Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 Halaman 1, 3, 11 - Maya Blog

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 Halaman 1, 3, 11


File Pendidikan

Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 Halaman 1, 3, 11 – Pembelajaran Kelas 5 Tema 2 Udara Bersih Untuk Medis Subtema 1 Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih Pembelajaran 1 Terdiri dari Mata Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan Bahasa Indonesia.


Buku Pelajar yang digunakan selaku sumber belajar di kelas 5 adalah Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2017.


Pada pembelajaran 1 subtema 1 tema Udara Bersih Untuk Medis terdapat beberapa latihan soal yang mesti dikerjakan pelajar secara mandiri. Bagi menolong menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami berbagi alternatif kunci jawaban soal yang terdapat di Halaman 1, 3, 11.





Tema 2 Kelas 5 Subtema 1 Pembelajaran 1


File Pendidikan


Kunci Jawaban Tematik Halaman 1


Perhatikan gambar di atas.


1. Apa saja makhluk hidup yang terdapat di gambar di atas?


Makhluk hidup yang terdapat di gambar di atas yaitu manusia, dan hewan (kambing, bebek dan ayam)

2. Apa saja perbedaan makhluk hidup yang terdapat di gambar itu?


Perbedaan makhluk hidup yang terdapat di gambar itu yaitu anggota tubuh, cara berjalan, jenis makanan, tempat hidup, dll.

3. Apa pula persamaannya?


Persamaannya yaitu membutuhkan makanan, bernapas, membutuhkan oksigen dan tempat tinggal.

4. Apakah seluruh makhluk hidup itu membutuhkan oksigen?


Ya, seluruh makhluk hidup itu membutuhkan oksigen. 

5. Bagaimana proses pengambilan oksigen oleh makhluk hidup?


Proses pengambilan oksigen oleh makhluk hidup berbeda-beda, misalnya cacing bernapas via permukaan kulit, ikan bernapas dengan insang, manusia bernapas dengan paru-paru.

6. Apa yang mesti kita lakukan supaya ketersediaan oksigen terjaga?


Yang mesti kita laukan supaya ketersediaan oksigen terjaga yaitu, tak mencemari lingkungan, tak menebang pohon dan membakar hutan dan mengerjakan penghijauan atau penanaman pohon kembali.

7. Bagaimana tanggung jawab kita kepada masyarakat pada menjaga ketersediaan oksigen?


Tanggung jawab kita kepada masyarakat yaitu menghasilkan lingkungan bersih dan banyak tumbuhan hijau.


Dayu dan Ikan Hias


Dayu memelihara banyak ikan hias berjenis ikan mas koki. Ikan-ikan hias itu dipelihara pada sebuah akuarium. Setiap hari Dayu memberi makan ikan-ikannya. Dayu pun rutin membersihkan akuarium, lalu mengganti airnya dengan air bersih. Kegiatan itu ia lakukan seminggu sekali.


Dayu senang melihat ikan-ikan di pada akuarium berenang ke sana ke mari. Dayu memperhatikan dikala mulut ikan-ikan itu terbuka dan menutup. Seolah- olah ikan-ikan itu selalu menelan air. Dayu bertanya-tanya, apa yang dilakukan ikan-ikan itu?


Kunci Jawaban Tematik Halaman 3


Kamu telah membaca bacaan “Dayu dan Ikan Hias”. Perhatikan peta pikiran (mind ordner) di bawah ini, lalu jawablah pertanyaan pada setiap kotak.


File Pendidikan

Alternatif Jawaban :


File Pendidikan


Ayo Menulis


Menurutmu, apa yang dilakukan ikan-ikan dengan selalu membuka dan menutup mulutnya? Tuliskan pendapatmu pada kotak berikut.


Ikan-ikan selalu membuka dan menutup mulutnya karena ikan sedang bernafas, dengan memasukkan air ke pada insang agar oksigen di air dapat disaring dan diedarkan ke seluruh tubuh ikan.

Kamu telah menuliskan pendapatmu. Bacakan pendapatmu secara bergiliran dengan teman-temanmu. Apakah pendapat kalian sama? Adakah pendapat yang berbeda? Bagaimana kalian menanggapi persamaan/perbedaan itu?


Kini, bacalah bacaan di bawah ini bagi mengetahui pendapat kalian benar atau salah.


Ayo Membaca


Pernapasan di Hewan


Seperti manusia, hewan pun bernapas bagi mengambil oksigen dan membuang karbon dioksida. Namun, aplikasi pernapasan di hewan berbeda dari manusia. Pun, aplikasi pernapasan di hewan pun berbeda-beda sesuai jenisnya. Berikut aplikasi pernapasan di beberapa jenis hewan.


