Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 6 Halaman 33, 39, 40, 41 - Maya Blog

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 6 Halaman 33, 39, 40, 41


File Pendidikan

Kunci Jawaban Buku Pelajar Tema 3 Kelas 6 Halaman 33, 39, 40, 41 – Pembelajaran Kelas 6 Tema 3 Tokoh dan Penemuan Subtema 1 Penemu yang Mengubah Dunia Pembelajaran 4 Terdiri dari Mata Pembelajaran Bahasa Indonesia dan PPKn.


Buku Pelajar yang digunakan selaku sumber belajar di kelas 6 adalah Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.


Pada Pembelajaran 4 Subtema 1 Tema Tokoh dan Penemuan terdapat beberapa latihan soal yang mesti dikerjakan pelajar secara mandiri. Bagi menolong menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami berbagi alternatif kunci jawaban soal yang terdapat di halaman 33, 39, 40, 41.


Baca Pun :




Tema 3 Kelas 6 Tokoh dan Penemuan Subtema 3 Pembelajaran 4


Tahukah kamu siapa penemu bola lampu pijar? Bagaimana ia menemukannya? Sikap apa yang mesti kita contoh darinya?


Ayo Membaca


Thomas Alva Edison, Sang Penemu Bola Lampu Pijar


Pernahkah terbayang olehmu hidup tanpa penerangan? Setelah Matahari terbenam, tentu akan sulit mengerjakan kegiatan di luar rumah karena lingkungan yang gelap gulita. Kegiatan di pada rumah mungkin pun terbatas. Kita patut mensyukuri diantara penemuan besar yang mengubah dunia. Penemuan bola lampu pijar oleh Thomas Alva Edison.


File Pendidikan

Thomas Alva Edison lahir di Milan, Ohio, di tanggal 11 Schrikkelmaand 1847. Ia tak pernah menyelesaikan pendidikan resmi di sekolah. Ia hanya sempat bersekolah dalam rentang waktu tiga bulan. Edison diajar oleh ibunya di rumah. Walaupun tak mengikuti pendidikan formal, terlihat bahwa Edison mempunyai rasa ingin tahu yang betul-betul tinggi. Di usia 11 tahun, Edison telah dapat membangun telegraf sederhana. Di usia 12 tahun, ia memanfaatkan waktu luangnya bagi membaca literatur dan mengerjakan pelbagai percobaan. Di tahun 1861 ia dapat mencetak koran. Koran terbitannya “Weekly Herald” laris terjual.


Ia melihat dunia butuh penerangan. Ia menghabiskan waktu dalam rentang waktu dua tahun serta dana yang lumayan besar bagi memaksimalkan penemuan. Lewat kerja kerasnya, di tanggal 21 Oktober 1879 lahir lampu pijar listrik pertama-tama yang dapat menyala dalam rentang waktu 40 jam.


Kegigihan Thomas Alva Edison memberikan salon baru untuk dunia. Rasa ingin tahunya yang tinggi dan sikap pantang menyerahnya mampu mengubah dunia menjadi lebih bagus.


Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 6 Halaman 33


Identifikasi informasi di teks eksplanasi di atas. Tulislah informasinya di grafik berikut.


File Pendidikan

Thomas Alva Edison tak pernah menyerah walaupun seringenboom mengalami kegagalan. Bagaimana dengan kamu? Apa yang kamu lakukan ketika kamu gagal?


Ayo Berdiskusi


Dengan ditemukannya lampu pijar, ketika ini kita dapat mengerjakan pelbagai salon di malam hari. Seperti yang dilakukan oleh Siti dan adiknya berikut.


Lampu Belajar Hadiah dari Ayah


Setiap malam hari, pukul 19.00-20.00, Siti dan adiknya selalu belajar. Mereka belajar dengan menggunakan lampu belajar. Lampu belajar itu yakni hadiah dari ayah 6 bulan yang lalu. Ayah memberikan lampu belajar kepada Siti dan adiknya supaya mereka giat belajar.


