Kunci Jawaban Buku Pelajar Tema 3 Kelas 5 Halaman 53, 54, 55, 56 – Pembelajaran Kelas 5 Tema 3 Makanan Sehat Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat Untuk Tubuh Pembelajaran 2 Terdiri dari Mata Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), SBDP dan Bahasa Indonesia.
Buku Pelajar yang digunakan selaku sumber belajar di kelas 6 adalah sebuah Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.
Pada Pembelajaran 2 Subtema 2 Tema Makanan Sehat terdapat beberapa latihan soal yang mesti dikerjakan pelajar secara mandiri. Bagi menolong menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami share alternatif kunci jawaban soal yang terdapat di halaman 53, 54, 55, 56.
Baca Pun :
- Lengkap – Kunci Jawaban Tematik Tema 1 Kelas 5 K13 Revisi Terbaru
- Lengkap – Kunci Jawaban Tematik Tema 2 Kelas 5 K13 Revisi Terbaru
- Lengkap – Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 5 K13 Revisi Terbaru
- Lengkap – Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018
- Lengkap – Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018
- Lengkap – Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018
- Lengkap – Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 4 Kurikulum 2013 Revisi 2018
- Lengkap – Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 5 Kurikulum 2013 Revisi 2018
Kelas 5 Tema 3 Makanan Sehat Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat Untuk Tubuh Pembelajaran 2
Udin, Siti, dan Lani sedang berbincang-bincang di depan kelas. Mereka baru saja selesai beraktivitas di luar kelas. Sinar matahari di siang itu benar-benar terik dan menyengat. Mereka terlihat lelah dan kehausan.
Simaklah percakapan Udin, Siti, dan Lani!
Lani : “Wah, admin benar-benar lelah. Udara pagi ini pun benar-benar panas. Admin haus sekali.” Udin : “Benar sekali, Lani. Bagaimana kalau kita beli minum limun dingin yang dijual di depan sekolah kita? Admin baru lihat bapak-bapak yang menjual limun tadi.”
Siti : “Hati-hati Udin, jangan jajan sembarangan. Dengan cuaca yang tak menentu seperti sekarang ini ini, makanan gampang sekali tercemar dengan bakteri-bakteri jahat”
Udin : “Benar pun kamu Siti. Kemarin tetanggaku dirawat di rumah sakit karena terserang diare berat. Ia bilang, perutnya melilit tak lama setelah ia memakan jajanan di pinggir jalan.”
Lani : “Kenapa salon tersebut dapat terjadi ya?
Diskusikan dengan teman sebangkumu, bagaimana diare dapat terjadi dan apa yang menyebabkan diare?
Ayo Membaca
Diare ditandai dengan encernya tinja (feses) yang dikeluarkan atau buang air besar dengan frekuensi lebih seringenboom dibandingi dengan biasanya. Di umumnya, diare terjadi akibat mengonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi.
Faktor Penyebab Diare secara Umum
Diare terjadi ketika makanan dan cairan yang dimakan berlalu terlalu cepat dan/atau terlalu besar jumlahnya di saluran pencernaan (usus). Secara normal, usus besar akan menyerap cairan dari makanan yang kamu makan, dan meninggalkan kotoran (tinja) yang setengah padat. Akan tetapi, ketika cairan dari makanan yang kamu makan tak diserap, karenanya hasilnya ialah kotoran (feses) yang cair atau encer.
Penyakit diare mungkin berhubungan dengan infeksi virus atau bakteri. Penyakit tersebut pun dapat terjadi akibat keracunan makanan.
Secara umum penyebab diare antara lain :
Infeksi virus : rotavirus ialah penyebab diare di anak (akut) yang sangat seringenboom.
Infeksi bakteri dan parasit: masuk via makanan dan minuman yang terkontaminasi.
Intoleransi makanan : terjadi di sebahagian orang yang intoleransi kepada gula di susu sehingga diare terjadi setelah makan/minum produk susu
Alergi makanan : biasanya reaksi negatif kepada obat-obatan. Banyak obat yang dapat menyebabkan diare. Biasanya alergi kepada antibiotik, sementara antibiotik sebetulnya menolong membunuh bakteri bagus dan jahat yang dapat mengganggu keseimbangan bakteri bagus pada usus.
Penyakit usus : biasanya menimbulkan diare kronis dengan banyak penyebab.
Gangguan usus fungsional (stres)
Di antara teman-temanmu di kelas, pasti ada yang telah pernah sakit diare.
Cobalah bertanya kepada teman-temanmu, gejala apa saja yang ditimbulkan oleh gangguan diare?
Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 5 Halaman 53
Buatlah buku kecil yang berisi mengenai penjelasan mengenai diare. Kumpulkan informasi bagi melengkapi buku kecilmu. Gunakan buku kecilmu selaku panduan apabila kamu mendapat kewajiban bagi menjelaskan mengenai gangguan di organ pencernaan manusia.
