Soal-Jawab Siap UTS/PTS Semester 2 IPS SMP/MTs Kelas 8 K13 - Maya Blog

Soal-Jawab Siap UTS/PTS Semester 2 IPS SMP/MTs Kelas 8 K13


UTS/PTS Semester 2 SMP/MTs Kelas 8 adalah komponen penilaian yang betul-betul urgen karena ia menentukan kenaikan peserta didik ke kelas yang lebih tinggi. Dengan demikian, UTS/PTS Semester 2 ini telah semestinya dipersiapkan dengan sebaik mungkin.


Tulisan ini bermaksud menolong para pelajar SMP/MTs kelas delapan (8/VIII) pada menghadapi UTS/PTS Semester 2 mata pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan menyediakan Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UTS/PTS Semester 2 IPS SMP/MTs Kelas 8/VIII Kurikulum 2013.


Pendekatan kurikulum yang digunakan pada merancang soal yakni kurikulum 2013 dengan mengacu di referensi atau buku rujukan termutakhir, yaitu buku IPS Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017.


Bahan yang disajikan bagi mapel IPS Semester 2 ini terdiri atas dua bab, yaitu Bab III dan Bab IV. Berikut yakni daftar isi materinya:


BAB III
KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN ANTARRUANG
PENGARUHNYA TERHADAP KEGIATAN EKONOMI, SOSIAL,
BUDAYA DI INDONESIA DAN ASEAN ……………………………………………. 135
A. Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang serta Peran Pelaku Ekonomi
pada Suatu Perekonomian ………………………………………………………………. 137
1. Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang pada Permintaan,
Penawaran, dan Teknologi ……………………………………………………………. 137
2. Pengertian Pelaku Ekonomi ………………………………………………………….. 142
3. Peran Pelaku Ekonomi pada Perekonomian ………………………………….. 145
B. Perdagangan Antardaerah atau Antarpulau dan Perdagangan
Internasional……………………………………………………………………………………. 155
1. Perdagangan dan Perdagangan Antardaerah/Antarpulau ………………….. 156
2. Perdagangan Antarnegara …………………………………………………………….. 159
C. Penguatan Ekonomi dan Agrikultur di Indonesia …………………………………. 166
1. Penguatan Ekonomi Maritim ………………………………………………………… 166
2. Penguatan Agrikultur di Indonesia ………………………………………………… 175
3. Strategi Pengembangan Agrikultur di Indonesia ……………………………… 179


D. Pendistribusian Kembali (Redistribusi) Pendapatan Nasional ……………….. 181
1. Pengertian Redistribusi Pendapatan ………………………………………………. 183
2. Program Redistribusi bagi Pemerataan Distribusi Pendapatan di Indonesia……………………………………….. 184
3. Beberapa Alternatif Praktik Redistribusi Pendapatan di Indonesia ……. 186


Fungsi Projek ………………………………………………………………………………………. 188
Kumpulan ………………………………………………………………………………………… 189
Uji Kompetensi …………………………………………………………………………………… 189
Refleksi ………………………………………………………………………………………………. 192


BAB IV
PERUBAHAN MASYARAKAT INDONESIA PADA MASA
PENJAJAHAN DAN TUMBUHNYA SEMANGAT KEBANGSAAN …… 193
A. Kedatangan Bangsa-Bangsa Barat ke Indonesia ………………………………….. 195
1. Latar Belakang Kedatangan Bangsa Barat ……………………………………. 196
2. Kedatangan Bangsa-Bangsa Barat ke Indonesia ……………………………… 201
B. Kondisi Masyarakat Indonesia di Lama Penjajahan………………………….. 204
1. Pengaruh Monopoli pada Perdagangan ………………………………………… 204
2. Pengaruh Kebijakan Kerja Paksa ………………………………………………… 208
3. Pengaruh Program Sewa Tanah ……………………………………………………… 212
4. Pengaruh Program Tanam Paksa …………………………………………………….. 214
5. Perlawanan Kepada Kolonialisme dan Imperialisme …………………….. 217
C. Tumbuh dan Berkembangnya Semangat Kebangsaan ………………………….. 232
1. Latar Belakang Munculnya Nasionalisme Indonesia ……………………….. 234
2. Organisasi Pergerakan Nasional Indonesia……………………………………… 240
3. Pergerakan Nasional di Lama Pendudukan Jepang ………………………. 247
4. Perubahan Masyarakat Indonesia di Lama Penjajahan …………………. 258
Kumpulan ………………………………………………………………………………………… 271
Uji Kompetensi …………………………………………………………………………………… 272
Refleksi ……………………………………………………………………………………………… 274


