Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 1 Halaman 41, 42, 43, 44, 45, 46, 49 - Maya Blog

Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 1 Halaman 41, 42, 43, 44, 45, 46, 49

File Pendidikan

Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 1 Halaman 41, 42, 43, 44, 45, 46, 49 – Kunci Jawaban Tematik ini Adalah sebuah Jawaban Soal-Soal yang terdapat di Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Kelas 5 Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Subtema 1 Organ Gerak Hewan Pembelajaran 5.


Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 ini disertai pun bahan pembahasan dan gambar-gambar sesuai dengan bahan yang dipelajari peserta didik di kelas 5 SD/MI.


Dengan adanya kunci jawaban tematik seperti ini diinginkan peserta didik dapat lebih giat belajar mengerjakan latihan soal-soal yang terdapat di buku tema 1 semester 1. Dengan demikian di dikala penilaian harian, penilaian tengah semester atau penilaian ahir tahun, pelajar dapat mengerjakan soal karena telah terbiasa dengan latihan-latihan soal sebelumnya.


Selengkapnya mengenai kunci jawaban soal buku pelajar tema 1 kelas 5 dapat dilihat berikut ini.


Baca pun :




Kelas 5 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 5


Di bawah kandang kelinci, Edo melihat seekor siput yang sedang berjalan perlahan. Edo pun mengambilnya.


“Kelinci dan siput sama-sama hewan, tetapi gerakannya kok berbeda, ya? Kelinci bergerak lincah, berlari, dan meloncat, sedangkan siput bergerak amat pelan. Kenapa dapat semacam itu, ya?” gumam Edo penasaran.


Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 41, 42


Ayo Mengamati


File Pendidikan

Amati kedua hewan di atas. Peroleh perbedaannya!

Jawaban :


Karakteristik Kelinci : vertebrata, gerakannya lincah dan cepat berpindah tempat dengan berlari, berjalan, dan meloncat.


Karakteristik siput : avertebrata, gerakannya lambat, berpindah tempat seolah-olah merayap.


Di pembelajaran sebelumnya kamu telah mengetahui bahwa kelinci termasuk hewan vertebrata. Lalu bagaimana dengan siput? Siput adalah hewan avertebrata. Hewan avertebrata adalah hewan yang tak mempunyai tulang belakang.


Adapun ciri-ciri hewan avertebrata lainnya antara lain biasanya susunan syarafnya berada di perut, mempunyai rangka luar, dan otaknya tak terlindungi oleh rangka. Contoh hewan avertebrata yaitu siput, serangga, cacing, ubur- ubur, cumi-cumi, dan lain-lain.


Amatilah organ gerak Siput berikut.


File Pendidikan


Kunci Jawaban Tematik Kls 5 Tema 1 Halaman 43


Ayo Mengamati


Di sekitarmu pastinya banyak sekali jenis hewan avertebrata. Bersama temanmu amati hewan-hewan tersebut dan identifikasikan organ geraknya.


Tuliskan hasilnya di tabel berikut.


File Pendidikan

Ayo Berkreasi


Pilihlah diantara hewan avertebrata. Kemudian buatlah prototype sederhana organ gerak dari hewan yang kamu pilih tersebut menggunakan plastisin. Buatlah sebaik mungkin sesuai dengan keadaan aslinya.


Perhatikan contoh berikut.


File Pendidikan

Alternative Jawaban


File Pendidikan

Ayo Membaca


Siput Bukanlah Hewan Lemah


Siput, menurut sebahagian orang dianggap selaku hewan yang lamban dan menjijikkan. Pun karena gerakannya yang lamban, tak jarang orang membanding-bandingkannya dengan kelinci. Siput pun dianggap menjijikan karena tubuhnya yang penuh lendir.


Hakekatnya siput mempunyai kelebihan dan keistimewaan. Kelebihan dan keistimewaan siput ini adalah karunia Tuhan yang tak dimiliki oleh hewan-hewan lain. Apa saja kelebihan dan keistimewaan tersebut?


Siput adalah hewan yang berjasa pada penguraian serpihan daun-daunan. Kenapa berjasa? Karena siput memakan daun-daunan dan menjadikannya bagian-bagian yang kecil (serpihan) sehingga gampang bagi diuraikan oleh bakteri pengurai. Apabila benda-benda yang besar seperti daun berubah menjadi serpihan dan diuraikan akan bermanfaat untuk kelestarian lingkungan sekitar siput berada. Hasil penguraian yang diawali oleh siput itu akan berfungsi menjadi pupuk alami sehingga tanah pun menjadi subur.


