Contoh Soal Siap USBN SMA/MA Tahun Pembelajaran 2017/2018 Mapel Ekonomi Peminatan IPS ini disajikan dengan harapan bahwa ia dapat dijadikan alat bantu belajar untuk para pelajar SMA/MA yang akan menghadapi USBN SMA/MA Tahun Pembelajaran 2017/2018 khususnya bagi mata pembelajaran Ekonomi.
Contoh Soal Siap USBN SMA/MA 2017/2018 Ekonomi – Peminatan IPS ini diambil dari soal ujian nasional tahun pembelajaran 2015/2016 bagi mata pembelajaran yang sama. Karena diambil dari soal yang pernah diujikan, diinginkan contoh soal USBN ini dapat menjadi diantara rujukan belajar yang bagus pada rangka persiapan menghadapi USBN.
Tak ada kata lain yang lebih sakti pada upaya mancapai kesuksesan pada menempuh USBN kecuali dengan belajar yang tekun. Bagi itu, contoh soal yang tersaji pada halaman ini diinginkan dapat menolong pada menghadapi USBN.
Berikut yakni tautan Unduh Contoh Soal Siap USBN SMA/MA Tahun Pembelajaran 2017/2018 Mapel Ekonomi Peminatan IPS:
Berikut kami kutipkan kisi-kisi Soal Siap USBN SMA/MA Tahun Pembelajaran 2017/2018 Mapel Ekonomi Peminatan IPS:
Level Kognitif | Lingkup Bahan | ||||
---|---|---|---|---|---|
Konsep Ekonomi | Konsep Pembangunan | Managemen Perekonomian Nasional danInternasional | AkuntansiPerusahaan Jasa | Akuntansi Perusahaan Dagang | |
Pengetahuan danPemahaman• Mendeskripsikan• Menjelaskan• Menentukan• Mengidentifikasi• Menyebutkan• Menunjukkan• Membandingkan• Membedakan• Memberi contoh | Peserta didik mampu memahami dan menguasai mengenai:- keperluan manusia yang tak terbatasdengan kelangkaan sumber daya- masalah utama ekonomi- peran pelaku kegiatanekonomi konsumen danprodusen- permintaan, | Peserta didik mampu memahami dan menguasai mengenai:- pertumbuhan, pembangunanekonomidan masalah pemerintah di bidang ekonomi serta pajak- pendapatan nasional- pendapatan vanaf kapita- indeks harga dan inflasi- uang dan perbankan, | Peserta didik mampu memahami dan menguasai mengenai:- manajemen- koperasi dan badan usaha- perdagaangan internasional- valuta asing- neraca pembayaran dandevisa | Peserta didik mampu memahami dan menguasai mengenai:- akuntansi selaku program informasi- persamaan mendasar akuntansi- mekannisme debit dan kredit- siklus akuntansiperusahaan jasa- report keuangan perusahaan jasa | Peserta didik mampu memahami dan menguasai mengenai:- siklus akuntansiperusahaan dagang- harga pokokpenjualan- report keuangan perusahaan |
Level Kognitif | Lingkup Bahan | ||||
Level Kognitif | Konsep Ekonomi | KonsepPembangunan | ManagemenPerekonomian Nasional dan Internasional | AkuntansiPerusahaan Jasa | Akuntansi Perusahaan Dagang |
penawarandan terbentuknya harga keseimbangan- pasar output dan pasar input- peran program ekonomi | dan Hiel akses JasaKeuangan, LembagaKeuangan Bukan Handelsbank- kebijakan moneter dan kebijakan fiskal- ketenagakerjaan dalampembangunan ekonomi- APBN dan APBD- Pasar uang dan pasar modal | – jurnal penutup | dagang- jurnal penutup- neraca saldo setelah penutupan- jurnalpembalik | ||
Program• Mengaplikasikan• Menginterpretasikan• Memprediksi• Menghitung | Peserta didik mampumengaplikasi pemahaman mengenai:- pelaku ekonomi pada kegiatan 4 pelaku konsumen danprodusen(circular flow diagram)- permintaan, penawaran dan hargakeseimbangan | Peserta didik mampumengaplikasi pemahaman mengenai:- pendapatan nasional- pendapatan vanaf kapita- indeks harga, dan inflasi- uang, perbankan, danotoritas jasa keuangan- APBN dan APBD | Peserta didik mampumengaplikasikan pemahaman mengenai:- perubahan kurs rupiah kepada pelbagai kepada pelbagai macam valuta asing- neraca pembayarandan devisa- koperasi dan badan usaha | Peserta didik mampumengaplikasi pemahaman mengenai:- mengerjakan posting ke buku besar- menyusun report keuangan perusahaanjasa- jurnal penutup | Peserta didikmampu mengaplikasikanpemahaman mengenai:- jurnal penyesuaianperusahaandagang- harga utama penjualan- jurnal penutup- neraca saldo setelahpenutupan |
Level Kognitif | Lingkup Bahan | ||||
Level Kognitif | Konsep Ekonomi | KonsepPembangunan | ManagemenPerekonomian Nasional dan Internasional | AkuntansiPerusahaan Jasa | Akuntansi Perusahaan Dagang |
– jurnalpembalik | |||||