Karena terdiri atas dua bab, karenanya bahan yang diujikan hingga dengan pertengahan semester yakni hanya satu bab saja, yaitu Bab III.


Berikut yakni tautan Unduh Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UTS/PTS Semester 2 IPS SMP/MTs Kelas 8/VIII Kurikulum 2013:





Berikut yakni kutipan dari soal dan sekilas bahan:




16. Di bawah ini yang bukan adalah manfaat dari perdagangan antardaerah atau antarpulau yakni
A. Menyediakan alternative alat pemuas keperluan untuk konsumen
B. Meningkatkan produktivitas
C. Memperluas kesempatan kerja untuk masyarakat
D. Meningkatkan pemerataan jumlah penduduk
17. Berikut ini yang bukan adalah pihak yang terlibat pada perdagangan internasional
A. Persoon
B. Kelompok
C. Pemerintah
D. Partai politik
18. Berikut ini yakni pengertian devisa negara
A. Mata uang asing yang dikumpulkan oleh pemerintah
B. Mata uang asing yang beredar di pasar internasional
C. Mata uang pada negeri yang beredar di luar negeri
D. Mata uang pada negeri yang ditukarkan dengan mata uang luar negeri
19. Apabila nilai impor lebih tinggi daripada nilai ekspor, karenanya vishal itu dianggap ….. untuk Negara
A. Merugikan
B. Menguntungkan
C. Surplus
D. Bangkrut
20. Apabila barang yang diproduksi pada negeri dengan menggunakan komponen produksi local yang bukan adalah bahan impor, karenanya dengan melemahnya nilai tukar pada negeri, vishal tersebut dianggap …….. untuk eksportir.
A. Merugikan
B. Menguntungkan
C. Defisit
D. Bangkrut
21. Berikut ini yang bukan adalah faktor pendorong ekspor
A. Keadaan pasar pada negeri
B. Keadaan pasar luar negeri
C. Keuletan eksportir pada menangkap peluang usaha
D. Kondisi social, politik, dan ekonomi suatu negara
22. Indonesia adalah negara dengan kekayaan laut yang semacam itu besar. Pemaksimalan potensi laut dapat dilakukan dengan . . . .
A. memanfaatkan sumber daya laut secara massal dengan beragam cara
B. memberikan pelatihan kepada masyarakat mengenai cara-cara memanfaatkan sumber daya laut dengan cara yang bijaksana
C. menjual sumber daya laut di pihak asing karena mereka mempunyai alat yang lebih canggih
D. membiarkan saja supaya sumber daya tersebut dapat berkembang dan terus berkembang
23. Berikut yang bukan upaya meningkatkan ekonomi maritim di Indonesia yakni . . . .
A. mengenalkan batas-batas laut Indonesia kepada nelayan
B. meningkatkan kualitas SDM oleh pemerintah
C. memberikan kebebasan kepada kapal asing
D. memberi bantuan bagi nelayan miskin
24. Redistribusi pendapatan dilakukan selaku diantara format berupa . . . .
A. jaminan sosial yang dilakukan negara kepada masyarakat
B. pembagian pendapatan nasional
C. pengalokasian pajak kepada penduduk miskin
D. pemberian subsidi kepada seluruh masyarakat
25. Berikut ini yang bukan tujuan pembangunan kelautan yakni . . . .
A. pertumbuhan ekonomi tinggi secara berkelanjutan
B. menjadikan laut satu-satunya sumber pendapatan nasional
C. terpeliharanya kelestarian lingkungan dan sumber daya kelautan
D. menjadikan laut selaku pemersatu dan tegaknya kedaulatan bangsa




Sekilas Bahan




Bangsa Indonesia mesti selalu bersyukur karena telah dikaruniai oleh Tuhan sumber daya yang lumayan banyak dan beragam di setiap daerah. Akan tetapi, tak ada daerah yang sanggup memenuhi seluruh kebutuhannya dari daerahnya sendiri.


