Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 1 Halaman 114, 115, 118, 119,120 - Maya Blog

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 1 Halaman 114, 115, 118, 119,120


File Pendidikan

Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 5 Tema 1 Halaman 114, 115, 118, 119,120 – Pembelajaran Kelas 5 Tema 1 Organ gerak Hewan dan Manusia Subtema 2 Manusia dan Lingkungan Pembelajaran 6 Terdiri dari Mata Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Seni Budaya dan Prakarya (SBDP) dan Bahasa Indonesia.


Buku Pelajar yang digunakan selaku sumber belajar di kelas 5 adalah Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2017.


Pada pembelajaran 1 subtema 2 terdapat beberapa latihan soal yang mesti dikerjakan pelajar secara mandiri. Bagi menolong menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami share alternatif kunci jawaban soal yang terdapat di halaman 114, 115, 118, 119,120.


Baca Pun :




Tema 1 Kelas 5 Subtema 2 Pembelajaran 6


Pak Anto dan Beni kaget, tiba-tiba terdengar suara teriakan minta tolong. Mereka berdua pun segera mencari dan menghampiri sumber suara tersebut. Oh, ternyata kaki diantara pekerja keseleo karena terpeleset ketika melangkah keluar dari sawah. Dia nampak kesakitan sekali.


“Kenapa dengan Pak Bejo, Pak?” tanya Beni khawatir.


“Oh, kaki Pak Bejo keseleo. Rasanya sakit sekali,” jawab Pak Anto. “Apa itu keseleo, Pak?” tanya Beni penasaran.


“Keseleo adalah gangguan atau cedera yang terjadi di otot. Ridderzaal tersebut dapat terjadi karena adanya gerakan dadakan, kekurangsiapan otot bagi mengerjakan suatu gerakan, pun karena adanya paksaan gerakan di otot,” jelas Pak Anto.


“Oh, semacam itu ya, Pak” sahut Beni.


“Beni, keseleo dapat terjadi kapan saja dan dimana saja serta pada kegiatan apa saja, misalnya ketika berolahraga. Diantara jenis olahraga yang rentan terjadi keseleo atau cedera otot yaitu sepak bola. Karena pada sepak bola, kerja otot benar-benar diforsir. Tubuh mesti bergerak dan berlari pada waktu yang lama.” jelas Pak Anto.


“Oleh karena itu, bagi memperkecil kemungkinan terjadinya cedera, sebelum mengerjakan permainan sepak bola dan olahraga lainnya mesti menguasai teknik-tekniknya terlebih dulu. Selain itu, kita mesti mengerjakan pemanasan agar tulang dan otot-otot kita pada keadaan siap,” tambah Pak Anto.


“Oh, menguasai tekhnik berarti benar-benar urgen ya, Pak. Agar kita dapat mengerjakan permainan dengan bagus, pun bagi memperkecil resiko terjadinya cedera,” kata Beni.


Setelah dirawat dan diobati, kaki Pak Bejo yang keseleo berangsur-angsur membaik. Dari yang sebelumnya tak dapat digerakkan dan sakit, kini telah dapat digerakan tanpa terasa sakit. Kaki Pak Bejo telah dapat ditekuk, diluruskan dan diputar-putar. Pak Anto dan Beni pun senang melihatnya.


Sekarang ini kaki Pak Bejo pun dapat digerak-gerakkan kembali. Pak Bejo pun dapat mengerjakan pelbagai aktivitas yang memanfaatkan kerja otot.


Macam-Macam Gerak Otot


1. Gerak meluruskan contohnya meluruskan lutut, siku dan ruas jari.


2. Gerak menekan ke bawah atau menurunkan.


3. Gerak memutar lengan sehingga telapak menelungkup.


4. Gerak menjauhkan, contohnya gerak tungkai menjauhkan dari sumbu tubuh.


5. Gerak yang memutar lengan sehingga tangan menegadah.


6. Gerak yang mendekatkan sumbu tubuh contohnya gerak yang mendekatkan tungkai dengan sumbu tubuh.


7. Gerak yang membengkokkan contohnya membengkokkan siku, ruas jari dan lutut.


Kunci Jawaban Tematik Halaman 114


Ayo Mengamati


Kamu telah mengetahui pelbagai macam gerak otot.


Termasuk macam gerak otot yang manakah gerakan-gerakan di gambar berikut ini?


File Pendidikan


Kunci Jawaban Tematik Halaman 115


Ayo Berkreasi


Bagi menambah pemahamanmu mengenai otot buatlah prototype sederhana dengan menggunakan stryrofoam. Kegiatan ini dapat kamu lakukan bersama dengan kelompokmu.


