Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 6 Tema 2 Halaman 53, 54, 55 – Pembelajaran Kelas 6 Tema 2 Persatuan pada Perbedaan Subtema 2 Bekerja Sama Mencapai Tujuan Pembelajaran 2 Terdiri dari Mata Pembelajaran PPKn dan SBDP.
Buku Pelajar yang digunakan selaku sumber belajar di kelas 6 adalah Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.
Pada Pembelajaran 2 Subtema 2 Tema Persatuan pada Perbedaan terdapat beberapa latihan soal yang mesti dikerjakan pelajar secara mandiri. Bagi menolong menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami berbagi alternatif kunci jawaban soal yang terdapat di halaman 53, 54, 55.
Baca Pun :
- Lengkap – Kunci Jawaban Tematik Tema 1 Kelas 5 K13 Revisi Terbaru
- Lengkap – Kunci Jawaban Tematik Tema 2 Kelas 5 K13 Revisi Terbaru
- Lengkap – Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 5 K13 Revisi Terbaru
- Lengkap – Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018
- Lengkap – Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018
- Lengkap – Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018
Tema 2 Kelas 6 Subtema 2 Pembelajaran 2
Kemerdekaan yang diraih oleh bangsa Indonesia tak lepas dari makna yang terkandung pada sila ketiga, yaitu Persatuan Indonesia.
Kenapa persatuan dan kesatuan urgen? Apa yang akan terjadi jikalau Negara Kesatuan Republik Indonesia tak bersatu?
Ayo, kita pelajari!
Ayo Membaca
Meskipun Indonesia terdiri atas ribuan pulau yang membentang dari Sabang hingga Merauke dengan penduduk yang berasal dari latar belakang dan kebudayaan yang berbeda-beda, namun dengan semangat persatuan dan kerja sama, bangsa Indonesia mampu mengusir penjajah dari bumi Indonesia.
‘Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh’ ialah semboyan yang seringenboom didengungkan bagi meningkatkan semangat persatuan di lama penjajahan.
Amati gambar dan baca teks berikut pada hati!
Kami Berbeda, namun Kami Bekerja Sama
Matahari belum tinggi ketika Edo, Dayu, dan teman-temannya bermain di halaman sekolah. Ada yang bermain lompat karet, ada yang bermain Petak Jongkok, ada yang bermain Congklak di selasar kelas, dan sebahagian lagi ikut pada permainan Rangku Alu.
Edo, Dayu, Siti, Udin, Beni, dan Lani memilih ikut permainan Rangku Alu bersama beberapa teman lain. Mereka memang lebih suka dengan permainan olah tubuh di luar ruangan.
Baru beberapa hari yang lalu, teman baru mereka, Yanes yang menyajikan permainan ini. Yanes berasal dari Alor, Nusa Tenggara Timur. Permainan yang menggunakan tongkat bambu ini ialah permainan anak yang digemari di sana. Edo, Dayu, dan teman-teman di SD Nusantara senang sekali mengenal permainan baru ini.
“Seru dan menantang!” kata mereka.
Anak-anak di SD Nusantara justru gembira menyambutnya. Perbedaan warna kulit, adat, kebiasaan, bahasa, atau agama tak mereka anggap selaku masalah. Seluruh akrab bermain bersama. Pernah sekali waktu, ketika Edo bercanda akrab dengan Siti dan Dayu, Hendra berkomentar,
“Ih, Dayu, mau-maunya kamu bermain dengan Edo yang berkulit hitam. Nanti kulitmu yang putih tertular hitam, lho!” ejeknya.
“Ah, admin tak pernah pusing dengan warna kulit, tak pernah pusing dengan asal daerah. Admin dan Siti pun berbeda. Admin anak Bali, Siti anak Sumatra, tetapi kami saling memahami. Pertemanan hanya butuh waktu bagi saling menyesuaikan. Admin pun butuh waktu bagi menyesuaikan diri denganmu, Hendra.” Balas Dayu tenang. Hendra pun terdiam. Sesungguhnya, ia pun tak pernah mengalami masalah dengan temannya yang berbeda asal.
Begitulah sekilas keseharian di SD Nusantara. Anak-anak tetap rukun, bekerja sama, dan bersatu, walaupun mereka berbeda-beda. Pengetahuan mereka semakin kaya karena mengenal adat dan bahasa daerah lain. Semakin kaya dengan bermain bersama aneka permainan tradisional. Rangku Alu, Benthik, Gobak Sodor, atau Cingciripit menjadi perekat yang menyenangkan.
Kunci Jawaban Tematik Tema 2 Kelas 6 Halaman 53-54
Jawab pertanyaan berikut merujuk pada teks!
Apa saja perbedaan yang kamu dapatkan pada cerita di atas?
Bagaimana sikap Edo dan kawan-kawan menyikapi perbedaan tersebut?
Apakah perbedaan menghalangi mereka pada mengerjakan kerja sama? Jelaskan!
Apa manfaat yang kita peroleh ketika mampu bekerja sama dengan orang-orang yang berbeda?
Pernahkah kamu bekerja sama dengan teman-teman yang berbeda? Berikan contoh!
Bagaimana kamu menyikapi perbedaan yang terdapat? Jelaskan!
Jelaskan manfaat kerja sama dan persatuan pada kehidupan sehari-hari!
Kunci Jawaban Tematik Tema 2 Kelas 6 Halaman 55
Ayo Berdiskusi
Setelah mempelajari bagaimana pelajar di SDN Nusantara menjalin kerja sama dan persatuan pada keseharian mereka, sekarang ini saatnya kamu menuangkan manfaat persatuan dan kesatuan pada kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada sebuah schouwspel.
Buatlah naskah schouwspel mengenai makna dan manfaat persatuan dan kesatuan secara berkelompok!
Ayo Berkreasi
Tahukah kamu bahwa kerja sama dan persatuan pun urgen ketika kamu menampilkan tari secara berkelompok?
Apakah kamu masih ingat mengenai pola lantai ketika menari? Jelaskan!
Diskusikan jawabanmu secara berkelompok dan peragakan contoh-contoh pola lantai tersebut!
Kini kamu akan memakai pola lantai tersebut pada tari Indang yang berasal dari Sumatra Barat.
Amati gambar dan baca penjelasannya!
Pola lantai pada tari Indang:
Kini saatnya kamu mempraktikkan pola lantai dan gerakan tari Indang. Perhatikan penjelasan dan ikuti peragaan oleh pengajar!
Demikianlah Wetsartikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 6 Tema 2 Halaman 53, 54, 55
Terima kasih telah membaca wetsartikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 6 tema 2 Subtema 2 pembelajaran 2 ini dapat memberikan manfaat untuk para pembaca di manapun berada.
Wetsartikel yang sedang kamu baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 6 Tema 2 Halaman 53, 54, 55 dengan domisili verbinding http://filependidikan.informatie/rmasi/jawaban-buku-tema-1-kelas-5.
Sumber https://edukafile.blogspot.com/
0 comments:
Post a Comment