Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 5 Halaman 46, 47, 48, 49, 50 - Maya Blog

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 5 Halaman 46, 47, 48, 49, 50


File Pendidikan

Kunci Jawaban Buku Pelajar Tema 3 Kelas 5 Halaman 46, 47, 48, 49, 50 – Pembelajaran Kelas 5 Tema 3 Makanan Sehat Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat Untuk Tubuh Pembelajaran 1 Terdiri dari Mata Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Bahasa Indonesia.


Buku Pelajar yang digunakan selaku sumber belajar di kelas 6 adalah sebuah Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.


Pada Pembelajaran 1 Subtema 2 Tema Makanan Sehat  terdapat beberapa latihan soal yang mesti dikerjakan pelajar secara mandiri. Bagi menolong menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami share alternatif kunci jawaban soal yang terdapat di halaman 46, 47, 48, 49, 50.


Baca Pun :




Kelas 5 Tema 3 Makanan Sehat Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat Untuk Tubuh Pembelajaran 1


File Pendidikan

Cermati gambar di atas!


Kelompok makanan mana yang akan kamu pilih?


Kelompok makanan yang akan saya pilih ialah susu, jeruk, wortel, tomat, kol, pisang dan sawi.

Kenapa kamu memilih kelompok makanan tersebut?


Karena kelompok makanan tersebut sehat dan bagus bagi tubuh kita.


Ayo Membaca


Bacalah percakapan di bawah ini dengan cermat!


Dayu : “Semalam kami melihat iklan mengenai obat sakit perut baru bagi anak- anak di televisi, lho!”


Udin : “Wah, telah ada iklan baru lagi? Sepertinya itu produk baru, ya?” Dayu : “Betul! Iklan itu menarik karena iklannya dikerjakan seperti speelfilm.”


Lani : “Ternyata media iklan itu bermacam-macam, ya! Kalau kamu, suka iklan di media cetak seperti di koran dan majalah atau media elektronik?”


Udin : “Kalau kami lebih suka media elektronik karena gambarnya dapat bergerak dan ada suaranya. Jadi lebih seru!”


Lani : “Kalau kami suka kedua-duanya. Sekalipun iklan di media elektronik memang terdengar lebih seru, tetapi iklan di media cetak pun banyak yang bagus. Gambar-gambar yang dipergunakan mempunyai warna yang cerah dan kalimat iklannya pun bagus-bagus.”


Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 5 Halaman 46


Dari percakapan di atas, tuliskan perbedaan antara iklan media cetak dan iklan media elektronik. Samakan pendapatmu dengan pendapat temanmu.


Apabila kamu menemukan pendapat yang berbeda lengkapi pendapatmu dengan pendapat temanmu.





























Iklan Media ElektronikIklan Media Cetak
Iklan hanya sekilas dan berlangsung di dikala itu saja.Iklan media cetak dapat dibaca atau dilihat kapan saja/berulang-ulang
Menggunakan indera pengelihatan dan pendengaranIklan media cetak hanya ditangkap menggunakan indera pengelihatan
Menggunakan gambar bergerak dan menggunakan suaraIklan media cetak hanya menggunakan gambar diam dan tak ada suara.
Liputan bersifat informatif dengan narasi yang lumayan panjang.Pemakaian kalimat pada media cetak terbatas hanya beberapa baris saja.
Bersifat seketika dan nyata, serta dapat menyajikan kejadian yang hakekatnya.Iklan media cetak hanya menyajikan gambar dan tulisan saja


Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 5 Halaman 47


Ayo Berdiskusi


Bentuklah sebuah kelompok yang terdiri atas empat pelajar. Gunakan kertas gambar A4 dan bagilah menjadi tiga kolom seperti di bawah ini.


Diskusikan dengan teman sekelompokmu mengenai iklan-iklan yang pernah dilihat / ditonton, jenis iklan (iklan media cetak atau elektronik), dan alasan kamu mengelompokkannya pada media tersebut.



File Pendidikan



Ayo Mengamati


Kamu akan mengamati temanmu memeragakan iklan yang pernah mereka lihat di televisi. Ikuti strategi berikut ini.


1. PIlihlah pelajar yang akan memeragakan iklan. Pastikan iklan yang dipilih ialah iklan yang menggunakan bahasa Indonesia yang benar dan iklan tersebut pantas bagi dipertunjukkan.


2. Berikan respon pada wujud berikut ini.


Saya pernah/tak pernah melihat/mendengar iklan tersebut.


Sekiranya saya mengingat iklan tersebut, karenanya salon yang saya ingat ialah


Sekiranya saya mengingat iklan tersebut, karenanya salon yang sangat menarik dari iklan itu ialah


Dari kegiatan di atas, apa yang dapat kamu simpulkan?


Tuliskan kesimpulanmu (perhatikan tanggapanmu di poin kedua dan ketiga). Gunakan respon tersebut selaku bahan bagi membangun kesimpulan.


Siang itu, siswa-siswi kelas V sedang beristirahat di depan kelas.


Perhatikan percakapan mereka!


Lani : “Aduh, perutku sakit!” Dayu : “Wah, kenapa Lan?”


Lani : “Sepertinya magku kambuh.”