1. Alat dan Program Pernapasan di Cacing Tanah (Vermes)


Cacing tak mempunyai alat pernapasan khusus, cacing bernapas via permukaan kulit. Kulit cacing selalu basah dan berlendir bagi mempermudah penyerapan oksigen dari udara. Oleh karena itu, cacing menyukai tempat lembap bagi menjaga supaya kulit tubuhnya selalu basah dan berlendir.


File Pendidikan

Di bawah permukaan kulit cacing yang tipis, terdapat pembuluh udara. Ketika udara masuk via kulit, oksigen diikat oleh darah. Di darah cacing terkandung hemoglobin sehingga mampu mengikat oksigen. Oksigen yang diikat oleh hemoglobin lalu diedarkan ke seluruh tubuh. Zat sisa pembakaran berupa karbon dioksida dan uap air dikeluarkan dari tubuh pun via permukaan kulit.


2. Alat dan Program Pernapasan di Serangga (Insekta)


Seperti hewan lain, serangga bernapas dengan mengisap oksigen dan melepaskan karbon dioksida. Namun, alat pernapasan serangga berbeda dengan hewan lain. Alat pernapasan serangga berupa trakea, yaitu aplikasi tabung yang mempunyai banyak percabangan di pada tubuh. Percabangan trakea disebut trakeola. Trakea mengedarkan oksigen seketika ke seluruh sel tubuh dan organ serta menyerap karbon dioksida dari seluruh sel tubuh bagi dibuang.


File Pendidikan

Udara memasuki trakea via pori-pori kecil di permukaan tubuh serangga yang disebut spirakel. Berikutnya udara beredar via pembuluh udara kecil. Sel-sel tubuh mengambil oksigen seketika dari pembuluh udara kecil itu. Karbon dioksida dari sel akan mengalir ke trakeola, lalu dibuang via lubang spirakel.


3. Alat dan Program Pernapasan di Ikan (Pisces)


Seluruh makhluk hidup, termasuk ikan, memerlukan oksigen supaya tetap hidup. Pengambilan oksigen ini via proses pernapasan yang melibatkan organ pernapasan. Ikan bernapas dengan organ khusus mirip saringan yang disebut insang. Insang berbentuk lembaran tipis berwarna merah muda dan selalu lembap.


File Pendidikan

Insang terdapat tepat di belakang rongga mulut di kedua sisi kepala ikan. Biasanya insang dilindungi oleh selaput atau rangka yang disebut tutup insang (operkulum). Di balik tutup insang ini terdapat empat deret insang yang saling tumpang tindih. Di insang terdapat pembuluh darah halus. Pembuluh darah itu dapat menyerap oksigen yang terkandung pada air dan melepaskan karbon dioksida dari darah. Insang pun berfungsi selaku alat pengeluaran garam-garam dan selaku penyaring makanan.


Bagi memperoleh lumayan oksigen, mulut ikan dan insang bekerja bersama-sama seperti pompa isap air. Pertama-tama-tama tutup insang menutup. Secara bersamaan mulut terbuka dan dinding mulut mengembang. Ketika begitulah air terisap masuk. Kedua, rongga mulut menyempit dan mulut menutup. Secara bersamaan tutup insang terbuka. Akibatnya air keluar dari mulut dan melewati insang. Ketika begitulah oksigen dari pada air terserap dan karbon dioksida dikeluarkan.


File Pendidikan

Di gambar kiri di atas ditunjukkan dikala pernapasan dimulai. Mulut ikan membuka dan rongga mulut mengembang bagi mengisap air. Gambar anak panah biru menunjukkan aliran air masuk ke pada rongga mulut.


Gambar sebelah kanan menunjukkan dikala berikutnya mulut ikan menutup dan tutup insang membuka. Gerakan mulut ikan dan tutup insang itu secara bersamaan memompa air keluar dari rongga insang. Anak panah biru menunjukkan aliran air keluar via insang.


4. Alat dan Program Pernapasan di Hewan Amfibi


Katak termasuk hewan amfibi, yaitu hewan yang hidup di darat dan di air. Ketika masih berupa kecebong, katak hidup di pada air dan bernapas menggunakan insang. Insang kecebong terletak di luar tubuhnya dan terdiri atas lembaran-lembaran kulit halus mengandung kapiler darah.


File Pendidikan

Setelah berumur 9 hari, kecebong bernapas menggunakan insang pada. Insang pada akan menyusut seiring mulai berfungsinya paru-paru dan katak muda pun tumbuh menjadi katak dewasa. Katak dewasa bernapas menggunakan paru-paru dan permukaan kulit.


Di pada paru-paru terdapat banyak gelembung udara yang amat kecil, berselaput, dan penuh dengan kapiler darah. Di pada gelembung udara, oksigen diserap dan karbon dioksida dikeluarkan. Selain dengan paru-paru, katak pun bernapas via kulit. Permukaan kulit katak selalu basah agar mempermudah penyerapan oksigen dari udara.


