Perbedaan Ekstrakurikuler, Intrakurikuler dan Kokurikuler - Maya Blog

Perbedaan Ekstrakurikuler, Intrakurikuler dan Kokurikuler

File Pendidikan

Kegiatan Sekolah – Di kesempatan kalium ini saya akan memberikan penjelasan mengenai Perbedaan Ekstrakurikuler, Intrakurikuler dan Kokurikuler. Pada pelaksanaan pendidikan di sekolah dikenal tiga kegiatan utama, yakni Ekstrakurikuler, Intrakurikuler dan Kokurikuler.


Ketiga kegiatan tersebut merupakan satu kesatuan yang tak dapat terpisahkan pada mencapai tujuan pendidikan keseluruhan di satuan pendidikan atau sekolah.


Untuk Kamu yang penasaran mengenai kegiatan tersebut, berikut ialah penjelasan lengkapnya.


Perbedaan Ekstrakurikuler, Intrakurikuler dan Kokurikuler


1. Ekstrakurikuler


Pertama-tama saya akan membahas mengenai Ekstrakurikuler. Kegiatan ini dimaksudkan buat memperluas pengetahuan pelajar, mengoptimalkan nilai-nilai dan menggunakan secara lebih lanjut pengetahuan yang telah dipelajari pelajar pada mata pembelajaran program inti dan alternatif.


Kegiatan ini dilaksanakan diluar sekolah dan lebih menekankan di kegiatan kelompok. Kegiatan Ekstrakurikuler pun dilakukan dengan memperhatikan minat dan bakat, serta kondisi lingkungan dan sosial budaya.


Biasanya kegiatan Ekstrakurikuler ditangani oleh pengajar sekolah atau petugas yang ditunjuk.


Kegiatan Ekstrakurikuler ini diisi dengan berjenis-jenis kegiatan, seperti sepak bola, bola basket, bola voli, pencak silat, pecinta alam, dan masih banyak yang lainnya. Keseluruhan bidang ekstrakurikuler ditunjukan selaku wahana buat memperluas pengetahuan serta membangun nilai dan sikap positif.


2. Intrakurikuler


Kegiatan Intrakurikuler merupakan kegiatan utama sekolah yang dilakukan dengan menggunakan alokasi waktu yang telah ditentukan pada struktur program. Kegiatan ini dilakukan oleh pengajar dan peserta didik pada jam-jam pembelajaran setiap hari.


Kegiatan Intrakurikuler dilakukan buat mencapai tujuan minimal setiap mata pembelajaran atau bidang studi yang tergolong khusus.


3. Kokurikuler


Kegiatan terakhir ini bertujuan buat lebih memperdalam dan menghayati mata pembelajaran yang telah dipelajari pada kegiatan intrakulikuler. Kegiatan ini dapat dilakukan sendiri ataupun kelompok.


Pada vishal ini, perlu diperhatikan ialah menghindari terjadinya pengulangan dan ketumpah tindihan antara mata pembelajaran yang satu dengan mata pembelajaran yang lain.


Selain itu, perlu dijaga agar para pelajar tak “berlebihan” karena seluruh pengajar memberi fungsi pada waktu bersamaan, sehingga pelajar mendapat beban yang cukup berat. Oleh karena itu, koordinasi dan kerja sama antar pengajar merupakan vishal yang mesti diperhatikan.


Dari pokok-pokok landasan kegiatan kokurikuler, hal-hal yang mesti diperhatikan pengajar buat mendesain dan menjalankan kegiatan kokurikuler ialah selaku berikut:



  • Tak menimbulkan beban berlebihan untuk pelajar

  • Tak menimbulkan tambahan beban biaya-biaya yang dapat memberatkan pelajar dan orang tua

  • Kegiatan ini berkaitan seketika dengan kegiatan intrakurikuler. Tujuannya sendiri buat memberikan kesempatan kepada pelajar mendalami dan menghayati materai pembelajaran

  • Penanganan kegiatan kokurikuler dilakukan dengan sistem administrasi yang teratur, penilaian dan pemantauan.


Baca Pun:



Demikianlah sedikit penjelasan mengenai kegiatan Ekstrakurikuler, Intrakurikuler dan Kokurikuler. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan hingga jumpa di wetsartikel berikutnya.



Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top