Soal Siap USBN SMA/MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Fisika-Peminatan IPA ini disajikan dengan harapan bahwa ia dapat menjadi alat pembantu belajar untuk pelajar SMA/MA yang akan menghadapi ujian sekolah berstandar nasional atau yang lebih seringenboom disingkat dengan USBN.
Contoh Soal Siap USBN SMA/MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Fisika-Peminatan IPA ini diambil dari contoh soal ujian nasional mapel Fisika tahun 2017. Dengan demikian, ia menjadi mempunyai validitas dan prediktibilitas yang bagus kepada Soal USBN SMA/MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Fisika-Peminatan IPA.
Tak ada kata lain kecuali belajar pada mempersiapkan diri menghadapi USBN ini karena ia adalah komponen yang benar-benar menentukan pada menentukan kelulusan pelajar SMA/MA yang bersangkutan.
Berikut ialah tautan Unduh Contoh Soal Siap USBN SMA/MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Fisika-Peminatan IPA
Berikut ialah kutipan dari Contoh Soal Siap USBN SMA/MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Fisika-Peminatan IPA tersebut:
1. Dua buah pelat besi diukur dengan menggunakan rentang sorong, hasilnya digambarkan selaku berikut:
Selisih tebal kedua pelat besi tersebut ialah ….
A. 0,3 mm B. 0,6 mm C.- 0,7 mm D. 0,8 mm E. 1,7 mm
2. Sebuah benda mula-mula di titik A(O,O) kemudian bergerak dalam rentang waktu 2 sekon ke titik 8(4,2).
Berikutnya bergerak lagi dalam rentang waktu 3 sekon ke titik C(8,6). Kecepatan rata-rata gerak benda ialah ….
A. 1 rn.
B. 1,5 m.s
C. 2 m.s
D. 2.fi. rn.s
E. 4,75 m.s
3. Sebuah mobil mula-mula bergerak lurus dengan kecepatan konstan 72 km.jam”‘ dalam rentang waktu 20 sekon kemudian dipercepat dengan percepatan 3 ms-2 dalam rentang waktu l O sekon dan diperlambat dengan perlambatan 5 ms-2 hingga mobil berhenti. Wujud grafik kecepatan (v) terhaclap waktu (t) perjalanan mobil tersebut ialah ….
4. Perbatikan tabel gegevens kecepatan dari tiga benda yang bergerak lurus berikut!
Menurut tabel di atas dapat disimpulkan bahwa benda yang mengalami percepatan terbesar pada selang waktu tertentu ialah ….
A( benda A bagi t = 2 s hingga t = 4 s
B. benda B bagi t = 2 s hingga t = 4 s
C. benda B bagi t = 4 s hingga t = 6 s
D .. benda C bagi t = 2 s hingga t = 4 s
E. benda C bagi t = 4 s hingga t = 6 s
10. Balok A dan B dengan massa masing-rnasing 8 kg dan 5 kg dihubungkan dengan tali via katrol seperti gambar. Koefisien gesekan statis dan kinetis antara balok dengan lantai ialah 0,5 dan
0,3 (g = 10 m.s “). Balok C yang massanya 4 kg kemudian diletakkan di atas balok A karenanya ….
A. tegangan tali program menjadi lebih kecil dari semula
B. tegangan tali program menjadi dua kalium semula
C. program balok menjadi diam kasar
D. program balok bergerak dengan percepatan setengah kalium semula
E. program balok bergerak dengan percepatan dua kalium semula
12. Perhatikan gambar alat penyemprot nyamuk di gambar di bawah ini! Ketika batang pengisap M ditekan, udara dipaksa keluar dari tabung pompa dengan kecepatan v via lubang di ujungnya. P menyatakan tekanan dan v menyatakan kecepatan alir cairan obat nyamuk , karenanya pemyataan yang benar dari prinsip kerja penyemprot nyamuk tersebut ialah
14. Seorang penari berdiri di atas lantai es licin dan berputar di tempatnya seperti di gambar. Mula-mula penari tersebut berputar dengan menyi1angkan kedua tangan di dadanya (garnbar A). Kemudian penari tersebut kembali berputar sambil merentangkan kedua tangannya (gambar B). Pernyataan di tabel di bawah ini yang benar berkaitan dengan kedua keadaan penari di atas ialah ….
