Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 1 Halaman 107, 108, 109, 111 - Maya Blog

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 1 Halaman 107, 108, 109, 111


File Pendidikan


Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 5 Tema 1 Halaman 107, 108, 109, 111 – Pembelajaran Kelas 5 Tema 1 Organ gerak Hewan dan Manusia Subtema 2 Manusia dan Lingkungan Pembelajaran 5 Terdiri dari Mata Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Seni Budaya dan Prakarya (SBDP) dan Bahasa Indonesia.


Buku Pelajar yang digunakan selaku sumber belajar di kelas 5 adalah sebuah Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2017.


Pada pembelajaran 1 subtema 2 terdapat beberapa latihan soal yang mesti dikerjakan pelajar secara mandiri. Bagi menolong menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami share alternatif kunci jawaban soal yang terdapat di halaman 107, 108, 109, 111.


Baca Pun :




Tema 1 Kelas 5 Subtema 2 Pembelajaran 5


“Wah, hebat sekali Pak Bejo itu. Telah tua tetapi masih kuat mencangkul. Tulang dan otot-otot tangannya masih kuat mengayun cangkul yang berat. kakinya pun masih kukuh berdiri dan berjalan di lumpur yang pekat,” puji Beni.


“Betul sekali, Beni. Pak Bejo telah terbiasa mengerjakan ontvangstruimte tersebut sejak remaja. Dia pun melakukannya sebatas dengan kekuatan dan kemampuannya. Dia tak pernah memaksakan bagi mengerjakan kegiatan yang di luar batas kemampuannya. Seandainya kita paksa bisa-bisa tangan atau kaki kita dapat cedera,” jawab Pak Anto.


Ayo Mengamati


Otot mempunyai peran urgen pada setiap gerak manusia. Sama halnya dengan tulang. Otot adalah sebuah organ gerak aktif manusia dan hewan.


Coba kamu amati aktivitas sehari-harimu. Di ketika memegang sebuah benda, organ tubuhmu yang sangat berperan ialah otot.


Tahukah kamu apa itu otot?


Otot ialah jaringan yang terdapat di pada tubuh manusia, berupa alat gerak aktif yang menggerakkan tulang sehingga menyebabkan suatu organisme atau indvidu dapat bergerak. Otot bekerja dengan cara berkontraksi dan berelaksasi.


Kegunaan Otot di Manusia



  • Menjalankan dan menjalankan kerja contohnya berjalan, mengangkat, dan memegang.

  • Menggerakkan jantung.

  • Mengalirkan darah yang terdiri atas zat-zat yaitu nutrisi, oksigen, dan lain-lain.



Macam-Macam Otot Manusia


1. Otot Polos


Otot Polos ialah otot yang bekerja tanpa kesadaran kita yang dipengaruhi oleh aplikasi saraf tak sadar atau saraf otonom, otot polos dibentuk oleh sel-sel yang berbentuk gelendong dimana kedua ujungnya runcing dan mempunyai 1 inti sel.


File Pendidikan

Ciri-ciri Otot Polos



  • Waktu kontraksi antara 3 hingga 180 detik.

  • Wujud dari otot polos ialah gelendong.

  • Terletak di organ pada.

  • Mempunyai satu inti sel yang berada di tengah.

  • Pergerakannya dari otot polos lambat dan gampang lelah.

  • Dipengaruhi oleh saraf otonom.

  • Otot polos biasanya berada di bagian usus, saluran peredaran darah, dan otot di saluran kemih.

  • Tak  diperintah  oleh  otak  atau  tak dipengaruhi oleh otak.



2. Otot Lurik


Otot lurik ialah otot yang menempel di rangka tubuh manusia yang digunakan pada pergerakan. Otot lurik ialah otot yang bekerja di bawah kesadaran. Otot lurik pun dinamakan otot rangka, Kenapa? karna menempel di rangka. Dinamakan otot lurik karena adanya sisi gelap dan terang yang berselang seling.


