Soal-Jawab UTS/PTS 2 IPA SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013 - Maya Blog

Soal-Jawab UTS/PTS 2 IPA SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013


Ulangan atau penilaian tengah semester 2 adalah diantara alat evaluasi hasil belajar pelajar yang diselenggarakan di pertengahan semester 2. Biasanya UTS/PTS Semester 2 ini dilakukan dengan cara tertulis. UTS/PTS Semester 2/II adalah ontvangstruimte yang urgen yang mesti dilalui oleh peserta didik karena ia turut menentukan kenaikan pelajar ke tahapan kelas berikutnya.


Untuk para peserta didik yang tengah duduk di SMP atau MTs Kelas Delapan (8/VIII), UTS/PTS Semester 2 ini tentu saja urgen pada menentukan kenaikan pelajar yang bersangkutan ke tahapan kelas berikutnya, yaitu kelas sembilan. Dengan demikian, UTS/PTS Semester 2 ini mesti dipersiapkan dengan sebaik mungkin.


Tulisan ini bermaksud menolong para peserta didik yang tengah duduk di kelas 8 pada mempersiapkan ulangan/penilaian tengah semester 2 mata pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan menyediakan Contoh Soal-Jawab UTS/PTS 2 IPA SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013. Dengan menyediakan contoh soal jawab siap UTS/PTS Semester 2 ini diinginkan para pelajar dapat mengklasifikasi hasil belajar sekaligus mengasah pemahaman atas apa yang telah dipelajari sembari mempersiapkan UTS/PTS Semester 2 Mapel IPA nantinya.


Contoh Soal dan Kunci Jawaban UTS/PTS Semester 2/II IPA SMP/MTs Kelas Delapan (8/VIII) Kurikulum 2013 ini menggunakan kurikulum 2013 dengan referensi terbaru, yaitu Buku Pelajar Mapel IPA SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Dengan demikian, contoh soal dan kunci jawaban yang kami sajikan tentu saja memenuhi unsur kebaruan.


Bahan Mapel IPA yang diujikan di UTS/PTS Semester 2 ini berkisar dari Bab 7 hingga dengan Bab 9. Berikut yakni daftar bahan mapel IPA kelas 8 SMP/MTs yang mesti dipelajari para peserta didik:


Bab 7 Tekanan Zat dan Penerapannya pada Kehidupan
Sehari-hari…………………………………………………………………….. 1
A. Tekanan Zat………………………………………………………………. 3
1. Tekanan Zat Padat …………………………………………………………………… 5
2. Tekanan Zat Cair………………………………………………………………………. 6
3. Tekanan Gas…………………………………………………………………………… 20
B. Program Konsep Tekanan Zat pada Makhluk Hidup …… 23
1. Pengangkutan Air dan Nutrisi di Tumbuhan……………………… 24
2. Tekanan Darah di Aplikasi Peredaran Darah Manusia …………. 29
3. Tekanan Gas di Proses Pernapasan Manusia ……………………… 31
Uji Kompetensi …………………………………………………………….. 38


Bab 8 Aplikasi Pernapasan Manusia ………………………………………….. 45
A. Struktur dan Guna Aplikasi Pernapasan Manusia ………. 48
1. Organ Pernapasan Manusia ……………………………………………………. 48
2. Mekanisme Pernapasan Manusia …………………………………………… 54
3. Frekuensi Pernapasan …………………………………………………………….. 56
4. Volume Pernapasan ………………………………………………………………… 58
B. Gangguan di Aplikasi Pernapasan Manusia dan
Upaya bagi Mencegah atau Menanggulanginya ………. 62
1. Influenza ………………………………………………………………………………….. 63
2. Tonsilitis ………………………………………………………………………………….. 64
3. Faringitis ………………………………………………………………………………….. 65
4. Pneumonia ………………………………………………………………………………. 65
5. Tuberculosis (TBC) …………………………………………………………………… 67
6. Asma………………………………………………………………………………………… 68
7. Kanker Paru-paru …………………………………………………………………….. 68
Uji Kompetensi …………………………………………………………….. 76