Siput yaitu sang pengembara yang mandiri. Meskipun siput berjalan lamban, namun siput mempunyai stamina yang amat bagus. Daerah pengembaraan siput pun amat luas. Pengembaraan siput dimulai sejak siput menetas. Setelah menetas, siput seketika mandiri. Siput tak lagi terikat dan bergantung di induknya.


Siput mempunyai pertahanan diri yang bagus pada beradaptasi dengan lingkungan dan mempertahankan diri dari serangan predator. Meskipun tubuhnya lunak, namun tubuh siput mempunyai lendir. Lendir ini berfungsi selaku minyak pelumas dan pelindung untuk tubuhnya ketika berjalan di permukaan. Jalan sekasar apa pun dan seterjal apa apun akan gampang dilalui tanpa tubuhnya terluka. Selain itu siput pun dikaruniai Tuhan dengan cangkang. Cangkang ini berfungsi selaku rumah yang memberikan kenyamanan dan keamanan untuk tubuhnya.  Cangkang pun berfungsi selaku tempat persembunyian ketika ia terancam oleh lingkungan atau predator. Meski terik panas atau pun hujan, siput tetap dapat hidup nyaman dan aman dengan cangkangnya. Predator pun akan kebingungan bagi memangsa siput, karena tubuhnya terlindungi oleh cangkang yang keras.


Jadi, siput bukanlah hewan yang lemah. Siput yaitu hewan istimewa yang mempunyai banyak kelebihan. Siput diciptakan Tuhan dengan kekurangan sekaligus dengan kelebihan. Seperti itu pun dengan manusia, diciptakan Tuhan dengan kelebihan dan kekurangan. Oleh karena itu kamu tak boleh menyombongkan iri dengan kelebihan yang kamu miliki. Kamu pun jangan minder sekiranya kamu kekurangan.


Kunci Jawaban Soal Buku Tema 1 Kelas 5 Halaman 45, 46


Merujuk pada bacaan di atas, dapatkan ide utama dan kalimat pengembang masing-masing paragraf.


File Pendidikan

Kamu telah berhasil menemukan dan menuliskan ide utama dan kalimat pengembang, sekarang ini coba tuangkan isi bacaan di atas ke pada sebuah gambar cerita.


Ayo Berkreasi


Di pembelajaran sebelumnya kamu telah mempelajari ragam gambar cerita atau ilustrasi. Pada membangun gambar cerita kamu pun mesti mengetahui corak gambar cerita atau ilustrasi.


Corak gambar cerita atau ilustrasi yaitu selaku berikut.


1. Realis
Realis adalah gambar yang dibangun seperti keadaan aslinya, bagus wujud, ukuran, dan tata letaknya. Contohnya seperti lukisan berjudul Kapal Dilanda Badai karya Raden Saleh berikut ini.


File Pendidikan

2. Karikatur
Karikatur adalah gambar yang melebih-lebihkan atau mengubah dari objek aslinya. Gambar karikatur menyajikan objek dengan letterteken yang lucu dan aneh. Biasanya gambar karikatur mengandung kritikan dan sindiran.



File Pendidikan

3. Kartun
Kartun adalah gambar yang berfungsi bagi menghibur dan berisikan humor. Gambar kartun dapat berupa tokoh binatang atau manusia.


File Pendidikan

4. Dekoratif
Dekoratif yaitu gambar yang disajikan dengan mengubah wujud objek aslinya namun tanpa menghilangkan ciri-ciri khasnya.


File Pendidikan


Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 49


Nah, sekarang ini coba buatlah gambar ilustrasi mengenai cerita “Siput Bukanlah Hewan Lemah”. Kamu dapat memilih diantara corak gambar di atas.


File Pendidikan

Demikianlah Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 1 Halaman 41, 42, 43, 44, 45, 46, 49


Terima kasih ya telah membaca kunci jawaban tematik kelas 5 tema 1, semoga wetsartikel ini dapat memberikan manfaat untuk para pembaca di manapun berada. Jangan lupa bagi berbagi wetsartikel ini dengan teman-teman kamu yang lainnya ya.


Wetsartikel yang sedang kamu baca ini berjudul Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 1 Halaman 41, 42, 43, 44, 45, 46, 49 dengan tempat tinggal verbinding http://filependidikan.informatie/rmasi/buku-tematik-terpadu-sekolah-dasar.



Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top