Siapakan alat dan bahan:


Satu lembar styrofoam, pensil, spidol warna, pemotong/cutter


Langkah kerja :


1. Menggambar pola di styrofoam menggunakan pensil.


2. Memotong styrofoam sesuai pola.


3. Memberikan warna yang berbeda di tiap-tiap jenis otot.


4. Merangkai tiap jenis potongan sesuai gambar berikut.


Perhatikan contoh berikut.


File Pendidikan

Banyak guna dari jaringan otot di tubuh manusia. Namun terkadang orang kurang memperhatikan cara menjaga medis otot.


Oleh karena itu seringenboom terjadi kram, nyeri, atau cedera otot yang lumayan menyakitkan. Bagaimanakah cara menjaga medis otot?


Cara menjaga dan merawat otot di manusia yaitu selaku berikut.


1. Menghindari gerakan yang membebani kerja otot secara berlebihan.


Agar terhindar dari gangguan atau cedera di otot, karenanya kita mesti menghindari kegiatan atau gerakan yang dipaksakan, gerakan tiba-tiba, dan kegiatan-kegiatan yang terlalu membebani kerja otot.


2. Menjalankan peregangan


Lakukan beberapa gerakan peregangan sebelum dan setelah mengerjakan aktivitas tertentu yang memanfaatkan kerja otot pada rentang waktu yang lama seperti ketika mengerjakan olah raga, berjalan jauh, dan berlari.


3. Menjalankan latihan rutin


Banyak latihan fisik yang dapat kita lakukan bagi menjaga medis otot. Latihan rutin ini dapat dilakukan dengan beban maupun tanpa beban, dapat dilakukan di pada maupun di luar ruangan. Misalnya jogging, bersepeda, latihan kebugaran di pusat kebugaran, dan lain-lain.


4. Memenuhi keperluan cairan tubuh


Keperluan cairan setiap orang berbeda-beda. Sedikitnya mengonsumsi 6 gelas air sehari agar dapat menjaga medis tubuh.


Cairan dapat menolong otot melemas setelah berkontraksi serta dapat melembabkan sel-sel otot, sehingga tak gampang mengalami ketegangan.


5. Mengonsumsi makanan yang bergizi dan bermanfaat untuk otot


Banyak jenis makanan yang mengandung gizi yang bagus untuk otot, khususnya bagi pembentukan otot. Makanan-makanan tersebut antara lain putih telur, susu, ikan tuna, sayur brokoli, dada ayam, daging sapi, minyak ikan, keju, kacang almond dan kacang arab, dan bayam.


6. Meringankan nyeri otot


Gunakan krim khusus otot bagi menimbulkan rasa hangat sehingga otot yang kram menjadi lebih rileks.


Ayo Membaca


Ade Rai, Binaragawan Perkasa Indonesia


Ade Rai yaitu sosok pria perkasa yang benar-benar terkenal di Indonesia, bahkan di dunia. Selaku binaragawan Indonesia, banyak telah prestasi yang diraihnya, bagus di tingkat nasional maupun internasional. Dikala ini Ade Rai telah pensiun selaku atlet binaraga, meskipun demikian, ia tetap aktif menjadi pembina dan membuka tempat kebugaran di beberapa daerah di Indonesia.


File Pendidikan

Di waktu kecil, Ade Rai hanya seorang anak kecil yang mempunyai tubuh kurus, bahkan dapat dibilang benar-benar kurus. Di umur 10 tahun, Ade Rai hanya mempunyai berat badan 25 kg. Malahan, hingga mencapai remaja dengan tinggi 183 cm, berat badan Ade Rai hanya 55 kg.


Ade Rai, dia mempunyai minat yang tinggi pada bidang olahraga. Di awalnya dia menggeluti bidang olahraga bulu tangkis. Namun, Ade Rai tak semacam itu lama menggeluti bulu tangkis, hingga di akhirnya dia lebih memilih bagi menjadi seorang atlet binaraga.


Prestasi pertama-tama Ade Rai pada bidang binaraga diraih di tahun 1995. Prestasi tersebut memicunya bagi terus aktif mengikuti pelbagai kejuaran, mulai dari lingkup kecil hingga besar, mulai dari lokal, nasional, hingga internasional. Hingga akhirnya Ade Rai terus berkembang dan meraih prestasi demi prestasi dari pelbagai kejuaraan.


Masalah prestasi yang diraih Ade Rai tak perlu diragukan lagi. Dari pelbagai kejuaraan yang diikutinya selalu membuahkan hasil yang mengagumkan. Salah satunya kemenangannya di Musclemania World (Kejuaraan Dunia Binaraga ) kelas berat ringan. Dari situlah kemudian membawa Ade Rai menuju ke kejuaraan multi-event Asia Tenggara (Sea Games) di tahun 1997. Di kejuaraan tersebut Ade rai pun mampu mempersembahkan emas untuk bangsa Indonesia. Malahan, setelah itu masih banyak piala dan medali yang dia raih dari pelbagai kejuaraan tingkat nasional dan internasional.


