Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 5 Halaman 58, 59, 60, 61, 62 - Maya Blog

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 5 Halaman 58, 59, 60, 61, 62


File Pendidikan

Kunci Jawaban Buku Pelajar Tema 3 Kelas 5 Halaman 58, 59, 60, 61, 62 – Pembelajaran Tema 3 Kelas 5 Makanan Sehat Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat Untuk Tubuh Pembelajaran 3 Terdiri dari Mata Pembelajaran PPKn, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Bahasa Indonesia.


Buku Pelajar yang digunakan selaku sumber belajar di kelas 6 adalah Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.


Pada Pembelajaran 3 Subtema 2 Tema Makanan Sehat terdapat beberapa latihan soal yang mesti dikerjakan pelajar secara mandiri. Bagi menolong menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami berbagi alternatif kunci jawaban soal yang terdapat di halaman 2, 4, 6, 14.


Baca Pun :




Tema 3 Kelas 5 Makanan Sehat Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat Untuk Tubuh Pembelajaran 3


Ayo Mengamati


Amatilah gambar di bawah ini dengan cermat!


File Pendidikan

Merujuk pada gambar di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!


Suasana pasar selalu ramai oleh penjual dan pembeli.


Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 5 Halaman 58


Apa sajakah yang dapat kamu temui di pasar?


Yang dapat saya temui di pasar ialah penjual dan pembeli

Masih ingatkah kamu bagaimana sayur dan buah dapat hingga ke rumah kita?


Sayur dan buah didapatkan dari petani, kemudian didistribusikan ke pedagang-pedagang di pasar yang adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli.

Aktivitas apa saja yang dapat ditemukan di gambar di atas?


Aktivitas yang dapat ditemukan di gambar di atas ialah aktivitas masyarakat yang mengerjakan jual beli.

Siapa saja yang terlibat pada kegiatan di pasar?


Yang terlibat pada kegiatan di pasar ialah masyarakat sekitar.


Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 5 Halaman 59


Lengkapi tabel berikut ini menurut hasil pengamatanmu kepada gambar pasar di depan!


File Pendidikan

Wah, ternyata ada beragam aktivitas di sebuah pasar, ya?


Bagaimana dengan lingkungan sekitarmu?


Aktivitas apa sajakah yang dapat kamu temui di sana dan siapa sajakah yang melakukannya?


Ayo Membaca


Bacalah teks bacaan di bawah ini!


Seluruh aktivitas yang menggabungkan aspek sosial dan ekonomi yang dimaksudkan bagi meningkatkan taraf hidup atau kesejahteraan sosial disebut pembangunan sosial.


Kesejahteraan sosial tak hanya berkenaan dengan terpenuhinya keperluan material, tetapi pun spiritual. Dengan demikian memungkinkan seluruh warga negara bagi memaksimalkan dirinya.


Ayo Berlatih


Amatilah lingkungan sekitarmu dan cari tahu aneka aktivitas yang terdapat. Peroleh beberapa aktivitas yang menurutmu menggabungkan aspek sosial dan ekonomi. Aktivitas tersebut dimaksudkan bagi meningkatkan taraf dan kualitas hidup masyarakat.


Buatlah report observasi yang di dalamnya mengandung vishal berikut.


Pengamatan secara umum kondisi lingkungan sekitarmu.


Pengamatan secara khusus mengenai diantara aktivitas yang menurutmu berkontribusi pada pembangunan sosial.


Manfaat sosial dan ekonomi yang diperoleh dari aktivitas tersebut.


Pembangunan sosial dimaksudkan bagi meningkatkan kesejahteraan sosial dimana keperluan setiap anggota masyarakat secara sosial, ekonomi, dan spiritual dapat terpenuhi.


Pada mengerjakan aktivitas kehidupan bagi meningkatkan kesejahteraan sosial, tak jarang kita akan berhadapan dengan keanekaragaman yang tinggi. Contohnya di pasar.


Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 5 Halaman 60 & 61


Ayo Mengamati


Amatilah gambar pasar yang disajikan sebelumnya!


Perbedaan apa sajakah yang dapat kamu dapatkan di pasar?


Perbedaan yang dapat saya dapatkan di pasar yaitu perbedaan adat istiadat dan asal daerah pedagang maupun pembeli.

Apakah orang-orang yang beraktivitas tersebut mempunyai kebiasaan yang sama? Jelaskan!


Orang-orang yang beraktivitas tersebut ada yang mempunyai kebiasaan yang sama karena berasal dari satu daerah, dan ada pun yang mimiliki kebiasaan yang berbeda karena berbeda suku yang pastinya mempunyai adat istiadat yang berbeda.

Kebiasaan yang mengikat masyarakat dan berlangsung pada rentang waktu lumayan lama dikenal dengan adat istiadat. Adat istiadat adalah kebiasaan sosial yang sejak lama ada di pada masyarakat dan bertujuan mengatur tata tertib pada masyarakat tersebut.


Adat istiadat setiap kelompok masyarakat dapat sama atau berbeda satu dengan yang lain. Contohnya saja, ada istiadat masyarakat Osing di Banyuwangi yang adalah perpaduan antara budaya Jawa, Madura, dan Bali.