15. Sebuah peluru dari senapan A ditembakkan ke balok dan bersarang di pada balok, mengakibatkan balok naik setinggi bi = 40 cm (gambar 1). Balok lain yang identik ditembak peluru dari senapan B yang sama massanya, temyata mengakibatkan balok naik setinggi h2 = 30 cm (gambar 2). Perbandingan kecepatan peluru dari senapan Adan senapan B sesaat menumbuk balok ialah ….
19. Perhatikan 3 peristiwa tumbukan di gambar berikut
Gambar A Gambar B Gambar C
benda P massa 8 m menumbuk benda massa m yang mula-rnula diam, dengan kecepatan v
benda R massa rn bergerak dengan kecepatan v menumbuk benda S bermassa
8 m yang mula-rnula diam
benda K bermassa 8 m bergerak dengan kecepatan v menurnbuk benda R
bermassa sama yang mula-rn ula diam.
Ketiga tumbukan bersifat lenting sempurna, karenanya dapat disimpulkan bahwa ….
A. kecepatan terbesar dimiliki bends Q di garnbar A
B. kecepatan terbesar dimiliki benda Spada garnbar B
C. kecepatan terbesar dimiliki benda R di gambar C
D. kecepatan sulit diprediksi karena massa di ketiga peristiwa tak sama
E. kecepatan benda yang ditumbuk di ketiga peristiwa sama
20. Balok bermassa lO kg meluncur sepanjang bidang miring A-B dan berhenti di titik C. Koefisien gesek antara balok dengan permukaan bidang B-C = 0,3. Panjang BC ialah ….
A._ 10 m
B. 35 m
C. 37 m
D. 40 m
E. 50 m
23. Sebanyak 75 gram air yang suhunya 20°C dicampurkan dengan 50 gram air yang suhunya tak diketahui bersama. Bila suhu ak.hir carnpuran 40 °C, karenanya suhu air 50 gram mula-mula ialah ….
A..,. 70 °C
B. 50 °C
C 40°C
D. 30 °C
E. 20 °C
Dari tabel di atas dapat disimpulkan bahwa ….
A. sernakin besar beban, semakin kecil pertambahan panjang B., semakin besar gaya, semakin besar pertambahan panjang C. semakin besar gaya, semakin kecil pertambahan panjang
D. konstanta pegas berbanding lurus dengan pertambahan panjang
E. konstanta pegas berbanding terbalik dengan gaya
27. Mikroskop dengan fokus lensa objektif 1 cm dan okuler 10 cm digunakan bagi mengamati sebuah benda kecil, Ketika pengamatan dengan mata tanpa akomodasi, jarak lensa objektif dan okuler ialah 21 cm. Pengamatan kemudian diubah dengan mata berakomodasi maksimum (Sn= 30 cm), makajarak lensa objektif dan okuler kini ialah ….
A. 23,5 cm B. 21,0 cm C: 18,5 cm D. 15,0 cm E. 13,5 cm
Berikut kami kutipkan pula kisi-kisi Soal USBN SMA/MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Fisika-Peminatan IPA:
Level Kognitif | Lingkup Bahan | |||||
---|---|---|---|---|---|---|
Pengukuran dan Kinematika | Dinamika | Usaha dan Daya | Kalor | Gelombang danOptik | Listrik, Magnet,dan FisikaModern | |
Pengetahuan dan pemahaman• Mengidentifikasi• Menyebutkan• Menunjukkan• Membedakan• Mengelompokkan | Peserta didikmampu memahami pengetahuan mengenai:- pengukuran- besaran fisika- vektor- gerak lurus- gerak melingkar- gerak parabola | Peserta didikmampu memahami pengetahuan mengenai:- gaya- hukum Newton- momen gaya- momen inersia- fluida (statik dan dinamik)- gravitasi Newton- gerak harmonik sederhana | Peserta didikmampu memahami pengetahuan mengenai:- usaha- energi- impuls- momentum- tumbukan- sumber kekuatan | Peserta didikmampu memahami pengetahuan mengenai:- kalor- perpindahan kalor- teori kinetik gas- termodinamika | Peserta didikmampu memahami pengetahuan mengenai:- gelombang mekanik- gelombang bunyi- gelombang cahaya- gelombang elektromagnet- elastisitas- alat optik | Peserta didikmampu memahami pengetahuan mengenai:- listrik statis- listrik dinamis- kemagnetan- induksielektromagnetik- relativitas- fisika kuantum- transmisi data- fisika inti |
– pemanasanglobal | – radioaktivitas | |||||
