Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 23, 24, 25, 26, 28 - Maya Blog

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 23, 24, 25, 26, 28


File Pendidikan

Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 23, 24, 25, 26, 28 – Pembelajaran Kelas 6 Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku Pembelajaran 2 Terdiri dari Mata Pembelajaran SBDP dan PPKn.


Buku Pelajar yang digunakan selaku sumber belajar di kelas 6 adalah sebuah Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.


Pada Pembelajaran 1 Subtema 1 Tema Selamatkan Makhluk Hidup Pembelajaran 2 terdapat beberapa latihan soal yang mesti dikerjakan pelajar secara mandiri. Bagi menolong menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami berbagi alternatif kunci jawaban soal yang terdapat di halaman 23, 24, 25, 26, 28.


Baca Pun :




Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 2


Ayo Berdiskusi


Di hari libur, Lani dan teman-temannya merencanakan bagi berkumpul di rumah Edo. Mereka berencana merancang minuman dari jahe. Ya, mereka akan mengolah jahe menjadi minuman sehat dan segar.


Namun alangkah kagetnya Lani, Udin, Siti, Dayu, dan Beni. Edo ternyata sedang sakit. Ia batuk dan demam. Edo terbaring di tempat tidur.


Mereka akhirnya bersepakat membuatkan wedang jahe bagi Edo. Di belakang rumah Edo banyak tanaman jahe. Edo betul-betul senang. Persahabatan mereka betul-betul indah. Mereka mempunyai latar belakang yang berbeda. Namun, semangat tolong menolong di antara mereka betul-betul tinggi.


Kunci Jawaban Tematik Halaman 23


Bagaimana pendapatmu mengenai sikap teman-teman Edo? Tulislah pendapat mu di kolom di bawah ini!


Sikap teman-teman Edo mencerminkan sikap yang terkadung pada sila ke dua Pancasila, yaitu Solidaritas antar sesama manusia.

Diskusikan jawabanmu dengan gurumu.


Sikap teman-teman Edo sesuai dengan nilai-nilai yang terdapat di sila Pancasila. Pahami kelima sila Pancasila berikut ini.


File Pendidikan


Kunci Jawaban Tematik Halaman 24


Ayo Berdiskusi


Bersama kelompokmu, diskusikan nilai-nilai yang terkandung pada sila-sila pancasila berikut.


1.  Ketuhanan yang Maha Esa


Nilai yang terkadung pada sila ketuhanan yang Maha Esa yaitu takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, toleransi dan penghormatan kepada agama atau kepercayaan lain, kerukunan antarumat beragama.

2. Kemanusiaan yang adil dan beradab


Nilai yang terkadung pada sila Kemanusiaan yang adil dan beradab yaitu persamaan derajat, menghargai hiel asasi manusia, solidaritas antar sesama manusia, dan perdamaian.

Presentasikan hasil diskusimu di depan kelas.


Tahukah Kamu?


Nilai-nilai yang terkandung pada sila “Ketuhanan yang Maha Esa” selaku berikut.


1. Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa


2. Toleransi dan penghormatan kepada agama atau kepercayaan lain


3. Kerukunan antarumat beragama.


Nilai-nilai yang terkandung pada sila “Kemanusian yang Adil dan Beradab” selaku berikut.


1. Persamaan derajat


2. Menghargai hiel asasi manusia


3. Solidaritas antar sesama manusia


4. Perdamaian.


Kunci Jawaban Tematik Halaman 25, 26


Amati gambar berikut.


File Pendidikan

Diskusikan mengenai sikap atau perilaku yang terdapat di gambar di atas. Kelompokkan gambar-gambar tersebut sesuai dengan nilai-nilai pada sila kesatu dan sila kedua.


Tulislah nomor gambar di tabel berikut sesuai dengan pengelompokannya. Jelaskan jawabanmu.


File Pendidikan

Alternatif Jawaban :


Perilaku yang sesuai dengan Sila Kesatu yaitu Gambar 1 Takwa Kepada Tuhan Yang Mahasa Esa, Gambar 2 Toleransi kepada agama atau kepercayaan lain, Gambar 3 Kerukunan antarumat beragama.


Perilaku yang Sesuai dengan Sila Kedua yaitu Gambar 4 Menjenguk teman yang sakit, Gambar 5 menghargai pendapat orang lain, Gambar 6 menolong teman yang terkena musibah, Gambar 7 Memberikan kesempatan kepada orang lain bagi mengemukakan pendapat, Gambar 8 mengormati orang tua.

Sampaikan jawabanmu di depan kelas. Sekarang ini kamu mesti kerja mandiri.


Berikan 3 contoh perilaku atau sikap lain pada kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan nilai-nilai sila kesatu Pancasila.


