. Ontvangstruimte ini dibuktikan dengan adanya temuan-temuan situs prasejarah maupun sejarah.


Ide utama bacaan di atas yaitu . . .
A. adanya situs-situs prasejarah di Indonesia
B. sejarah kemerdekaan Indonesia
C. kejayaan bahari bangsa Indonesia telah ada sejak sebelum kemerdekaan
D. bukti sejarah bangsa Indonesia


14. Manfaat ide utama yaitu . . .
Jawaban : 
Menjadi mendasar pengembangan paragraf.


15. Apa yang dimaksud dengan ide utama?
Jawaban :
Ide utama yaitu gagsan yang menjadi mendasar sebuah paragraf.


16. Tuliskan strategi menentukan ide utama!
Jawaban :
Membaca kalimat pada paragraf satu demi satu, menentukan inti paragraf tersebut, inti paragraf demikianlah yang disebut ide utama.


Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) KD 3.1


17. Alat gerak manusia dan hewan ada dua macam, yaitu alat gerak aktif dan pasif. Berikut ini contoh alat gerak aktif yaitu . . .
A. tulang
B. otot
C. kulit
D. kaki


18. Organ gerak di ikan yaitu . . .
A. kaki
B. sayap
C. sirip
D. tangan


19. Hewan yang susunan syarafnya berada di perut, mempunyai rangka luar, dan otaknya tak terlindungi oleh cangkang adalah ciri-ciri hewan . . .
A. vertebrata
B. avertebrata
C. mamalia
D. ternak


20. Perhatikan gambar berikut!


File Pendidikan

Tanda X di gambar di atas menunjukkan tulang . . .
A. pipih
B. tengkorak
C. rahang bawah
D. rahang atas


21. Mempunyai pigmen mioglobin, inti sel berada di tepi, berbentuk silindris dengan garis gelap terang adalah ciri-ciri otot . . .
A. jantung
B. polos
C. lurik
D. paha


22. Kelainan di tulang akibat kecelakaan disebut . . .
Jawaban : fraktura / patah tulang.


23. Kelainan otot yang membesar dan menjadi lebih kuat karena sel otot diberikan kegiatan yang terus-menerus secara berlebihan di sebut . . .
Jawaban : Hipertrofi


24. Tuliskan 3 kelainan di tulang!
Jawaban :



  1. Lordosis, kelainan di tulang karena sikap duduk yang salah sehingga tulang belakang melengkung di daerah lumbalis.

  2. Skoliosis, kelainan di tulang karena sikap duduk yang salah sehingga tulang belakang melengkung ke arah samping.

  3. Kifosis, kelainan di tulang karena sikap duduk membungkuk sehingga tulang belakang membengkok ke belakang.



Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) KD 3.1


25. Gunung krakatau berada di pulau . . .
A. sumatera
B. kalimantan
C. sulawesi
D. jawa


26. Perhatikan gambar berikut!


File Pendidikan

Merujuk pada gambar di atas, pulau manakah yang kepadatan penduduknya sangat banyak?
A. pulau papua
B. pulau jawa
C. pulau bali
D. pulau kalimantan


27. Pulau Papua adalah pulau terbesar di Indonesia dan termasuk pulau terbesar kedua di dunia setelah pulau . . .
A. sumatera
B. kalimantan
C. jawa
D. greenland


28. Berikut ini adalah akibat positif yang diakibatkan oleh letak dan kondisi gegrafis indonesia selaku negara maritim dan kepulauan yaitu . . .
A. terjadinya perpindahan ilmu pengetahuan
B. komunikasi antar penduduk menjadi lebih sulit
C. terjadinya perubahan perilaku masyarakat
D. minimnya alat transportasi


29. Suku-suku bangsa di Indonesia di klasifikasikan menjadi . . . . . suku bangsa induk.
A. 17
B. 18
C. 19
D. 20


30. Indonesia masuk ke pada rumpun bahasa . . .
Jawaban : Austronesia


31. Di Indonesia terdapat enam agama yang diakui secara resmi oleh Pemerintah, yaitu . . .
Jawaban : 
Islam, Katolik, Kristen, Hindu, Budha, dan Konghucu.


