Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT-PAS) Kelas 4 Tema 8 Lingkungan Tempat Tinggalku - Maya Blog

Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT-PAS) Kelas 4 Tema 8 Lingkungan Tempat Tinggalku



File Pendidikan

Soal Penilaian Ahir Tahun (PAT) yang dikenal dengan Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) ini bersumber dari Buku Tematik Terpadu K13 Kelas 4 SD/MI Tema 8 lingkungan tempat tinggalku, jadi dapat dimanfaatkan oleh pengajar selaku refrensi pada menyusun naskah soal.


Selain itu dapat pun dimanfaatkan oleh peserta didik selaku sumber belajar latihan mengerjakan soal, selaku format persiapan menghadapi ujian semester 2.


Ujian sekolah di semester 1 dikenal dengan istilah Penilaian Ahir Semester (PAS) sedangkan di semester genap, disebut dengan Penilaian Ahir Tahun (PAT).


Penilaian Ahir Tahun (PAT) pada Kurikulum 2013 yakni kegiatan yang dilakukan pengajar bagi mengukur pencapaian kompetensi pelajar diakhir semester 2.


Cakupan Penilaian terdiri dari seluruh indikator yang mempresentasikan Kompetensi Mendasar (KD) yang dipelajari di Kelas 4 SD/MI semester genap.


Kurikulum 2013 di kelas 4 masih menggunakan revisi 2017 berbeda dengan pembelajaran di kelas 3 dan kelas 6 yang telah menggunakan hasil revisi 2018.


Baca Pun : Soal PAT/PAS Kelas 4 Tema 7 Semester 2


Soal Penilaian Ahir Semester/Tahun di aspek pengetahuan tema lingkungan tempat tinggalku terdiri dari alternatif ganda, esai/isian singkat, dan uraian.


Sebelum menyusun soal-soal tes tertulis, pengajar perlu merancang kisi-kisi soal yang melingkupi muatan pembelajaran, kompetensi basic, indikator soal, jenis soal, bobot/skor, nomor soal dan kunci jawaban.


Kisi-kisi soal tersebut dibangun merujuk pada Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) di Tema 8, perlu dilakukan identifikasi proporsi seluruh KD mata pembelajaran yang akan dinilai di ahir semester agar dapat disesuaikan dengan keperluan soal yang akan dibangun.


Baca pun : Soal PAT/PAS Kelas 4 Tema 6 Semester 2


Kompetensi Mendasar Tema Lingkungan Tempat Tinggalku


PPKn


3.3 Menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik persoon pada kehidupan sehari-hari.


Bahasa Indonesia


3.9 Mencermati tokoh-tokoh yang terdapat di teks fiksi.


Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)


3.4 Menghubungkan gaya dengan gerak di peristiwa di lingkungan sekitar.



Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)


3.3 Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan beraneka bidang kegiatan serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar hingga provinsi.


Seni Budaya dan Prakarya (SBdP)


3.1 Mengetahui gambar dan format tiga dimensi.
3.2 Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada.
3.3 Mengetahui gerak tari kreasi daerah.


Contoh Soal Kelas 4 Tema 8


PPKn KD 3.3


1. Yang adalah keragaman sifat yakni . . .
A. Rambut Lani lurus, rambut Dayu keriting
B. Lani senang menari, Dayu senang menari
C. Lani beragama islam, Dayu beragama hindu
D. Lani anak yang pemarah, Dayu anak yang sabar


2. Perhatikan beberapa keragaman berikut :
I) menari
II) sepak bola
III) melukis
IV) bulu tangkis
Perbedaan keragaman pada bidang seni ditunjukan angka . . .
A. I dan II
B. I dan III
C. II dan IV
D. III dan IV


3. Perbedaan warna kulit, jenis rambut, tinggi badan, dan berat badan, adalah keragaman karakteristik persoon dilihat secara . . .


4. Kepada teman yang mengalamai cacat fisik, kita tak boleh . . ..


5. Dita bertubuh sangat pendek kalau diperbandingkan dengan teman-teman sekelasnya. Meskipun demikian Dita tak merasa . . . . . karena keadaan tubuhnya yakni anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa.


6. Keragaman karakteristik masyarakat Indonesia adalah kekayaan khazanah budaya bangsa yang dapat memperkokoh . . . .  bangsa.