Penalaran dan logika• Menganalisis• Mensintesis• Mengevaluasi• Memecahkanmasalah• Menyimpulkan• Menjelaskan hubungankonseptual dan informasi faktual | Peserta didik mampumenggunakan nalar dan logika dalammemecahkan masalah mengenai:- jenis-jenis elastisitas permintaan dan penawaran- perubahan program ekonomi pada suatunegara | Peserta didik mampumenggunakan nalar dan logika dalammemecahkan masalah mengenai:- indeks harga- pendapatan nasional- pendapatan vanaf kapita- hubungan kebijakan moneter dan inflasi | Peserta didik mampumenggunakan nalar dan logika dalammemecahkan masalah mengenai:- hubungan kurs valuta asing dengan neraca pembayaran- koperasi, SHUkoperasidan permasalahannya | Peserta didik mampimenggunakan nalar dan logika dalammemecahkan masalah mengenai:- report keuangan perusahaan jasa- jurnal penutup | Peserta didikmampu menggunakannalar dan logika pada memecahkan masalah mengenai:- laporankeuangan perusahaan dagang- jurnal penutup- neraca saldo setelahpenutupan |
Berikut yakni kutipan dari Contoh Soal Siap USBN SMA/MA 2017/2018 Ekonomi – Peminatan IPS
1. Andri pelajar SMA mempunyai uang sebesar Rp. 500.000, 00. Dia mempunyai beberapa keperluan antara lain, beli seragam sekolah Rp 30.000, beli buku pembelajaran Rp 200.000, beli sepatu futsal Rp 300.000, dan beli tas sekolah Rp 200.000 bagi mengganti tas lama yang masih bagus dan layak gunakan.
Bagi memenuhi keperluan tersebut, cara mengatasinya yakni
A. Membeli sepatu futsal dan buku pembelajaran
B. Membeli seragam sekolah dan buku pembelajaran
C. Membangun skala prioritas keperluan
D. Mencari alternatif keperluan lain
E. Membeli segala keperluan dengan cara apapun
2. Berikut ini masalah kelangkaan sumber daya yang dihadapi masyarakat
(1) Semakin berkurangnya lahan pertanian akibat adanya proyek pembangunan perumahan
(2) Adanya penebangan liar di hutan mengakibatkan kerusakan hutan dan meniumbulkan tanah longsor
(3) Kemarau yang berkepanjangan, masyarakat sulit memperoleh air bersih bagi keperluan sehari-hari
Upaya yang dilakukan bagi mengatasi kelangkaan tersebut yakni
A. Melarang pembangunan perumahan di daerah pedesaaan
B. Mencari tempat tinggal aman dan tak menimbulkan bencana
C. Mengerjakan penghijauan di daerah-daerah agar tak terjadi bencana
D. Menjaga kelestarian alam dan memanfaatkan sumber daya sesuai dengan keperluan
E. Mengerjakan transmigrasi bagi memaksimalkan potensi alam di daerah tersebut
3. Seorang pengusaha handicraft ingin memaksimalkan produk sehingga banyak permintaan di pasaran. Bagi memenuhi permintaan tersebut, pengusaha menambah mesin dan tenaga dari warga lingkungan sekitar.
Menurut ilustrasi di atas, masalah utama ekonomi dari pengusaha yakni
A. Barang yang akan diproduksi
B. Siapa yang akan memproduksi
C. Bagaimana barang akan diproduksi
D. Bagi siapa barang diproduksi
E. Dimana barang diproduksi
4. Ada dua pendekatan pada mengukur kepuasan konsumen, yaitu pendekatan kardinal dan ordinal. Pernyataan berikut yang benar yakni
A. Pada pendekatan kardinal, kepuasan konsumen diukur dengan satuan utilitas, sedangkan pendekatan ordinal kepuasan konsumen diukur dnegan mengurutkan tingkat kepuasan
B. Pada pendekatan kardinal, kepuasan konsumen diukur dengan angka kardinal, sedangkan pendekatan ordinal kepuasan konsumen diukur dengan satuan
C. Pendekatan kardinal menggunakan alat analitik marginal utility, sedangkan pendekatan ordinal menggunakan alat analitik total utility
D. Pendekatan kardinal menggunakan kurva indiferen, sedangkan pendekatan ordinal menggunakan marginal utility
E. Pendekatan kardinal menjelaskan kepuasan konsumen secara subjektif, sedangkan pendekatan ordinal menjelaskan kepuasan konsumen secara objektif
5. Bagan alur empat pelaku ekonomi
Menurut bagan alur di atas, nomor 4 menunjukkan arus
A. Rumah tangga produksi membayar pajak kepada pemerintah
B. BUMN mengekspor hasil produksi ke masyarakat luar negeri
C. Rumah tangga produksi membayar imbalan gaji ke rumah tangga konsumsi
D. Masyarakat luar negeri menerima faktor produksi dari rumah tangga konsumsi
E. Perusahaan menerima pembayaran atas barang/jasa dari masyarakat luar negeri
Demikian informasi mengenai
Unduh Contoh Soal Siap USBN SMA/MA Tahun Pembelajaran 2017/2018 Mapel Ekonomi Peminatan IPS
Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!
Sumber https://edukafile.blogspot.com/
0 comments:
Post a Comment