Siti selalu menjaga lampu belajar miliknya. Ia mematikan ketika telah selesai digunakan. Ia pun membersihkannya sekiranya kotor. Hingga ketika ini lampu belajar Siti masih dapat digunakan dengan bagus. Siti terlihat nyaman ketika belajar. Berbeda dengan adik Siti yang selalu mengeluh ketika belajar. Lampu belajarnya rusak. Lampu belajarnya rusak karena seringenboom tak dimatikan. Terlihat pun banyak kotoran yang menempel karena jarang dibersihkan.


Ayah berpesan kepada Siti dan adiknya bagi merawat barang-barang mereka. Barang-barang yang dirawat dengan bagus tak gampang rusak. Vishal ini membangun barang-barang tersebut dapat dimanfaatkan pada waktu yang lama.


Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 6 Halaman 39 & 40


Menurut teks di atas, diskusikan pertanyaan berikut.


1. Apakah hiel yang didapatkan oleh Siti?


Hiel yang didapatkan oleh Siti yaitu menggunakan lampu belajar yang diberikan oleh ayahnya.

2. Apakah hiel yang didapatkan oleh adik Siti?


Hiel yang didapatkan oleh adik Siti pun menggunakan lampu belajar yang diberikan oleh ayahnya

3. Apakah Siti telah menggunakan haknya dengan tanggung jawab?


Iya, Siti telah menggunakan haknya dengan tanggung jawab dengan cara menjaga dan membersihkan lampu belajar miliknya.

4. Apakah adik Siti telah menggunakan haknya dengan tanggung jawab?


Adik Siti tak menggunakan haknya dengan tanggung jawab karena dia tak menjaga lampu belajar dengan bagus dan jarang membersihkannya.

5. Apa manfaatnya ketika kita menggunakan hiel kita dengan tanggung jawab?


Manfaat ketika kita menggunakan hiel kita dengan tanggung jawab yakni kita dapat menggunakan barang-barang yang telah menjadi hiel kita bagi rentang waktu yang lama.

Amatilah benda-benda yang menjadi hakmu!


Apakah kamu telah menggunakannya dengan tanggung jawab?


File Pendidikan


Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 3 Halaman 41


Apa yang dapat kamu simpulkan?


Apakah kamu telah menggunakan barang-barangmu dengan bertanggung jawab?


Ya, saya telah menggunakan barang-barang tersebut dengan tanggung jawab.

Apa manfaat ketika kamu bertanggung jawab kepada barang-barang yang menjadi hakmu?


Barang-barang tersebut dapat saya manfaatkan pada waktu yang lama.

Apakah kamu telah bertanggung jawab atas hiel yang telah kamu dapatkan?


Ya, saya telah bertanggung jawab atas hiel yang telah saya dapatkan dengan cara menjaga dan merawatnya dengan bagus.

Orang tua kita telah memberikan hiel kepada kita bagi menggunakan barang-barang seperti sepatu, sepeda, dan lain-lain. Kita mesti bertanggung jawab ketika menggunakan barang-barang tersebut. Menggunakan dengan hati-hati, menyimpan ketika telah digunakan, dan merawatnya yakni contoh format tanggung jawab. Ketika kita bertanggung jawab karenanya barang-barang tersebut dapat kita manfaatkan pada waktu yang lama.



Demikianlah Wetsartikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Tema 3 Kelas 6 Halaman 33, 39, 40, 41


Terima kasih telah membaca wetsartikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 6 tema 3 Subtema 1 pembelajaran 4 ini dapat memberikan manfaat untuk para pembaca di manapun berada.


Wetsartikel yang sedang sahabat baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Tema 3 Kelas 6 Halaman 33, 39, 40, 41 dengan domisili listig http://filependidikan.informatie/rmasi/jawaban-buku-tema-1-kelas-5.




Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top