Dayu : “Kemarin magku pun kambuh, Lan. Dokterku memberikan obat mogen seperti yang terdapat di iklan televisi. Malahan, ada obat mogen yang mempunyai aneka rasa. Mungkin kamu pernah meminumnya.”


Lani : “Oh, iya, kami jadi teringat! Ternyata kami mempunyai obat mogen yang kamu maksud di pada tasku, Yu. Terima kasih atas perhatiannya, ya!”


Lani : “Lalu, apa kata doktermu waktu itu, Dayu? Apa yang menyebabkan mogen kita kambuh?”


Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 5 Halaman 48


Masih ingat cerita Dayu dengan magnya? Coba kamu ulas kembali penyebab seseorang dapat terserang mogen.


Penyebab seseorang dapat terserang mogen karena makan tak teratur atau terlambat makan di waktu jam makan tiba.

Selain gangguan mogen, aplikasi pencernaan kita dapat mengalami gangguan lainnya. Ada beberapa faktor yang menyenyebabkan gangguan tersebut, misalnya mengonsumsi makanan tak sehat dan pola makan yang tak teratur.


Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 5 Halaman 49


Ayo Berdiskusi


Diskusikanlah peta pikiran mengenai berjenis-jenis macam gangguan umum dari aplikasi pencernaan manusia. Peta pikiran tersebut mesti dapat melingkupi beberapa salon berikut.


Keterangan mengenai setiap gangguan aplikasi pencernaan.


Penyebab gangguan tersebut.


Gejala dari gangguan tersebut.


Cara mengatasi gangguan tersebut.


Setelah selesai, presentasikan peta pikiran kelompokmu di depan kelas lalu pajang di tembok kelasmu.


File Pendidikan


Ayo Mencoba


Bekerjalah pada kelompok. Pilihlah satu macam gangguan pencernaan. Rancanglah poster yang menerangkan mengenai gangguan pencernaan tersebut.


Isi poster tersebut mesti sama dengan isi peta pikiran yang telah kamu bikin sebelumnya. Namun, ukuran poster mesti lumayan besar. Perhatikan beberapa salon berikut.


Judul Poster : Judul mesti dapat terbaca dari jarak minimal 2 peettante dan menarik perhatian.


Informasi : Disajikan pada wujud poin, tulisan mesti rapih dan lumayan besar agar terbaca dari jarak minimal 1 peettante.


Informasi terdiri atas keterangan mengenai topik pem- bahasan, penyebab gangguan, gejala dari gangguan, dan cara mengatasi gangguan tersebut.


Grafik : Poster akan lebih menarik jikalau dilengkapi dengan grafik atau gambar-gambar yang mempermudah pembaca paham informasi yang disampaikan.


Sumber : Cantumkan pula sumber informasi yang digunakan.


Refleksi : Tuliskan pesan dan kesan mengenai kewajiban ini dan pembelajaran yang didapat.


File Pendidikan

Apabila memungkinkan, pasang image anggota kelompok.


Merujuk pada contoh poster di atas, dipahami bersama bahwa diare ditandai oleh buang air besar dengan tinja encer atau berair dengan frekuensi lebih seringenboom dari biasanya (normalnya). Oleh karena itu, orang yang mengalami diare akan lebih seringenboom ke toilet bagi buang air besar dengan volume tinja yang lebih banyak dari biasanya. Diare dapat menjadi gejala penyakit yang lebih serius seperti disentri dan kolera. Gejala yang biasanya ditemukan ialah buang air besar terus-menerus disertai rasa mulas yang berkepanjangan, dehidrasi, mual, dan muntah.


Pemberian cairan dan elektrolit (seperti larutan garam) akan betul-betul menolong memulihkan keadaan tubuh yang kekurangan cairan dan elektrolit. Minum cairan oralit adalah sebuah cara pengobatan yang sangat tepat sasaran kepada gejala diare. Apabila cairan oralit tak terdapat, karenanya kamu dapat membuatnya sendiri.


Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 50


File Pendidikan

Bersama dengan kelompokmu, buatlah cairan oralit


Sediakan segala bahan dan alat yang diperlukan dan ikuti strategi pembuatannya dengan cermat


Bahan-bahan yang dibutuhkan:


1. 1/2 sendok teh garam


2. 6 sendok teh gula pasir


3. 1 liter air hangat


4. Pisang secukupnya bagi menambah kalium dan rasa


Cara penyusunan:


1. Larutkan gula dan garam pada air hangat.


2. Pisang dapat dilumatkan secukupnya atau dicampur atau dimakan demikian itu saja.


Buatlah report percobaan sederhana dan tuliskan pun manfaat dari larutan oralit yang kamu bikin!


Demikianlah Wetsartikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Tema 3 Kelas 5 Halaman 46, 47, 48, 49, 50


Terima kasih telah membaca wetsartikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 5 tema 3 Subtema 2 pembelajaran 1 ini dapat memberikan manfaat untuk para pembaca di manapun berada.


Wetsartikel yang sedang kamu baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Tema 3 Kelas 5 Halaman 46, 47, 48, 49, 50 dengan tempat tinggal verbinding http://filependidikan.informatie/rmasi/download-buku-kurikulum-2013-revisi-2018-2019-lengkap.



Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top