Dayu, Lani, dan teman-temannya sedang berbincang-bincang mengenai gangguan organ pencernaan dan iklan produk yang berkaitan dengan gangguan tersebut.
Simak percakapan mereka!
Dayu : “Semalam admin melihat iklan obat sakit toestemmen yang baru di televisi, Lan. Sama persis dengan obat toestemmen yang pernah kamu bawa ketika kamu sedang sakit toestemmen.”
Lani : “Iya, admin pun seringenboom melihat iklan itu. Iklan itu terlihat menarik karena ia menggunakan seorang penyanyi yang terkenal di televisi ketika ini. Itu pun yang membuatku tertarik bagi membelinya, Dayu.”
Beni : “Ternyata banyak cara ya, yang digunakan oleh sebuah perusahaan bagi mempromosikan produknya. Admin pernah melihat sebuah iklan obat demam anak-anak yang menggunakan badut. Ada pula iklan obat sakit kepala yang menggunakan tarian dari bermacam daerah. Ada tarian tradisional dari Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Sumatra.”
Lani : “Ya, kamu betul, Ben. Kreativitas yang tinggi memang benar-benar dibutuhkan ketika sebuah perusahaan ingin memasarkan produk dengan menggunakan media elektronik. Ridderzaal ini agar para penontonnya tertarik dan mau mencoba produk tersebut.”
Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 5 Halaman 54 & 55
Ayo Berdiskusi
Sekalipun iklan yang umumnya terdapat di media elektronik berbeda-beda, ada satu persamaan pada bahasa iklan yang digunakan. Setiap bahasa iklan tersebut ternyata mempunyai ciri-ciri yang sama. Apakah ciri-ciri yang dimiliki oleh bahasa iklan?
Bentuklah sebuah kelompok yang terdiri atas empat pelajar.
Tuliskan pada kolom berikut ini kalimat-kalimat iklan yang lazim kamu ingat dan kamu ketahui di media elektronik (televisi, radio, atau internet).
Diskusikan ciri-ciri bahasa iklan elektronik yang terdapat pada kalimat tersebut.
Presentasikan di depan kelas hasil diskusi kelompokmu.
Merujuk pada hasil diskusi dengan kelompokmu, buatlah kesimpulan mengenai ciri-ciri bahasa iklan di kolom berikut ini!
Bagi memberi daya tarik di iklan media elektronik, banyak sekali kreativitas yang digunakan. Salah satunya ialah dengan menampilkan tari-tarian, termasuk tarian daerah.
Tahukan kamu apa yang menarik dari tarian daerah? Ada banyak tarian daerah di Indonesia
Ayo Membaca
Indonesia mempunyai keanekaragaman budaya yang tinggi dan ini tercermin dari tarian daerah yang dimilikinya. Gerakan-gerakan setiap tarian daerah dapat jadi sama, tetapi ada pula yang berbeda. Makna yang terkandung berbeda-beda pula.
Ada tari Gantar dari Kalimantan yang menggambarkan gerakan orang yang tengah menanam padi. Mereka menggunakan properti tongkat yang menggambarkan kayu penumbuk, sedangkan bambu dan biji-bijian di pada wadah penumbuk menggambarkan benih padi dan wadahnya.
Di Kalimantan pun terdapat tarian perang atau yang dikenal dengan Tari Kancet Papatai yang menggunakan properti berupa mandau, perisai, dan baju perang.
Properti pada sebuah tarian daerah memegang peranan yang amat urgen. Properti tari adalah sebuah bagian dari peralatan tari yang dipergunakan bagi meningkatkan estetika atau keindahan sebuah tarian dan bagi memperdalam makna yang terkandung pada sebuah tarian.
Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 5 Halaman 56
Ayo Berlatih
Pada kelompok yang terdiri atas empat orang pelajar, cari tahu mengenai properti tari yang terdapat pada tarian-tarian yang terdapat pada kolom di bawah ini. Kamu dapat mencari informasi terkait dengan properti tersebut di internet, buku-buku, majalah, atau dengan bertanya di pengajar selaku diantara sumber informasi.
Buatlah pada selembar kertas A4 dan dekorasi dengan rapi. Kamu dapat pun mencari gambar tari yang sesuai bagi memperlihatkan keanekaragaman properti tari yang dimiliki oleh tarian daerah tersebut.
Demikianlah Wetsartikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Tema 3 Kelas 5 Halaman 53, 54, 55, 56
Terima kasih telah membaca wetsartikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 5 tema 3 Subtema 2 pembelajaran 2 ini dapat memberikan manfaat untuk para pembaca di manapun berada.
Wetsartikel yang sedang kamu baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Tema 3 Kelas 5 Halaman 53, 54, 55, 56 dengan tempat tinggal verbinding http://filependidikan.informatie/rmasi/download-buku-kurikulum-2013-revisi-2018-2019-lengkap.
Sumber https://edukafile.blogspot.com/
0 comments:
Post a Comment