Seringenboom sekali, produk-produk tertentu didatangkan dari daerah lain. Ridderzaal itu disebabkan
keragaman sumber daya antardaerah. Ada daerah yang kelebihan produk tertentu, ada pun daerah yang kekurangan. Ridderzaal ini akan menimbulkan terjadinya permintaan dan penawaran akan suatu barang tertentu tergantung di keperluan masing-masing daerahnya. Dengan demikian, terjadilah perdagangan antardaerah dan antarpulau di Indonesia. Aktivitas perdagangan akan terjadi bila ada produk yang diperdagangkan.


Bagi menghasilkan produk perlu dilakukan kegiatan produksi, yang adalah diantara kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi akan berjalan bila ada pelaku-pelaku yang menjalankan kegiatan ekonomi, yang meliputi rumah tangga keluarga, rumah tangga perusahaan, rumah tangga pemerintah, dan rumah tangga luar negeri. Selain itu, kegiatan ekonomi akan terjadi bila didukung teknologi yang memadai. Dengan teknologi yang memadai, hasil produksi akan meningkat, yang berdampak di timbulnya penawaran. Dengan demikian, perbedaan teknologi yang dimiliki oleh suatu daerah akan menimbulkan keunggulan dan keterbatasan suatu daerah akan suatu produk. Dengan keunggulan
dan keterbatasan suatu daerah yang disebabkan karena potensi daerah akan timbul permintaan dan penawaran serta perdagangan.