5. Alat dan Program Pernapasan di Reptil


Hewan yang termasuk jenis reptil di antaranya ialah ular, kadal, cecak, buaya, dan biawak. Reptil bernapas mengunakan paru-paru. Udara masuk via hidung, lalu ke batang tenggorokan, lalu ke paru-paru.


File Pendidikan

Paru-paru reptil terletak di pada rongga dada dan dilindungi oleh tulang rusuk. Paru-paru reptil sederhana dengan beberapa lipatan dinding yang dapat memperbesar permukaan paru-paru. Namun, paru-paru kadal dan buaya lebih kompleks dengan beberapa belahan dan bertekstur seperti spons.


Di reptil yang seringenboom berkubang di air seperti buaya, lubang hidungnya dapat ditutup dalam kurun waktu menyelam. Dengan seperti itu air tak akan masuk ke pada paru-paru.


6. Alat dan Program Pernapasan di Burung (Aves)


Burung bernapas dengan sepasang paru-paru. Paru-paru burung terletak di pada rongga dada. Udara yang mengandung oksigen masuk via lubang hidung di pangkal paruh sebelah atas. Berikutnya udara masuk ke pembuluh udara yang disebut trakea. Dari trakea, udara beberapa masuk ke paru-paru dan beberapa lagi masuk ke kantong udara.


Burung menghirup udara sebanyak-banyaknya dikala tak terbang. Sebaliknya, dikala terbang, burung tak menghirup udara. Udara diembuskan dari kantong udara ke paru-paru.


File Pendidikan

Kantong udara burung berfungsi selaku tempat menyimpan udara. Ketika tak terbang, burung menghirup udara sebanyak-banyaknya. Udara yang dihirup itu kemudian disimpan pada kantong udara. Ketika terbang, burung tak menghirup udara melainkan mengambil dari kantong udara. Kantong udara pun menolong burung dikala terbang, menolong mencegah hilangnya panas tubuh yang terlalu besar, dan memperkeras suara.


7. Alat dan Program Pernapasan di Mamalia


Mamalia yaitu jenis hewan yang menyusui anaknya. Ada dua jenis mamalia, yaitu mamalia darat dan mamalia air. Mamalia darat misalnya kambing, sapi, kerbau, dan kuda. Mamalia air misalnya paus, duyung, dan lumba-lumba.


File Pendidikan

Alat pernapasan mamalia darat terdiri atas hidung, pangkal tenggorok, batang tenggorok, dan paru-paru. Perhatikan gambar organ pernapasan kuda berikut.


File Pendidikan

Di mamalia air, hidungnya dilengkapi dengan katup. Ketika mamalia tersebut menyelam, katup akan menutup. Sebaliknya, dikala mamalia tersebut muncul ke permukaan air, katup terbuka. Ketika begitulah mamalia air tersebut akan menghirup oksigen serta mengeluarkan karbon dioksida dan uap air.


Kamu telah mengetahui organ pernapasan di beberapa hewan dan cara bekerjanya. Kini lakukan kerja kelompok berikut bersama teman-temanmu.


File Pendidikan


Kunci Jawaban Tematik Halaman 11


Ayo Berkarya


Bagilah seluruh pelajar pada kelas menjadi tujuh kelompok. Setiap kelompok merancang diantara bagan cara kerja organ pernapasan di setiap jenis hewan.


1. Kelompok 1 merancang bagan cara kerja organ pernapasan di cacing tanah.


2. Kelompok 2 merancang bagan cara kerja organ pernapasan di ikan.


3. Kelompok 3 merancang bagan cara kerja organ pernapasan di serangga.


4. Kelompok 4 merancang bagan cara kerja organ pernapasan di amfibi.


5. Kelompok 5 merancang bagan cara kerja organ pernapasan di reptil.


6. Kelompok 6 merancang bagan cara kerja organ pernapasan di burung.


7. Kelompok 7 merancang bagan cara kerja organ pernapasan di mamalia.


Alternatif Jawaban :



Jawaban pelajar disesuaikan di Pemahaman pelajar mengenai organ-organ pernapasan hewan serta keterampilan pelajar pada menyajikan dan mengolah informasi yang mereka miliki mengenai organ-organ pernapasan hewan.



Demikianlah Wetsartikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 Halaman 1, 3, 11


Terima kasih telah membaca wetsartikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 5 tema 2 subtema 1 pembelajaran 1 ini dapat memberikan manfaat untuk para pembaca di manapun berada.


Wetsartikel yang sedang kamu baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 Halaman 1, 3, 11 dengan domisili listig http://filependidikan.informatie/rmasi/jawaban-buku-tema-1-kelas-5.




Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top