Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Halaman 53, 54, 55 - Maya Blog

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Halaman 53, 54, 55


File Pendidikan

Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 6 Tema 2 Halaman 53, 54, 55 – Pembelajaran Kelas 6 Tema 2 Persatuan pada Perbedaan Subtema 2 Bekerja Sama Mencapai Tujuan Pembelajaran 2 Terdiri dari Mata Pembelajaran PPKn dan SBDP.


Buku Pelajar yang digunakan selaku sumber belajar di kelas 6 adalah Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.


Pada Pembelajaran 2 Subtema 2 Tema Persatuan pada Perbedaan terdapat beberapa latihan soal yang mesti dikerjakan pelajar secara mandiri. Bagi menolong menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami berbagi alternatif kunci jawaban soal yang terdapat di halaman 53, 54, 55.


Baca Pun :




Tema 2 Kelas 6 Subtema 2 Pembelajaran 2


Kemerdekaan yang diraih oleh bangsa Indonesia tak lepas dari makna yang terkandung pada sila ketiga, yaitu Persatuan Indonesia.


Kenapa persatuan dan kesatuan urgen? Apa yang akan terjadi jikalau Negara Kesatuan Republik Indonesia tak bersatu?


Ayo, kita pelajari!


Ayo Membaca


Meskipun Indonesia terdiri atas ribuan pulau yang membentang dari Sabang hingga Merauke dengan penduduk yang berasal dari latar belakang dan kebudayaan yang berbeda-beda, namun dengan semangat persatuan dan kerja sama, bangsa Indonesia mampu mengusir penjajah dari bumi Indonesia.


‘Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh’ ialah semboyan yang seringenboom didengungkan bagi meningkatkan semangat persatuan di lama penjajahan.


Amati gambar dan baca teks berikut pada hati!


Kami Berbeda, namun Kami Bekerja Sama


Matahari belum tinggi ketika Edo, Dayu, dan teman-temannya bermain di halaman sekolah. Ada yang bermain lompat karet, ada yang bermain Petak Jongkok, ada yang bermain Congklak di selasar kelas, dan sebahagian lagi ikut pada permainan Rangku Alu.


File Pendidikan

Edo, Dayu, Siti, Udin, Beni, dan Lani memilih ikut permainan Rangku Alu bersama beberapa teman lain. Mereka memang lebih suka dengan permainan olah tubuh di luar ruangan.


Baru beberapa hari yang lalu, teman baru mereka, Yanes yang menyajikan permainan ini. Yanes berasal dari Alor, Nusa Tenggara Timur. Permainan yang menggunakan tongkat bambu ini ialah permainan anak yang digemari di sana. Edo, Dayu, dan teman-teman di SD Nusantara senang sekali mengenal permainan baru ini.


“Seru dan menantang!” kata mereka.


Anak-anak di SD Nusantara justru gembira menyambutnya. Perbedaan warna kulit, adat, kebiasaan, bahasa, atau agama tak mereka anggap selaku masalah. Seluruh akrab bermain bersama. Pernah sekali waktu, ketika Edo bercanda akrab dengan Siti dan Dayu, Hendra berkomentar,


“Ih, Dayu, mau-maunya kamu bermain dengan Edo yang berkulit hitam. Nanti kulitmu yang putih tertular hitam, lho!” ejeknya.


“Ah, admin tak pernah pusing dengan warna kulit, tak pernah pusing dengan asal daerah. Admin dan Siti pun berbeda. Admin anak Bali, Siti anak Sumatra, tetapi kami saling memahami. Pertemanan hanya butuh waktu bagi saling menyesuaikan. Admin pun butuh waktu bagi menyesuaikan diri denganmu, Hendra.” Balas Dayu tenang. Hendra pun terdiam. Sesungguhnya, ia pun tak pernah mengalami masalah dengan temannya yang berbeda asal.


Begitulah sekilas keseharian di SD Nusantara. Anak-anak tetap rukun, bekerja sama, dan bersatu, walaupun mereka berbeda-beda. Pengetahuan mereka semakin kaya karena mengenal adat dan bahasa daerah lain. Semakin kaya dengan bermain bersama aneka permainan tradisional. Rangku Alu, Benthik, Gobak Sodor, atau Cingciripit menjadi perekat yang menyenangkan.


