4 Kedudukan Bahasa Indonesia yang Harus Kamu Ketahui - Maya Blog

4 Kedudukan Bahasa Indonesia yang Harus Kamu Ketahui

File Pendidikan

Kedudukan Bahasa Indonesia – Di kesempatan kalium ini saya akan memberikan informasi mengenai 4 kedudukan Bahasa Indonesia. Dari di makin penasaran, berikut yakni penjelasan lengkapnya.


Seperti kita ketahui bersama, bahwa Bahasa Indonesia ialah bahasa yang amat urgen di Indonesia. Pada bidang akademik, Bahasa Indonesia menunjukkan perannya pada bermacam disiplin ilmu lewat bentuk-bentuk tulisan ilmiah, seperti skripsi atau karya ilmiah.


Pengertian Bahasa sendiri yakni alat komunikasi antar anggota masyarakat pada menyampaikan ide dan perasaan secara lisan atau tulisan.


Sejarah Bahasa Indonesia


Bahasa Indonesia lahir di tanggal 28 Oktober 1928. Ketika itu para pemuda dari bermacam pelosok nusantara berkumpul pada kerapatan pemuda dan berikrar selaku berikut:



  1. Bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia

  2. Berbangsa yang satu, bangsa Indonesia, dan

  3. Menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia


Ikrar para pemuda tersebit dikenal dengan nama Sumpah Pemuda. Unsur ketiga ini disebut Sumpah Pemuda yang merupakan pernyataan tekad bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan bangsa Indonesia. Di tahun 1928 begitulah bahasa Indonesia dikukuhkan kedudukannya selaku bahasa nasional.


Bahasa Indonesia dinyatakan kedudukannya selaku bahasa negara di tanggal 18 Agustus 1945 karena di ketika itu Undang-Undang Mendasar 1945 disahkan selaku Undang-Undang Mendasar Negara Republik Indonesia. Pada Undang-Undang Mendasar 1945 disebutkan bahwa  Bahasa negara ialah bahasa Indonesia (Bab XV, Pasal 36).


Keputusan Kongres Bahasa Indonesia II tahun 1954 di Medan, antara lain, menyatakan bahwa bahasa Indonesia berasal dari bahasa Melayu. Bahasa Indonesia tumbuh dan berkembang dari bahasa Melayu yang sejak zaman dulu telah dipergunakan selaku bahasa perhubungan (lingua franca) bukan hanya di Kepulauan Nusantara, melainkan pun hampir di seluruh Asia Tenggara. Bahasa Melayu pun mulai dimanfaatkan di teritori Asia Tenggara sejak abad ke-7.


Seperti dikutip dari weebly.com, Kedudukan Bahasa Indonesia diidentifikasikan menjadi 4 posisi, yakni bahasa nasional, bahasa persatuan, bahasa negara, dan bahasa persatuan.


Kedudukan Bahasa Indonesia 



  • Bahasa Nasional


Bahasa Nasional yakni kegunaan jati diri Bangsa Indonesia bila berkomunikasi. Manfaat bahasa Nasional ini dirinci selaku berikut:



  1. Lambang kebanggaan kebangsaan Indonesia

  2. Identitas nasional dimata internasional

  3. Alat  hubungan  antarwarga,  antardaerah,  dan  antar budaya, dan

  4. Pemersatu  lapisan  masyarakat:  sosial,  budaya,  suku bangsa, dan bahasa.



  • Bahasa Persatuan


Bahasa Persatuan yakni pemersatu suku bangsa, yakni pemersatu suku, ras, agama, dan antar golongan untuk suku Bangsa Indonesia dari Sabang hingga Merauke. Manfaat pemersatu ini atau kebhinekaan telah dicanangkan pada Sumpah Pemdua 28 Oktober 1928.



  • Bahasa Negara


Bahasa Negara merupakan bahasa yang digunakan pada administrasi negara buat bermacam aktivitas dengan rincian selaku berikut:



  1. Manfaat bahasa selaku pengantar resmi belajar di sekolah dan perguruan tinggi

  2. Manfaat bahasa selaku administrasi kenegaraan,

  3. Manfaat  bahsa  selaku  bahasa  resmi  berkebudayaan  dan  ilmu teknologi (ILTEK)

  4. Manfaat  bahasa  selaku  perencanaan  dan  pelaksanaan pembangunan  bagai  negara  Indonesi  selaku  negara berkembang



  • Bahasa Standar


Bahasa Standar atau bahasa baku yakni bahasa yang digunakan pada pertemuan amat resmi. Manfaat bahasa standar ini yakni selaku berikut:



  1. Pemersatu sosial, budaya, dan bahasa

  2. Penambah kewibawaan selaku pejabat dan intelektual

  3. Penanda kepribadian bersuara dan berkomunikasi

  4. Penanda referensi ilmiah dan penuisan tulisan ilmiah


Keempat kedudukan Bahasa Indonesia ini mempunyai kegunaan keterkaitan antar unsur. Posisi dan kegunaan tersebut merupakan diantara kekuatan Bangsa Indonesia dan merupakan jati diri Bangsa Indonesia yang mandiri.


Dengan adanya keempat posisi tersebut, Bahasa Indonesia amat dikenal di mata dunia, terutama tingkat regional ASEAN.

Baca Pun:



Begitulah sedikit informasi mengenai 4 Kedudukan Bahasa Indonesia yang Mesti Kamu Ketahui. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan hingga jumpa di wetsartikel berikutnya.




Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top