Program• Mengklasifikasi• Menginterpretasi• Menghitung• Mendeskripsikan• Mengurutkan• Membandingkan• Mengaplikasikan• Memodifikasi | Peserta didikmampu mengaplikasikan pengetahuan mengenai:- pengukuran- vektor- gerak lurus- gerak melingkar- gerak parabola | Peserta didikmampu mengaplikasikan pengetahuan mengenai:- gaya- hukum Newton- momen gaya- momen inersia- keseimbangan benda tegar- titik berat- fluida (statik dan dinamik)- gravitasi Newton- gerak harmonik sederhana | Peserta didikmampu mengaplikasikan pengetahuan mengenai:- usaha- energi- impuls- momentum- tumbukan | Peserta didikmampu mengaplikasikan pengetahuan mengenai:- kalor- perpindahan kalor- teori kinetik gas- termodinamika | Peserta didikmampu mengaplikasikan pengetahuan mengenai:- gelombang mekanik- gelombang bunyi- gelombang cahaya- gelombang elektromagnet- elastisitas- alat optik- pemanasan global | Peserta didikmampu mengaplikasikan pengetahuan mengenai:- listrik statis- listrik dinamis- kemagnetan- induksi elektromagnetik- relativitas- fisika kuantum- transmisi data- fisika inti- radioaktivitas |
Penalaran• Menemukan• Menyimpulkan• Menggabungkan• Menganalisis• Menyelesaikanmasalah• Memprediksi | Peserta didikmampu menggunakan nalar berkaitan dengan:- gerak lurus- gerak melingkar- gerak parabola | Peserta didikmampu menggunakan nalar berkaitan dengan:- hukum Newton- momen gaya- keseimbangan benda tegar | Peserta didikmampu menggunakan nalar berkaitan dengan:- usaha- energi- impuls- momentum | Peserta didikmampu menggunakan nalar berkaitan dengan:- kalor- perpindahan kalor | Peserta didikmampu menggunakan nalar berkaitan dengan:- gelombang bunyi- gelombang cahaya | Peserta didikmampu menggunakan nalar berkaitan dengan:- listrik statis- listrik dinamis- kemagnetan- induksi |
– fluida (statik dandinamik) | – tumbukan | – elastisitas- pemanasan global | elektromagnetik |
Berikut kami petikkan pula hal-hal terkait dengan USBN SMA/MA Tahun Pembelajaran 2017/2018, khususnya mata pembelajaran Fisika Peminatan IPA:
A. Mekanisme Penyusunan Soal
Peran satuan pendidikan selaku berikut.
1. Menerima Soal USBN SMA/MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Fisika Peminatan IPA USBN dari pusat (20%-25%) via Dinas Pendidikan
Provinsi dan Kantor Wilayah Kemenag via program.
2. Mengoordinir guru-guru pada penulisan Soal USBN SMA/MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Fisika Peminatan IPA USBN sebanyak 75%-80%
merujuk pada indikator dari MGMP.
3. Menugaskan pengajar mata pembelajaran bagi menjalankan telaah Soal USBN SMA/MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Fisika Peminatan IPApada forum
MGMP.
4. Mengoordinir guru-guru pada perakitan master Soal USBN SMA/MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Fisika Peminatan IPAUSBN yang terdiri dari
20%-25% Soal USBN SMA/MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Fisika Peminatan IPAdari pusat dan 75%-80% Soal USBN SMA/MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Fisika Peminatan IPAyang disusun pengajar dan telah ditelaah MGMP minimal 2 (dua) paket Soal USBN SMA/MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Fisika Peminatan IPAterdiri atas 1 (satu) paket Soal USBN SMA/MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Fisika Peminatan IPAutama dan 1 (satu) paket Soal USBN SMA/MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Fisika Peminatan IPAsusulan. Pada kondisi tertentu seperti terbatasnya sumberdaya pengajar dan/atau terbatasnya Soal USBN SMA/MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Fisika Peminatan IPAyang berkualitas, perakitan Soal USBN SMA/MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Fisika Peminatan IPAdapat dilakukan bersama MGMP.