Berkat prestasi-prestasinya demikianlah, Ade Rai turut mempromosikan binaraga di Indonesia. Dari sebelumnya yang sepi peminat, hingga akhirnya olahraga binaraga menjadi olahraga yang banyak diminati di Indonesia, bagus oleh pria maupun wanita.


Setelah pensiun selaku atlet pun, Ade Rai masih berkecimpung pada dunia binaraga. Dia membuka beberapa pusat latihan dan kebugaran di beberapa daerah. Selain itu, Ade Rai pun menjual suplemen dan mengerjakan perlatihan sertifikasi bagi para profesional di bidang fitness. Ade pun aktif mengampanyekan hidup sehat lewat fitness dengan menerbitkan buku dan majalah serta menjadi pembicara di pelbagai seminar dan aktifitas.


Kunci Jawaban Tematik Halaman 118


Menurut bacaan di atas, peroleh ide utama masing-masing paragraf.


File Pendidikan

Alternatif Jawaban :


1. Paragraf 1 : Ade Rai yaitu binaragwan yang tak hanya terkenal di Indonesia, tetapi pun di dunia.


2. Paragraf 2 : Di waktu kecil, Ade Rai hanya serorang anak kecil yang mempunyai tubuh kurus, bahkan dapat dibilang benar-benar kurus.


3. Paragraf 3 : Ade Rai mempunyai minat yang tinggi pada bidang olahraga.


4. Paragraf 4 : Prestasi pertama-tama Ade Rai pada bidang binaraga diraih di tahun 1995.


5. Paragraf 5 : Prestasi yang diraih Ade Rai tak perlu diragukan lagi.


6. Paragraf 6 : Berkat prestasi-prestasinya demikianlah, Ade Rai turut mempromosikan binaraga di Indonesia.


7. Paragraf 7 : Setelah pensiun selaku atlet, Ade Rai masih tetap berkecimpung pada dunia binaraga.

Seorang atlet binaraga memerlukan latihan yang rutin, terukur, dan membutuhkan waktu yang tak sebentar pada menyusun otot-ototnya.


Selain itu, mereka pun menjaga sekali pola makannya. Pastinya dengan pola makan yang sehat. Mereka benar-benar memperhatikan asupan makanannya mulai dari gizi, komposisi, porsi, dan kebersihannya.


Jadi, bagi menjadi seorang binaragawan tak dapat dilakukan secara instan dengan hanya minum obat-obatan atau suplemen penambah massa otot saja.


Apalagi hingga mengkonsumsi bahan-bahan berbahaya hanya sekedar ingin cepat memperoleh otot yang besar.


Jawaban Tematik Halaman 119 dan 120


Ayo Berkreasi


Buatlah gambar voorkant mengenai bacaan yang berjudul “Ade Rai, Binaragawan Perkasa Indonesia”. Namun, sebelumnya coba ingatlah kembali unsur-unsur dan ragam desain pada merancang gambar voorkant.


File Pendidikan

Alternatif Jawaban :
















Gambar Voorkant
UnsurRagam Desain


  1. Terdapat judul dengan pemilihan jenis huruf yang menarik dan mencolok.

  2. Terdapat kalimat penjelas judul yang singkat dan gampang dimengerti.

  3. Terdapat nama penulis.

  4. Terdapat identitas penerbit.

  5. Menyertakan gambar yang menarik.

  6. Terdapat sinopsi isi buku di sisi belakang.

  7. Terdapat identitas buku di punggung buku.




  1. Voorkant dengan latar berwarna putih dan tulisan sederhana. Di jenis ini, tak ada gambar yang memenuhi halaman. Malahan terkadang hanya berisi judul, nama pengarang, dan nama penerbit. Dengan demikian yang nampak dominan yaitu warna putih dan ruang kosong. Ruang kosong semacam ini dimaksudkan selaku ruang yang lega agar mata tak sesak terpenuhi oleh gambar.

  2. Desain penuh warna dan gambar, Di jenis ini, bagian yang dominan yaitu gambar ilustrasi dan judul. Selain itu pun disajikan permainan warna yang mencolok dan bervariasi.



Buatlah gambar voorkant di kolom berikut.


File Pendidikan


Demikianlah Wetsartikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 5 Tema 1 Halaman 114, 115, 118, 119,120


Terima kasih telah membaca wetsartikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 5 tema 1 subtema 2 pembelajaran 6 ini dapat memberikan manfaat untuk para pembaca di manapun berada.


Wetsartikel yang sedang sahabat baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 5 Tema 1 Halaman 114, 115, 118, 119,120 dengan tempat tinggal verbinding http://filependidikan.informatie/rmasi/jawaban-buku-tema-1-kelas-5.



Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top