Kemudian adat istiadat masyarakat desa di Jawa Timur dan Jawa Tengah yang ternyata mempunyai persamaan. Diantara persamaannyanya bahwa mereka mempunyai ikatan yang menurut di persahabatan.


Ayo Berlatih


Lakukanlah sebuah wawancara sederhana ke beberapa orang temanmu. Cari tahu apa saja kebiasaan atau adat istiadat yang mereka miliki. Gunakanlah tabel berikut bagi membantumu. Ceritakan hasil wawancaramu di depan kelas.


File Pendidikan


Jawaban dari soal di tabel di atas disesuaikan dengan nama teman yang kamu wawancarai.


Ayo Membaca


Tahukan kamu apa itu Sisingaan? Bacalah informasi di bawah ini!


Pertunjukan Sisingaan adalah sebuah pertunjukan yang membutuhkan kerja sama, kekompakan, kerja keras, ketertiban, dan ketekunan.


Seluruh orang dari semua lapisan masyarakat yang beraneka ragam dapat ikut pada iring-iringan tersebut.


Iring-iringan dilakukan sambil mengitari kampung hingga akhirnya iringan kembali ke tempat semula. Tanpa adanya kerukunan, pastinya kerja sama yang bagus tak akan dapat terwujud.


Perhatikanlah iklan berikut ini dengan saksama!


File Pendidikan


Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 5 Halaman 62


Masih ingatkah kamu dengan iklan media cetak?


Ketika mengamati contoh iklan di depan, apa isi pesan yang dapat kamu dapatkan pada kalimat di depan?


Isi pesan pada kalimat iklan tersebut ialah ajakan bagi hidup rukun

Apa jenis bahasa yang digunakan pada iklan tersebut?


Jenis bahasa yang digunakan pada iklan tersebut ialah :

1. Menggunakan bahasa yang singkat, padat, dan jelas.

2. Menggunakan bahasa yang memikat dan mempunyai daya sugesti.

3. Menggunakan kata konotasi positif.

4. Isinya bersifat objektif, jujur, singkat, jelas, dan menarik.

Apa yang membuatnya sama atau berbeda dengan kalimat percakapan sehari-hari? Jelaskan!


Yang membuatnya berbeda dengan kalimat percakapan sehari-hari ialah iklan tersebut menggunakan kalimat tepat sasaran dan kosakata baku.

Apabila percakapan sehari-hari mempunyai bahasa yang berbeda dengan iklan media cetak, karenanya iklan media elektronik pun mempunyai bahasa yang dapat jadi berbeda dengan iklan media cetak.


Ayo Berdiskusi


Bersama dengan teman sebangkumu, lakukanlah kegiatan berikut ini!


Tentukan satu iklan media cetak dan satu iklan elektronik yang kamu ketahui.


File Pendidikan

Iklan Media Cetak


File Pendidikan

Iklan Media Elektronik (Internet)

Tuliskan kalimat yang terdapat pada iklan media cetak dan iklan elektronik tersebut.


Kalimat Iklan Media Cetak :
Resik Mesin Cuci, Kapasitas 10 kg, program dapat diatur sesuai keperluan, mampu mencuci leger voorkant dan bermacam-macam boneka, tabung stainless stengel.

Kalimat Iklan Media Elektronik :
Ruangguru bimbel online no 1, bimbel online termurah, ruangguru bimbel terbaik nomor 1 di Indonesia dengan lebih dari 15 juta pengguna.

Diskusikan perbedaan dan persamaan kedua bahasa iklan itu.


Perbedaanya : Iklan elektronik lebih menonjolkan informasi yang dipentingkan

Persamaanya : Menggunakan bahasa yang memikat dan mempunyai daya sugesti

Identifikasikan ciri-ciri bahasa iklan elektronik selaku hasil kesimpulan diskusi.


Ciri-ciri bahasa iklan elektronik ialah :
1. Alternatif kata yang digunakan menarik, tepat, logis, dan sopan.
2. Alternatif kata yang digunakan mempunyai sugesti untuk khalayak.
3. Alternatif kata yang digunakan menonjolkan informasi yang dipentingkan.
4. Alternatif kata yang digunakan menunjukkan sasaran.

Tampilkan hasil diskusi tersebut di depan kelas secara bergantian.


Dengarkanlah hasil diskusi pasangan lain secara saksama.


Tulislah sebuah kesimpulan singkat dari kegiatan yang baru saja kamu lakukan. Bacakan kesimpulanmu kepada teman sebangkumu. Berikan kesempatan kepada temanmu bagi memberikan masukan dan saran atas kesimpulan yang kamu bikin.


Demikianlah Wetsartikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Tema 3 Kelas 5 Halaman 58, 59, 60, 61, 62


Terima kasih telah membaca wetsartikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 5 tema 3 Subtema 2 pembelajaran 3 ini dapat memberikan manfaat untuk para pembaca di manapun berada.


Wetsartikel yang sedang sahabat baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Tema 3 Kelas 5 Halaman 58, 59, 60, 61, 62dengan tempat tinggal verbinding http://filependidikan.informatie/rmasi/download-buku-kurikulum-2013-revisi-2018-2019-lengkap.



Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top