Pilihlah dua dari contoh tersebut yang akan kamu terapkan.


Jelaskan bagaimana kamu akan menerapkannya.


3 Perilaku atau sikap lain pada kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan nilai-nilai sila kesatu Pancasila yaitu tak menggangu teman yang berbeda agama dikala menjalankan ibadah, mau berteman dengan teman yang berbeda agama, dan merawat tanaman.

Berikan 3 contoh perilaku atau sikap lain pada kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan nilai-nilai sila kedua Pancasila.


Pilihlah dua dari contoh tersebut yang akan kamu terapkan.


Jelaskan bagaimana kamu akan menerapkannya.


3 contoh perilaku atau sikap lain pada kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan nilai-nilai sila kedua Pancasila yaitu menumbuhkan sikap tenggang rasa, menghormati orang yang lebih tua, menjenguk teman yang sakit..

Menolong teman yang sakit adalah sebuah diantara pelaksanaan dari sila kedua.


Merawat tanaman adalah sebuah perwujudan rasa syukur kita kepada Tuhan yang Maha Esa yang telah memberikan tanaman selaku sumber kehidupan dan sobat untuk manusia.


Ayo Berkreasi


Manfaat tanaman bukan hanya di buah dan bunga. Bagian tanaman lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh penduduk Indonesia dan Asia Tenggara yaitu kayu. Banyak produk seni yang terbuat dari kayu, salah satunya yaitu patung.


Kamu dapat merancang patung seperti mereka. Namun kalium ini kamu akan belajar merancang patung dari bahan lain, yaitu tanah liat atau lilin malam.


Patung Nusantara terbuat dari tanah liat.


Patung-patung tersebut betul-betul diminati, bagus oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.


Ayo, kita praktikkan merancang patung


Nusantara dari tanah liat.


Amati aneka kerajinan patung tanah liat dari daerah Kasongan berikut.



File Pendidikan

Diskusikan pertanyaan berikut pada kelompok.


Kunci Jawaban Tematik Halaman 28


1. Bagaimana pendapatmu ketika melihat patung tersebut? Jelaskan!


Patung tersebut adalah sebuah hasil karya seni rupa dari gerabah yang unik mempunyai nilai jual yang tinggi.

2. Apa saja keterampilan yang diperlukan bagi merancang patung tersebut?


Ketermapilan yang perlukan bagi merancang patung tersebut yaitu pemilihan bahan baku yang akan digunakan, ide atau kreativitas, kemampuan pada  mengkombinasikan warna agar patung tersebut terlihat menarik.

3. Menurutmu, bagaimana cara merancang patung tersebut?


Perancangan patung tersebut menggunakan teknik cetak tekan maupun ukir.

Kamu telah mengamati pelbagai patung Nusantara dari tanah liat. Sekarang ini kamu akan merancang patung dari tanah liat yang bentuknya disesuaikan dengan budaya daerahmu.


Proses Perancangan Patung Nusantara dari Tanah Liat


Perancangan patung tanah liat dapat dilakukan dengan teknik cetak tekan maupun ukir. Bagi teknik cetak tekan dan ukir, sebaiknya menggunakan tanah liat plastis. Jangan menggunakan tanah yang terlalu lembek karena akan menyulitkan bagi memperoleh wujud yang tepat, rapi, dan jelas.


Tanah liat yang terlalu lembek akan lengket di cetakan gips sehingga sulit diangkat dari cetakan dan sulit bagi diukir.


Bagi kegiatan merancang patung Nusantara ini kamu dapat menggunakan tanah liat yang dapat ditemukan di sekitar tempat tinggalmu.


Kalau di sekitarmu tak terdapat tanah liat, karenanya kamu dapat menggunakan lilin atau plastisin. Kamu dapat merancang sendiri adonan plastisin dari tepung dengan strategi selaku berikut.


File Pendidikan

Sekarang ini ambillah adonan plastisinmu yang telah terdapat.


Kamu dapat mencoba pelbagai wujud dengan menggunakan tanah liat atau lilin malam. Biasakanlah tanganmu bagi menyusun desain yang kamu harapkan.


Cobalah beberapa wujud dengan menggunakan bahan yang sama.



Demikianlah Wetsartikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 23, 24, 25, 26, 28


Terima kasih telah membaca wetsartikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 6 tema 1 subtema 1 pembelajaran 2 ini dapat memberikan manfaat untuk para pembaca di manapun berada.


Wetsartikel yang sedang sahabat baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 23, 24, 25, 26, 28 dengan tempat tinggal verbinding http://filependidikan.informatie/rmasi/jawaban-buku-tema-1-kelas-5.



Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top