Bahasa Indonesia KD 3. 9


8. Tokoh yang mempunyai watak bagus sehingga disenangi dan dikagumi pembaca, disebut . . .
A. antagonis
B. protagonis
C. utama
D. tambahan
Jawaban :


9. Cerita yang berisi kebodohan atau kecerdikan seseorang dan menimbulkan senyuma atau tawa untuk pembaca atau pendengarnya di sebut . . .
A. cerita jenaka
B. fabel
C. sage
D. mite


10. Terjadinya Selat Bali
Manik Angkeran yakni putra Sidhimantra seorang Brahmana. Manik Angkeran dan ayahnya tinggal di kerajaan Daha Bali ketika pulau Bali belum terpisah dengan pulau Jawa. Manik Angkeran suka sekali menghambur-hamburkan harta orang tuanya.


Berulang kalium Sidhimantra menasihati anaknya. Namun Manik Angkeran tak mau mendengarkan nasihat ayahnya. Harta orangtuanya pun dihabiskan. Malah, dia berani berhutang kepada orang lain. Di akhirnya Manik Angkeran dikejar-kejar penagih hutang. Sidhimantra tak tega. Hartanya telah habis tetapi Sidhimantra tak mau anaknya celaka.


Tokoh pembantu dari penggalan cerita di atas yakni . . .


11. Kasuari mempunyai badan yang besar dan sayap yang lebar. Dia mampu terbang tinggi. Namun, kasuari amat serakah. Dia memetik banyak sekali buah yang telah masak. Buah-buahan tersebut disembunyikannya di bawah sayapnya sehingga burung-burung lain tak mendapat bagian. Burung-burung lain mengetahui keserakahan kasuari. Oleh karena itu tak ada seekor burung pun mau berteman dengannya.


Menurut penggalan cerita tersebut, tokoh utamanya mempunyai sifat antagonis yaitu . . .


12. ……………………. Tanpa sengaja kalung itu terjatuh. Permata-permatanya tercerai berai di lantai. Permaisuri amat sedih. Permaisuri terduduk dan menangis. Tangisan Permaisuri menyayat hati. Seluruh rakyat yang hadir turut menangis. Mereka sedih melihat tingkah laku putri yang mereka sayangi.


Tak disangka, air mata yang tumpah ke lantai berubah menjadi aliran air. Aliran air menghanyutkan permata-permata yang berseraakan. Air tersebut mengalir ke luar istana dan menyusun danau. Anehnya air danau berwarna-warni seperti warna-warna permata kalung putri. Kini danau itu dikenal dengan nama Telaga Warna.


Penggalan cerita tersebut termasuk cerita fiksi jenis . . .


13. Penyabar, jujur, rendah hati, dermawan yakni ciri-ciri watak tokoh . . .


14. Apa yang dimaksud dengan tokoh utama?


15. Tuliskan 3 ciri-ciri cerita fiksi!


Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) KD 3.4


16. Tarian atau dorongan yang dapat mempengaruhi keadaan suatu benda di sebut . . .
A. gaya
B. tenaga
C. gerak
D. usaha


17. Peristiwa yang menunjukan bahwa gaya dapat mengubah format benda yakni . . .
A. bola melambung tinggi bila di tendang
B. meja dapat bergerak bila didorong
C. kaleng minuman penyok bila diinjak
D. sepeda yang melaju akan berhenti bila di rem.


18. Sebuah mobil mainan dapat bergerak karena adanya gaya yang berupa . . .


19. Mobil yang melaju kencang akan berhenti bila direm. Peristiwa ini membuktikan bahwa gaya dapat . . .


20. Dinamometer yakni alat bagi mengukur besar kecilnya . . .


21. Bola yang dilempar ke arah dinding akan memantul. Vishal ini menunjukkan bahwa gaya dapat . . .


22. Apakah yang dimaksud dengan gerak?


23. Tuliskan 3 (tiga) contoh peristiwa yang menunjukkan bahwa gaya dapat mengubah benda diam menjadi bergerak!


Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) KD 3.3


24. Keadaan alam mempengaruhi jenis kegiatan penduduk. Profesi yang dapat dilakukan penduduk di daerah pantai yakni . . .
A. menanam padi
B. merancang kerajinan dari kerang
C. bertani sayur-sayuran
D. membuka jasa konsultan hukum


25. Tempat terjadinya kegiatan ekonomi untuk seorang dokter ketika merawat pasiennya yakni . . .


26. Pengajar, polisi, hakim yakni kegiatan yang meghasilkan . . .


27. Kegiatan yang dilakukan oleh manusia bagi mencari penghasilan pada rangka memenuhi keperluan hidupnya disebut kegiatan . . . .