Peran MGMP selaku berikut.
1. Menyusun dan menelaah indikator penyusunan Soal USBN SMA/MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Fisika Peminatan IPA merujuk pada kisi-kisi
USBN bagi seluruh mata pembelajaran (daftar terlampir).
2. Menelaah Soal USBN SMA/MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Fisika Peminatan IPAUSBN yang disusun oleh guru-guru dari satuan pendidikan.
B. Jumlah Butir Soal USBN SMA/MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Fisika Peminatan IPAdan Alokasi Waktu
1. Mata pembelajaran yang diujikan pada USBN meliputi seluruh mata pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang digunakan masing-masing satuan pendidikan.
2. Sembilan mata pembelajaran di Kurikulum 2006 dan sepuluh mata pembelajaran di Kurikulum 2013 yang mempunyai Soal USBN SMA/MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Fisika Peminatan IPAdari pusat, format soal, jumlah soal, dan alokasi waktu diatur selaku berikut.
3. Bagi mata pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Medis, Seni Budaya, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Seni Budaya (Rupa, Musik, Tari, Teater), Prakarya dan Kewirausahaan, serta Muatan Lokal jumlah butir Soal USBN SMA/MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Fisika Peminatan IPAdan alokasi waktu ujian ditetapkan oleh masing-masing satuan pendidikan.
4. Soal USBN SMA/MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Fisika Peminatan IPA mata pembelajaran lintas minat menggunakan Soal USBN SMA/MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Fisika Peminatan IPA yang sama di program peminatan.
5. Bagi pelajar berkebutuhan khusus di sekolah inklusi (tunanetra, tunarungu, tunadaksa, dan tunalaras) waktu USBN dapat ditambah 45 menit.
6. Kisi-kisi ujian praktik mata pembelajaran lain di luar mata pembelajaran Pendidikan
Jasmani Olah Raga dan Medis, Seni Budaya, Ketrampilan/Prakarya, seperti mata pembelajaran Agama, IPA, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris sepenuhnya disediakan oleh satuan pendidikan mengacu di kompetensi sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
C. Penggandaan Naskah Soal USBN SMA/MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Fisika Peminatan
Penggandaan naskah Soal USBN SMA/MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Fisika Peminatan IPAUSBN dilakukan oleh masing-masing satuan pendidikan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi dan Kantor Wilayah Kementerian Agama.
D. Jadwal USBN
1. Jadwal USBN ditentukan oleh satuan pendidikan masing-masing dengan mempertimbangkan ketuntasan belajar peserta didik.
2. Khusus USBN mata pembelajaran Pendidikan Agama, serta Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dilaksanakan di tanggal 19 Maret 2018 dan 26 Maret 2018 bagi ujian susulan, sedangkan bagi mata pembelajaran Umum dilaksanakan di rentang waktu antara tanggal 19 Maret hingga dengan 28 April 2018 (termasuk ujian susulan).
E. Moda Pelaksanaan USBN
USBN dapat dilakukan dengan moda ujian dengan kertas, ujian dengan komputer atau kombinasi ujian dengan komputer dan kertas. Pelaksanaan USBN dengan komputer mempertimbangkan beberapa vishal selaku berikut.
1. Soal USBN SMA/MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Fisika Peminatan IPAUSBN tetap mesti meliputi format Soal USBN SMA/MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Fisika Peminatan IPApilihan ganda dan Soal USBN SMA/MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Fisika Peminatan IPAuraian;
2. Kesiapan infrastruktur;
3. Kesiapan program; dan
4. Kesiapan sumber daya.
F. Pengaturan Ruang/Tempat, Pengawas, Tata Terbit Pengawas, dan Tata Tertib
Peserta USBN
Ketentuan mengenai ruang/tempat USBN, pengawas, tata tertib pengawas dan tata tertib peserta USBN diatur di BAB XI.
G. Pemeriksaan dan Pengolahan Hasil USBN
Proses pemeriksaan dan pengolahan hasil USBN diatur di BAB XII.
Demikian tulisan mengenai
Unduh Contoh Soal Siap USBN SMA/MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Fisika-Peminatan IPA
Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!
Sumber https://edukafile.blogspot.com/
0 comments:
Post a Comment