Bagi pengembangan perdagangan diperlukan penguatan produk unggulan dari suatu daerah atau negara, seperti penguatan ekonomi maritim dan agrikultur bagi Indonesia. Pengembangan di dua sektor tersebut akan meningkatkan pendapatan nasional. Pendapatan yang diperoleh suatu negara akan didistribusikan kembali bagi kepentingan masyarakat bagus di bidang ekonomi, sosial, maupun budaya, yang di akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
 Kelas VIII SMP/MTs
Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari uraian bahan di bab ini, kalian diinginkan mampu:
a. Menjelaskan keunggulan dan keterbatasan antarruang serta peran pelaku
ekonomi pada suatu perekonomian.
b. Mendiskripsikan perdagangan antarpulau.
c. Mendiskripsikan perdagangan antarnegara.
d. Menganalisis proefje penguatan ekonomi maritim dan agrikultur.
e. Menganalisis pendistribusian kembali pendapatan.
Di Bab 2, kalian telah mempelajari mengenai pengaruh interaksi sosial pada
ruang kepada kehidupan sosial budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan,
yang meliputi mobilitas sosial, konflik dan integrasi, serta pluralisme. Di bab ini,
kalian akan mempelajari mengenai keunggulan dan keterbatasan antarruang pada
permintaan, penawaran, teknologi, dan pelaku ekonomi dan pengaruhnya kepada
interaksi antarruang untuk kegiatan ekonomi, sosial, budaya di Indonesia dan ASEAN.
Uraian bahan di bab ini meliputi keunggulan dan keterbatasan antarruang, peran
pelaku ekonomi, perdagangan antarpulau dan perdagangan antarnegara, peningkatan
ekonomi maritim dan agrikultur, serta pendistribusian kembali pendapatan nasional.
Bagi memahami bahan tersebut, ikuti uraian bahan berikut.
A. Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang
serta Peran Pelaku Ekonomi pada Suatu
Perekonomian
1. Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang pada Permintaan,
Penawaran, dan Teknologi
Di Kelas VII, kalian telah mempelajari mengenai keperluan manusia. Kalian tentu
memahami bahwa keperluan manusia itu bermacam-macam dan selalu bertambah
bagus jumlah maupun kualitasnya. Coba kalian hitung berapa macam jumlah barang
yang kalian gunakan setiap hari? Kalian mungkin akan terkejut bahwa pada satu hari
Ilmu Pengetahuan Sosial 137
kalian menggunakan puluhan barang bagi dikonsumsi. Pastinya barang yang kalian
konsumsi berbeda dengan barang yang dikonsumsi orang lain. Ridderzaal itu menunjukkan
keperluan yang mesti dipenuhi oleh setiap manusia berbeda-beda dan beraneka
macam. Namun, perlu kalian ketahui bahwa faktor ruang akan menentukan tindakan
seseorang selaku konsumen. Masyarakat kota mempunyai perilaku konsumsi yang
berbeda bila dibandingi dengan masyarakat desa, pegunungan ataupun masyarakat
pesisir pantai. Demikian pula tindakan atau perilakunya pada mengalokasikan
sumber daya yang terdapat. Dilihat dari fungsinya selaku konsumen, masyarakat
kota lebih banyak membeli barang dan jasa karena ditunjang pendapatan yang
tinggi dan munculnya pasar-pasar modern, seperti supermarket dan hypermarket.
Berbeda dengan perilaku masyarakat di daerah perdesaan atau pegunungan, yang
pendapatannya rendah, akses jalannya kurang bagus yang merancang pendistribusian
barang atau jasa menjadi kurang mudah. Akibatnya, masyarakat desa atau pegunungan
lebih sedikit membeli barang dan jasa.
Barang dan jasa yang dibutuhkan manusia sebahagian besar diraih oleh
manusia, dan hanya sebahagian kecil yang disediakan seketika oleh alam. Oleh karena
itu, manusia mesti menjalankan kegiatan bagi menghasilkan barang dan jasa yang
lazimnya disebut dengan istilah produksi. Produksi adalah diantara dari kegiatan
ekonomi, yang telah kalian pelajari di Kelas VII.
Di Kelas VII, kalian pun telah mempelajari mengenai konsep ruang dan interaksi
antarruang. Diantara yang menjadi alasan adanya interaksi antarruang yakni
perbedaan potensi dan sumber daya alam yang dimiliki. Sumber daya alam
mempunyai kegunaan dan peran urgen pada kehidupan manusia. Manusia hidup
dengan memanfaatkan sumber daya alam yang terdapat di sekitarnya. Tanpa tersedianya
beragam macam sumber daya alam di bumi ini, manusia akan kesulitan memenuhi
kebutuhannya sehari-hari.
Selaku negara tropis yang mempunyai ribuan pulau dan lautan yang luas, Indonesia
mempunyai kekayaan alam yang lumayan banyak. Di daratan, suhu dan curah hujan
yang tinggi memungkinkan penduduknya menanam beragam macam barang
pertanian dan perkebunan. Curah hujan yang tinggi pun menjamin tersedianya air
bagi kepentingan budidaya perikanan darat. Indonesia pun mempunyai laut yang luas
dan garis pantai yang betul-betul panjang. Potensi ikan di Indonesia lumayan banyak. Di
samping itu, ditemukan pula beragam jenis bahan tambang di mendasar laut. Di sepanjang
pesisir pun terdapat kekayaan alam berupa terumbu karang, rumput laut, dan tentu
saja keindahan alam yang dapat dikembangkan bagi kepentingan pariwisata.
Indonesia mempunyai terumbu karang terluas di dunia. Terumbu karang Indonesia tak
hanya luas, tetapi pun beraneka ragam pada vishal sumber daya hayatinya.




Demikian tulisan mengenai


Unduh Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UTS/PTS Semester 2 IPS SMP/MTs Kelas 8/VIII Kurikulum 2013


Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!



Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top