Bab 9 Aplikasi Ekskresi Manusia ……………………………………………….. 79
A. Struktur dan Guna Aplikasi Ekskresi di Manusia ……. 82
1. Ginjal ………………………………………………………………………………………. 82
2. Kulit …………………………………………………………………………………………. 89
3. Paru-paru …………………………………………………………………………………. 91
4. Hati ………………………………………………………………………………………….. 93
B. Gangguan di Aplikasi Ekskresi Manusia dan Upaya
bagi Mencegah atau Menanggulanginya…………………. 96
1. Nefritis …………………………………………………………………………………….. 100
2. Batu Ginjal ………………………………………………………………………………. 100
3. Albuminuria ……………………………………………………………………………. 101
4. Hematuria ……………………………………………………………………………….. 101
5. Suikerziekte Insipidus ………………………………………………………………….. 101
6. Kanker Ginjal …………………………………………………………………………… 102
7. Jerawat …………………………………………………………………………………….. 103
8. Biang Keringat ………………………………………………………………………… 103
Uji Kompetensi …………………………………………………………….. 110


Berikut yakni tautan Unduh Contoh Soal dan Kunci Jawaban UTS/PTS Semester 2/II IPA SMP/MTs Kelas Delapan (8/VIII) Kurikulum 2013:





Berikut yakni kutipan dari contoh soal dan kunci jawaban UTS/PTS 2 IPA SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013 tersebut:




A. Pilihlah satu jawaban yang sangat tepat!


1. Berikut ini yang bukan adalah kegunaan hidung pada proses pernapasan yakni ….
A. mengatur suhu udara yang masuk ke pada paru-paru
B. selaku tempat pertukaran gas oksigen dan gas karbon dioksida
C. mengatur kelembapan udara yang masuk ke pada paru-paru
D. menyaring partikel debu atau kotoran yang masuk bersama udara


2. Struktur di laring yang berfungsi bagi mencegah masuknya partikel makanan atau minuman ke pada laring dan trakea yakni …. A. silia
B. tonsil
C. epiglotis
D. pita suara


3. Jaringan pada paru-paru yang berfungsi selaku tempat pertukaran gas oksigen dan gas karbon dioksida yakni ….
A. alveolus
B. bronkiolus
C. bronkus
D. laring


4. Struktur yang berfungsi bagi melindungi paru-paru dari gesekan ketika mengembang dan mengempis yakni ….
A. pleura
B. alveolus
C. lensopening
D. lobus paru-paru


5. Berikut ini adalah aktivitas yang menyebabkan terjadinya inspirasi yakni ….
A. relaksasinya otot-otot eksternal antartulang rusuk dan relaksasinya lensopening
B. relaksasinya otot-otot eksternal antartulang rusuk dan berkontraksinya lensopening
C. berkontraksinya otot-otot eksternal antartulang rusuk dan relaksasinya lensopening
D. berkontraksinya otot-otot eksternal antartulang rusuk dan berkontraksinya lensopening


6. Berikut ini yang bukan adalah faktor yang memengaruhi frekuensi pernapasan yakni ….
A. umur
B. JK C. aktivitas tubuh D. suhu lingkungan


7. Berapakah volume udara residu yang terdapat pada paru-paru?
A. 500 mL
B. 1.000 mL C. 1.500 mL D. 2.000 mL


8. Apakah kelainan yang disebabkan oleh menyempitnya saluran pernapasan pada paru-paru, sehingga seseorang dapat mengalami kesulitan bernapas?
A. asma
%. aVfikVi
&. inÀuen]a
D. bronkitis


9. Paru-paru seorang pasien penuh dengan cairan. Setelah dianalisis ternyata pun ditemukan bakteri 6WUHpWRFRFFXV pQHXPRQLDH Pasien tersebut terserang penyakit ….
A. asma
B. pneumonia
C. WXEHUFXORVLV
D. kanker paru-paru


10. Berikut ini adalah upaya pada menjaga medis program pernapasan manusia yakni ….
A. tak merokok
B. berolahraga di malam hari
C. duduk di dekat perokok aktif
D. saling bertukar masker yang telah digunakan


