Contoh RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) 1 Lembar - Maya Blog

Contoh RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) 1 Lembar

Halo teman-teman pengajar sebangsa dan setanah air, kalium ini kita akan bicara mengenai lesson project zogenoemde RPP yuk!. Bapak menteri kita Nadiem udah menyampaikan kebijkan mengenai RPP yang akan disederhanakan sehingga tak memberatkan pengajar.

Sebelumnya nih RPP ada 13 komponen, amat padat sekali dan membuang-buang waktu pengajar. Saya sendiri telah lama membangun review mengenai semacam itu buruknya format RPP Indonesia yang dapat berhalaman-halaman kaya novel, boros kertas. Beda halnya dengan RPP di luar negeri yang simple lumayan 1 lembar saja dapat menyajikan pembelajaran menarik.

Jadi yang dulu-dulu pemangku kebijakan, helow kemana aja nih. Lama bikin kebijakan yang bikin pengajar stress, ngaco ini. Kebijakan terbaru menyebutkan bahwa RPP lumayan mengandung 3 komponen saja yaitu tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan penilaian. Beda banget dengan yang dulu mesti nyantumin KI 1, KI 2 yang boros kata, konsep, prosedural, metakognitif dll gak berkwalitas banget. 











File Pendidikan
RPP Satu Lembar Saja

Jujur saja saya gak paham dulu ngapain pemerintah membangun kebijakan isi RPP yang jelimet gitu. Jadi ketika ini dengan konsep Merdeka Belajar, karenanya pengajar dan pelajar akan menjadi lebih semangat lagi mencurahkan semua kreatifitas, yang urgen sesuai pedoman mendasar kurikulum.

Ketika ini sebetulnya banyak program online yang mempermudah pengajar bagi mendesain RPP, salah satunya ya MS Word. Saya biasanya membuatnya disana karena dapat pilih tampilan dan donwload sendiri. di MS Word udah ada fitur tampilan lesson project, tinggal edit-edit aja. Jadi jaman now itu RPP gak usah terlalu kaku kaya jaman orba aja seluruh diatur sentralistik. Biarlah pengajar berkreasi asalkan komponen pembelajarannya terinput pada RPP tersebut, vermag gitu. 

Pengalaman dulu ketika pelatihan K13 saya menyampaikan pendapat ke instruktur terkait RPP ini, eh dia malah marah-marah. Pada hati, instruktur macam apa itu, gak dapat menerima pendapat orang lain seolah sangat benar sendiri. Kata-katanya pun menampilkan keangkuhan dengan emosi. Jadi mari merdeka mendesain kegiatan belajar. Berikut ini contoh RPP 1 lembar yang saya desain di MS Word. Unduh di bawah. Baca pun: Contoh Soal UP PPG Daljab dan Kunci Jawaban

CONTOH RPP 1 LEMBAR PEWILAYAHAN NEGARA
FORMAT RPP Permendikbud 14 Th 2019



Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top