32. Tuliskan 3 ciri-ciri keragaman budaya lokal Indonesia!
Jawaban : 
Keragaman suku bangsa, keragaman bahasa, keragaman agama.


Seni Budaya dan Prakarya (SBDP) KD 3.1


33. Gambar yang dikerjakan seperti keadaan aslinya, bagus wujud, ukuran dan tata letaknya di sebut . . .
A. karikatur
B. kartun
C. dekoratif
D. realis


34. Rancangan gambar yang dikerjakan sesuai dengan gagasan disebut . . .
A. gagasan
B. sketsa
C. pewarnaan
D. teknik


35. Berikut ini adalah unsur voorkant yang bagus yaitu . . .
A. terdapat nomor halaman
B. terdapat kalimat penjelas yang sulit dimengerti
C. terdapat nama penulis
D. terdapat sinopsis pada isi buku


36. Perhatikan gambar berikut!


File Pendidikan

Gambar di atas adalah contoh desain voorkant . . .
A. penuh warna dan gambar
B. latar putih dan tulisan sederhana
C. penuh warna dan tulisan
D. latar putih dan tulisan bewarna


37. Format seni yang menggunakan gambar-gambar tak bergerak dan disusun sedemikian rupa sehingga menyusun jalinan cerita disebut . . .
A. komik
B. karikatur
C. poster
D. dekoratif


38. Langkah merancang gambar ilustrasi yaitu merancang gagasan, sketsa dan . . . .
Jawaban : Pewarnaan


39. Gambar yang melebih-lebihkan atau merubah dari objek aslinya disebut . . .
Jawaban : Karikatur


40. Tuliskan 3 unsur pada merancang voorkant yang bagus!
Jawaban : 
Terdapat nama penulis, terdapat identitas penerbit, dan menyertakan gambar yang menarik.


Unduh Soal UAS Kelas 4 Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia


Contoh Soal Kurikulum 2013 Kelas 5 SD/MI ini terdiri dari muatan pembelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, dan SBDP.


Sedangkan soal Matematika dikerjakan oleh Pendidik Kelas dan diujikan secara terpisah, seperti itu pun dengan soal ujian mata pembelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti (PADB) serta mata pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Medis (PJOK) yang pun dikerjakan secara terpisah oleh pendidik mapel masing-masing.


Bagi mempermudah memahami naskah soal Ujian Tema 1 Kelas 5 SD/MI Semester 1, Selengkapnya soal tema organ gerak hewan dan manusia dan juga kunci jawaban pada format pdf dapat di unduh di listig tautan berikut ini :



Semoga dengan adanya contoh soal ujian tersebut dapat memberikan ide untuk Kamu pada menyusun naskah soal dan mempermudah pada menjalankan penilaian.


Selain itu, semoga peserta didik pun dapat termotivasi pada mempelajari materi-materi tema 1 yang terdapat pada soal-soal tersebut selaku persiapan menghadapi ujian semester 1.


Soal tersebut masih menggunakan revisi 2017 dikarenakan buku tematik terpadu pegangan pendidik dan pelajar yang digunakan selaku sumber belajar utama bagi kelas 5 SD/MI yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan belum terdapat bagi revisi 2018 seperti di kelas 6 dan kelas 3.


Demikianlah Wetsartikel yang Berjudul 40 Soal Penilaian Ahir Semester PAS/UAS Kelas 5 Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia


Demikianlah pembahasan kumpulan latihan soal bagi kelas 5, semoga soal-soal tersebut dapat memberikan manfaat untuk para pembaca di manapun berada. Apabila terdapat kunci jawaban dan bahan yang tak sesuai dengan yang dipelajari di tema 1, mohon kiranya agar dapat memberikan kritik dan saran di kolom komentar yang terdapat.


Wetsartikel yang sedang kamu baca ini berjudul 40 Soal Ujian PAS Kelas 5 Tema 1 Beserta Kunci Jawaban dengan domisili listig http://filependidikan.informatie/rmasi/pemetaan-kd-kelas-5-k13-semester-1-2018-2019.



Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top