File Pendidikan

Ciri-ciri Otot Lurik



  • Wujud silindris dengan garis gelap terang.

  • Melekat di rangka.

  • Bekerja secara sadar dengan petunjuk otak.

  • Cepat dan gampang lelah.

  • Wujud yang panjang dan mempunyai banyak inti sel (multisel).

  • Mempunyai pigmen mioglobin.

  • Inti sel yang berada di tepi.



3. Otot Jantung


Otot jantung ialah otot yang bekerja secara terus-menerus tanpa istirahat atau berhenti. Otot jantung adalah sebuah perpaduan antara otot lurik dan otot polos karna adanya persamaan yang terdapat di otot jantung misalnya, mempunyai sisi gelap terang dan inti sel yang berada di tengah. Otot jantung berfungsi pada memompa darah ke seluruh tubuh. Otot Jantung bekerja di bawah kesadaran manusia. Saraf yang memengaruhi otot jantung ialah saraf simpatik dan parasimpatik.


File Pendidikan

Ciri-ciri Otot Jantung



  • Otot jantung berbentuk silindris.

  • Mempunyai percabangan.

  • Otot jantung terletak di jantung.

  • Mempunyai satu inti sel yang berada di tengah.

  • Bekerja tanpa kesadaran manusia.

  • Bekerja terus menerus dan tak membutuhkan istirahat.



Jawaban Tematik Halaman 107


Ayo Mencoba


Tunjukan dimana letak otot-otot ini berada. Hubungkan dengan menggunakan garis.


File Pendidikan

Dengan mengetahui macam dan guna otot pada tubuh manusia, kita jadi tahu betapa pentingnya peran otot pada kehidupan manusia. Coba kamu bayangkan seandainya kamu tak mempunyai otot? Ataukah otot-ototmu mengalami gangguan dan tak dapat bekerja dari yang mestinya.


Jawaban Tematik Halaman 108


Ayo Berkreasi


Kamu telah mengetahui macam-macam otot dan juga letaknya di tubuh manusia. Kini coba buatlah prototype sederhana rangka otot manusia dengan bahan kawat. Buatlah seperti contoh berikut.


File Pendidikan


Ayo Membaca


Otot Manusia


Otot-otot pada tubuh manusia mempunyai beberapa guna, tetapi guna yang utama ialah bagi bergerak. Adapun fungsi-fungsi yang lain antara lain bagi mendukung tubuh, menjaga postur tubuh, dan menjaga suhu tubuh. Segala guna otot tersebut dapat dilakukan apabila otot pada keadaan sehat, tanpa terjadi gangguan atau kelainan.


Otot pada tubuh manusia berperan pada gerakan-gerakan yang disengaja. Gerak yang disengaja berarti dilakukan secara sadar dan membutuhkan usaha tersendiri di tiap-tiap bagian otot. Contoh gerak yang disengaja antara lain berjalan, membungkuk, memutar, memegang, dan mengangkat.


Selain itu, otot pada tubuh manusia pun berperan pada gerakan manusia yang tak disengaja. Gerak manusia yang tak disengaja ialah gerakan yang terjadi secara otomatis. Contoh gerak yang tak disengaja antara lain pernapasan, gerak pencernaan makanan lewat aplikasi pencernaan, dan detak jantung.


Otot pada tubuh pun berfungsi memberikan dukungan. Otot-otot pada tubuh manusia, khususnya otot-otot di rangka bekerja bagi mendukung tubuh. Misalnya ketika duduk dan berdiri, otot-otot rangka


ini akan mengerjakan penyesuaian gerakan dengan memperkuat sendi dengan menopang tulang sehingga berada di posisi yang tepat. Selain itu otot rangka pun memegang peranan urgen pada menentukan kekuatan tubuh secara keseluruhan dan kemampuan bagi mengerjakan aktivitas fisik. Dengan otot yang kuat karenanya medis tubuh kita pun akan terjaga dan kita pun akan dapat mengerjakan berjenis-jenis gerakan.