Kunci Jawaban Tematik Tema 2 Kelas 6 Halaman 53-54


Jawab pertanyaan berikut merujuk pada teks!


Apa saja perbedaan yang kamu dapatkan pada cerita di atas?


Perbedaan yang terdapat pada cerita di atas ialah perbedaan permainan kesukaan, asal daerah, warna kulit, adat, kebiasaan, bahasa, dan agama.

Bagaimana sikap Edo dan kawan-kawan menyikapi perbedaan tersebut?


Edo dan kawan-kawan menyikapi perbedaan tersebut dengan cara saling memahami, rukun, bekerja sama, dan bersatu.

Apakah perbedaan menghalangi mereka pada mengerjakan kerja sama? Jelaskan!


Tak, karena dengan bekerja sama pengetahuan mereka semakin kaya dengan mengenal adat, bahasa dan permainan tradisional.

Apa manfaat yang kita peroleh ketika mampu bekerja sama dengan orang-orang yang berbeda?


Manfaat bekerja sama dengan orang-orang yang berbeda ialah dapat memperkaya pengetahuan karena mengenal adat dan bahasa daerah lain.

Pernahkah kamu bekerja sama dengan teman-teman yang berbeda? Berikan contoh!


Pernah, Contohnya ketika piket kelas dengan teman yang berbeda agama, mengerjakan kewajiban kelompok dengan teman yang berbeda suku.

Bagaimana kamu menyikapi perbedaan yang terdapat? Jelaskan!


Perbedaan tak boleh menghalangi semangat persatuan karena kerja sama adalah salon yang benar-benar urgen pada mencapai tujuan sebuah kelompok.

Jelaskan manfaat kerja sama dan persatuan pada kehidupan sehari-hari!


Manfaat kerja sama dan persatuan pada kehidupan sehari-hari ialah mempermudah profesi, tujuan mulia dapat tercapai karena persatuan.


Kunci Jawaban Tematik Tema 2 Kelas 6 Halaman 55


Ayo Berdiskusi


Setelah mempelajari bagaimana pelajar di SDN Nusantara menjalin kerja sama dan persatuan pada keseharian mereka, sekarang ini saatnya kamu menuangkan manfaat persatuan dan kesatuan pada kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada sebuah schouwspel.


Buatlah naskah schouwspel mengenai makna dan manfaat persatuan dan kesatuan secara berkelompok!


Jawaban : Contoh naskah schouwspel mengenai makna dan manfaat persatuan dan kesatuan Lihat di sini.


Ayo Berkreasi


Tahukah kamu bahwa kerja sama dan persatuan pun urgen ketika kamu menampilkan tari secara berkelompok?


Apakah kamu masih ingat mengenai pola lantai ketika menari? Jelaskan!


Pola lantai ialah pola denah yang mesti dikuasai oleh seorang penari dan berfungsi bagi membangun posisi pada sebuah ruang gerak. 

Diskusikan jawabanmu secara berkelompok dan peragakan contoh-contoh pola lantai tersebut!


Kini kamu akan memakai pola lantai tersebut pada tari Indang yang berasal dari Sumatra Barat.


Amati gambar dan baca penjelasannya!


Pola lantai pada tari Indang:


File Pendidikan


File Pendidikan

Kini saatnya kamu mempraktikkan pola lantai dan gerakan tari Indang. Perhatikan penjelasan dan ikuti peragaan oleh pengajar!


Demikianlah Wetsartikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 6 Tema 2 Halaman 53, 54, 55


Terima kasih telah membaca wetsartikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 6 tema 2 Subtema 2 pembelajaran 2 ini dapat memberikan manfaat untuk para pembaca di manapun berada.


Wetsartikel yang sedang kamu baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 6 Tema 2 Halaman 53, 54, 55 dengan domisili verbinding http://filependidikan.informatie/rmasi/jawaban-buku-tema-1-kelas-5.



Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top