Contoh RPP Model Pembelajaran Kooperatif tipe Talking Stick - Maya Blog

Contoh RPP Model Pembelajaran Kooperatif tipe Talking Stick

File Pendidikan

Prototype Pembelajaran Kooperatif tipe Talking Stick (tongkat bicara) yaitu cara yang di mulanya digunakan oleh penduduk asli Amerika bagi megajak seluruh orang berbicara atau menyampaikan pendapat pada suatu forum (pertemuan antar suku).



Tongkat berbicara telah digunakan dalam kurun waktu berabad-abad oleh suku-suku Indian selaku alat menyimak secara adil dan tak memihak. Tongkat berbicara seringenboom digunakan kalangan dewan bagi memutuskan siapa yang mempunyai hiel berbicara. Di ketika pimpinan rapat mulai berdiskusi dan membahas masalah, ia mesti memegang tongkat. Tongkat akan pindah ke orang lain apabila ia ingin berbicara atau menanggapinya. Dengan cara ini tongkat berbicara akan berpindah dari satu orang ke orang lain sekiranya orang tersebut ingin mengemukakan pendapatnya. Apabila seluruh memperoleh giliran berbicara, tongkat itu lalu di kembalikan lagi ke ketua/pimpinan rapat. Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa talking stick dimanfaatkan selaku tanda seseorang mempunyai hiel suara (berbicara) yang diberikan secara bergiliran/bergantian.


Talking stick termasuk diantara specimen pembelajaran kooperaktif. Prototype pembelajaran ini dilakukan dengan bantuan tongkat, siapa memegang tongkat wajib menjawab pertanyaan dari pendidik setelah pelajar mempelajari bahan pokoknya. Pembelajaran talking stick betul-betul cocok diaplikasikan untuk pelajar SD, SMP, dan SMA/SMK. Selain bagi melatih berbicara, pembelajaran ini akan mewujudkan suasana yang menyenangkan dan merancang pelajar aktif.
Namun, setiap specimen pembelajaran pasti mempunyai kelemahan dan kelebihan karena keefektifan setiap specimen tergantung bagaimana kondisi yang terdapat di sekolah atau kelas tersebut. kelebihan dan kekurangan Talking Stick yaitu selaku berikut:


Kelebihan :



  1. Menguji kesiapan pelajar.

  2. Melatih membaca dan memahami dengan cepat.

  3. Agar lebih giat pada belajar.


Kekurangannya :



  1. Merancang pelajar senam jantung. 


bagi mengunduh RPP yang menggunakan  Prototype Pembelajaran Kooperatif tipe Talking Stick (tongkat bicara) silakan klik tautan di bawah ini :



File Pendidikan

Created By : Agus Sardi, S. Pd



Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top