28. Pak Andi yakni seorang pengrajin mebel. Dia merancang meja, kursi dan lemari. Hasil yang dia bikin kemudian dibeli oleh pedagang. Pada kegiatan ekonomi, Pak Andi berperan selaku . . .


29.  Distributor adalah pelaku kegiatan ekonomi yang berperan . . . . . . . . . . . pada barang dan jasa dari produsen ke konsumen.


30. Apa yang dimaksud dengan kegiatan konsumsi? Jelaskan!


31. Hasil dari kegiatan produksi dapat berupa barang dan jasa. Tuliskan 3 contoh produsen yang menghasilkan barang!


Seni Budaya dan Prakarya (SBDP) KD 3.2


32. Urutan nada yang disusun secara berjenjang disebut . . .


33. Pada teks lagu “Yamko Rambe Yamko” ditulis tempo 104, artinya lagu tersebut mesti dinyanyikan pada kecepatan 104 ketukan pada waktu . . . . .  menit.


34. Apa yang dimaksud dengan tempo? Jelaskan!


Seni Budaya dan Prakarya (SBDP) KD 3.3


35. Tari kipas serumpun berasal dari . . . .
A. sumatera selatan
B. sumatera barat
C. bali
D. aceh


36. Tarian yang telah mengalami perjalanan sejarah lumayan lama disebut tari . . .


37. Tuliskan 3 macam unsur tari!


Seni Budaya dan Prakarya (SBDP) KD 3.1


File Pendidikan

38. Gambar tersebut adalah contoh benda . . .

A. dua dimensi

B. tiga dimensi

C. empat dimensi

D. lima dimensi

39. Kotak pensil, kotak tisu, lemari, kulkas termasuk jenis benda . . .


40. Tuliskan 3 ciri-ciri benda tiga dimensi!


Unduh Soal UKK Kelas 4 Tema Lingkungan Tempat Tinggalku


Contoh Soal Kurikulum 2013 Kelas 4 SD/MI ini terdiri dari mata pembelajaran Bahasa Indonesia, PPKn, IPA, IPS dan SBDP.


Sedangkan soal mata pembelajaran matematika dibangun oleh pengajar kelas dan diujikan secara terpisah, semacam itu pun dengan soal ujian mata pembelajaran Pendidikan Agama Isalm dan Budi Pekerti (PAdB), serta Pendidikan Jasmani Olahraga dan Medis (PJOK) dibangun secara terpisah oleh pengajar mata pembelajaran masing-masing.


Bagi mempermudah Sahabat pada memahami Naskah Soal Ujian Tema 8 Kelas 4 SD/MI Semester 2, Mimin telah menyiapkan Soal tematik pada format verkeersopstopping pdf yang dapat di unduh di listig tautan berikut ini:




Semoga dengan adanya contoh soal ujian tersebut dapat memberikan refrensi untuk Sahabat pada menyusun naskah soal, dan mempermudah menjalankan penilaian.


Selain itu semoga peserta didik kelas 4 SD/MI dapat terbantu pada mempelajari materi-materi Tema 8 yang terdapat di soal-soal tersebut bagi persiapan menghadapi Ujian Kenaikan Kelas.



Demikianlah Soal Penilaian Ahir Tahun (PAT-PAS) Kelas 4 Tema 8 Lingkungan Tempat Tinggalku


Terima kasih ya telah membaca wetsartikel ini, semoga soal ulangan kenaikan kelas tema 8 kelas 4 ini dapat memberikan manfaat untuk pembaca di manapun berada.


Wetsartikel yang sedang kamu baca ini berjudul Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT/PAS) Tema 8 Kelas 4 Kurikulim 2013 dengan tempat tinggal listig http://filependidikan.informatie/rmasi/download-buku-kurikulum-2013-revisi-2018-2019-lengkap.



Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top