Kegunaan lain dari otot ialah bagi mempertahankan postur tubuh. Otot-otot rangka menolong manusia misalnya bagi berdiri dan mempertahankan sikap tegak. Pada ontvangstruimte ini otot-otot tersebut pun menolong menjaga keseimbangan tubuh.


Otot pun berperan pada menjaga suhu tubuh secara keseluruhan. Program otot dapat merespon kalau tubuh mengalami penurunan dan peningkatan suhu tibuh. Contoh respon otot ketika terjadi penurunan suhu tubuh ialah menggigil. Menggigil ialah respon tak sengaja dimana otot berkontraksi secara tepat bagi menghasilkan panas. Otot yang menggigil tersebut menuntut peningkatan darah yang mengandung oksigen bagi meningkatkan suhu tubuh.


Jawaban Tematik Halaman 109


Merujuk pada bacaan di atas, peroleh ide utama masing-masing paragraf.


File Pendidikan

Alternatif Jawaban :


Ide utama paragraf 1 : Otot-otot pada tubuh manusia mempunyai beberapa guna, namun guna yang utama ialah bagi bergerak.


Ide utama paragraf 2 : Otot pada tubuh manusia berperan pada gerakangerakan yang disengaja.


Ide utama paragraf 3 : Selain itu, otot pada tubuh manusia pun berperan pada gerakan manusia yang tak disengaja.


Ide utama paragraf 4 : Otot pada tubuh pun berfungsi memberikan dukungan.


Ide utama paragraf 5 : Kegunaan lain dari otot ialah bagi mempertahankan postur tubuh.


Ide utama paragraf 6 : Otot pun berperan pada menjaga suhu tubuh secara keseluruhan.


Ayo Berkreasi


Buatlah gambar voorkant bacaan di atas. Masih ingatkah kamu pengertian dan unsur-unsur yang mesti ada pada voorkant?


Agar dapat menghasilkan gambar voorkant yang bagus, kamu mesti benar-benar memahami isi bacaan terlebih dahulu. Setelah itu kamu mesti menentukan terlebih dahulu desain background (latar).


Ada dua macam desain pada membangun voorkant, yakni:


1. Voorkant dengan latar berwarna putih dan tulisan sederhana


Di jenis ini, tak ada gambar yang memenuhi halaman. Pun terkadang hanya berisi judul, nama pengarang, dan nama penerbit. Dengan demikian yang nampak dominan ialah warna putih dan ruang kosong. Ruang kosong semacam ini dimaksudkan selaku ruang yang lega agar mata tak sesak terpenuhi oleh gambar.


File Pendidikan


2. Desain penuh warna dan gambar


Di jenis ini, bagian yang dominan ialah gambar ilustrasi dan judul. Selain itu pun disajikan permainan warna yang mencolok dan bervariasi.


File Pendidikan

Nah kini giliranmu membangun gambar voorkant buku. Buatlah voorkant buku dari bacaan yang berjudul Otot Manusia. Gambar yang kamu bikin haruslah memperhatikan unsur-unsur pada membangun voorkant seperti yang telah kamu pelajari sebelumnya.


Jawaban Tematik Halaman 111


File Pendidikan

Setelah gambar selesai kamu bikin, ceritakan kembali gambarmu tersebut di hadapan teman dan gurumu. Namun ingat, yang menjadi basic ceritamu bukanlah bacaan Otot Manusia, tetapi hasil gambar yang telah kamu bikin.



Demikianlah Wetsartikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 5 Tema 1 Halaman 107, 108, 109, 111


Terima kasih telah membaca wetsartikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 5 tema 1 subtema 2 pembelajaran 5 ini dapat memberikan manfaat untuk para pembaca di manapun berada.


Wetsartikel yang sedang kamu baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 5 Tema 1 Halaman 107, 108, 109, 111 dengan domisili verbinding http://filependidikan.informatie/rmasi/jawaban-buku-tema-1-kelas-5.




Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top