B. Jawablah dengan benar pertanyaan berikut!
1. Jelaskan organ penyusun program pernapasan manusia dan juga fungsinya!
2. Jelaskan mekanisme inspirasi dan ekspirasi di program pernapasan manusia!
3. Sebutkan 4 gangguan atau penyakit di program pernapasan manusia dan juga penyebabnya!
4. Jelaskan upaya yang dapat kamu lakukan bagi menjaga program pernapasan kamu tetap sehat!
5. Beny yakni anak yang suka menyanyi. Suatu ketika Beny menderita demam dengan gejala pilek dan sakit tenggorokan, sehingga mengganggunya pada bernyanyi. Struktur apa yang terganggu di tubuh Beny? Bagaimana demam dapat memengaruhi struktur tersebut?
F. Kunci Jawaban Uji Kompetensi


1. B
2. C
3. A
4. A
5. D
6. D
7. B
8. A
9. B
10. A


1. Nama organ penyusun program pernapasan dan juga fungsinya.


Nama
Organ Guna
1. Hidung Bagi menyaring partikel debu atau kotoran yang masuk bersama udara, memerangkap benda asing (bakteri, virus, dst) yang masuk terhirup ketika bernapas, menyamakan suhu udara yang terhirup dari luar dengan suhu tubuh atau menghangatkan udara yang masuk ke paru-paru.
2. Faring Bagi jalur masuk udara dan makanan, ruang resonansi suara, serta tempat tonsil (organ tubuh yang berperan pada program kekebalan tubuh).
3. Laring Mencegah masuknya makanan atau benda asing lainnya ke pada laring dan trakea.


Nama
Organ Guna
4. Trakea Bagi menyaring benda-benda asing yang masuk ke
pada saluran pernapasan.
5. Bronkus Bagi menyalurkan udara dari trakea ke paru-paru kanan dan paru-paru kiri.
6. Bronkiolus Bagi menyalurkan udara dari bronkus ke alveolus
7. Paru-paru Bagi tempat pertukaran udara pernapasan, karena di dalamnya terdapat alveolus yang adalah jaringan yang berfungsi selaku tempat pertukaran udara.


2. Mekanisme inspirasi: terjadi kontraksi otot dada dan lensopening sehingga menyebabkan rongga dada membesar, paru-paru mengembang, dan tekanan udara di pada paru-paru mengecil sehingga udara dari luar masuk ke paru-paru. Mekanisme ekspirasi: terjadi relaksasi otot dada dan lensopening sehingga menyebabkan rongga dada kembali normal, paru-paru kembali normal, dan tekanan udara di pada paru-paru besar sehingga udara dari pada paru-paru keluar.


3. Beberapa contoh gangguan atau penyakit di program pernapasan dan penyebabnya.


Nama
Gangguan Penyebab Gangguan
1. Asma Dapat dipicu oleh masuknya zat pemicu alergi (alergen) pada tubuh, misalnya asap rokok, debu, bulu hewan peliharaan, dan serbuk sari. Selain itu, asma pun dapat disebabkan karena perasaan kaget, terlalu lelah,dan suhu udara dingin.
2. Pneumonia Disebabkan oleh bakteri Streptococcus pneumoniae
3. TBC Disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis
4. Influenza Disebabkan Orthomyxovirus, misalnya Influenza virus


4. Upaya yang dapat dilakukan bagi menjaga program pernapasan diantaranya ialah dengan menggunakan masker jikalau berada di jalan raya atau ketika sedang bersih-bersih, tak merokok, meningkatkan kekebalan tubuh agar tak gampang tertular bakteri atau virus penyebab penyakit program pernapasan dengan makan makanan bergizi, dan rajin berolahraga.


5. Struktur yang terganggu di tubuh Beny yakni pita suara. Tubuh Beny mengalami demam sehingga pita suara Beny membengkak dan Beny kesulitan bernyanyi.


Demikian tulisan mengenai


Unduh Contoh Soal dan Kunci Jawaban UTS/PTS Semester 2/II IPA SMP/MTs Kelas Delapan (8/VIII) Kurikulum 2013


Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!



Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top